Connect with us

Metro

Peringati HUT Kota Metro Beragam Pawai Budaya Akan Ditampilkan

Avatar

Published

on

Metro : Berbagai seni budaya tampil menarik pada pawai Festival Budaya dalam rangka memperingati HUT Metro, sekaligus peringatan Hari Kemardekaan RI, Kamis (09/08/2018).

Penampilan budaya yang diusung dari lima kecamatan se-Metro disambut apresiasi Walikota A.Pairin saat melepas pawai. Pada pawai budaya dari Metro Utara mengusung etnik Jawa dengan menampilkan budaya Jawa bergaya Solo. Lalu, juga menggelar atraksi Reog dan Kuda Lumping yang merupakan kesenian tradisional ciri khas warga setempat.

Begitu juga Kecamatan Metro Selatan yang menampilkan etnik budaya Bali. Warga merasakan seolah-olah berada di pulau dewata dengan Ogoh-Ogoh yang melambangkan kecerdasan dan ilmu pengetahuan , yakni patung berbentuk Ganesa. Selain itu juga menampilkan pakaian adat Bali dan kesenian bali.

Sementara dari Kecamatan Metro Timur mengusung etnik budaya Tionghoa. Dalam pawai tersebut ditampilkan tradisi adat perkawinan warga Tinghoa. Disanalah digambarkan pengantin pria mendatangi pengantin putri untuk minum tea bersama, dan menunjukkan tradisi ampau.

Lalu, dari Metro Barat menampilkan pawai budaya dengan mengusung etnik Sumatera Barat. Diawali dengan pencak silat sebagai ciri dan tambur Minang. Dalam pawai juga menunjukkan khas tarian Minagkabau dengan tari piring.

Sedangkan dari Metro Pusat menampilkan etnik Lampung dengan menggelar ngigel dan acara adat Cangget Mufadun. Selain itu juga tarian Muli Menghanai.

Pawai budaya yang melintas sepanjang Jl ZA Pagar Alam, A. Yani, AH Nasution, lalu belok May Jen Riya Cudu disambut antusias warga Kota Metro.

Walikota Metro A.Pairin mengatakan pawai budaya yang digelar menampilkan berbagai budaya yang ada di Lampung. Hal itu memang perlu dikenalkan dengan masyarakat. “Keanekaan budaya harus dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat,”ujarnya. Ia berharap dengan adanya pawai budaya yang menampilkan berbagai etnik itu juga bisa diperkenalkan hinga nasional. Untuk itu dibutuhkan media untuk mengespostnya.

Reporter : Zuli Ardiansyah
Editor : Putra

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Nuwo Intan Menjadi Tempat Sentral Jajan Kuliner

Zuli Ardiansyah Zuli

Published

on

METRO : Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Metro menyelenggarakan gebyar komunitas kreatif Kota Metro bersama para pedagang kuliner, di Nuwo Intan, Minggu (23/03).

Kegiatan tersebut dibuka Asisten II Setda Pemkot Metro Prayetno mewakili walikota. Ikut hadir Kepala Dinas Kepemudaan olahraga dan pariwisata, Ir.Yerri Ehwan, Dekranasda Kota Metro, para pelaku usaha kuliner.

Nuwo Intan merupakan sentra jajanan kuliner di kota Metro, pedagang dari berbagai jenis sajian makanan dan minuman tersedia dengan berbagai variasi. Ditempat itu juga dimeriahkan dengan penampilan pentas musik, stand up comedy, magician ilusionis di mulai dari pukul 14.30 sampai dengan 21.30 Wib.

Kepala Dinas Kepemudaan olahraga dan pariwisata,.Yeri Ehwan  menuturkan acara ini di selenggarakan untuk lebih menumbuhkan serta menghidupkan usaha yang sudah ada disini.

“Bertujuan agar masyarakat dapat lebih banyak berkunjung di sentra oleh-oleh dan jajan kuliner sehingga putaran perkonomian di Nuwo Intan ini dapat lebih berkembang lagi,” ujar nya.

Dijelaskannya, Pemkot memiliki tanggung jawab terhadap pelaku usaha ekonomi kreatif, dengan memberikan ruang dan memfasilitasi untuk berkembang usaha kreativitas masyarakat. Disisi lain juga perda kita tentang RPJMD mengamanatkan visi misi kota Metro sebagai kota Pendidikan Wisata keluarga berbasis Ekonomi Kerakyatan berlandaskan Pembangunan Partisipatif,” ungkap Yeri.

Reporter       :  Zuli

Editor           :  Red

 

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

SMP se-Kota Metro Laksanakan UNBK Secara Mandiri

Zuli Ardiansyah Zuli

Published

on

METRO   :  Tidak ada yang menumpang di sekolah lain untuk ujian nasional berbasis komputer. Seluruh SMP se-Kota Metro sudah memiliki komputer. Karenanya, Walikota Metro A.Pairin memastikan seluruh sekolah SMP siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) secara mandiri.

“Dari 26 SMP semuanya sudah ada komputer. Jadi 100 persen bisa melakukan UNBK secara mandiri. Walaupun harus dibagi per sesi. Karena aturanya seperti itu. Jadi tidak ada masalah ketika nanti pelaksanaan UNBK,” tutur walikota Jumat (22/3).

Dikatakanya, tahun 2018 lalu memang beberapa SMP di Kota Metro masih ada yang menumpang di sekolah lain karena belum memiliki komputer sendiri.
“Sekarang semua sekolah telah memiliki pasilitas komputer sendiri,”tandasnya.

Sementara menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro Ria Andari total siswa SMP yang mengikuti UNBK tahun ini sebanyak 3685 peserta.

“Ujian akhir sekolah untuk SMP itu dimulainya dari tanggal 5 sampai 16 April sedangkan UNBK itu tanggal 22 sampai 25. Dan semua SMP di Kota Metro siap melaksanakan UNBK secara mandiri,” katanya.

Dikatakannya, Kota Metro merupakan satu-satunya di Provinsi Lampung ujian sekolah SMP yang menggunakan komputer. Ia menjelaskan, Kota Metro berhasil memperoleh predikat terbaik pertama untuk pencapaian standar pendidikan nasional se-Provinsi Lampung.
“Kita juga baru dapat data neraca pendidikan daerah (NPE) bahwa nilai UNBK tahun 2017/2018 Kota Metro tertinggi se Provinsi Lampung. Bahkan kita melampaui rata-rata provinsi dan nasional. Nilai tertinggi kita 53,22 sedangkan rata-rata nilai UNBK Provinsi Lampung 46,87 untuk nasional, rata-rata nasional itu 51,10,” jelas Ria.
Pihaknya menargetkan, tahun ini Kota Metro bisa memperoleh nilai 60,00.

Ia menambahkan, untuk ujian akhir sekolah SD dimulai dari tanggal 8 sampai 10 April dan USBN dari tanggal 22 sampai 24 April. “Untuk SD total pesertanya yang mengikuti ujian 2941 siswa,” tutur Ria Andari.

Reporter   : Zuli

Editor       :  Red

 

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Walikota Metro Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Zuli Ardiansyah Zuli

Published

on

METRO :  Walikota Metro A. Pairin memimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Menghadapi Pemilu Tahun 2019 Dan Simulasi Sispamkota .Dengan Tema Tingkatkan Teenage Tas TNI Polri Dengan Komponen Bangsa Lainnya Guna Mewujudkan Keamanan Dalam Negeri Yang Kondusif, Jumat (22/03).

Di hadiri oleh Wakil Walikota Metro, Fokorpimda Kota Metro dan seluruh peserta tamu undangan serta peserta apel dari TNI/Polri.

Dalam apel, Walikota Metro Achmad Pairin  menyampaikan, gelar pasukan dalam rangka Pilpres tahun 2019 ini dilaksanakan agar pemilu serentak tetap kondusif dan aman. Karena Melihat konteks pemilu pada tahun ini, kita semua turut merasakan banyak dan munculnya berita hoak dari berbagai medsos sehingga menimbulkan kerawanan untuk menjatuhkan pihak 1 dan yang lainnya.

“Sukses atau tidaknya pemilihan demokrasi ini, tergantung dengan masyarakat yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung. Namun TNI/Polri akan selalu waspada akan ancaman/hambatan dalam pemilu yang akan terselenggara secara nasional,” jelasnya

Reporter     : Zuli

Editor         : Red

 

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: