Connect with us

Lampung Selatan

Ketua IBI Lampung Janji Perjuangkan Nasib Bidan TKS

Avatar

Published

on

Lampung Selatan : Ketua IBI Provinsi Lampung, Risneni, akan perjuangkan nasib bidan TKS (Tenaga Kerja Sukarela) yang ada di Provinsi Lampung, agar segera ada kenaikan intensif.
Hal itu diungkapkannya saat memperingati Ulang Tahun IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Lampung Selatan ke- 67 di Gor Way Handak, Kalianda, Lamsel, Sabtu (28/07/2018).
Menurut Risneni, pihaknya sudah melakukan advokasi ke pemerintah daerah provinsi, untuk segera memberikan kenaikan intensif bagi bidan tenaga kerja sukarela di Lampung.
“Tanggapan mereka positif, surat balasannya sudah kami sampaikan ke pengurus daerah sudah direkomendasi, mudah-mudahan dengan adanya peraturan anggaran-anggaran yang masuk mereka bisa direalisasi,” ujarnya.
Namun pihaknya belum bisa memastikan, kapan rekomendasi tersebut bisa terealisasi, semua tergantung pemerintah daerah masing-masing karena mereka yang akan mengeluarkan dana anggaran.
“Lebih cepat lebih baik, hampir 3 ribu bidan TKS diseluruh Lampung, 2.900 sekian,” lanjutnya.
Dengan seperti itu, semoga semua bidan-bidan khususnya di Lampung bisa bekerja dengan wewenang dan kompetensi yang dimiliki sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan tentang pemeriksaan kehamilan dan menolong kehamilan.
“Kemudian pelayanan kepada bayi baru lahir, balita itu yang sehat-sehat saja, memantau tumbuh kembang bayi dan balita, kemudian yang terakhir kesehatan reproduksi dan KB itu tugas dan wewenang bidan,” pungkasnya.
Sementara itu, Ketua IBI Lamsel, Dwi Suprapti Ningsih menambahkan, saat ini di Lampung Selatan sendiri terdapat 912 bidan, 319 diantaranya sudah berstatus sebagai PNS.
“216 CPNS, PTT 29, TKS 263, BPS murni 16 Bidan. Pada hari ini kami hadirkan sebanyak 500 bidan dari seluruh ranting se Kabupaten Lamsel,” ujarnya.
Untuk mendukung program-program pemerintah daerah di bidang kesehatan, pihaknya melakukan berbagai kegiatan seperti bakti sosial berupa pemeriksaan IVA dan sadarnis, krioterapi, anc terintegrasi, pelayanan KB, pemeriksaan kesehatan lansia.
“Lalu penertiban pembuatan SIPB bekerjasama dengan BPJS dan Dinkes, Lomba ranting terbaik, anjangsana kesesepuh IBI Lamsel dan seminar sehari yang hari ini terselenggarakan,” pungkasnya.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Lamsel, Zainudin Hasan yang diwakilkan oleh Kabid Binkes Dinas Kesehatan Lamsel, Devi Arminanto, Camat Kalianda yang diwakilkan Sekcam, Hifni.
Reporter : Eko
Editor : Putra

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Jelang Pensiun, 312 ASN Pemkab Lamsel Dilatih Kewirausahaan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Sebanyak 312 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mendapat pelatihan kewirausahaan jelang masa purnabhakti atau pensiun.

Acara pelatihan yang dilaksanakan di Aula Rajabasa, Kantor Bupati Lampung Selatan dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemkab Lampung Selatan, Priyanto Putro.

Turut hadir Sekretaris Dewan Pengurus Korpi Kabupaten Lampung Selatan Nurmali Rizal AR, SE, M.Si serta sejumlah perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan pemkab setempat.

Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Lampung Selatan, Nurmali Rizal menjelaskan, peserta pelatihan kewirausahaan tersebut terdiri dari dinas, badan, kantor, bagian, kecamatan, dan dewan guru yang sudah dan akan memasuki pensiun pada tahun 2019.

Adapun, tujuan dari kegiatan itu kata dia, untuk meberikan ilmu pengetahuan kepada ASN yang memasuki masa purnabhakti.

“Maksud dan tujuan pelatihan ini juga untuk meningkatkan kemampuan diri, dan memberi bekal atau keterampilan untuk berusaha, serta mempersiapkan mental para ASN dalam menghadapi purnabhakti,” ujar Nurmali Rizal dalam laporannya.

Sementara, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerntahan Hkum dan Politik, Priyanto Putro berharap, melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan serta wawasan bagi ASN dibidang kewirausahaan.

Sehingga nantinya, dengan pengetahuan yang didapat bisa memberikan manfaat dalam mengisi waktu luang setelah pensiun serta dapat memberikan nilai ekonomi bagi kehidupannya.

“Saat ini muncul berbagai konsep usaha yang beragam dan menarik, dengan menawarkan keuntungan yang besar. Dan tentunya, dengan pelatihan ini diharapkan dapat mengenalkan lebih dalam akan seluk beluk dunia wirausaha,” kata Priyanto.

Lebih lanjut Priyanto menyampaikan, melalui pelatihan itu diharapkan juga para ASN yang memasuki purnabhakti, akan mempunyai persiapan yang lebih baik. Terutama dalam mengisi waktu luang yang dapat memberikan dampak enkonomi untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Pada dasarnya, pelatihan ini ingin memberikan motivasi dan pencerahan, bahwa kesuksesan akan diraih bila pilihan aktivitas sesuai dengan potensi diri. Pelatihan ini diharapkan juga mampu mendorong peserta untuk menemukan gagasan dan ide baru guna memulai usaha, khususnya usaha kecil menengah (UKM),” tutur mantan Kepala Bappeda Pemkab Lampung Selatan ini.

Selain itu Priyanto mengatakan, purnabhakti bukanlah sebuah akhir dari pengabdian, akan tetapi masa itu hendaknya dapat dipandang sebagai momentum sekaligus titik tolak baru dalam menyiapkan kehidupan yang lebih baik di masa depan.

“Kita tentunya patut bersyukur bisa mencapai masa ini. Karena masa purnabhakti merupakan bukti keberhasilan seseorang melewati tahapan kehidupan yang paripurna sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasubag Olahraga Seni Budaya Mental dan Rohani Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Lampung Selatan, Emilia Susana, SE, MM menambahkan, ASN yang memasuki masa purnabhkati tersebut juga diberi tali asih.

“Secara simbolis tadi sudah diserahkan kepada ASN yang memasuki purnabhakti. Totalnya 312 orang, dan masing-masing ASN yang memasuki purnabhakti mendapatkan tali asih sebesar Rp.750.000,” ucapnya.

Sedangkan, dalam kegiatan itu para ASN yang memasuki purnabhakti diberi pelatihan materi mengenai pemanfaatan lahan pekarangan melalui budidaya tanaman sayuran dan buah-buahan yang disampaikan Des Rahyumi TJ, SP Kabid Holtikutura Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura setempat.

Selanjutnya dimateri kedua, ASN diberi pengetahuan tentang program budidaya air tawar yang disampaikan oleh Dwi Jatmiko, SPi yang juga merupakan Sekretaris Dinas Perikanan Pemkab Lampung Selatan. (Eko/Kmf)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

M. Sefri Masdian Definitif Kadis Kominfo Lampung Selatan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Muhamad Sefri Masdian S.sos resmi ditetap sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Lampung Selatan (Lamsel) Definitif, Selasa petang (17/7/19).

Sefri yang sebelumnya Plt dinaikan kedudukannya sebagai Kadiskominfo definitif berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lamsel, Nanang Ermanto, nomor: 821.22/486/V.05/2019 tertanggal 16 Juli 2019.

Ditetapkannya Sefri sebagai pejabat definitif Diskominfo mendapat apresiasi dari salah satu organisasi wartawan di Lampung Selatan.

Salah satunya, JUSI (Jurnalis Siber Komuniti) yang berkedudukan di Kalianda itu menyampaikan ucapan selamat dan mendukung penuh posisi mantan Sekretaris Diskominfo Lamsel itu.

“Menurut saya, didefinitifkannya jabatan Kadiskominfo yang diemban bang Sefri semakin menguatkan posisinya sebagai top manajer di dinas yang disebut Corong Pemkab itu, tentu itu merupakan hal positif, JUSI mengucapkan selamat untuk bang Sefri,” ujar Ketua JUSI, Khairullah Aka dalam rilisnya, Rabu pagi (17/7/2019).

JUSI berharap, Sefri bisa bekerja lebih profesional, berkeadilan, membaur dan bertambah kesabaran.

“Karena Kadiskominfo itu jabatan yang rentah, mudah goyah, berhadapan dengan media dan wartawan yang memiliki kepentingan dan watak berbeda-beda, tentu dibutuhkan kebijaksaan dan kekuatan lebih dari seorang bang Sefri,” tambah Khairullah.

Pemilik media siber, Lnews itu menambahkan, “Bang Sefri bisa bertahan dalam kedudukannya jika menerapkan prinsip, Profesionalisme, Berkeadilan, Membaur dan Memiliki Kesabaran lebih serta Luwes dengan pihak manapun.”

Sefri pun menanggapi dukungan JUSI tersebut, kepada Ketua JUSI Ia mengatakan, “Tetep kerja dan kerja aja Rul, karena orientasi saya adalah kerja dan kerja, melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik mungkin.” (rilis jusi)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Plt Bupati Lampung Selatan Lantik 123 Pejabat Struktural Eselon II, III, dan IV

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto melantik 123 pejabat struktural dilingkungan Pemerintah (Pemkab) Lampung Selatan, Selasa (16/7/2019).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dilakukan sekitar pukul 17.30 WIB di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lampung Selatan itu, menyasar 123 pejabat, mulai dari eselon II, eselon III dan eselon IV.

Rinciannya 19 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama eselon II, 89 pejabat Administrator eselon III termasuk didalamnya 9 camat dan 15 pejabat pengawas eselon IV.

Dalam arahannya, Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan, bahwa mutasi jabatan eselon II, III, dan IV yang dilaksanakan kali ini adalah hal yang biasa dilakukan.

Menurut Nanang, mutasi pejabat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan guna meningkatkan kinerja OPD dalam melayani masyarakat, guna kepentingan organisasi pemerintahan daerah.

Disamping itu, yang paling penting, kata Nanang, mutasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yang dilakukan sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sudah melalui gubernur, KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) dan izin Mendagri,” kata Nanang dalam sambutannya.

Lebih lanjut Nanang mengungkapkan, ada dua tahapan yang telah dilalui untuk proses mutasi pejabat eselon II yang saat ini dilantik.

Yakni telah melalui izin untuk melakukan jobfit dan izin untuk pelantikan. Semua tahapan itu, diungkapkan Nanang, sudah dilakukan dan sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Rotasi jabatan ini dilakukan untuk kebutuhan organisasi agar berjalan lancar dan baik dan sudah melalui uji kompetensi serta jobfit yang diikuti para kepala OPD,” kata Nanang.

Nanang juga berpesan agar semua ASN yang dilantik dapat menjalankan amanah yang di berikan dengan sebaik-baiknya.

Sebab menurutnya, semua tanggung jawab jabatan yang diberikan serta-merta hanya untuk mewujudkan Kabupaten Lampung Selatan lebih baik kedepan.

“Saya juga berharap agar seluruh pejabat yang dilantik hari ini langsung bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk dapat melayani rakyat,” tegas Nanang. (kmf/eko)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: