Connect with us

Lampung Selatan

Bunda Paud Winarni Beri Apresiasi GP3M Lamsel

Avatar

Published

on

Lampung Selatan : Bunda Paud Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Winarni Nanang Ermanto menghadiri acara Gebyar Paud tingkat Kabupaten Lampung Selatan, yang dipusatkan di Lapangan Kantor Kecamatan Sidomulyo, Rabu (8/8/2018).

Acara yang berlangsung meriah itu digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tahun 2018, sekaligus dirangkaikan dengan penyelenggaraan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M).

Sebelum acara dimulai, Bunda Paud Lamsel, Winarni Nanang Ermanto sempat berbaur bersama ribuan guru Paud melakukan tari Bedana (Udiya Kalianda) didampingi sejumlah pejabat yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Winarni mengapresiasi terpilihnya Kabupaten Lamsel sebagai tempat penyelenggaraan GP3M. Menurutnya, kegiatan itu menjadi momentum strategis untuk menyelesaikan angka buta huruf dan angka putus sekolah pada perempuan.

Istri Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel ini menambahkan, pemberdayaan perempuan memiliki makna sebagai upaya menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam semua dimensi kehidupan.

“Marilah kita bersama-sama meningkatkan peran serta perempuan dalam keluarga Indonesia agar lebih kuat dan berkualitas. Upaya ini bukan hanya tanggungjawab satu pihak saja, tetapi merupakan tanggungjawab kita bersama,” ujar Winarni.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kasubbid Kesetaraan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr. Samto, Kepala Balai Pengembangan Paud dan Dikmas Provinsi Lampung Dra. Rindang Sari, MM, serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamsel Supriyanto, S.Sos, MM.

Reporter : Eko
Editor : Putra

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Apa Kabar Lampung

Terapkan New Normal, Pemkab Lampung Selatan Gelar Apel Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Apel Gelar Pasukan Gugus Tugas Tugas Covid-19 di Lapangan Korpri, Pemkab setempat, pada Selasa pagi (2/6/2020).
Apel yang dipimpin langsung Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto itu dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan pada masyarakat menuju tatanan kehidupan baru atau new normal di wilayah Kabupaten Lampung Selatan ditengah pandemi Covid-19.
Dalam apel itu, Bupati Lampung Selatan didampingi Kapolres, AKBP Eddie Purnomo dan Dandim 0421/LS Lektol Kav Robinson Oktovianus Bessie. Selain diikuti Tim Gugus Tugas Covid-19, apel juga diikuti jajaran TNI dan Polri serta dinas intansi terkait lainnya.
Dalam arahannya, Nanang Ermanto mengatakan, keberhasilan negara yang sukses menekan penyebaran Covid-19 atau virus korona, adalah negara yang mampu mengarahkan masyarakatnya untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.
Protokol kesehatan itu kata Nanang, seperti tidak keluar rumah atau berpergian apabila tidak mendesak, menjaga jarak aman antar manusia dan menghindari kerumunan atau physical distancing, rajin mencuci tangan setelah berkativitas dan selalu mamakai masker.
Lebih lanjut mengatakan, sebagai pelaksana Gugus Tugas di daerah, tim Gugus Tugas harus melaksanakan secara optimal semua kebijakan terkait percepatan penanganan Covid-19.
Sebab menurutnya, virus korona merupakan bencana nasional non alam yang perlu ditangani secara bersama-sama yang melibatkan berbagai lintas sektoral.
“Untuk itu kita harus mampu mengarahkan masyarakat mematuhi strategi ini. Sebab tingkat kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang situasi ini tidaklah sama. Perlu adanya upaya yang lebih represif tetapi humanis agar kebijakan ini bisa dipahami masyarakat,” ujar Nanang.
Selanjutnya, dalam kesempatan itu, Nanang meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan semua instansi vertikal serta lembaga-lembaga mulai dari desa sampai tingkat kabupaten, untuk dapat menyediakan fasilitas cuci tangan atau hand sanitizer.
“Saya mengimbau seluruh masyarakat serta penanggungjawab tempat keramaian seperti, pasar, mini market, lembaga keuangan atau Bank, dapat menyediakan temat cuci tangan yang mudah dijangkau. Agar penularan virus korona bisa kita cegah sedini mungkin,” imbuh Nanang.
Meski tugas Gugus Tugas adalah melakukan proses perubahan nilai, sikap dan prilaku masyarakat menuju new normal, dirinya mengingatkan bahwa kegiatan melawan Covid-19 belum berakhir. Walaupun pemerintah pusat telah melonggarkan PSBB dibeberapa daerah.
“Saya percaya kita semua dapat melaksanakan kebijakan ini secara optimal. Untuk itu saya sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh petugas yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Covid-19 yang telah bekerja dengan baik, mengutamakan keselamatan masyarakat tana mengabaikan keselamatan diri,” pungkas Nanang. (Eko)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Muktamar NU, Nanang Ermanto Dukung Penggalangan Coin

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, mendukung kegiatan penggalangan koin NU Provinsi Lampung dalam rangka mensukseskan muktamar NU ke-34 pada Oktober 2020 mendatang.
Menurut Nanang, dukungan tersebut akan dilakukakan dalam bentuk aksi langsung bersama seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan aparatur kecamatan hingga desa.
“Segera akan kita lakukan sosialisasi dan aksi terhadap kegiatan penggalangan koin NU ini dalam setiap kegiatan pemerintah baik dikabupaten maupun di desa,” kata Nanang saat menerima kunjungan Direktur Penggalangan dana koin NU propinai Lampung, Andi Warisno, dirumah dinas bupati setempat, Jumat (29/05/2020).
Selain itu, Nanang juga merasa tergerak untuk ikut serta mensukseskan kegiatan tersebut, karena Provinsi Lampung menjadi tuan rumah pada kegiatan itu.
“Lampung sebagai tuan rumah membuat saya merasa terpanggil untuk turut mensukseakan acara muktamar tingkat nasional ini,” jelas Nanang.
Sementara itu, Direktur Penggalangan dana koin NU Provinsi Lampung, Andi Warisno, mengucapkan rasa terima kasih atas undangan dan dukungan penuh yang disampaikan oleh Bupati Lampung Selatan itu.
“Dukungan yang disampaikan pak bupati kepada kami, seakan-akan menambah ringan pekerjaan NU Propinsi Lampung dalam mensukseskan Muktamar NU ke- 34 Oktober mendatang,” ujarnya.
Dijelaskannya, pada kegiatan puncakbmuktamar NU ke-34 nanti, diperkirakan akan dihadiri oleh ribuan peserta yang datang dari seluruh Indonesia.
“Diperkirakan ada 6.500 peserta, belum ditambah undangan dari organisasi Islam tingkat internasional,” jelasnya.
Dirinya berharap, semoga apa yang dilakukan oleh Bupati Lampung Selatab itu, bisa menjadi contoh kepala daerah lainnya di Provinsi Lampung.
“Semoga langkah pak bupati Nanang diikuti juga oleh kepala daerah lainnya,” tambah Andi yang juga Rektor An-Nur ini. (eko)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

15 Ribu Ikan Jenis Nila Hiasi Area Kebun Wisata Edukasi di Lamsel

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Sekitar 15.000 (lima belas ribu) ikan jenis nila dengan ukuran 2,5 inci sampai dengan 10 cm ditebar di kolam berukuran 12 x 27 meter yang terletak di area Rumah Dinas Bupati, Minggu(31/5/2020).
Ikan jenis Nila yang di datangkan dari Balai Benih Ikan (BBI) Negara Ratu, Kecamatan Natar tersebut, nantinya akan menjadi bagian dari kebun wisata edukasi yang menghiasi area rumah dinas.
Kepala Dinas Perikanan Lampung Selatan, Dr. Meizar Melanesia mengatakan, di area kolam ikan juga akan dikembangkan budidaya penanaman tumbuhan menggunakan metode hidroponik.
“Hari ini kita tebar sekitar lima belas ribu ikan Nila dari yang ukuran 5 inci sampai ukuran 10 cm. Ada juga ikan Nila merah sebanyak seribu ekor dengan ukuran 5 sampai 10 cm. Sudah agak besar,” ujar Meizar.
“Kita juga berharap nantinya penebaran ikan ini bisa dijadikan edukasi bagi siswa/siswi sekolah, selain pengenalan wisata agro, juga edukasi mengenai ikan air tawar serta pengenalan budidaya tanaman dengan pola Hidroponik,” tambah Meizar.
“Saya yakin kedepan akan terlihat manfaatnya buat kita semua. Tanam tumbuh serta kolam ikan yang berada di area sekitar rumah dinas ini lebih pada program edukasi untuk masyarakat,” tambahnya lagi.
Saat ini, lahan dengan luas sekitar 3 hektar tersebut, sebelumnya merupakan lahan tidur yang ditumbuhi semak belukar, disulap sedemikian rupa oleh Bupati Lampung Selatan, H.Nanang Ermanto menjadi lahan perkebunan yang bertujuan untuk percontohan perkebunan dan edukasi.
Saat ini, lahan tersebut sudah ditanami berbagai jenis tanamam, seperti durian, alpukat, sirsak, jambu jamaika, kelapa nias, kelapa genjah entok, serta tanaman sela atau tumpang sari seperti melon, semangka dan cabe.
Senada dengan Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultara, Bibit Purwanto menjelaskan, berbagai jenis tanaman yang saat ini ditanam bertujuan sebagai agro wisata, edukasi perkebunan dengan manfaatkan lahan kosong.
“Kita berharap nantinya bisa dijadikan sebagai edukasi perkebunan, juga sebagai agro wisata. Ada kebun, kolam ikan, juga tanaman sayuran serta kebun toga,” jelas Bibit Purwanto. (Eko)

Continue Reading

Trending