Connect with us

Lampung Utara

Maksimalkan Terget Pendapatan, BPPRD Terapkan Sistim Jemput Bola

Avatar

Published

on

Lampung Utara : Badan Penggelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Lampung Utara menggunakan sistem jemput bola dalam pelunasan Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Kepala BPPRD Lampung Utara Mikael Saragih, mengatakan jemput bola yang dilakukan pihaknya dengan turun langsung ke Desa-Desa yang tersebar di 23 Kecamatan di Lampung Utara.

” Salah satunya kita melakukan upaya kumpul bersama dengan aparat pemerintah desa yang dilaksanakan di kecamatan. Agenda masuk ke kecamatan ini sudah kita mulai dari Kecamatan Bunga Mayang, Surakarta, Abung Semuli, Blambangan Pagar, Abung Selatan, dan hari ini kita ke Kecamatan Kotabumi Utara,” kata Mikael Saragih, diruang kerjanya, Selasa (4/9/2018).

Langkah itu, terus Mikael, guna mengetahui secara langsung berjalannya pembayaran pajak dari masyarakat melalui aparatur pemerintahan desa ke kecamatan dan hingga masuk ke dinas.

” Gunanya kita akan dapat mengetahui permasalahan dalam penarikan PBB dari masyarakat melalui Desa. Untuk mempermudah, Saya pun langsung terjun ke setiap Kecamatan,” tandasnya.

Ditambahkannya, dalam setiap rapat evaluasi, BPPRD selalu menegaskan agar seluruh unsur pemerintahan desa ikut aktif dalam melakukan laporan hingga pada penagihan Pajak Bumi dan Bangunan.

” Imbauan itu selalu kita sampaikan dalam setiap rapat evaluasi supaya aparatur pemerintah desa lebih aktif melakukan pemberian laporan penagihan PBB. Hal ini guna menunjang semua kebutuhan di desa-desa,” ungkap Mikael Saragih.

Menurutnya, untuk persentase penghasilan dari penarikan PBB hingga saat ini baru berkisaran 50 persen, hal itu juga terjadi pada pemasukan PAD yang baru masuk lebih dari 50 persen untuk beberapa satker seperti, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan dan Dinas PUPR. Namun Kepala BPPRD Lampung Utara itu, berkeyakinan target PAD pada tahun 2018 ini akan tercapai.

” Kita yakin sampai dengan Oktober nanti, BPPRD akan memenuhi target,” tegasnya.

Jenis-jenis pajak yang dikelola BPPRD Lampung Utara itu mulai dari pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, pajaj penerangan jalan (PPJ), pajakmineral bukan logam dan batuan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak sarang burung walet, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2), pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

Reporter : Alex BW
Editor : Putra

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advetorial

Purna Tugas Bupati Dan Wabup Lampura, Ardian Dapat Do’a Khusus

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Suasana haru tak tersembunyikan saat rangkaian purna tugas Bupati Lampung Utara, Budi Utomo dan Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra periode 2019-2024 dihelat di Rumah Jabatan Bupati Lampung Utara, Minggu (24/3/2024).

Kegiatan ini juga di barengi dengan buka puasa bersama dengan insan pers, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan ormas. Turut juga hadir, Ketua DPRD Lampung Utara, Kapolres Lampung Utara, AKBP Teddy Rachesna, S.H., S.I.K.,MH yang berwakil. Dandim 0412. Letkol Inf Hery Eko Prabowo.Kajari Lampura Mohammad Farid Rumdana SH.,MH., Serta Ketua Pengadilan Negeri Kotabumi, Edwin Adrian,SH.,MH.

Begitu khidmatnya acara kali ini, saat lantunan ayat suci Al-Quran terdengar mengawali kegiatan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan tausiyah agama dan sambutan Bupati Lampung Utara, Budi Utomo.

Saat menyampaikan kata-katanya, Bupati Lampung Utara didampingi Wakil Bupatinya, Ardian Saputra, Budi Utomo menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Lampung Utara atas dukungan dan kerjasamanya selama empat tahun kepemimpinannya.

” Banyak capaian yang telah diraih selama kepemipinannya, diantaranya pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan pelayanan kesehatan,” Katanya.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekhilafan dalam memimpin. Manusia tak luput dari kesalahan dan kekurangan, dan manusia tak ada yang sempurna.

” Saya mohon maaf atas segala kekurangan dan khilaf selama saya memimpin Lampung Utara. Terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya selama ini. Saya berharap Lampung Utara akan terus maju dan berkembang di masa depan,” tambah Budi Utomo.

Sementara, mantan Wakil Bupati Lampung Utara periode 2009-2014, yang didapuk sebagai tokoh masyarakat, Rohimat Aslam menyampaiakan rasa terimakasih kepada Budi Utomo, SE.MM dan Hi.Ardian Syaputra.SH yang telah mengemban amanat sebagai Bupati dan Wakil Bupati periode 2019 – 2024 hingga akhir masa jabatan.

” Menyelesaikan tugas sampai akhir masa jabatan adalah suatu hal yang luar biasa,” Katanya.

Rohimat juga mendoakan Ardian Syaputra agar kedepan menjadi Bupati Lampung Utata.

” Semoga apa yang di cita-citakan Ardian untuk mencalonkan diri menjadi Bupati Lampung Utara akan dapat terkabul,” Do’a Rohimat.

Acara lalu dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara. Dimana, salah satunya yang paling menarik perhatian tamu undangan yang hadir, ketika perwakilan dari PWI Lampung Utara menyerahkan cinderamata berupa fhoto Budi Utomo beserta istri dan juga fhoto Ardian Saputra beserta istri yang telah dibingkai dengan nilai seni yang tinggi. Kemudian, kegiatan lainnya dilanjutkan dengan buka bersama dan salat Maghrib berjamaah.

Continue Reading

Advetorial

Anak Didik Ditimpa Musibah, Kadisdik Lampura Ajak Jajarannya Beri Bantuan

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Mendengar ada siswa yang mengalami musibah kebakaran, Kepala Dinas Pendidikan Lampung Utara, Sukatno langsung bergegas mengunjungi kediaman Bapak Sadki di Kecamatan Abung Timur.

Bapak Sadki diketahui memiliki dua anak yang masih mengenyam pendidikan di bangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kediaman bapak Sadki luluh lantak dilalap si jago merah, hingganya seluruh harta b inienda, pakaian serta surat-surat berharga tak ada yang tersisa.

Rasa kepedulian dan kebersamaan terhadap warga yang terkena musibah ditunjukkan Kepala Dinas Pendidikan Lampung Utara, Sukatno saat tiba dikediaman bapak Sadki. Didampingi Kabid SD Opy Riansyah dan Kabid SMP Yudhi Bachtiar, beserta jajaran Dinas Pendidikan, Sukatno memberikan bantuan berupa Sembako, Seragam sekolah dan peralatannya serta Uang Tunai.

” Ada dua anak didik yang masih sekolah di SD dan SMP menjadi korban musibah kebakaran. Untuk itu kami harus hadir di tengah-tengah mereka secara langsung untuk memberikan motivasi,” Kata Sukatno, Kamis (21/3/2024).

Bantuan yang diberikan merupakan sumbangsih keluarga besar Dinas Pendidikan, K3S dan MKKS Abung Timur yakni berupa Sembako, Seragam sekolah dan peralatannya serta Uang Tunai yang diberikan kepada Ahli Musibah yakni Bapak Sadki.

” Sementara ini mereka tinggal di tempat kerabat terdekatnya. Saya mengingatkan anak-anak untuk tetap belajar meski diuji dengan kejadian ini. Jangan pernah meninggalkan sekolah (berhenti), sabar dan tabah menjalani ujian dari Allah SWT, insyaallah semua ada hikmahnya,* Ujar Sukatno.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

PKN Sudah, Siapa Tersangka Pupuk Bersubsidi Di Lampura Hingga Kini Masih Misteri

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Kejaksaan Negeri Lampung Utara hingga kini belum menetapkan para tersangka terhadap dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan pendistribusian pupuk subsidi oleh Kios Enggal Jaya Arta 1 dan 2 yang beralamat di Desa Sawojajar. Ada apa? Tentu kasus ini menjadi pertanyaan dan siapa yang bakal bertanggungjawab atas kasus korupsi ini pun masih menjadi misteri.

Padahal, Kejaksaan secara resmi telah mengantongi hasil Penghitungan Kerugian Negara (PKN) atas kasus tersebut. Diketahui, Kejaksaan menangani perkara pupuk bersubsidi dan menaikkan perkara tersebut ke penyidikan pada tanggal 5 September 2022 di era Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara Mukhzan, SH.,MH., lalu pada bulan Maret 2023 di era Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara yang baru, Mohamad Farid Rumdana, SH.,MH., meminta kepada Inspektorat Lampura untuk melakukan PKN. Hasilnya, pada bulan Agustus 2023 Inspektorat Lampura telah berhasil melakukan PKN atas dugaan korupsi penyaluran pupuk bersubsidi di Desa Sawo Jajar.

Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara, Mohamad Farid Rumdana, SH.,MH., melalu Kasi Intelejennya,
Guntoro Janjang Saptodie, S.H., M.H., memastikan tidak ada kendala dalam penanganan perkara dugaan korupsi penyaluran pupuk bersubsidi. Dan, Kasus ini terus berjalan.

” Yang pasti penyidik dalam penanganan perkara ini sedang berproses dan ada progresnya,” Katanya ketika ditemui dikantornya, Rabu (6/3/2024)

Sementara ini, penyidik sedang melengkapi berkas perkara dan dokumen-dokumen pendukung lainnya.

” Untuk selanjutnya, nanti penyidik akan menentukan sikap,” Ucapnya.

Guntoro juga menjamin bahwa perkara ini terus berlanjut dan tak ada tendensi apapun dalam penanganan perkara tersebut.

” Saya pastikan (Kasus Pupuk Bersubsidi) terus berlanjut. (Untuk tersangka) Nanti kita lihat prosesnya, kita tunggulah ya,” Tandasnya.

Continue Reading

Trending