Connect with us

Metro

Peringati HUT Kota Metro Beragam Pawai Budaya Akan Ditampilkan

Avatar

Published

on

Metro : Berbagai seni budaya tampil menarik pada pawai Festival Budaya dalam rangka memperingati HUT Metro, sekaligus peringatan Hari Kemardekaan RI, Kamis (09/08/2018).

Penampilan budaya yang diusung dari lima kecamatan se-Metro disambut apresiasi Walikota A.Pairin saat melepas pawai. Pada pawai budaya dari Metro Utara mengusung etnik Jawa dengan menampilkan budaya Jawa bergaya Solo. Lalu, juga menggelar atraksi Reog dan Kuda Lumping yang merupakan kesenian tradisional ciri khas warga setempat.

Begitu juga Kecamatan Metro Selatan yang menampilkan etnik budaya Bali. Warga merasakan seolah-olah berada di pulau dewata dengan Ogoh-Ogoh yang melambangkan kecerdasan dan ilmu pengetahuan , yakni patung berbentuk Ganesa. Selain itu juga menampilkan pakaian adat Bali dan kesenian bali.

Sementara dari Kecamatan Metro Timur mengusung etnik budaya Tionghoa. Dalam pawai tersebut ditampilkan tradisi adat perkawinan warga Tinghoa. Disanalah digambarkan pengantin pria mendatangi pengantin putri untuk minum tea bersama, dan menunjukkan tradisi ampau.

Lalu, dari Metro Barat menampilkan pawai budaya dengan mengusung etnik Sumatera Barat. Diawali dengan pencak silat sebagai ciri dan tambur Minang. Dalam pawai juga menunjukkan khas tarian Minagkabau dengan tari piring.

Sedangkan dari Metro Pusat menampilkan etnik Lampung dengan menggelar ngigel dan acara adat Cangget Mufadun. Selain itu juga tarian Muli Menghanai.

Pawai budaya yang melintas sepanjang Jl ZA Pagar Alam, A. Yani, AH Nasution, lalu belok May Jen Riya Cudu disambut antusias warga Kota Metro.

Walikota Metro A.Pairin mengatakan pawai budaya yang digelar menampilkan berbagai budaya yang ada di Lampung. Hal itu memang perlu dikenalkan dengan masyarakat. “Keanekaan budaya harus dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat,”ujarnya. Ia berharap dengan adanya pawai budaya yang menampilkan berbagai etnik itu juga bisa diperkenalkan hinga nasional. Untuk itu dibutuhkan media untuk mengespostnya.

Reporter : Zuli Ardiansyah
Editor : Putra

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Walikota Metro Lantik 5 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Zuli Ardiansyah Zuli

Published

on

METRO   :   Walikota Metro Achmad Pairin melantik 5 pejabat pimpinan tinggi pratama, di Aula Pemkot setempat, Kamis (16/5). Pelantikan dilakukan setelah proses lelang terbuka jabatan yang diikuti 41 peserta berasal dari Kota Metro dan kabupaten lainnya di Lampung. Seleksi dilakukan untuk memperebutkan 6 jabatan eselon II. Satu diantaranya Staf Ahli

Kelima pejabat yang dilantik tersebut: Kepala Dinas Sosial yang dijabat oleh mantan Kabag Umum Setda Kota Metro Suwandi. Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian dijabat oleh Siti Aisyah mantan sekretarisnya. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata dijabat Tri Hendriyanto, mantan sekretaris dan Kepala Dinas Perhubungan dijabat oleh Zulkifli mantan sekretaris Badan Keuangan Daerah. Kemudian Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan dijabat Heri Wiratno, mantan Kabid Pangan. Sedangkan untuk jabatan Staf Ahli Bidang III belun dilakukan pelantikan mengingat pejabat lama yakni Agustine masih menunggu masa pensiun pada Agustus mendatang.

Selain melantik 5 pejabat tinggi pratama yang mengikuti lelang terbuka, Walikota juga melantik Direktur UPTD RSUAY dr. Trestyawaty, S.Pog, dan Wakil Direktur UPTD RSUAY dr. Fitria Agustina.

Dalam sambutannya Walikota mengatakan, pelantikan 5 pejabat tersebut sudah melalui tahapan oleh panitia seleksi (Pansel). Ini dilakukan untuk mengisi jabatan yang lowong.

“Kepada pejabat yang baru dilantik saya ucapkan selamat. Saya minta segera menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat bekerja yang baru, dan melaksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Pairin meminta kepada para pejabat yang baru dilantik untuk senantiasa menjaga kekompakan dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin serta komitmen terhadap berbagaintugas dan tanggungjawab.

“Kepada pejabat yang baru dilantik memang ketentuannya 2,5 tahun baru bisa digantikan. Namun jika pejabat tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik maka akan dievaluasi,” tukasnya. Wali juga meminta pejabat yang baru untuk mensukurinya dan senantiasa berfikir positif..

Dikatakanya, dalam melaksanakan tugas kedepan akan semakin berat, disamping pengawasan juga makin ketat. Sementara masyarakat menuntut menginginkan pelayanan yang cepat, tepat dan transparan. Untuk itu maka diperlukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. Lalu beruasaha memahami dan menguasai berbagai permasalahan tugas, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela.

“Saya yakin dan percaya jika hal ini dapat dilakukan, maka saudara mampu menjawab persoalan dan tantangan yang ada, secara lebih terencana, tepat dan terarah,” tandas Walikota A.Pairin.

Reporter : Zuli

Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Walikota Metro Tutup Rangkaian Safari Ramadhan 1440 H di Masjid Al-Muthmainah

Zuli Ardiansyah Zuli

Published

on

METRO : Kunjungan Tim satu Safari Ramadhan yang dipimpin langsung oleh Walikota Metro Achmad Pairin sudah memasuki tempat yang kedelapan dan menjadi tempat terakhir pelaksanaan safari ramadhan 1440 H tahun 2019 di Masjid Al-Muthmainah kelurahan Yosorejo Metro Timur, Sabtu (18/05).

Walikota Metro H Achmad Pairin yang didampingi oleh jajarannya datang di Masjid Al-Muthmainnah sekitar pukul 19.00 WIB.

“Kegiatan ini setiap tahunnya selama bulan Ramadhan, selalu kami laksanakan dan sama seperti tahun tahun yang sudah ,” kata Walikota Metro Achmad Pairin.

Dari kunjungan safari ini, Pemkot Metro juga memberikan bantuan untuk Masjid Al-Muthmainnah yang diberikan secara langsung oleh Walikota Metro.

“Alhamdulillah dari 22 Kelurahan yang ada di Kota Metro, kita dapat mengunjunginya. Walaupun satu kelurahan mungkin cuma satu Masjid atau Mushola,”jelasnya.

Diketahui bahwa tim Safari Ramadan Pemkot ini dibagi menjadi tiga Tim. Dimana tim satu dipimpin oleh Walikota Metro H Achmad Pairin, Tim dua Wakil Walikota Metro Djohan, Tim tiga Sekertaris Daerah (Sekda) A Natsir.

Safari Ramadhan yang dilaksanakan di Masjid Al-Muthmainnah adalah tempat terakhir Safari Ramadan Pemkot Metro. Dimana sebelumnya, Jum’at (17/05/2019) tim dua dan tim tiga juga telah menyelesaikan Safari Ramadan 1440 Hijriyah.

Reporter : Zuli

Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Walikota Monitoring Distributor Komoditas Kebutuhan Strategis Jelang Lebaran

Zuli Ardiansyah Zuli

Published

on

METRO : Walikota Metro A.Pairin melakukan kunjungan ke beberapa distributor, gudang dan agen komoditi strategis kebutuhan pokok di Kota Metro, Kamis (16/5). Hal itu dimaksudkan guna memonitor ketersediaan dan harga kebutuhan pangan strategis menjelang lebaran. Kunjungan dilakukan di 7 tempat.

Kunjungan tersebut walikota  juga ditemani Wakil Walikota Metro Djohan dan Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Kepala Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Metro dan para Kepala Bagian di Sekretariat Daerah Kota Metro meninjau ke 7 (tujuh) lokasi.

Lokasi yang dikunjungi diantaranya:  blantik sapi milik Haji Prawoto di Hadimulyo Timur, Pemotong Ayam milik Hesti di Purwoasri, Gudang beras Anwar di Karangrejo, Agen telur Cik Lina di Iringmulyo, Gedung Bawang Lanang di Tejo Agung, Gudang sembako Acun Ganjar Asri, serta di Gudang Susu Nurkhasanah di Ganjar Agung.

Kesempatan itu Walikota Metro Achmad Pairin mengatakan, kunjungan  ini dilakukan untuk melihat ketersediaan dan harga kebutuhan bahan pangan strategis, dalam rangka bulan suci ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Hal yang sama juga diutarakan Wakil Walikota Djohan. Ia mengatakan, kunjungan ini dalam rangka monitoring ketersediaan atau stok barang, terutama barang-barang yang di butuhkan masyarakat di bulan ramadhan dan menjelang lebaran.

“Terlebih lagi kami mendatangi terjun langsung ke gudang dan bertemu kepada pemiliknya untuk melihat stok. Jangan sampai gudang ada di Kota metro, namun barang tidak ada dan membuat masyarakat kesulitan,” ungkap Djohan.

Menyingunggung masalah harga, Djohan menuturkan serahkan kepada pedagang, asalkan tidak melampaui ketentuan harga dari pemerintah.

 “Yang lebih utama lagi, barang harus ada terlebih dahulu. Jangan sampai harga turun namun barang tidak ada. Yang pasti dari kunjungan ini Kota Metro, Insya Allah tercukupi dengan stok yang ada,” tegasnya.

Reporter : Zuli

Editor : Red

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: