Tulang Bawang

Bupati Winarti Pastikan Jalan Simpang Penawar-Rawajitu Dibagun Tahun Ini

Tulangbawang : Pemkab Tulangbawang memastikan perbaikan jalan poros Simpang Penawar-Rawajitu akan terealisasi tahun ini.

Perbaikan ruas jalan sepanjang sekitar 60 kilometer yang saat ini berstatus jalan negara tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Bupati Winarti menegaskan, untuk perbaikan ruas jalan, pemerintah pusat telah memberi sinyal akan menganggarkan dana sebesar Rp 22 miliar. Dana tersebut akan digelontorkan melalui APBN 2018.

“Untuk (perbaikan) jalan Rawajitu tahun ini sudah dianggarkan melalui APBN Rp 22 miliar,” kata Winarti, Minggu, 27 Mei 2018.

Meski demikian, Winarti mengakui dana tersebut belum cukup untuk memperbaiki keseluruhan ruas jalan Simpang Penawar-Rawajitu yang rusak selama bertahun-tahun.

“Ini tentu tidak cukup signifikan untuk memuluskan semua jalan dari Simpang Penawar sampai Rawajitu. Akan dilakukan bertahap,” paparnya.

Pemkab Tuba, kata Winarti, akan terus berkoordinasi dengan Balai Besar Pengawas Jalan dan Jembatan Nasional (P2JN) guna perbaikan seluruh jalan rusak ruas Simpang Penawar-Rawajitu.

“Melalui koordinasi Pemkab Tuba dengan balai besar, insya Allah 2019 akan ditambah. Melihat muatan yang melewati jalan ini cukup berat,” tegas Winarti.

Jalan poros Rawajitu adalah jalan yang berstatus Nasional yang mambentang dari Simpang Penawar hingga ke Rawajitu Timur.

Sejak dibuka tahun 1980-an, akses transportasi menuju Rawajitu belum pernah ada perbaikan berarti.

Selama bertahun-tahun, keluhan akan parahnya kerusakan jalan tersebut kerap dilontarkan warga dan pengguna jalan.

Tuntutan masyarakat atas kerusakan jalan kerap membanjiri lini masa di media sosial.

Beberapa waktu lalu, ada seorang warga di Rawajitu Utara yang mengirim surat terbuka kepada Presiden agar memperhatikan kerusakan jalan ruas Simpang Penawar-Rawajitu.

Reporter : Arek

Editor : Putra

Facebook Comments

Categories
Tulang Bawang

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: