Lampung Timur

LP3RI Sambut Baik Naiknya Laporan Nunik Agar Ada Kejelasan

Ketua LP3RI Provinsi Lampung Sandi Yudha

Lampung Timur : Selaku terlapor, pihak LSM Lembaga Pengawasan Pelayanan Informasi Publik Republik Indonesia (LP3RI) wilayah Lampung menyambut baik informasi terkait pelimpahan berkas perkara dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Timur ke Pengadilan Negeri (PN) Sukadana Lampung Timur yang di limpahkan belum lama ini. Berkas perkara tersebut merupakan aduan Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim (Nunik).

Ketua LP3RI Provinsi Lampung Sandi Yudha mengatakan bahwa pihaknya memang sudah lama menantikan kejelasan proses hukum tersebut supaya semuanya dapat di paparkan secara jelas di pengadilan nanti.

“Selaku ketua LP3RI provinsi Lampung, Saya sambut baik berita pelimpahan oleh pihak kejaksaan negeri Sukadana kepada pengadilan setempat atas kasus hukum yang saat ini kami jalani. Mudah-mudahan segera dapat di sidangkan agar agar semuanya gamblang dan terang sudah lebih dari 1 tahun kami tunggu kelanjutannya,”jelas Sandi Yudha melalui WA pribadinya, Kamis (02/08/2018).

Lanjutnya, Berkas perkara yang saat ini sudah sampai di tangan Pengadilan Negeri Sukadana tentunya telah menunjukan titik terang kepastian hukum bagi LP3RI, pasalnya bukan pihak pelapor saja yang butuh kepastian hukum.

“Bukan hanya pelapor yang butuh kepastian hukum namun kami sebagai pihak terlapor juga butuh kepastian hukum,”ujarnya.

Sandi menjelaskan, untuk langkah selanjutnya, pihak LP3RI akan melakukan koordinasi terlebih dahulu.

“Selebihnya kami masih koordinasi dengan pendamping hukum,”Tandasnya.

Pada berita sebelumnya, Belum lama ini Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Timur telah melimpahkan Berkas perkara ke Pengadilan Negeri Suakadana atas aduan Bupati Lampung Timur Chusnunia yang melaporkan LSM Lembaga Pengawas Pelayanan Informasi Publik Republik Indonesia (LP3RI) ke pihak berwajib.

Di ketahui laporan tersebut merupakan buntut dari Aksi unjuk rasa yang di lakukan oleh pihak LP3RI beberapa tahun yang lalu soal kejelasan setatus dari Bupati Lamtim.

Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Timur Syahrir Harahap menuturkan, Bupati Lamtim Chusnunia merasa ada penyerangan yang bernada menghina individu (Nunik, sapaan akrab Bupati Lamtim) dalam aksi unjuk rasa yang di lakukan LSM LP3RI beberapa waktu lalu.

Atas kejadian itu Nunik membuat laporan pengaduan ke Polres Lamtim, dan pihak Kejari telah menerima hasil pengaduan tersebut dalam bentuk berkas perkara.

“Berkas perkaranya sudah kami limpahkan ke Pengadilan Negeri Sukadan pada hari Senin 30 Juli 2018 dengan dakwaan pasal 310, 311 dan 317 dalam bentuk dakwaan Primer, Subsider dan Alternatif,”jelas Syahrir, Rabu (01/08/2018).

Reporter : Mandra Aditama
Editor : Putra

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Categories
Lampung TimurToday NEWS
Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of