Connect with us

Bandar Lampung

KKN Tematik berbasis P2PMI, BNP2TKI dan Unila Lakukan Pembekalan

Avatar

Published

on

Bandar Lampung : BNP2TKI, Rabu (18/07/2018) – Melalui pola kerjasama dalam kerangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Lampung, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) lakukan pembekalan informasi program Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P2PMII) yang dilakukan kepada 115 mahasiswa terpilih pada 18 s/d 19 Juli 2018 di Gedung Rektorat Unila, Bandar Lampung (18/07).

Deputi Penempatan BNP2TKI, Teguh Hendro Cahyono, dalam pembukaan kegiatan menyatakan kerjasama sosialisasi melalui KKN Tematik ini merupakan tindak lanjut nota kesepahaman dengan Kemenristek Dikti dan kerjasama lanjutan menilik keberhasilan program serupa yang digulirkan tahun 2017 lalu dengan Unila dan Perguruan Tinggi lainnya.

“Kenapa kita bekerjasama melalui KKN Tematik, karena kita sadar tidak mempunyai cukup Sumber Daya untuk dapat masuk ke seluruh desa – desa terutama daerah potensial PMI terlebih ke daerah-daerah basis Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) yang sudah dibentuk di Lampung sehingga program yang satu dan lainnya dapat bersinergi. Mahasiswa bisa berinteraksi dengan masyarakat, jika ada masyarakat yang berkeinginan menjadi PMII bisa disampaikan proses dan prosedur bekerja ke Luar Negeri” ujar Deputi Penempatan di ruang rapat Rektorat Unila, Rabu (18/07).

Ia menambahkan kerjasama ini harus dilakukan secara serius mengingat hal ini dapat menjadi bentuk latihan dari mahasiswa untuk masuk ke lingkungan masyarakat dengan potret dan kondisi yang riil.

BNP2TKI berharap mahasiswa mempunya peran yaitu sebagai agen perubahan, sosial kontrol, aset dan teladan dengan berbekal ilmu dan teknologi untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan PMI.

Teguh menjelaskan, BNP2TKI adalah lembaga non-kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Secara sederhana tugas BNP2TKI adalah mengurus PMI mulai dari memberikan informasi kepada calon PMI, memfasilitasi penyiapan dokumen, sampai dengan berangkat ke luar negeri hingga selesai kontrak dan kembali ke Indonesia.

Senada dengan Teguh, Rektor Unila, Hasriadi Mat Akin, mengungkapkan bahwasanya KKN Tematik merupakan bentuk nyata Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat. Salah satunya lanjut Hasriadi, Unila berkarya dan berinovasi untuk bangsa, membawa misi untuk berkontribusi ditengah-tengah masyarakat menyampaikan informasi tertentu, dalam kesempatan ini mengenai permasalahan PMI, bekerjasama dengan BNP2TKI.

Pada hari pertama kegiatan pembekalan, Direktur Promosi BNP2TKI, Dwi Anto berkesempatan memberikan pembekalan kepada mahasiwa tentang peluang kerja luar negeri dan peningkatan kualitas calon PMI beserta mekanisme keberangkatan..

Dari sisi perlindungan, Direktur Mediasi & Advokasi BNP2TKI, Wisantoro berbagi pengetahuannya tentang Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (TKLN) secara utuh, sementara itu Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI, Hariyadi Agah menginformasikan mekanisme, persyaratan dan biaya yang diperlukan dalam penempatan PMI serta Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Lampung, Ahmad Salabi tentang layanan program P2PMI di BP3TKI Lampung yang meliputi layanan informasi, konsultasi dan pendampingan.

Kegiatan di hari pertama ditutup dengan materi Dinamika kelompok dimana mahasiswa mendiskusikan tentang materi – materi hari ini (18/07) serta melakukan simulasi bagaimana cara menyampaikan program P2PMI kepada masyarakat.

Terjun Kekantong PMI

Setelah dilakukan pembekalan P2PMI, 115 mahasiswa pada saat KKN akan diterjunkan ke ke daerah-daerah basis Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) seperti Kec. Bangun Rejo Lampung Tengah, Kec. Sekampung, Kec. Purbolinggo, Kec. Metro Kibang Kab. Lampung Timur, Kec. Kedondong Kab. Pesawaran serta Kec. Palas Kab. Lampung Selatan selama kurang lebih 40 hari.

Selama melakukan KKN, para mahasiswa akan menyampaikan Program Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia kepada masyarakat serta memberikan Layanan Informasi dan Konsultasi terkait penempatan tenaga kerja luar negeri. BNP2TKI melalui BP3TKI Lampung akan melakukan monitoring dan pendampingan dibeberapa lokasi pelaksanaan kegiatan.

Sumber : Humas//BP3TKILampung/ASBG
Editor : Putra

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Safari Ramadhan Anggota Dewan Lampung Titip Pesan Untuk Rido Ficardo

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo berpesan kepada seluruh anggota DPRD Provinsi Lampung untuk terus berkarya membangun dan menyokong perkembangan serta kemajuan Provinsi Lampung.

Hal tersebut diutarakan Gubernur pada acara Kunjungan Silaturahmi Safari Ramadhan yang diselenggarakan di Gedung DPRD Provinsi Lampung, Selasa (21/05/19).

“Saya sebagai Gubernur dan didukung oleh anggota DPRD merupakan bagian dari Pemerintahan Daerah. Oleh karena itu saya minta dan berharap kepada kita semua untuk terus berkarya. Jangan tanya sudah berapa lama kita menjabat, melainkan untuk bertanya sudah berapa banyak kita bekerja untuk pembangunan dan kemajuan Provinsi Lampung sampai saat ini dan yang akan datang,” ujar Ridho.

Ridho menyampaikan usulan dan konsep untuk mengembangkan Kawasan Industri Register 1 Lampung Selatan telah disetujui dan masuk dalam Program Strategis Nasional.

“Jadi sekitar 4500 hektare di wilayah Lampung Selatan nanti akan menjadi Kawasan Industri. Bisa dibayangkan seperti wilayah Jababeka, Cikarang dan sebagainya akan ada dan dibangun di Provinsi Lampung,” ujar Ridho.

Menurut Gubernur Ridho, hal itu akan menjadi pilar pembangunan di Provinsi Lampung yang mendatangkan investasi puluhan triliun. “Juga akan membuka puluhan ribu lapangan kerja, itu sangat luar biasa,” kata Ridho.

Gubernur Ridho juga mengutarakan kebanggaannya atas segala prestasi yang telah didapat Provinsi Lampung di Tahun 2019 sebagai hasil kerjasama yang baik dengan Anggota DPRD Provinsi Lampung.

“Saya sangat bersyukur dan sangat meyakini bahwa tidak ada satupun janji politik pada tahun 2014 lalu yang sampai hari ini tidak tuntas. Justru hal yang tidak pernah saya janjikan bisa berjalan bahkan terwujud,” katanya.

Hasil kerjasama dan diskusi Gubernur Ridho bersama teman-teman anggota dewan juga membuat Lampung makin maju.

“Saya berpikir sebagian besar kita di tahun 2014 lalu tidak pernah berpikir bahwa Lampung akan semakin maju seperti ini. Sehingga jangan pernah lupa bahwa kita merupakan bagian dari keberhasilan ini.

Tanpa dukungan, bantuan, diskusi serta persetujuan dari teman-teman dewan semuanya mungkin Lampung tidak akan seperti ini,” kata Ridho, yang meyakini kerjasama dengan anggota Dewan menyumbang kemajuan bagi Provinsi Lampung.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal berterimakasih atas terjalinnya kerjasama yang baik antara Gubernur Lampung beserta seluruh Forkopimda Provinsi Lampung dalam menyokong perkembangan dan pertumbuhan Provinsi Lampung.

“Saya ucapkan terimakasih atas dukungan Forkopimda dan seluruh masyarakat Lampung. Mudah-mudahan ke depan hubungan bisa berjalan lebih baik dan lebih kompak dalam menyelesaikan persoalan dan permasalahan demi terciptanya kemajuan dan perkembangan di Provinsi Lampung,” harap Dedi. (Humas Prov Lampung)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Gubernur Ridho Ajak Semua Pihak Rajut Persaudaraan dan Persatuan

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengajak semua pihak kembali merajut persatuan dan kesatuan bangsa dengan meningkatkan persaudaraan dan gotong royong dalam momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2019.

Hal itu diungkapkam Gubernur usai menjadi Inspektur Upacara Harkitnas, di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Senin (20/5/19).

Menurut Gubernur, semua pihak diharapkan menyamakan gerak langkah dan memperkuat persaudaraan dan gotong royong untuk bersama-sama membangun negeri dan mensejahterakan rakyat Indonesia dalam situasi persaingan global.

“Setiap Harkitnas kita maknai bahwa bangsa kita berada di tengah-tengah kancah pertarungan antar bangsa, maka kita tidak boleh lengah dan harus tetap menjadi bagian dari pemenang,” ujar Ridho.

Sedangkan saat menjadi Inspektur Upacara dalam upacara peringatan Harkitnas ke-111 yang mengusung tema “Bangkit Untuk Bersatu” tersebut, Gubernur Ridho membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara.

“Saya haturkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global,” ujar Gubernur Ridho membacakan sambutan Menteri Rudiantara.

Gubernur Ridho menjelaskan dan menuturkan rasa syukurnya atas telah berjalannya Pilpres dan Pileg yang berlangsung dengan lancar.

Kelancaran tersebut, ujar Gubernur, juga berkat pengorbanan banyak anak bangsa yang menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), bahkan berupa pengorbanan nyawa.

“Sambil mengirim doa bagi ketenangan jiwa para pahlawan demokrasi tersebut, alangkah eloknya jika kita wujudkan ucapan terima kasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang, dalam waktu yang tidak lama Iagi,” ujar Gubernur Ridho.

Terlebih lagi, lanjut Ridho, Harkitnas pada tahun ini berlangsung dalam suasana Bulan Ramadhan yang dapat menuntun umat muslim khususnya untuk menjaga kedamaian dan menghindari perpecahan dan penyebaran fitnah.

Diharapkan hingga sampai pada perayaan Hari Raya Idul Fitri dapat menciptakan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri bersama.

“Semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu”. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” papar Ridho.

Upacara Harkitnas berlangsung khidmat dengan diikuti oleh ratusan peserta upacara yang terdiri dari PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, TNI/Polri, dan seluruh Forkopimda se-Provinsi Lampung.
(Humas Prov Lampung)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Gubernur Ridho dan Wagub Bachtiar Hadiri Pisah Sambut Wakapolda Lampung

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dan Wakil Gubernur Bachtiar Basri menghadiri acara pisah sambut Wakapolda Lampung dari Brigjen Pol Teddy Minahasa kepada Kombes Pol Rudi Setiawan, di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung, Jum’at (17/5/2019) malam.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Ridho Ficardo dan Wagub Bachtiar menyerahkan kenang-kenangan kepada Brigjen Pol Teddy Minahasa sebagai ucapan terimakasih atas kinerja dan dedikasinya kepada Provinsi Lampung selama menjabat sebagai Wakapolda Lampung.

“Terimakasih kepada Brigjen Pol Teddy Minahasa atas kinerja dan dedikasinya selama menjabat sebagai Wakapolda Lampung, serta selamat bertugas dan sukses atas jabatan baru yang diemban sebagai Staf Ahli Manajemen Kapolri. Dan kepada Kombes Pol Rudi Setiawan saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas sebagai Wakapolda Lampung,” ujar Gubernur Ridho.

Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto mengucapkan selamat jalan dan sukses kepada Brigjen Pol Teddy Minahasa di tempat kerja yang baru sebagai Staf Ahli Manajemen Kapolri. Kapolda juga mengucapkan selamat datang dan bergabung kepada Kombes Pol Rudy Setiawan sebagai Wakapolda Lampung.

“Selamat dan sukses di tempat yang baru untuk Brigjen Pol Teddy Minahasa, dan selamat bergabung kepada Kombes Pol Rudi Setiawan di Polda Lampung,” jelasnya.


Kapolda Purwadi menuturkan bahwa, sebagai Kapolda Lampung, dia memberikan wewenang kepada Wakapolda Lampung untuk mengambil peran dan tugas dalam mendukung kinerja Polda Lampung.

“Saya selalu memberikan peran dan kebebesan kepada Brigjen Pol Teddy Minahasa dalam menjalankan tugasnya, termasuk kepada Wakapolda Lampung Kombes Pol Rudi Setiawan.

Tetapi saya tetap mengambil peran dalam mengendalikan dan mengarahkannya. Hal ini sebagai peningkatan kapasistas kemampuan kepemimpinan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Mantan Wakapolda Lampung Brigjen Pol Teddy Minahasa menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada pejabat utama Provinsi Lampung, masyarakat, dan semua pihak yang hadir pada acara ini.

“Terimakasih kepada seluruh pejabat di Provinsi Lampung dan jajaran Polda Lampung atas kepercayaan, kerjasama, kekompakan, dan kekeluargaan selama saya menjabat di Polda Lampung,” jelas Brigjen Pol Teddy.

Teddy juga menyampaikan ucapan permohonan maaf kepada seluruh pejabat Provinsi Lampung, dan masyarakat Lampung atas prilaku dan kebijakan yang kurang berkenan.

“Saya mohon maaf kepada semuanya atas segala perbuatan, prilaku, dan kebijakan yang kurang berkenan, serta mohon do’a restunya agar dapat berkerja ditempat yang baru sebagai Staf Ahli Manajemen Kapolri,” ujarnya.

Terkait tantangan ke depan yang semakin berat, Brigjen Pol Teddy berpesan agar semua jajaran forkopimda harus tetap solid dan kompak. “Tantangan ke depan akan semakin berat, terlebih kemajuan teknologi yang dapat merusak tatanan dunia yang telah diatur. Untuk itu, kita semua harus tetap solid dan kompak, itu yang utama,” pesannya.

Sementara itu, Wakapolda Lampung yang baru, Kombes Pol Rudi Setiawan, menyampaikan kebanggaannya karena diberikan kepercayaan untuk dapat bertugas di tempat kelahiran, Provinsi Lampung.

“Saya cukup bangga dan berterimakasih karena sudah diberikan kepercayaan untuk bertugas di Provinsi Lampung,” jelas Kombes Pol Rudi.

Ia menuturkan bahwa dirinya siap mendampingi Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto untuk menjadi polisi yang proaktif, partnership, dan problemsolving. Oleh karena itu, Ia memohon dukungan dari berbagai pihak agar dapat berkerja di Polda Lampung dengan baik. (Humas Prov Lampung)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: