Connect with us

Advetorial

Agung Ilmu Mangkunegara, Pemimpin Muda Kreatif, Cepat dan Merakyat

Avatar

Published

on

Lampung Utara : Sejak dilantik menjadi Bupati Lampung Utara periode 2014-2019, Agung Ilmu Mangkunegara S.S.T.P, M.H. ditasbihkan menjadi Bupati termuda se Provinsi Lampung dengan usia 32 tahun. Dengan usia yang terbilang muda, banyak yang meragukan kemampuannya dalam mengelola sebuah Kabupaten yang sangat tua di Provinsi Lampung ini.

Seiring berjalannya waktu, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara akhirnya menjawab keraguan semua pihak yang meragukan kepemimpinannya, dengan tindakan nyata membangun Lampung Utara yang lebih baik dengan delapan program prioritas Pemerintahannya yakni tentang keamananan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, lingkungan hidup, ekonomi, agama, dan Tata Kelola Pemerintahan (ASN).

Bupati Agung Ilmu Mangkunegara merupakan putra mantan Bupati Way Kanan, Tamanhuri. Tepat pada tanggal 17 Agustus nanti, ia berusia 36 tahun.

Pria kelahiran asli Kotabumi, Lampung Utara, tahun 1982 ini, sebelum terpilih menjadi Bupati, menjabat sebagai Camat Tanjung Senang, Kota Bandarlampung. Masa awal kariernya di pemerintahan adalah sebagai sekretaris lurah Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Dan, ia sebagai salah satu almamater Institut Pemerintahan Dalam Negeri dan Universitas Bandar Lampung.

Penggemar berat Presiden Pertama Republik Indonesia ini selalu menekankan semangat Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas kepada seluruh bawahannya mulai dari tingkat jajaran Pemerintahan di Kabupaten hingga Pemerintahan di Desa. Dengan semangat itu, ia terbukti mampu membawa Lampung Utara ke arah perubahan yang lebih baik dan nyata.

Pembenahan dan penataan pembangunan baik di dalam kota maupun di Desa terus dilakukan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara dan jajarannya, sesuai dengan komitmennya meningkatkan kualitas serta pertumbuhan perekonomian masyarakat Lampung Utara.

Penataan kota dan pembangunan Desa yang menggunakan dana APBD, kini telah dirasakan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari mempercantik tempat-tempat kongkow seperti taman disejumlah titik lokasi yang berada di Tugu Bundaran Payanmas, Tugu Alamsyah Ratu Prawira Negara, sampai di Taman Sahabat (TS) dan taman di prempatan Jalan Pahlawan Kotabumi. Untuk Akses jalan baik di Kota dan di Desa, yang tadinya begitu sulit dilalui, kini dengan mudah dapat dilewati, dengan berbagai peningkatan jalan dari onderlagh ke hotmix dan lain sebagainya.

Dengan semangat jiwa muda nan energik, Bupati Agung tidak suka hanya duduk dibelakang meja sembari menerima laporan ABS (Asal Bapak Senang). Dia tak sungkan-sungkan, terjun langsung ke masyarakat, untuk melihat secara langsung program-program Pemerintahannya, dan mendengarkan langsung keluhan masyarakat, apa yang dirasa kurang dalam Pemerintahannya. Dan, Bupati Agung tidak suka dengan yang bertele-tele, sesuai dengan semangatnya Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lampung Utara, Sanny Lumi, mengatakan, bahwa berdasarkan data yang dimiliki Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah menyebutkan kalau delapan program prioritas Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah berjalan lebih dari 99 persen. Kedelapan program tersebut, masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2016-2021.

” Berjalannya delapan program prioritas itu melalui leading sektornya masing-masing seperti dibidang keamananan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, lingkungan hidup, ekonomi, agama, tatakelola pemerintahan (ASN),” ujarnya.

Di bidang infrastruktur, lanjutnya, masyarakat secara langsung berbicara kepada awak media bahwa dimasa kepemimpinan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, sudah jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Lalu dibidang keamanan bersama masyarakat Pemkab Lampung Utara dengan jajaran Polri dan TNI terus bergandengan tangan dalam menciptakan kenyamanan. Hal itu dapat dilihat dengan berjalannya siskamling dan angka tindak kriminalitas kian tahun semakin menurun berdasarkan data dari BPS, Polres, dan Kejaksaan Negeri Lampung Utara.

Dibidang kesehatan sesuai dengan perkembangan serta perubahan cuaca (pancaroba) kondisi masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari berjalan normal. Dibidang lingkungan hidup Pemkab Lampung Utara selain menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada, juga terus berusaha melakukan terobosan untuk menjaga keasrian daerah setempat.

Lebih jauh, dipaparkan Sanny Lumi, delapan program prioritas Pemkab Lampung Utara itu saat ini telah bisa dikatakan berjalan normal dan 99 persen. Hal itu dapat juga dilihat dari salah satu bidang keagamaan, Pemkab juga meluncurkan program wisata rohani dan umroh untuk umat islam.

Lalu di bidang ekonomi, selain mempermudah petani untuk terjangkaunya harga pupuk, bibit juga telah tersalurkannya berbagai bantuan untuk para petani. Hal tersebut diharapakan bisa mendorong peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Selain itu di bidang tatakelola pemerintahan (ASN) dibawah komando tim GDN juga berjalannya sistem sidak yang dilakukan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara, guna mengecek kinerja masing-masing satker dalam menjalankan pungsulinya.

” Untuk ini bupati selalu mengajak seluruh ASN bisa menjalankan tugas dan pungsi masing-masing dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan kata lain delapan program prioritas telah sukses,” tukasnya. ( ADV ) / Alex BW

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Advetorial

Musrenbang Tulangbawang Barat Bahas RKPD dan RPJMD 2017-2022

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang Barat : Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah(RKPD) 2020 dan Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD)2017-2022.

Kegiatan tersebut yang mengusung Tema”Meningkatkan Pembangunan Ekonomi dan Kualitas Sumber Daya Manusia Untuk Kesejahteraan Hidup Masyarakat” tersebut berlangsung Diruang Aula setempat.

Hadir acara tersebut. Staf Ahli Provinsi Lampung bidang ekonomi keuangan Theresia Sormin, Bupati Tubaba H.Umar Ahmad,Sp, Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan,SE.,MM, Forkominda,Kepala SKPD, Kepala OPD,Camat,Kepala Tiyuh(Desa)) Se-Tubaba,Tokoh Agama,Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat,Selasa(19/3/2019).

Dalam sambutan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(Bappeda) kabupaten Tulang bawang Barat Nopriwan,SP mengatakan.digelarnya Musrenbang tersebut bertujuan sebagai forum musyawarah perencanaan pembangunan daerah yang mengakomodasi peran serta segenap komponen masyarakat sebagai media koordinasi komunikasi dan konsultasi program pembangunan dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata.

“Kegiatan Musrenbang ini membahas ,menilai dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan Renja SKPD/Rencana Kerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah yang telah dikomplikasi dengan hasil musrenbang di tingkat tiyuh dan kecamatan yang dibagimenghasilkan konsesus, komitmen,kesepakatan dan kemitraan antara pemerintah dengan pelaku pembangunan mewujudkan kualitas perencanaan- perencanaan pembangunan dengan lebih meningkatkan kemampuan mengakomodir aspirasi masyarakat,memberdayakan masyarakat dan memberdayakan sumber daya lokal,” kata Nopriwan.

Ditempat yang sama H.Umar Ahmad,SP Bupati kabupaten Tulangbawang Barat mengatakan bahwa kegiatan Musrenbang Penyusunan RKPD 2020 dan Perubahan RPJMD 2017-2022 ini merupakan diharapkan menjadi forum Musyawarah perencanaan Pembangunan tahun 2020 di kabupaten Tulangbawang Barat menjadi forum yang mendesain Tubaba untuk menjadi daerah tujuan

“Forum musrenbang 2019 ini,diharapkan dapat menjadi forum untuk mendesain Tubaba menjadi daerah tujuan ,sebagai arah pembangunan Tubaba kedepan,” ucap Umar.

Masih kata Umar,Pembangun juga merupakan suatu proses Tansformasi dari aktual yang dirasakan kurang Pada kondisi idieal yang di harapakan Dapat di penuhi. “Keberhasialn suatu program pembangunan Haruslah di wakili dengan perencanaan Terarah cermat dan terukur.” tegasnya.

Pelaksana musrenbang ini merupakan Lanjutan musrendang di masing-masing tiyuh Yang telah di laksanakan pada bulan januari 2019. Di lanjutkan musrenbang di tingkat kecamatan pada tanggal 6 sampai 14 Februari 2019 serta forum OPD pada tanggal 28 maret 2019.”Melalui forum ini juga akan dibahas perubahan RPJMD 2017-2022, yang di lakukan berbagai
Hasil pengendalian dan evaluasi terhadap, indilator, sasaran arah kabjilan dan RPJMD. (ADV) Jonsi

Continue Reading

Advetorial

Bupati Loekman Pimpin Ucapara HUT Provinsi Lampung Ke 55

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah : Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menjadi Inspektur Upacara pada hari jadi Provinsi Lampung Ke-55 tahun 2019,dilapangan Merdeka Gunung sugih Selasa (19/3/2019).

Dalam Sambutannya Loekman Membacakan Amanat Gubernur Lampung, mengatakan hadi jadi Propinsi Lampung ke 55 Tahun ini, mari kita bangun terus komitmen untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan kekompakan, menciptakan suasana damai, membangun sinegritas antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten / Kota, dengan harapan seluruh lapisan masyarakat memberikan dukungan atas kebijakan dan program pemerintah. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat, yaitu Lampung Maju untuk Indonesia”.

Untuk itu, saya mengharapkan agar koordinasi dan sinergitas yang selama ini berjalan dengan baik dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga geliat pembangunan dapat betjalan dengan baik bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya Provinsi Lampung.

Di sisi lain, Peringatan Hari Jadi Provinsi Lampung ini juga merupakan wahana untuk melakukan refleksi atas kinelja pembangunan dan pemerintahan secara obyektif selama peljalanan kurun waktu tahun 2018. Oleh karena itu, segenap keberhasilan yang telah dicapai akan terus dipenahankan dan ditingkatkan, sedangkan program

program daerah yang belum dicapai, haruslah menjadi Sumber inspirasi bagi kita semua untuk terus bekelja keras dimasa yang akan datang. Peserta Upacara Yang Saya Hormati,

Sebagaimana kita ketahui, tantangan, peluang serta hambatan selama pexjalanan kurun waktu 55 (lima puluh lima) tahun Provinsi Lampung, sangatlah kompleks dan beragam. Di tahun 2019 ini sejumlah tugas berat menanti kita, antara lain : Pada tanggal 17 April 2019, Bangsa Indonesia, khususnya Provinsi Lampung akan melaksanakan Pemilihan Umum Presiden/ Wakil Presiden RI, DPR-RI, DPRD dan DPRD Kabupaten/ Kota seProvinsi Lampung.

Menyikapi hal tersebut, saya minta kepada Institusi terkait dan masyarakat untuk tetap menjaga kondusifltas dilingkungannya, sehingga pelaksanaan Pilpres dan pemilihan anggota Legislatif tersebut dapat berj alan dengan aman, lancar dan sukses. (ADV) Can

Continue Reading

Advetorial

HUT Lampung ke-55 DPRD Lampung Gelar Paripurna

Redaksi LT

Published

on

BANDARLAMPUNG : Rombongan arak-arakan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo beserta jajaran Pemprov Lampung berjalan perlahan dari kantor Gubernur Lampung menuju Gedung DPRD Provinsi Lampung. Arak-arakan Gubernur dengan pakaian adat Lampung tersebut kemudian di sambut dengan upacara adat Kanjauan Agung oleh Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal di halaman Gedung DPRD Lampung, Senin (18/03) pagi.

Adapun kehadiran Gubernur Ridho beserta rombongan ke Gedung DPRD Lampung adalah untuk mengikuti Rapat Paripurna Istimewa DPRD Lampung, dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Lampung ke-55 tahun 2019 yang jatuh pada hari ini, 18 Maret 2019.

Dalam sambutannya Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo memaparkan berbagai hasil pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung, serta pembangunan strategis nasional di Provinsi Lampung.

Diantaranya adalah pembangunan infrastruktur jalan, perpustakaan modern, Observatorium terbesar se-Asia tenggara, dermaga eksekutif, Jalan Tol Trans Sumatera, Bandara Internasional Radin Inten II, Bandara Gatot Subroto, Bandara Taufiq Kiemas, dan sebagainya.

Begitu pula dengan pembangunan dibidang pertanian, yang menurut Gubernur Ridho menjadi salah satu pembangunan stategis di Provinsi Lampung. Dengan pembangunan saluran irigasi yang baik, Provinsi Lampung berhasil menduduki peringkat 4 surpus beras nasional. Begitu juga dengan jagung dan peternakan.

Bahkan Nilai Tukar Petani (NTP) Lampung terus meningkat setiap tahun dan merupakan tertinggi se-sumatera. Gubernur Ridho menilai, kenaikan NTP tersebut merupakan prestasi seluruh jajaran pertanian, terutama petani Lampung.

Namun, dari berbagai deretan kemajuan yang berhasil diraih oleh Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur Ridho menekankan untuk lebih memfokuskan pembangunan pada sektor pendidikan.

Menurut Gubernur Ridho, hakikat dari pembangunan adalah dengan membangun manusia Indonesia seutuhnya. Oleh karenanya berbagai pembangunan disektor pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan Pemprov Lampung.

Diantaranya adalah dengan memperbesar kapasitas berbagai perguruan tinggi untuk menampung lebh banyak anak-anak lampung berprestasi. Yakni dengan memberikan hibah tanah kepada perguruan-perguruan tinggi di Lampung, baik Negeri maupun Swasta.

“Hakikat dari pembangunan Indonesia adalah membangun manusia indonesia seutuhnya. Jadi fokusnya adalah di pendidikan. Saya tidak ingin ketika pembangunan di Lampung sudah semakin pesat, konektifitas dengan dunia Internasional semakin semakin lebar, tapi justru memakan anak-anak kita sendiri. Saya mau anak-anak kita, yang meneruskan tongkat pembangunan di Lampung, bukan orang lain,” Tegas Gubernur.

Mengakhiri sambutanya Gubernur Ridho mengucapkan terimakasih kepada para sesepuh, senior, tokoh adat dan tokoh pejuang pendiri Provinsi Lampung yang telah melakukan yang terbaik pada masanya untuk pembangunan di Provinsi Lampung

Sementara itu Dedi Afrizal Ketua DPRD Provinsi Lampung, menyatakan bahwa telah banyak pembangunan yang berhasil diraih oleh pemerintah Provinsi Lampung. Untuk itu Dedi mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang berpartisipasi dalam pembangunan Provinsi Lampung.

“Pada kesempatan yang baik ini, Hut ke-55 Provinsi Lampung, kami ingin mengucapkan terimakasih kepada pemerintah provinsi Lampung, serta seluruh jajaran masyarakat atas partisipasinya dalam pembangunan. Tapi kami sadar bahwa masih belum sempurna, untuk itu kami mohon bantuan, dukungan, partisipasi, dan doa dari seluruh masyarakat Lampung untuk dapat terus membangun Provinsi Lampung yang kita cintai,” papar Dedi

Kegiatan Rapat Paripurna kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Istri Gubernur Lampung Aprilani Yustin Ficardo, dan diberikan kepada Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal. Kemudian sebaliknya Istri Ketua DPRD Lampung yang melakukan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada Gubernur Ridho. Usai acara, seluruh undangan melakukan ramah tamah bersama Gubernur dan seluruh anggota DPRD Provinsi Lampung yang hadir.

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: