Connect with us

Bandar Lampung

PWI Lampung Ingatkan Anggotanya Agar Cuti Saat Maju di Legislatif

Avatar

Published

on

Bandar Lampung : Pertsatuan wartawan Indonesia Provinsi Lampung melalui Wakil Ketua PWI Lampung Bidang Pembelaan Wartawan, Juniardi SIP MH ajak wartawan mengedepankan profesionalisme dengan menyatakan cuti secara resmi bila ingin mengikuti konstestasi calon legislatif 2018.

Terkait wartawan yang memutuskan menjadi calon anggota legislatif, calon DPD, atau tim sukses, di himbau segera mengajukan cuti, non aktif atau mengundurkan diri.

Perintah tersebut tertulis dalam seruan Dewan pers dan ditandatangani sejak Ketua Prof Bagir Manan lalu, yang dikeluarkan dalam rangka menjamin kemerdekaan pers dan untuk memenuhi hak masyarakat mendapatkan kembali informasi yang berkualitas dan adil.

Menurut Juniardi, bahwa dalam seruan bernomor 02/2014 tersebut tertulis, Pers Indonesia harus menjadi wasit dan pembimbing yang adil dan menjadi pengawas yang teliti dan seksama terhadap pelaksanaan pemilu, bukan sebaliknya menjadi pemain yang menyalahgunakan ketergantungan masyarakat terhadap media.

“Hal itu tertuang dalam Butir 4 Deklarasi Hari Pers Nasional tahun 2014 di Bengkulu,” kata mantan Ketua KI Lampung pertama itu, di Bandar Lampung.

Selain itu, dalam edaran tersebut juga terungkap perusahaan pers juga harus memiliki “pagar api” yang tegas dalam menayangkan iklan politik.

Sebelum memuat iklan politik peserta pemilu atau pilgub, perusahaan pers harus memperhatikan bahwa pemuatan iklan harus sesuai dengan ketentuan dalam UU Pemilu, UU Pers, Peraturan KPU, dan etika pariwara Indonesia.

“Perusahaan pers juga harus tegas membedakan antara berita ataupun iklan yang ditulis dengan menggunakan model dan struktur berita atau advertorial,” katanya.

Alumni Magister Hukum Unila itu menegaskan penegakan prinsip tersebut penting, karena menjadi upaya serius untuk menjaga integritas pers dan independensi ruang redaksi sel nama proses Pilkada termasuk pemilu, sekaligus sikap jujur pers kepada publik yang berhak mendapatkan informasi yang benar.

Terkait Ketua PWI Lampung yang juga dikabarkan masuk bursa Bakal Caleg, dan diajukan oleh partai Golkar, maka bahwa Ketua PWI Supriyadi Alfian, bukan menjadi pengurus partai politik, akan tetapi di calonkan sebagai Caleg.

“Ketua PWI bisa mengajukan cuti sebagai Caleg, sesuai mekanisme organisasi, dilakukan dalam pleno pengurus harian, ” tegasnya

Dalam aturan PD, PRT, PWI jelas juga diatur bahwa tidak boleh anggota PWI menjadi pengurus parpol atau organisasi wartawan lainnya. “Karena ini baru Bacaleg, dan setelah ditetapkan jadi caleg saat masa sosialisasi dan kampanye, kita yakin ketua PWI yang patuh dan paham aturan organisasi pasti akan non aktif.”

Termasuk, sebagai profesi wartawan, maka jelas harus non aktif dari media tempatnya bernaung, dan sebagai wartawan.

“Non aktif sebagai wartawan, jabatan di news room, termasuk jika Pimred. Seperti priode lalu, ada Pimred Harian Pilar, yang menjadi Tim sukses Pilkada Kabupaten, dia menyatakan non aktif, dan di umumkan kepada publik, ” katanya.(*)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Apa Kabar Lampung

DPRD Lampung Gelar Paripurna Dengan Virtual

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung : DPRD Provinsi Lampung menggelar Rapat Paripurna menggunakan aplikasi Virtual Meeting pada Kamis, 30 April 2020. Hal tersebut dilakukan sebagai dampak pandemi virus Covid-19 yang sedang terjadi sehingga pelaksanaan Rapat Paripurna dilakukan dengan video conference.

Dalam Rapat Paripurna itu, Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim menyerahkan langsung dokumen Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2019 kepada Ketua DPRD Provindi Lampung, Mingrum Gumay.

Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay didampingi jajaran pimpinan dan hadir juga Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim serta 6 anggota DPRD Lampung lainnya di Ruang Sidang Paripurna DPRD Provinsi Lampung.

Sementara anggota DPRD Lampung lainnya mengikuti paripurna melalui video conference di ruang komisi masing-masing. Sementara para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama mengikuti sidang melalui Video Conference di Kantor masing-masing.

Adapun pembahasan paripurna tersebut yakni; Pertama, Pembicaraan Tingkat I Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2019.

Kedua, Penyampaian Perubahan Program Pembentukan Peraturan Daerah Provinsi Lampung Tahun 2020.

“Kita mengikuti rapat paripurna sesuai protokol kesehatan. Oleh sebab itu kita menggunakan virtual meeting,” kata Ketua DPRD Provinsi Lampung, Minggrum Gumay dalam sambutannya. (Red)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Ketua Komisi IV DPRD Lampung Bagi-bagi Masker

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung : Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Lampung, sekaligus selaku Ketua Fraksi Partai GOLKAR DPRD Provinsi Lampung H. Tony Eka Candra (TEC) tak henti-hentinya terus memberikan bantuan kepada berbagai pihak, baik organisasi, komunitas maupun kelompok masyarakat dalam rangka berpartisipasi aktif mendukung dan membantu upaya Pemerintah dalam pencegahan, penanggulangan penyebaran wabah Covid-19 khususnya di Kabupaten Lampung Selatan.

Tidak tanggung-tanggung, kali ini politisi senior Partai Golkar Provinsi Lampung tersebut mengajak dan memberikan Puluhan Ribu Masker dan Hand Sanitizer serta Bantuan 500 Kg Beras kepada DPD AHN (Aliansi Honorer Nasional) Kabupaten Lampung Selatan, 500 Kg Beras kepada DPC HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Kabupaten Lampung Selatan Serta 3 ton Beras diberikan kepada jajaran Pengurus Kecamatan (PK) Partai Golkar Kabupaten Lampung Selatan, saat menggelar “Reses” yang dipusatkan di Aula Kantor DPD Partai Golkar Lampung Selatan, Minggu (26/4/2020).

Hadir dalam kesempatan yang berlangsung penuh kekeluargaan tersebut, Ketua DPD AHN Kabupaten Lampung Selatan Setiawan, S.Pd beserta jajaran, Ketua DPC HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Kabupaten Lampung Selatan Shobri dan Ketua Koprasi Mina Dermaga CikTin beserta jajaran, serta hadir 17 Ketua Pengurus Kecamatan Partai Golkar Se-Kabupaten Lampung Selatan.

Turut hadir juga Wakil Bendahara Umum DPP Partai GOLKAR yang juga Anggota Komisi II DPR-RI Ir.H.Hanan A Rozak, Wakil Ketua dan Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Lampung I Made Bagiasa dan Darlian Pone, Fungsionaris DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung, yakni H. Riza Mirhadi, H. Romudin Adam, Bambang Purwanto, Reza Pahlevi, Sugeng Kristianto, Arifin Indrajaya, H. Benny HN Mansyur, Supriyanto Erwandi, Ketua DPD GRANAT Lampung Selatan Rusman Effendi, Juansyah, Arian, Yudha Sukarya, dan 4 orang staf DPRD Provinsi Lampung, serta dihadiri lengkap 7 Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam paparanya politisi senior Partai Golkar Provinsi Lampung H. Tony Eka Candra (TEC) mengatakan, bantuan Ribuan Masker dan Hand Sanitizer serta sembako tersebut sejalan dengan Instruksi serta arahan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Lampung yang juga Gubernur Lampung Bapak Ir. H. Arinal Djunaidi, bahwa Kelembagaan Partai Golkar di Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Anggota Fraksi Partai Golkar di Legislatif, baik Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota wajib berpartisipasi aktif mendukung dan membantu upaya Pemerintah dalam pencegahan, penanggulangan penyebaran wabah Covid-19 khususnya di Kabupaten Lampung Selatan.

Pada kesempatan tersebut seperti biasa, TEC menyempatkan berdialog dan menyerap aspirasi secara langsung, baik dari Pengurus DPD AHN Kabupaten Lampung Selatan, maupun dari Pengurus DPC HNSI Kabupaten Lampung Selatan yang pada umumnya menyampaikan permasalahan dibidang perikanan, insfrastruktur, pemerataan pembangunan yang belum dinikmati masyarakat secara layak, pendidikan, peningkatan tunjangan bagi para Tenaga Honorer, baik Tenaga Guru/Pengajar maupun Tenaga Teknis, kemakmuran masyarakat yang masih rendah di Kabupaten Lampung Selatan, serta kesulitan ekonomi dan kesulitan mendapatkan kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat akibat dampak wabah Covid-19.

Terkait permasalahan yang berkembang dalam dialog tersebut, TEC menyampaikan akan memperjuangkan seluruh aspirasi tersebut didalam Program Pembangunan Provinsi Lampung yang akan dituangkan dalam APBD sesuai dengan kewenangan Provinsi Lampung, serta akan menyampaikan kepada Tim Gugus Tugas Percepatan, Penanggulangan, dan Penyebaran Virus Covid-19 baik di tingkat Provinsi maupun di Kabupaten Lampung Selatan.

“Permasalahan pembangunan yang berkaitan dengan kewenangan Pemerintah Kabupaten, akan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan”, imbuh TEC

TEC yang juga Ketua PD VIII FKPPI Provinsi Lampung ini menyampaikan kepada masyarakat Provinsi Lampung agar bersabar, karena target pembangunan yang telah tertuang dalam RPJMD Provinsi Lampung Tahun 2019-2024 belum terlaksana secara maksimal, dikarenakan Pemerintah Provinsi Lampung bersama DPRD Provinsi Lampung masih fokus untuk melakukan percepatan, penanganan, dan pencegahan Corona Virus Desaese (Covid-19) di Provinsi Lampung bersama Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.

TEC juga mengajak kepada masyarakat Lampung Selatan untuk ikut aktif terlibat dalam pengawasan penggunaan Dana Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 yang bersumber dari APBN APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota. TEC juga menjelaskan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) telah mengultimatum bagi siapapun yang melakukan penyimpangan Dana Penanganan Covid-19 akan diberikan hukuman seberat-beratnya, oleh Karena itu masyarakat juga harus ikut mengawasi dan mengontrol penggunaan dana tersebut. Karena pengawasan yang paling baik dan efektif adalah pengawasan dari masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga, selain menyerap aspirasi, TEC juga sekaligus memberikan bantuan Ribuan Masker dan Hand Sanitizer yang disampaikan langsung secara simbolis oleh TEC kepada DPD AHN dan DPC HNSI Kabupaten Lampung Selatan untuk kemudian dibagikan kepada warga masyarakat Lampung Selatan guna melindungi diri dari penularan wabah Covid-19, serta membagikan Beras sebanyak 4 ton, dengan rincian 3 ton untuk Pimpinan Kecamatan (PK) dan Pimpinan Desa (Pimdes) Se-Kabupaten Lampung Selatan, serta 1 ton Beras untuk DPD AHN dan HNSI Kabupaten Lampung Selatan.

Ketua DPD Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Provinsi Lampung ini juga meminta kepada Masyarakat, agar di bulan Ramadhan ini dapat mematuhi anjuran Pemerintah; Untuk tetap berada di rumah, wajib menggunakan masker apabila ada kepentingan yang mendesak di luar rumah, melakukan pembatasan sosial dan menghindari kerumunan (Social Distancing), selalu menjaga jarak aman 1-2 meter dalam berinteraksi (Physical Distancing), selalu mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, menjaga kebersihan dan pola hidup sehat guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1441 H, Kita berharap dan berdoa kehadapan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, semoga pandemi wabah Covid-19 segera berakhir, Aamiin”, pungkas TEC. (Red).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Anggota DPRD Lampung Bagi-bagi Sembako dan Masker

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung – Saat ini Bangsa Indonesia sedang mengahadapi wabah virus Corona atau Covid 19. Seluruh wilayahnya termasuk di Provinsi Lampung terkena dampak dari wabah virus menular yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Ditengah pandemi Covid 19, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, Fahrorrozi, turun langsung melaksanakan reses serta membagikan sembako dan masker kepada masyaralat di beberapa Desa yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu, (18/04/2020).

” Reses kali ini, kami turun ke beberapa Desa. Yakni, di Desa Sidosari Kecamatan Natar, Desa Tanjung Ratu, Desa Tanjungan, Desa Tanjung Agung Kecamatan Katibung, Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan, Desa Triharjo Desa Jatibaru kecamatan Merbau Mataram, Desa karang sari Kecamatan Ketapang, Desa sidoasih, Desa pematang pasir kecamatan Ketapang, Desa padan , Desa merambung Kecamatan Penengahan, Desa Sumber Jaya, Desa Karang Anyar, Desa Karang Sari , Desa Sidodadi Asri , Desa Marga Karya Kecamatan Jati agung.” Kata Fahrorrozi

Selain itu, Fahrorrozi yang juga anggota Komisi IV DPRD Lampung dari Fraksi Gerindra itu mengatakan, kegiatan reses kali ini bertejuan untuk memberikan pengetahuan, motivasi, serta bantuan kepada masyrakat khususnya di Kabupaten Lampung Selatan dalam menghadapi pandemi virus Corona yang saat ini sedang mewabah.

“Kegiatan reses kali ini, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada masyarakat khususnya di Lampung Selatan, dalam menghadapi pandemi Corona ini.” Ujar Ketua DPC Partai Gerinda Lampung Selatan tersebut.

Fahrorrozi berharap kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Lampung Selatan untuk tidak panik. Selain itu juga, dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan menghindari aktifitas di keramaian.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi virus Corona ini. selain itu selalu tetap menjaga kebersihan lingkungan serta menghindari aktifitas keramaian.” Pungkasnya. (Red)

Continue Reading

Trending