Connect with us

Lampung Selatan

Dua Kelompok Ternak Domba Terima Bantuan Rp.100 Juta

Published

on

Lampung Selatan : Dua kelompok ternak penggemukan domba di Desa Kemukus Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan mendapatkan bantuan dari pemerintah sebesar Rp.100 juta. Dua kelompok tersebut yakni Kelompok Sahabat dan Kelompok Makmur Jaya, dengan masing-masing menerima sebesar Rp.50 juta.

Informasi diperoleh, bantuan tersebut diperuntukan, usaha penggemukkan domba jenis ekor gemuk secara komunal dan modern dengan kandang panggung dan menggunakan pakan fermentasi yang merupakan hasil pemanfaatan limbah pertanian di Desa Kemukus.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Lampung Ir. Kusnardi M. Agr. Ec menjelaskan, bantuan tersebut bersumber dari Dana Dekosentrasi tahun anggaran 2018 DKP Lampung.

“Kegiatan KMP (Kawasan Mandiri Pangan) ini, merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat miskin melalui padat karya dan penurunan stunting di wilayah rentan rawan pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan melalui kemandirian,” jelasnya, disela kegiatan tersebut, Senin (9/7/2018).

Lanjutnya Kusnardi mengingatkan, agar aparat desa bahu membahu bersama PPL (Petugas Pengawas Lapangan) untuk melaksanakan pendampingan dan pembinaan.

“Serta mengkhususkan Desa Kemukus sebagai sentra domba. Saya mau, setahun lagi, saya mendengar ada Domba Kemukus, domba andalan dari Kecamatan Ketapang Lampung Selatan,” kata dia.

Sementara itu, Kepala DKP Ir. Yansen Mulia mewakili Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan mengatakan, dipilihnya Desa Kemukus sebagai tempat KMP sangatlah tepat sasaran. Hal itu, kata Yansen, Desa Kemukus merupakan salah Satu dari 10 desa di Lamsel termasuk desa stunting berdasarkan data Dinas Kesehatan tahun 2016.

“Data lainnya terdapat 55 balita stunting dari 183 balita di desa kemukus (Prevalensi balita stunting 30,05%), sedangkan terdapat balita kurus 66 orang (prevalensi balita kurus (36,07%). Hal ini juga ditunjang dengan data TNP2K PBDT 2015 terdapat 431 KK (1422 jiiwa) yang merupakan KK miskin,” pungkasnya.

Reporter : Eko

Editor : Putra

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lamsel Gelar Sosialisasi Pilpres dan Pileg

Redaksi LT

Published

on

Lampung Selatan, newskabarindonesia.com : Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) presiden dan legislatif yang serentak dilaksanakan pada 17 April mendatang kepada pemilih pemula.

Acara yang diselengarakan di Aula Sebesi, Gedung PKK Lampung Selatan, Senin (18/2/2019), diikuti 213 peserta yang terdiri dari SMA/sederajat dan mahasiswa diseputaran Kecamatan Kalianda.

Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Priyanto Putro yang membuka kegiatan itu sangat menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya sosialisasi tersebut.

Dia berharap, melalui acara itu akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pemilih pemula tentang pelaksanaan dan proses Pemilu.

“Kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk memberikan informasi, pemahaman, dan wawasan tentang bagaimana tata cara menggunakan hak pilih pada Pemilu mendatang,” ujar Priyanto saat memberikan sambutan dalam acara itu.

Selain itu, kata Priyanto, kegiatan itu juga bertujuan untuk memberikan pendidikan politik kepada pemilih pemula. Dengan harapan, mereka bisa ikut mensosialisasikan tentang pentingnya menyalurkan hak pilih pada pelaksanaan Pemilu mendatang.

“Kepada peserta, ikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Mudah-mudahan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Lampung Selatan dapat berjalan baik dan lancar,” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemkab Lampung Selatan, M. Darmawan sebagai pelaksana kegiatan itu mengatakan, selain untuk mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, acara itu juga bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi pemilih pemula dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Harapannya mereka (pemilih pemula) bisa menyalurkan hak pilihnya, sehingga angka partispasi Pemilu meningkat di tahun 2019,” pungkasnya. (Imron/Red)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Lantunan Doa Menggema untuk Korban Tsunami Selat Sunda di GWH Kalianda

Published

on

Lampung Selatan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bersama ribuan masyarakat Kota Kalianda dan sekitarnya, menggelar doa bersama untuk para korban tsunami Selat Sunda.
Kegiatan doa bersama yang digelar di Taman Gedung Olahraga Way Handak (GWH), Sabtu (16/2/2019) malam, merupakan rangkaian kegiatan malam amal peduli tsunami Lampung Selatan.
Nampak Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto yang hadir bersama Ketua DPRD Lampung Selatan Hendry Rosyadi, Sekretaris Daerah berserta pejabat utama dilingkup Pemkab Lampung Selatan berdoa dengan khusuk yang dipandu Ustad Muhajir.
Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan, kegiatan itu adalah momentum yang penting bagi masyarakat Lampung Selatan untuk bermuhasabah diri.
“Sebagai saudara sebangsa setanah yang terikat tali persaudaraan, mari disini kita saling mendoakan para korban tsunami beberapa waktu lalu. Semoga apa yang kita laksanakan ini, di Ridhoi Allah SWT,” ujar Nanang saat menyampaikan sambutannya.
Musibah tsunami yang melanda sebagian wilayah Pesisir Pantai Lampung Selatan pada 22 Desember tahun lalu, menyebabkan kerusakan yang cukup luas, bahkan tecatat memakan korban 122 jiwa.
“Mudah-mudahan Lampung Selatan terhindar dari musibah, dan semoga kabupaten yang kita cintai ini bisa lebih baik lagi kedepan,” pungkasnya. (Eko/Kmf)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Lukisan Plt. Bupati Lampung Selatan Terjual Seharga Rp2 Juta

Published

on

Lampung Selatan – Lukisan yang dilukis Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto terjual seharga Rp2 juta dalam malam amal peduli tsunami Selat Sunda yang digelar di Gedung Olahraga Way Handak (GWH) Kalianda, Sabtu (16/2/2019) malam.
Lukisan Plt. Bupati Lampung Selatan dengan judul “Bergejolak, Beriak”, dibeli oleh Inspekturkab Lampung Selatan Joko Sapta.
Malam amal peduli tsunami Selat Sunda yang rangkai doa bersama itu, digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan dalam rangka penggalangan dana untuk membantu warga Lampung Selatan yang terkena bencana tsunami pada 22 Desember tahun lalu.
“Saya ucapkan terima kasih kepada komunitas pelukis Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro, dan Pringsewu yang turut berpartisipasi meramaikan acara ini,” ujar Nanang dalam acara itu.
Selain lukisan Plt. Bupati Lampung Selatan, ada 14 lukisan lainnya yang juga berhasil terjual dengan total nominal sekitar Rp30 juta. (Eko/Kmf)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: