Lampung Utara

Maksimalkan Terget Pendapatan, BPPRD Terapkan Sistim Jemput Bola

Lampung Utara : Badan Penggelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Lampung Utara menggunakan sistem jemput bola dalam pelunasan Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Kepala BPPRD Lampung Utara Mikael Saragih, mengatakan jemput bola yang dilakukan pihaknya dengan turun langsung ke Desa-Desa yang tersebar di 23 Kecamatan di Lampung Utara.

” Salah satunya kita melakukan upaya kumpul bersama dengan aparat pemerintah desa yang dilaksanakan di kecamatan. Agenda masuk ke kecamatan ini sudah kita mulai dari Kecamatan Bunga Mayang, Surakarta, Abung Semuli, Blambangan Pagar, Abung Selatan, dan hari ini kita ke Kecamatan Kotabumi Utara,” kata Mikael Saragih, diruang kerjanya, Selasa (4/9/2018).

Langkah itu, terus Mikael, guna mengetahui secara langsung berjalannya pembayaran pajak dari masyarakat melalui aparatur pemerintahan desa ke kecamatan dan hingga masuk ke dinas.

” Gunanya kita akan dapat mengetahui permasalahan dalam penarikan PBB dari masyarakat melalui Desa. Untuk mempermudah, Saya pun langsung terjun ke setiap Kecamatan,” tandasnya.

Ditambahkannya, dalam setiap rapat evaluasi, BPPRD selalu menegaskan agar seluruh unsur pemerintahan desa ikut aktif dalam melakukan laporan hingga pada penagihan Pajak Bumi dan Bangunan.

” Imbauan itu selalu kita sampaikan dalam setiap rapat evaluasi supaya aparatur pemerintah desa lebih aktif melakukan pemberian laporan penagihan PBB. Hal ini guna menunjang semua kebutuhan di desa-desa,” ungkap Mikael Saragih.

Menurutnya, untuk persentase penghasilan dari penarikan PBB hingga saat ini baru berkisaran 50 persen, hal itu juga terjadi pada pemasukan PAD yang baru masuk lebih dari 50 persen untuk beberapa satker seperti, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan dan Dinas PUPR. Namun Kepala BPPRD Lampung Utara itu, berkeyakinan target PAD pada tahun 2018 ini akan tercapai.

” Kita yakin sampai dengan Oktober nanti, BPPRD akan memenuhi target,” tegasnya.

Jenis-jenis pajak yang dikelola BPPRD Lampung Utara itu mulai dari pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, pajaj penerangan jalan (PPJ), pajakmineral bukan logam dan batuan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak sarang burung walet, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2), pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

Reporter : Alex BW
Editor : Putra

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Categories
Lampung Utara
Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of