Lampung Selatan

Akhir Juli Pemkab Lamsel Gelar Bimtek Siskeudes

Lampung Selatan : Melalui Sekretariatan Bagian Otonomi Daerah (Otda) Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan menggelar Bimbingan Teknis Sistem Keuangan Desa (Bimtek Siskeudes) pada akhir Juli 2018.

Pelaksanaan bimtek tersebut yang akan diikuti sejumlah perangkat desa di Lampung Selatan, bertujuan sebagai pembelajaran sistem pelaporan penggunaan dana desa.

“Bimtek Siskeudes itu akan dilaksanakan pada 6 lokasi. Tapi, kecamatan mana saja saya tidak hapal. Sebab, ada kecamatan yang bergabung, terkecuali kecamatan Natar yang melaksanakan sendiri. Dimana, desanya cukup banyak mencapai 26 desa,” iujar Kepala Otda Setkab Lamsel Setiawansyah, Selasa (10/7/2018) ditemui di ruang kerjanya.

Menurut dia,  mengapa Bimtek Siskeudes ini dilaksanakan sebab selama ini pelaporan keuangan desa masih memakai cara manual.

“Oleh sebab itu, operator dan bendahara desa perlu diberikan pelatihan Siskeudes melalui Bimtek yang akan dilaksanakan nanti,”katanya.

Selain itu, jelas Setiawansyah kedepan pelaporan keuangan desa tidak lagi diperbolehkan memakai memakai cara manual.

“Artinya, pelaporan keuangan dana desa (DD) kedepan harus memakai Siskeudes,” jelasnya.

Untuk mengefektifkan Bimtek Siskeudes tersebut, ungkap Setiawansyah, peserta akan dibatasi antara 35 – 40 orang.

“Jika, terlalu banyak pesertanya nanti malah tidak dapat menangkap apa yang disampaikan oleh pelatih atau pembimbing,”ungkapnya.

Reporter : Eko

Editor : Putra

Facebook Comments

Categories
Lampung SelatanToday NEWS

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: