Lampung Timur

Sidang Ke-Empat Agenda Keterangan Saksi Chusnunia Vs LP3-RI Ditunda

Lampung Timur : Sidang soal putusan Bupati Lampung Timur Chusnunia dengan LSM Lembaga Pengawasan Informasi Publik Republik Indonesia (LP3-RI) kembali di gelar di Pengadilan Negeri (PN) Sukadana Lamtim, Selasa (28/08/2018).

Sidang yang di mulai sekitar pukul 16:00 WIB ini menghadirkan sejumlah saksi dari pihak pelapor dan juga di hadiri langsung oleh Chusnunia.

Dalam persidangan ke empat ini, Chusnunia sebagai saksi sekaligus pelapor mengatakan bahwa dirinya merasa di rugikan atas pertanyaan pada saat orasi beberapa waktu silam yang di lakukan oleh pihak lembaga swadaya masyarakat LP3-RI Provinsi Lampung yang mempertanyakan status dirinya.

Saat di ajukan pertanyaan oleh pihak kuasa hukum LP3-RI hanya sedikit yang mampu di jawab oleh Chusnunia, namun selebihnya Chusnunia tidak dapat memberikan jawaban dengan alasan bahwa semu telah ia tuangkan dalam BAP saat di lakukan proses pemeriksaan selaku pelapor.

“Semua sudah saya tuangkankan ke BAP,”jelas Chununia.

Tak puas atas jawaban tersebut kuasa hukum LP3-RI kembali menegaskan kepada saksi sekaligus korban, bahwa dalam fakta hukum keterangan saksi dipersidangan yang akan dijadikan dasar dalam memutus perkara, bukan keterangan saksi yang ada di BAP.

“Dan BAP hanya sebagai dasar atau pedoman bagi Majelis Hakim, Jaksa Penuntut Umum dan penasihat hukum untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada saksi-saksi untuk mengungkap fakta hukum yang sebenarnya (bukti materil),”tegas Panca Kusuma SH dalam jalannya persidangan.

Dalam kesempatan itu, Hakim Ketua Achmad Irfir Rochman SH, MH juga sempat mengajukan pertanyaan kepada Chusnunia. Hakim ketua menanyakan, bila terlapor (para terdakwa) meminta maaf atas kasus tersebut apakah Chusnunia selaku pelapor (korban) bersedia memberikan maafnya.

Dari pertanyaan itu, Chusnunia menuturkan dirinya siap memberi maaf kepada para terdakwa.

“Akan tetapi, karena saya seorang ibu, tentu hak atas anak akan tetap saya perjuangkan,”ucapnya.

Akibat keterbatasan waktu, saksi lainnya belum di mintai keterangan sehingga sidang kali ini hanya mendengarkan penjelasan dari satu saksi sekaligus korban. Sidang kembali di tunda dan akan di gelar kembali pada hari Senin 3 September 2018 mendatang.

Untuk di ketahui, ketiga saksi atas nama Tarmizi (Asisten I) Ahmad Badrullah (kasat pol.pp) dan Sahrul Syah (Kadis PMD) duduk berdampingan dengan Chusnunia saat sidang berlangsung, sementara saksi lainnya duduk berada di barisan bangku belakang ruang sidang.

Reporter : Mandra Aditama
Editor : Putra

Spread the love
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares
Categories
Lampung Timur
Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of