Connect with us

Lampung Timur

Kasus Pelatihan Jurnalistik Oleh DPMPD Lampung Timur Masuki Babak Baru

Avatar

Published

on

Lampung Timur : Terkait kasus pelatihan jurnalistik kepala desa Sekabupaten Lamtim yang di duga di koordinir oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Lamtim kini memasuki babak baru. Pihak kejaksaan Negeri Sukadana Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) saat ini sedang pengumpulan data untuk memperkuat laporan terkait dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD) yang digunakan dalam pelatihan jurnalistik tersebut.
Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukadana Syharir Harahap mengatakan bahwa pengumpulan data kasus tersebut saat ini sedang berjalan, bahkan pihaknya saat ini sedang mengumpulkan dan mengali lebih dalam data-data laporan terkait persoalan pelatihan jurnalistik.
“Masih dalam pengumpulan data, dan bukan hanya itu saja  termasuk biaya operasional dari pihak yang menjadi tempat kegiatan sudah kita mintai keterangan terkait persoalan pelatihan jurnalistik ini,”terangnya, Rabu (25/07/2018).
Dikatakan Syahrir, pihaknya akan terus berupaya mengungkap dan memperoses persoalan tersebut, namun sesuai dengan perosedur hukum yang berlaku.
Pada pemberitaan sebelumnya, Dana Desa (DD) yang sejatinya di peruntukan pembangunan di tingkat desa diduga di salah gunakan oleh salah satu oknum kepala Dinas di Lampung Timur. Ramainya pemberitaan di sejumlah media online beberapa waktu lalu yang memberitakan kepala dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Lampung Timur yang di duga melakukan pungutan liar (pungli) dana desa dengan dalil pelatihan jurnalistik kepala desa (kades) sekabupaten Lamtim beberapa waktu lalu di Hotel Horison Bandar Lampung.
Pelatihan jurnalistik untuk kepala desa ini sendiri terkesan di paksakan, pasalnya kegiatan tersebut tak tampak ada kaitannya dengan upaya memajukan pemerintahan di tingkat desa.
Melihat kondisi inilah akhirnya Lebaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tegakkan Aspirasi Rakyat (TEGAR) Lampung Timur  melaporkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Lamtim ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukadana pada Senin 21 Mei 2018 yang lalu.
Pengaduan tersebut berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan jurnalis bagi perangkat desa yang diduga dikordinir oleh Kepala BPMPD Lamtim  pada 25 April yang lewat di hotel Horison Bandar Lampung.
Ketua LSM TEGAR Lamtim Azhari Nisar mengatakan, kedatangan LSM TEGAR ke Kejaksaan Negeri Sukadana ini adalah untuk menyampaikan laporan pengaduan terkait kegiatan pelatihan jurnalis bagi perangkat desa yang diduga dikordinir oleh BPMPD Lamtim pada 25 April yang lewat di hotel Horison Bandar Lampung, yang anggarannya dibebankan dari dana desa.
Menurutnya, Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan hal yang kurang tepat, dengan membebankan biaya dari dana desa. Biaya dana pelatihan tersebut dibebankan melalui dana desa yang ada di 264 desa yang ada di kabupaten Lampung Timur.
“Kalau dari investigasi yang kami lakukan, setiap desa dipungut dana sebesar Rp 2.910.000,00 untuk pelaksanaan pelatihan jurnalis desa di hotel Horison Bandar Lampung tersebut. Bagaimana mungkin, dana desa dipergunakan untuk pelatihan jurnalis bagi kepala desa, yang kami anggap bukan hal yang penting dan tidak masuk dalam aturan penggunaan dana desa,”jelasnya.
Untuk itu, lanjutnya, kami dari LSM TEGAR berharap kepada Kejaksaan Negeri Sukadana dapat segera memanggil dan memeriksan Kepala BPMPD Lamtim terkait pelaksanaan kegiatan pelatihan jurnalis bagi perangkat desa yang ada di Lamtim.
Untuk di ketahui, Dana Desa merupakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah  kabupaten/kota  dan  digunakan  untuk  membiayai  penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pemerintah mengalokasikan Dana Desa, melalui mekanisme transfer kepada Kabupaten/Kota. Berdasarkan alokasi Dana tersebut, maka tiap Kabupaten/Kota mengalokasikannya kepada setiap desa berdasarkan  jumlah  desa  dengan  memperhatikan  jumlah  penduduk  (30%),  luas  wilayah (20%), dan angka kemiskinan (50%).

Hasil perhitungan tersebut disesuaikan juga dengan tingkat kesulitan geografis masing-masing desa. Alokasi anggaran sebagaimana dimaksud di atas, bersumber dari Belanja Pusat dengan mengefektifkan program yang berbasis Desa secara merata dan berkeadilan. Besaran alokasi anggaran yang peruntukannya  langsung ke Desa ditentukan 10% (sepuluh perseratus) dari dan di luar dana Transfer Daerah (on top) secara bertahap.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa Yang Bersumber dari APBN, dengan luasnya lingkup kewenangan Desa dan dalam rangka mengoptimalkan penggunaan  Dana  Desa,  maka  penggunaan  Dana  Desa  diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Reporter : Mandra

Editor : Putra

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Apa Kabar Lampung

Wandandim 0429/Lamtim Hadiri Sosialisasi Pencegahan Virus Korona

Redaksi LT

Published

on

Lampung Timur, Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis diwakili Kasdim Mayor Kav. Joko Subroto menghadiri acara sosialisasi pencegahan Virus Corona (Covid-19) oleh Biddokes Polda Lampung, di Aula Tribrata Polres Lampung Timur, Jl. Letnan Adnan Sanjaya, Desa Mataram Marga, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, senin (16/03/2020).

AKBP Drg. Legowo selaku narasumber menyampaikan,”Kami dari Biddokkes diperintahkan oleh Polda Lampung untuk melakukan sosialisasi sejak mewabahnya virus corona (Covid-19), sebelumnya salaman (berjabat tangan) guna menghindari mewabahnya virus ini, sekarang ditiadakan dan diganti dengan salam merapatkan tangan didepan leher, sebagai garda terdepan, TNI / Polri harus bisa mensosialisasikan ke masyarakat, jangan malah menambah kepanikan masyarakat”.

Masih menurutnya,”Virus Corona adalah virus influenza yang sudah bermutasi ditandai dengan gejala demam, sakit tenggorokan, sakit kepala dan yang paling khas adalah terjadinya sesak nafas / gangguan pernapasan yang penyebaran utama dari virus corona terutama dari air liur / ludah pasien suspect”.

“Upaya pencegahan yang dapat dilakukan dan langsung dipraktekkan antara lain, mencuci tangan dengan air dan sabun, menghindari memegang mata, hidung dan mulut serta dengan cara meningkatkan imunitas tubuh,” Tandasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis dari Tim Biddokkes Polda Lampung kepada Polres Lampung Timur yang diterima oleh Wakapolres Lamtim berupa masker dan hand sanitizer.

Tampak hadir AKBP Drg. Legowo dan Tim Biddokkes Polda Lampung, Wakapolres Lamtim Kompol Suparman, S.Pd., M.Si, Kasdim Kodim 0429 Lamtim Mayor Kav. Joko S, Para PJU Polres Lamtim, Direktur RSUD Sukadana Dr. Wayan, Para Kapolsek Jajaran Polres Lamtim, Peserta sosialisasi adalah Personil Polres & Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Lamtim serta Personil Kodim 0429 Lamtim.

Reporter : Desi Maisaroh
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Finish Gowes Di Koramil 15/Pasir Sakti, Dandim 0429/Lamtim Di Sambut Forkopimcam

Redaksi LT

Published

on

Lampung Timur, Setelah menempuh jarak ±74KM Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis beserta rombongan gowes yang start dari Makodim pada Pukul 11:04 WIB finish di Makoramil 429-15/Pasir Sakti, Kamis (12/03/2020).

Kedatangan Dandim yang didampingi Kasdim beserta Perwira jajaran Kodim dan Ketua Persit ini disambut hangat oleh Camat Pasir Sakti yang diwakili Kasi Trantib Pardiana serta Kapolsek diwakili Kasium Bripka Agus.

Disela-sela obrolan santai Pardiana selaku Kasi Trantib menyampaiakan bahwa selama ini antara Koramil dan intansi Kecamatan sudah bersinergi.

“Alhamdulillah Danramil dan para anggotanya selama ini selalu membaur dan bersatu di setiap kegiatan, mudah-mudah ini bisa kami tingkatkan, pak Dandim,” Ujar Kasi Trantib.

Pada kesempatan yang sama Dandim menyampaikan ucapan terima kasih kepada Forkopimcam Pasir Sakti atas sambutan hangatnya.

“Saya selaku Dandim 0429/Lamtim mewakili seluruh rombongan gowes mengucapkan terima kasih kepada forkopimcam dan Danramil Pasir Sakti atas sambutanya yang luar biasa, mudah-mudahan silaturahmi ini akan terus terjalin sehingga kemanunggalan TNI dengan Rakyat tetap utuh dan solid demi terwujudnya kamtibmas yang aman dan damai di wilayah Kabupaten Lampung Timur,” tandas pria alumni Akmil 2001 tersebut.

Sebelum finish di chek point ke III atau tepatnya di Koramil 15/Pasir Sakti, Dandim besrta rombongan gowes singgah di chek point ke II Koramil 10/Labuhan Maringgai dengan memberikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu.

Untuk diketahui bahwa selain memberikan bantuan sembako saat finish di Koramil Pasir Sakti juga diadakan pengecekan kesehatan gratis oleh tim kesehatan dari Puskesmas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 0429/Lamtim Mayor Kav. Joko Subroto, seluruh Perwira jajaran Kodim, Kasitrantib Pardiana, Kapolsek diwakili Bripka Agus, Kepala sekola SMK PGRI Eko Budi Santoso, Spd, Kepsek SMAN1 Joko Sumaryono, Ketua Persit KCK Cabang LIV Ny. Hj. Hasmah M. Darwis beserta pengurus, Kades Mulyo Sari Subardan, Kades Purworejo Jarkasi ,Kades Pasir Sakti Suwarto dan warga masyarakat yang menerima bantuan.

Reporter : Desi Maisaroh
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Dandim 0429/Lamtim Pimpin Gowes Bareng

Redaksi LT

Published

on

Dandim 0429/lampting pimpin goes bareng sekaligus berbagi tali Asih/Lampung today

Lampung Timur : Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis pimpin langsung kegiatan gowes bareng startr dari Makodim Jl. Soekarno-Hatta, Desa Mataram Marga, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Kamis, (12/03/2020).

Gowes yang dilaksanakan kali ini adalah dalam rangka kunjungan kerja ke Koramil 429-15/Pasir Sakti, jika ditotal keseluruhan jarak antara Makodim 0429/Lamtim ke Koramil Pasir Sakti ±74 KM.

Setelah menempuh perjalanan selama ± 1 Jam Akhirnya Dandim bersama rombongan gowes sampai di chek point pertama yakni di Koramil 429-09/Way Jepara.

Moment istrirahat di chek point 1tersebut dimanfaatkan oleh Dandim yang di dampingi oleh Ketua Persit untuk berbagi tali asih berupa pemberian sembako kepada 10 warga kurang mampu yang berdomisili di seputaran Koramil Way Jepara.

“Ini wujud rasa kepedulian sosial antar sesama, sehingga dapat terjalin komunikasi dan silaturahmi yang baik antara TNI dan warga masyarakat sehingga keberadaan kami (Kodim 0429/Lamtim) dapat dirasakan, semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan dapat meringankan sedikit beban bagi warga kurang mampu,” Ujar Pria asli kelahiran Makasar tersebut.

“Terima kasih Pak Dandim beserta Ibu dan seluruh rombongan smoga apa yang sudah diberikan kepada kami dengan niat yang ikhlas dapat menjadikan amal ibadah untuk bapak-bapak TNI semua,” ungkap salah seorang warga yang mendapatkan tali asih.

Usai memberikan tali asih dan foto bersama Dandim beserta rombongan melanjutkan gowes menuju chek point II yakni di Koramil 429-10/Labuhan Maringgai.

Reporter : Desi Maisaroh
Editor : Red

Continue Reading

Trending