Metro

Peringati HUT Kota Metro Beragam Pawai Budaya Akan Ditampilkan

Metro : Berbagai seni budaya tampil menarik pada pawai Festival Budaya dalam rangka memperingati HUT Metro, sekaligus peringatan Hari Kemardekaan RI, Kamis (09/08/2018).

Penampilan budaya yang diusung dari lima kecamatan se-Metro disambut apresiasi Walikota A.Pairin saat melepas pawai. Pada pawai budaya dari Metro Utara mengusung etnik Jawa dengan menampilkan budaya Jawa bergaya Solo. Lalu, juga menggelar atraksi Reog dan Kuda Lumping yang merupakan kesenian tradisional ciri khas warga setempat.

Begitu juga Kecamatan Metro Selatan yang menampilkan etnik budaya Bali. Warga merasakan seolah-olah berada di pulau dewata dengan Ogoh-Ogoh yang melambangkan kecerdasan dan ilmu pengetahuan , yakni patung berbentuk Ganesa. Selain itu juga menampilkan pakaian adat Bali dan kesenian bali.

Sementara dari Kecamatan Metro Timur mengusung etnik budaya Tionghoa. Dalam pawai tersebut ditampilkan tradisi adat perkawinan warga Tinghoa. Disanalah digambarkan pengantin pria mendatangi pengantin putri untuk minum tea bersama, dan menunjukkan tradisi ampau.

Lalu, dari Metro Barat menampilkan pawai budaya dengan mengusung etnik Sumatera Barat. Diawali dengan pencak silat sebagai ciri dan tambur Minang. Dalam pawai juga menunjukkan khas tarian Minagkabau dengan tari piring.

Sedangkan dari Metro Pusat menampilkan etnik Lampung dengan menggelar ngigel dan acara adat Cangget Mufadun. Selain itu juga tarian Muli Menghanai.

Pawai budaya yang melintas sepanjang Jl ZA Pagar Alam, A. Yani, AH Nasution, lalu belok May Jen Riya Cudu disambut antusias warga Kota Metro.

Walikota Metro A.Pairin mengatakan pawai budaya yang digelar menampilkan berbagai budaya yang ada di Lampung. Hal itu memang perlu dikenalkan dengan masyarakat. “Keanekaan budaya harus dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat,”ujarnya. Ia berharap dengan adanya pawai budaya yang menampilkan berbagai etnik itu juga bisa diperkenalkan hinga nasional. Untuk itu dibutuhkan media untuk mengespostnya.

Reporter : Zuli Ardiansyah
Editor : Putra

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Categories
Metro
Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of