Connect with us

Lampung Selatan

Dewan Lampung Selatan Gelar Paripurna Pertanggungjawaban APBD 2017

Avatar

Published

on

Lampung Selatan : DPRD Lampung Selatan, gelar Paripurna dalam rangka Pengambilan Keputusan DPRD Terhadap Ranperda Pertanggung jawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2017 di Ruang Rapat DPRD setempat, Rabu (25/07/2018).
Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Lamsel, Hendry Rosyadi tersebut diikuti Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan, Wakil Ketua I, Supriyanto Hutagalung, Wakil Ketua II, Fahrurrozi dan Wakil Ketua III, Roslina, Forkopimda Lamsel dan seluruh Kepala OPD Lamsel.
Pada Paripurna kali ini, DPRD Lamsel memberikan 3 saran kepada Pemkab setempat dalam pelaksanaan APBD 2017 yang disampaikan oleh anggota Badan Anggaran DPRD Lamsel Jenggis Khan Haikal.
Pertama, agar pemerintah daerah mendorong fungsi UPT Dinas Pensapatan Daerah dalam pengelolaan restribusi,  PBB dan memnerikan sangksi kepada yang tidak dapat memenuhi kewajibanya,  sehingga dapat meningkatkan PAD bagi daerah Lampung Selatan.
“Kedua, perlu perbaikan sistim dalam pungutan PBB tentang perhitungan berdasarkan klasifikasi tanah dan wilayah setrategis, tanah tempat tinggal,  sawah,  kebun perlu dilakukan pendataan yang valid sehingga memenuhi keadilan bagi masyarakat,” ujarnya.
“Lalu yang ketiga, fullday School yang saat ini mulai diterapkan agar diimbangi dengan kebutuhan siswa,  seperti MCK dan tempat Ibadah,” tambahnya.
Dari seluruh fraksi yang ada di DPRD Lampung Selatan, hadir mengikuti Rapat Paripurna DPRD Lampung Selatan, menyatakan menerima Ranperda APBD 2017. (Eko)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Apa Kabar Lampung

Rapat Paripurna HUT Lampung Selatan Ke-64, Gubernur Dorong Lamsel Semakin Sejahtera dan Berdaya Saing

Redaksi LT

Published

on

LAMPUNG SELATAN-jejaring09.com-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong Lampung Selatan menjadi kabupaten yang semakin sejahtera dan berdaya saing di usia ke-64, melalui semangat juang dan berkarya dalam pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Arinal dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lampung Selatan dalam rangka HUT Kabupaten Lampung Selatan Ke-64 Tahun 2020 dengan tema “Lampung Selatan Tangguh”, di Gedung DPRD Kabupaten Lampung Selatan, Senin (16/11/2020).

Menurut Arinal, dengan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan kearifan lokal yang dimiliki Kabupaten Lampung Selatan, akan mampu mewujudkan Lampung Selatan yang semakin berdaya saing.

“Mari kita bangun terus komitmen untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik,” katanya.

Arinal menyebutkan berbagai program pembangunan ada di Kabupaten Lampung Selatan seperti Pengembangan Kawasan Pariwisata Terintegrasi / Bakauheni Harbour City dan
Pengembangan kawasan kesehatan di Bandara Radin Inten II.

“Semoga Lampung Selatan menjadi warna pembangunan Indonesia pada masa yang akan datang,” ujarnya.

Dengan berbagai program pembangunan tersebut, kata Arinal, menjadikan Lampung Selatan sebagai salah satu Kabupaten yang diandalkan, termasuk dalam pembangunan ekonomi kerakyatan.

“Mari kita membangun Provinsi Lampung dengan rasa kompak. Dengan kekompakan, menciptakan suasana damai, membangun sinergitas antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten dengan harapan seluruh lapisan masyarakat memberikan dukungan atas kebijakan dan program pemerintah,” katanya.

Pada kesempatan itu, Arinal menyampaikan terimakasih kepada para pendahulu yang berjasa dalam membangun Lampung Selatan.

“Seperti para pejuang, para mantan Bupati, dan Wakil Bupati, mantan Sekda, mantan Anggota DPRD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Akademis dan lainnya dengan tulus dan ikhlas telah memberi sumbangsih dalam membangun Kabupaten Lampung Selatan,” ujarnya.

Arinal juga mengucapkan selamat dan Dirgahayu kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lampung Selatan. “Mari membangun Lampung Selatan, wujudkan Lampung Maju Berjaya,” ujar Gubernur Arinal.Pada bagian lain, Arinal mengajak Kabupaten Lampung Selatan untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 pada 9 Desember 2020 mendatang dengan sungguh-sungguh menerapkan protokol kesehatan.

“Protokol Kesehatan menjadi prioritas dalam semua tahapan pelaksanaan pilkada, termasuk pada saat pemilihan nanti. Jangan sampai terdapat penyebaran klaster baru, pasca Pilkada di Kabupaten Lampung Selatan,” katanya.

Sementara itu, Pjs Bupati Lampung Selatan Sulpakar mengatakan Arinal Djunaidi menjadi Gubernur pertama yang hadir pada perayaan HUT Kabupaten Lampung Selatan.

“Ini merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan kami warga Lampung Selatan,” ujar Sulpakar.

Sulpakar menyebutkan di hari jadi Kabupaten Lampung Selatan, untuk terus meningkatkan semangat kebersamaan dan kerukunan antara seluruh masyarakat.

“Mari kita tumbuhkan jiwa gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat kita,” ujarnya.

Sebagai ungkapan rasa syukur, dilakukan pemotong tumpung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lampung Selatan Hendry Rosyadi.

Potongan tumpeng pertama diberikan kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan selanjutnya kepada Pjs Bupati Lampung Selatan Sulpakar.

Paripurna ini dihadiri oleh Forkopimda, para Camat Kabupaten Lampung Selatan dan Pangeran Sai Batin 5 Marga.
Acara diawali pembacaan sejarah singkat lahirnya Kabupaten Lampung Selatan oleh Ketua DPRD Kabupaten Lampung Selatan Hendry Rosyadi.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Sulpakar Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Selatan, Drs. H. Sulpakar, MM memimpin upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang diadakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lampung Selatan di Halaman Sekretariat Kwarcab setempat, Rabu pagi (28/10/2020).
Upacara yang diikuti Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka serta anggota Pramuka se-Kabupaten Lampung Selatan tersebut, sekaligus disatukan dengan Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Bencana, Kwarab Gerakan Pramuka Lampung Selatan.
Hadir juga Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan, Sukadi beserta sejumlah pejabat utama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.
Dalam amanatnya, Sulpakar mengtakan, momentum peringatan hari Sumpah Pemuda harus dapat dijadikan sebagai semangat persatuan dan kesatuan para pemuda dalam memperjuangkan cita-cita dan masa depan.
Menurutnya, para pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus mampu menjawab tantangan zaman yang semakin komplek ini.
“Hal ini sesuai dengan tema Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 yaitu “Semangat Bersatu dan Bangkit”. Tema ini mempunyai kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif,” ujar Sulpakar saat menyampaikan sambutan sebagai pembina upacara tersebut.
Disela-sela upacara itu, juga dilakukan penandatangan Kesepakatan Bersama antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan mengenai komitmen bersama dalam penanggulangan bencana alam dan non alam di daerah setempat.
Pjs Bupati Lampung Selatan, juga sempat memberikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa helm, face shield, dan sepatu boot secara simbolis kepada dua orang anggota Gerakan Pramuka Lampung Selatan.
Terkait penanggulangan bencana, Sulpakar mengajak seluruh peserta khususnya adik-adik anggota pramuka dan BPBD agar dapat saling bersinergi dan bekerjasama dalam menghadapi perubahan iklim dan fenomena alam yang dapat menimbulkan bencana dan menelan korban jiwa di daerah setempat.
Untuk itu, Sulpakar juga mengingatkan, semangat gotong royong harus dikedepankan dalam menghadapi setiap persoalan. Karena kata dia, seberat apa pun masalah, jika dilakukan dengan fokus dan bersatu akan diselesaikan dengan baik.
“Termasuk dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri kita. Oleh karena itu kita harus tumbuhkan semangat persatuan dan gotong royong. Kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Gerakan Pramuka termasuk dengan para pemuda dan elemen masyarakat lainnya,” tandasnya. (eko/kmf)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

DWP Lampung Selatan Gelar Sosialisasi Parenting Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan mengadakan Sosialisasi Parenting Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga. Kegiatan itu berlangsung di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat, Selasa (27/10/2020).
Acara yang dibuka oleh Penasehat DWP Kabupaten Lampung Selatan, Pori Karlia Sulpakar diikuti pengurus beserta anggota DWP dari unsur sekretariat/badan/dinas/bagian dan kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.
Hadir juga Ketua DWP Kabupaten Lampung Selatan, Yani Thamrin beserta Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Lampung Selatan, Anasrullah.
“Jumlah peserta pelatihan sebanyak 150 orang. Terdiri dari sekretariat/badan/dinas/bagian sebanyak 86 orang, kecamatan 34 orang, dan pengurus DWP sebanyak 30 orang,” tutur Ketua Penyelenggara, Reni Samsurijal.
Ketua Bidang Pendidikan DWP Lampung Selatan ini menambahkan, maksud diselenggarakannya kegiatan itu adalah untuk melaksanakan program kerja bidang pendidikan DWP Kabupaten Lampung SelatanTahun Anggaran 2020.
“Adapun tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu pengurus dan anggota DWP Kabupaten Lampung Selatan sebagai orang tua dalam pencegahan kekerasan terhadap anak dalam keluarga,” kata Reni Samsurijal.
Sementara, Penasehat DWP Kabupaten Lampung Selatan, Pori Karlia Sulpakar sangat mengapresiasi dengan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi tersebut.
Dirinya berharap, para peserta sosialisasi dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam mendidik anak-anaknya. Sebab menurutnya, sebagai orang tua, anggota DWP harus mampu memberikan pendidikan yang baik bagi anak-anak.
“Jangan sampai kita sebagai orang tua mendidik anak dengan cara yang keras. Didiklah anak-anak kita dengan menerapkan pola didik berkarakter akhlakul kharimah. Agar anak-anak mempunyai filter yang kuat dalam menerima informasi yang diperolehnya dari gadget dan dunia maya,” ujarnya.
Selain itu, istri Pjs Bupati Lampung Selatan ini juga berharap, agar para peserta sosialisasi dapat memahami pola asuh anak yang tepat tanpa kekerasan. Hal tersebut sesuai dengan tema yang diusung dalam sosialisasi yaitu, “Kita Tingkatkan Pengetahuan Orang Tua Dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga”.
Dengan sosialisasi itu, dia mengajak seluruh peserta agar meningkatkan pengetahuan dalam pencegahan kekerasan terhadap anak dalam keluarga.
“Berikan perlindungan bagi anak yang menjadi korban kekerasan. Karena keluarga adalah sebaik-baiknya perlindungan bagi anak. Tanamkan sifat keterbukaan dalam keluarga dengan komunikasi yang baik. Tampung semua aspirasi anak, berikan solusi terhadap keluhan-keluhan mereka dan arahkan mereka dalam pergaulan positif,” imbuhnya.
Disamping itu, Pori Karlia juga meminta kepada seluruh peserta agar dapat menyosialisasikan ilmu pengetahuan yang peroleh dalam kegiatan sosialisasi tersebut serta dapat diterapkan ketika mendidik anak dalam keluarga.
“Pesan saya, asuh dan didiklah anak dengan cara yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Aar kita dapat mencegah kekerasan terhadap anak dalam lingkungan keluarga,” tukasnya.
Sementara itu, kegiatan sosialisasi parenting tersebut menghadirkan dua narasumber.
Narasumber pertama yaitu, Aira Darmayanti Duarsa, SH yang merupakan Tim Profesi UPTD PPA Provinsi Lampung.
Dalam materinya, dia menyampaikan ilmu mengenai ESKA (eksploitasi seksual kekerasan anak) dan upaya pencegahannya.
Narasumber kedua yaitu, Cindani Trika Kusuma, S.Psi, M.Psi yang merupakan Psikolog Klinis-Public Speaker sekaligus Psikolog UPTD PPA Provinsi Lampung.
Dalam penyampaiannya, Dosen Psikologi UIN Raden Intan Lampung ini banyak berbicara tentang pola asuh anak dalam keluarga. (eko/kmf)

Continue Reading

Trending