Connect with us

Lampung Selatan

Disdukcapil Lamsel Sosialisasi Administrasi Kependudukan di Rajabasa

Avatar

Published

on

LAMPUNG SELATAN (Kabar Indonesia) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Selatan adakan sosialisasi administrasi Kependudukan.

Sisoalisasi itu terkait UU nomor 24 tahun 2003 tentang perubahan atas UU nomor 23 tahun 2006 tentang administras Kependudukan tahun 2018 yang dilaksanakan diaula Kantor Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan (Lamsel). Rabu (4/7/2018).

Kepala Disdukcapil Lamael, Edy Firnandi melalui DRA. Muftinatul Sibyani mengatakan, sosilisasi ini tujuannya untuk mengetahui sekaligus mengkroscek data disetiap Desa yang ada di Lamsel.

“Disini kita ingin mengkroscek data yang ada didesa, mana yang sudah membuat KTP atau yang belum membuat KTP, nanti akan cocokan dengan kami berapa yang sudah melakukan perekaman,” ujarnya.

Selain KTP kata dia, tata cara pembuatan Kartu Keluarga (KK) untuk penambahan anak didalam KK harus disertai surat keterangan lahir dari dokter atau bidan.

“Supaya nanti tidak ada kekeliruan atau salah penulisan nama dan umur anak yang akan dimasukan dalam KK,” katanya.

Kemudian kata dia, untuk pembuatan kartu keluarga yang baru menikah harus membawa KK orang tua dikarnakan itu sangat diperlukan.

“Karna KK akan diganti baru dan nama anak yang ingin misah kartu keluarga akan dihilangkan dari KK orang tua,” jelasnya.

Selanjutnya, jika ada warga baru atau saudara dari luar daerah atau desa agar menyertakan surat pindah dari tempat yang lama.

“Apabila ada warga atau sodara kita yang ingin tinggal dengan kita kami harapkan agar membuat surat pindah dari desanya supaya tidak ada kekeliruan,” terangan.

Sementara itu, Camat Rajabasa Saptudin, S.Sos mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya sosialisasi tentang kependudukan khusunya implemtasi dari UU no 24 th 2003 yang dilaksanakan Disdukcapil Lamsel.

“Kami sambut baik, agar aparatur desa mengerti dan paham tatacara pengurusan adm kependudukan sehingga masyarkat tidak lagi kebingungan dalam membuat KTP, KK, Akte dan dokumen lainnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui dalam sosialisasi dihadiri seluruh Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Rajabasa dan Kasi Pemerintahan Rajabasa. (Imron / Aan).

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Tingkatkan Kinerja, DKP Lamsel Gelar Pertemuan Tekhnis Program PLPM

Avatar

Published

on

Lampung Selatan – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kebupaten Lampung Selatan, lakukan pertemuan teknis tentang program penguatan lembaga pangan masyarakat Lamsel dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) pertanian dan Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL), di Aula Hawang kantor Dinas Kesehatan, Kamis (21/03/2019).

Pertemuan ini membahas terkait program-program yang berkaitan dengan Badan Ketahanan Pangan (BKP) pusat.

Menurut Kadis DKP Lamsel Ir. Yansen Mulia M.P. di Lamsel itu sendri, pihaknya menyadari bahwa masih banyak yang belum memahami tugas utama dari Dinas DKP tersebut. Maka pertemuan ini dianggap sangat penting guna meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi.

“Saya masih merasa ada yang belum memahami tugas dari dinas ketahanan pangan ini. Untuk itu koordinasinya perlu ditingkatkan. Nanti saya juga mau dalam setahun kita adakan 3 kali pertemuan untuk kita evaluasi terkait kendala yang dihadapi dilapangan. Kendati demikian saya juga berterima kasih kepada UPT maupun PPL yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik,” kata Yansen.

Lebih lanjut ia menuturkan, tak ingin mengajukan usulan bantuan kepada BKP pusat secara asal-asalan. Sebab, setelah dilakukan verifikasi tempat yang menjadi pilihan oleh badan ketahanan pangan pusat itu tidak memenuhi syarat. Beruntung hal itu dapat diusulkan kembali dengan cara merelokasi kepada penerima bantuan lainnya yang masuk dalam kategori layak.

“Usulan yang kita ajukan itu harus betul betul bukan usulan sembarangan, tetapi usulan yang menurut kita layak dan menjadi prioritas untuk diusulkan. Karena pengalaman kita kemarin (2018) akibatnya kita mengalami sedikit kendala. Kita sempat berdebat untuk pengalihan lokasi penerima bantuan itu. Dan saya tidak mau lagi ditahun depan kejadian yang serupa. Jadi alhamdulillah 2019 ini kita mendapatkan bantuan DAK yaitu pembangunan lumbung pangan, lantai jemur dan RMU jika dinomilkan mencapai 500 juta,” ujarnya.

Sementara itu, hasil dari program yang telah dilaksanakan nantinya, itu akan berpengaruh terhadap bantuan yang diusulkan pada tahun yang akan datang. Maka dari itu, kesiapan untuk menjalankan program tersebut perlu kematangan guna mendapatkan hasil yang diharapkan.

“Pemerintah pusat juga pasti akan melihat seberapa antusias kita dalam melaksakan program ini, baik itu dilapangan maupun administrasinya kalau semuanya lancar, Insya Allah bantuan pada tahun berikutnya akan bertambah lagi,” ujarnya.

Perlu diketahui, saat ini ada dua program baru dari Badan Ketahan Pangan pusat dan di Lampung hanya ada dua kabupaten yang menerima bantuan tersebut yakni bantuan berupa Pengembangan Koorporasi Usahatani (PKU) untuk di Lamsel dan Pengembang Industri Pangan Lokal (PIPL) untuk di Lamtim. (Eko)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Musrenbang RKPD Tahun 2020 Lampung Selatan Hasilkan 1.262 Kegiatan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan – Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Ir. Fredy SM, MM secera resmi menutup kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2020, Rabu (14/3/2018).

Berdasarkan hasil diskusi dalam Musrenbang yang dilaksanakan selama dua hari itu, prioritas program atau kegiatan yang menjadi perhatian antara lain, bidang sosial pemerintahan, bidang ekonomi, dan bidang infrastruktur.

“Total program sebagai rancangan RKPD tahun 2020 yang telah terakomodir sebanyak 238 program, dengan jumlah kegiatan sebanyak 1.262,” kata Kepala Bappeda Lampung Selatan Wahidin Amin saat menyampaikan laporan penutupan kegiatan di Aula Rajabasa kantor bupati setempat.

Dia mengatakan, selanjutnya hasil rumusan tersebut akan disusun dalam buku Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Lampung Selatan tahun 2020. “Adapun total pendanaan rencana program/kegiatan tersebut Rp.1.122.919.733.770,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Fredy meminta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam membuat kegiatan harus mengacu sesuai dengan kegiatan prioritas Kabupaten Lampung Selatan.

“Jadi saya minta kepala dinas ini jangan main copy paste saja. Dilihat kegiatan pertahunnya apa, seperti kegiatan tahun keempat ini dilihat lagi. Itu (kegiatan) mulai dari visi misi sampai kegiatannya harus mengalir dan bisa dibaca, karena berkaitan dengan SAKIP,” tukas Fredy.

Diakhir, Fredy mengingatkan para Kepala OPD agar berhat-hati dalam melaksanakan kegiatan.Hal itu perlu dilakukan, karena menurutnya, mulai dari proses lelang, pelaksanaan hingga pertanggung jawabannya kelak.

“Hati-hati didalam pelaksanaan kegiatan, seperti perjalanan dinas, makan minum, dan yang lainnya yang tidak sesuai dengan aturan. Jangan sampai nanti bapak ibu sekalian terjadi masalah. Mudah-mudahan kedepan kita bisa lebih baik lagi,” pungkasnya. (Kmf/eko)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Sukseskan Pemilu 2019, KPU Lamsel Beri Apresiasi MAPPILU

Avatar

Published

on

Lampung Selatan – Ketua KPU Lampung Selatan Abdul Hafid sangat apresiasi dengan organisasi independent masyarakat pemantau pemilu (MAPPILU) Lampung Selatan, karena mau mendukung jalannya pemilu 17 April mendatang.

“Biasanya kami pihak KPU jemput bola untuk mengajak masyarakat atau instansi dalam mengawasi dan mensukseskan pemilu. Tapi baru kali ini ada organisasi independ, datang kesini dan siap mendukung jalannya pemilu mendatang,” tambahnya.

Bahkan, Hafid juga berharap kepada mapilu Lamsel yang pengurus dan anggotanya dari insan pers agar lebih netral.

“Kami minta mapilu juga lebih netral, jangan ada keberpihakan satu sama lain. Artinya, disaat menjadi mapilu, tinggalkan dahulu bendera perusahaan pers, agar tidak ada tekanan dari perusahaan pers,” tambahnya.

Sementara, ketua Mapilu Lampung Selatan Sabda Fajar mengaku siap mendukung jalannya pemilu 17 april mendatang. Dimana, kegiatan audensi door to door merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan pemilu.

“Ini salah satu dukungan, artinya untuk kedepan kami akan membentuk tim di kecamatan agar para calon tidak melakukan kecurangan dalam berpolitik,” singkatnya. (Eko)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: