Connect with us

Tak Berkategori

Pilkada Serentak, Dandim 0412 Lampura Berkomitmen Netral

Avatar

Published

on

Lampung Utara (Kabar Indonesia) – Komandan Kodim 0412 Lampung Utara berkometmen diposisi netral dalam perhelatan Pilkada gubernur dan wakil gubernur Lampung serta bupati dan wakil bupati Lampung Utara (Lampura).

Pernyataan itu ditegaskan Komandan Kodim 0412 Lampung Utara Letkol Inf R.D Bahtiar Kurniawan, S.IP usai melaksanakan penurunan alat peraga kampanye paslon bersama Polres serta instansi terkait, Minggu (24/6/2018).

Penegasan itu juga sesuai dengan instruksi pimpinan TNI AD sebagaimana disampaikan Kadispenad Brigen TNI Alfret Denny D. Tuejeh dalam pernyataan resminya di Mabesad, di Jakarta, Jum’at (22/6/2018) lalu.

Dimana bahwa dalam perhelatan Pilkada Serentak 2108 maupun tahapan Pemilihan Legistlatif dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden, TNI AD senantiasa menjaga dan memegang teguh Netralitas TNI.

“Hal ini tidak terlepas dari komitmen TNI AD yang sering disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat,” ujar Letkol Inf R.D Bahtiar Kurniawan.

Seperti disampaikan Kadispenad, kata Dandim, bahwa bagi TNI AD, netralitas TNI merupakan jiwa, nafas dan sikap setiap prajurit.

“Tidak hanya terkait dengan pesta Demokrasi, namun juga dalam kehidupan kesehariannya, baik didalam kedinasan maupun kehidupan sosial kemasyarakatan. Ini sudah final, tidak bisa ditawar-tawar, bahkan diragukan maupun dipertanyakan lagi,” jelas Dandim 0412/LU, menirukan pernyataan Kadispenad Brigen TNI Alfret Denny D. Tuejeh.

Dia menambahkan, menyikapi situasi politik yang demikian dinamis menjelang hari pencoblosan (27/6/2018), Kadispenad mengajak agar seluruh komponen bangsa untuk sama-sama mendukung pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah dengan baik.

“Menjelang hari pemilihan yang sudah tinggal hitungan jari, TNI AD mendorong agar seluruh rakyat Indonesia untuk terlibat secara aktif dan positif guna mendukung terlaksananya pemilihan kepala daerah serentak di 171 wilayah secara langsung, umum, jujur, adil serta damai,” imbuhnya.

Bukan hanya itu, terkait keikutsertaan para purnawirawan dalam Pilkada, Kadispenad juga menyatakan bahwa sebagaimana telah diatur dalam UUD 1945 dan UU TNI No 34 tahun 2004, TNI AD tidak akan pernah terlibat, melibatkan diri atau dilibatkan dalam politik praktis.

“Tugas TNI hanya mempertahankan, melindungi, dan memelihara keutuhan dan kedaulatan negara. Adapun tugas dan peran dalam pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi, sifatnya hanya tugas bantuan kepada Polri. TNI AD tidak mempunyai niat sedikitpun untuk mempengaruhi proses maupun hasilnya. Kita (TNI AD) senantiasa menempatkan diri diatas kepentingan seluruh rakyat dan bangsa Indonesia,” terang Dandim, menyampaikan sambutan Kadispenad yang diketahui lulusan Akademi Militer angkatan 1988 tersebut.

Selanjutnya, dirinya mengingatkan kembali, sebagaimana yang telah disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat, meski dibeberapa daerah terdapat para purnawirawan TNI yang mencalonkan diri, bagi Angkatan Darat itu merupakan hak politik mereka sebagai masyarakat sipil dan tidak ada hubungannya dengan Angkatan Darat lagi.

Selain itu netralitas TNI dengan adanya Perintah Presiden, Panglima TNI dan Kasad, serta penekanan pada setiap pengarahan kepada prajurit, baik dalam kunjungan kerja bahkan safari ramadan, yang juga memerintahkan prajurit agar netral, maka seharusnya tidak ada lagi yang meragukan Komitmen TNI AD terkait masalah Netralitas.

Kalaupun ada yang terindikasi tidak netral, itu mungkin saja terjadi kepada oknum tertentu. TNI AD sangat berterima kasih menerima masukan dan kritikan, kalau memang ada prajurit yang tidak netral. Hal ini menunjukan kecintaan terhadap TNI AD dalam mengawal Proses demokrasi di Indonesia.

Namun pada sisi lain, kita berharap ada masukan yang pasti dan jelas, siapa prajurit yang tidak netral, dari satuan mana asalnya. Sehingga bukan hanya asal bicara tapi tidak menunjukan bukti yang benar. Kalau ada laporkan secara resmi dan benar, pasti akan kita tindak secara tegas dan bahkan terbuka. Proses hukum terhadap prajurit yang tidak netral juga merupakan bagian dari proses demokrasi yang baik di Indonesia.

“Kemudian, bagi TNI AD, perilaku ini (ketidaknetralan) tidak hanya menciderai kepercayaan masyarakat namun juga melanggar perintah atasan yang sudah sering disampaikan bahkan sumpah dan janjinya sebagai prajurit serta amanah undang-undang. Ini bukan hanya sekedar retorika belaka, kita akan lihat bersama, apakah TNI AD menindaklanjutinya atau tidak, dan publik pun bisa menilai komitmen dan integritas ini,” paparnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kadispenad menyatakan dengan tegas, atas nama TNI AD, Kadispenad juga berharap agar seluruh komponen bangsa untuk menghentikan sorotan atau polemik netralitas TNI.

“Percayalah, sebagai prajurit Sapta Marga, kita tidak pernah berkeinginan untuk menggores bahkan melukai hati rakyatnya hanya demi kepentingan perorangan ataupun kelompok tertentu. Begitu juga dengan seluruh TNI yang ada di Kodim 0412 Lampunh Utara, karena kami berkometmen menjaga netralitas kami sebagai anggota TNI,” pungkas Dandim.

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Tak Berkategori

Wagub : Data Tepat, Tepat Atasi Persoalan Masyarakat

Redaksi LT

Published

on

BANDARLAMPUNG : Wagub Chusnunia membahas bersama Badan Pusat Statistik (BPS) untuk memastikan data yang tepat guna penanganan persoalan di Provinsi Lampung.

“Kita membahas dari banyak klaster, kita ingin data ini lebih tepat sasaran,” ujar Wagub Nunik ketika berkunjung ke Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung, Senin (15/7/2019).

Nunik menyebutkan hal ini juga sebagai keinginan dari kebijakan Pemerintah Provinsi Lampung agar dapat bersinergi dengan berbagai persoalan yang ada bahkan secara mikro.

“Pak Gubernur Arinal selalu sampaikan data untuk membantu beliau dalam membuat kebijakan, program dan peraturan.
Agar benar-benar tepat sasaran sesuai dengan persoalan,” katanya.

Nunik menyebutkan kedepan direncanakan bersama BPS Provinsi Lampung akan menggelar Forum Data untuk mensinergikan hal tersebut.

“Nanti kita akan adakan forum data yang kemungkinan akan dilaksanakan pada hari rabu mendatang,” ucapnya.(Humas Pemprov)

Continue Reading

Tak Berkategori

Tekan Harga Beras, Pemprov Gandeng Bulog

Redaksi LT

Published

on

BANDARLAMPUNG : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersinergi dengan Perum Bulog Divisi Regional Lampung guna menekan harga beras.
Sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi beras dengan harga relatif murah.

Hal tersebut disampaikan saat Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim (Nunik) menerima audiensi dari Perum Bulog Divisi Regional Lampung, di Ruang Kerja Wakil Gubernur, Senin (15/7/2019).

“Kita lakukan upaya-upaya agar harga beras ini dapat lebih murah dengan kualitas baik, untuk diterima di masyarakat,” ujar Wagub Nunik.

Nunik mengatakan bahwa harus ada langkah serta upaya yang harus dilakukan untuk menghasilkan komitmen bagi kesejahteraan masyarakat.

“Bagaimana beras ini bisa kita lakukan subsidi dengan menghadirkan pasar murah. Nanti program ini akan saya sampaikan kepada pak Gubernur,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Divisi Regional Lampung, Faisal mengatakan bahwa bersama Pemprov Lampung akan melakukan penghitungan untuk menghadirkan beras murah di tengah-tengah masyarakat.

“Akan disusun rencana agar beras bulog itu bisa diterima oleh masyarakat tetapi dengan harga yang relatif lebih murah. Dari pihak Pemprov Lampung sedang melakukan suatu perhitungan-perhitungan agar beras bulog itu lebih banyak lagi diterima oleh masyarakat dengan harga terjangkau,” ujar Faisal.(Humas Pemprov)

Continue Reading

Tak Berkategori

Provinsi Lampung Dipercaya Pemerintah Pusat Gandeng Investor Taiwan Bangun Pabrik Gula

Avatar

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Provinsi Lampung dipercaya pemerintah pusat untuk menggandeng investor Taiwan membangun industri gula. Tim survey dari Taiwan akan mengunjungi Lampung, Selasa (15/1/2019).

“Kami melakukan persiapan kedatangan investor Taiwan yang akan melakukan survey di Lampung. Diharapkan mereka nantinya bisa berinvestasi di sektor perkebunan tebu dalam membangun industri gula,” ujar Asisten Ekonomi dan Pembangunan Taufik Hidayat saat memimpin rapat di Ruang Kerja Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Kantor Gubernur Lampung, Kamis (10/1/2019).

Tim dari Taiwan adalah Council of Agriculture Executive Yuan, Taiwan atau Badan Pemerintah Republik Tiongkok yang melakukan pengawasan salah satunya bidang pertanian. Tim ini akan didampingi dua orang dari Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian (Setjen Kementan).

Setjen Kementan mempercayakan Lampung karena Lampung dinilai merupakan penghasil komoditas tebu terbesar nomor dua di Indonesia. Dengan memproduksi tebu sebanyak 768 ribu ton/tahun, Provinsi Lampung mampu memberikan kontribusi sebesar 29,81 persen terhadap produksi tebu nasional.

“Ini juga nanti akan dikawal oleh pihak Setjen Kementan. Kita diskusikan untuk bahan-bahan apa saja yang perlu dipersiapkan dan tentang area wilayah mana yang cocok untuk ditawarkan kepada investor,” kata Taufik.

Taufik menuturkan Kabupaten Way Kanan menjadi salah satu alternatif untuk lahan investasi. Pertimbangannya, di Kabupaten Way Kanan akan ada pembangunan Dry Port, di mana hasil-hasil industri yang ada di Wilayah Kabupaten Way Kanan dan sekitarnya akan diangkut menggunakan Kereta Api langsung menuju Pelabuhan Panjang.

Tetapi untuk lokasi persisnya, Taufik mengatakan pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Way Kanan.
“Peluang yang paling memungkinkan ada di kawasan Kabupaten Way Kanan, nanti akan dikoordinasikan lebih lanjut kepada Pemerintah Kabupaten Way Kanan,” ujarnya. (Humas Prov Lampung)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: