Connect with us

Bandar Lampung

Resmi Diberhentikan, Tokoh Pemuda dan Masyarakat Lampung Tengah Minta Mendagri Segera Lantik Loekman Djoyosoemarto

Avatar

Published

on

Lampung Tengah : Salah satu tokoh pemuda yang juga masyarakat Lampung Tengah MA Muhammad Ersad mengatakan, mengingat bahwa Plt Wakil Bupati Kabupaten Lampung Tengah tidak memiliki kewenangan penuh dalam memutuskan kebijakan pemerintah selaku kepala daerah.

Kemendagri semestinya segera mendefinitifkan Plt. Wakil Bupati dalam hal ini Loekman Djoyosoemarto menjadi Bupati definitif agar pembangunan di kabupaten tersebut tidak terhambat dan bisa berjalan secara maksimal dan efektif.

Mantan gubernur BEM Fisip Unila yang juga mantan ketua umum HMI cabang Bandar Lampung, MA Muhammad Ersad mengatakan, kewenangan Loekman Djoyosoemarto sebagai Plt. wakil bupati sangat terbatas.

Untuk itu ia meminta kepada Mendagri untuk secepatnya mendefinitifkan Loekman Djoyosoemarto, apalagi alasanya juga kan jelas dan mendasar. artinya untuk sama-sama kita ketahui bahwa putusan hukum atas mantan Bupati Lampung Tengah Mustafa yang sudah incrach, bahkan yang terbaru beberapa hari kemarin Mustafa resmi diberhentikan dari jabatanya sebagai Bupati.

Menurut Ersad sapaan akrabnya, pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah harus terus berjalan dengan baik dan maksimal serta jangan sampai terhambat karena peristiwa beberapa waktu yang lalu oleh KPK terhadap mantan Bupati Lampung Tengah Mustafa, artinya ini merupakan satu ujian juga buat Loekman Djoyosoemarto untuk kedepanya.

Kemudian bila nanti pak Loekman Djoyosoemarto sudah ditetapkan sebagai bupati definitif, kita sebagai masyarakat Lampung Tengah mengusulkan agar kekosongan kursi wakil bupati di isi oleh tokoh asli Lampung Tengah yang mempunyai kemampuan, teruji, berpengalaman, santun, berani serta memiliki kualitas, kapasitas dan kompetensi yang tinggi agar kabupaten lampung tengah kedepan menjadi kabupaten yang lebih-lebih baik, papar sekretaris DPD KNPI kabupaten lampung tengah ini yang juga aktif di HIPMI provinsi lampung.

 

Red/Arek

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Pemprov Lampung Siapkan SMKN Gratis

Redaksi LT

Published

on

SEMARANG : Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim akan membuat proyek percontohan (pilot project) SMKN gratis untuk siswa kurang mampu yang berorientasi kerja seperti yang diterapkam Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Untuk itu, Wagub Chusnunia, yang akrab disapa Nunik, melakukan kunjungan kerja ke SMKN Jawa Tengah, di Jalan Brotojoyo, Semarang, Jumat (19/07/2019) siang.

Wagub Chusnunia mendapat kehormatan karena mendapat penjelasan langsung dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Jumeri, serta sejumlah pejabat.

“Kami ingin belajar dari Jateng mengenai pendidikan yang berkualitas, sekaligus bisa membantu siswa dengan gratis, terutama keluarga tidak mampu.
Kami pelajari biayanya, kurikulumnya dan apa saja sampai kualitas, quality control, dan sebagainya. Ini sangat diperlukan,” ungkap Wagub Nunik.

Menurut Nunik, sistem pendidikan yang terkoneksi dengan pasar kerja (link and match pendidikan) menjadi keunggulan SMKN Jateng.

Bahkan jurusan yang tersedia juga menyesuaikan kebutuhan atau pasar kerja, dengan pendidik yang mumpuni. Dia pun optimistis bisa meniru apa yang dilakukan di Jawa Tengah.

“Pilot project memungkinkan untuk diaplikasikan di Lampung. Tidak membangun semua dari nol, jadi bisa juga yang sudah ada eksis kita tata, kita manajemen ulang dan seterusnya dengan pola yang lebih baik untuk penyelenggaraan yang seperti ini,” tandas Nunik.

Nunik juga mengatakan kunjungan kerja tersebut untuk meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) anak anak di Lampung.

“Maka dibutuhkan sekolah yang bermutu agar generasi P
penerus lita memiliki daya saing dan juga produktif diterima di dunia kerja. Bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan.
Dengan demikian angka pengangguran bisa diminimalisir, Rakyat Lampung Berjaya akan terwujud,” ujar Wagub Nunik.

Dalam kesempatan itu, Wagub tertarik melihat kemampuan siswa dan penjelasan Gubernur Ganjar.

Diakui Nunik, pihaknya sudah melakukan sejumlah upaya untuk membantu siswa dari keluarga miskin. Mulai dari pemberian Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) meski belum di seluruh kabupaten/ kota, maupun pemberian beasiswa.

Dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki, dia ingin mempelajari metode yang ada di SMKN Jateng, mulai dari pengelolaan anggaran, sistem, pembelajaran, dan sebagainya.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo mengakui, pendidikan merupakan satu-satunya investasi yang mendorong masyarakat untuk hidup lebih baik.
Untuk itu, pihaknya berupaya membantu pengentasan masyarakat tidak mampu dengan memutus mata rantai kemiskinan melalui SMKN Jateng.

Siswa tidak mampu bisa mengenyam di sekolah itu tanpa dipungut biaya. Bahkan, mereka mendapat fasilitas lebih, seperti asrama, makan minum, seragam, dan sebagainya.

Tak hanya itu, kerja sama dengan industri terus diperbanyak. Sehingga, semakin banyak siswa yang tersalurkan di perusahaan.

Namun, pihaknya terus menempa siswa dengan pendidikan karakter, agar SDM yang dihasilkan tidak sekadar siap kerja, tapi juga berkarakter.

“Kami ingin mengubah nasib mereka, tapi sebenarnya dia sendiri yang harus berubah.
Saya ingin nantinya menteri itu dari anak petani dari ibu yang pembantu atau istilah sekarang asisten,” kata Ganjar.

Pada kunjungannya ke SMKN Jawa Tengah ini, Wagub Chusnunia Chalim didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar dan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). (Humas Prov)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Wagub Nunik Dukung FFMI

Redaksi LT

Published

on

BANDARLAMPUNG : Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim (Nunik) dukung berbagai kegiatan kreativitas mahasiswa termasuk salah satunya mendukung para cineas muda berbakat di Provinsi Lampung.

Hal tersebut disampaikan Wagub Nunik saat menghadiri Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) Tahun 2019, di Ballroom Novotel, Sabtu (20/07/2019) Malam.

“Lampung Berjaya, jika mahasiswa memiliki fasilitas untuk berkreasi. Pemerintah mensupport kegiatan mahasiswa termasuk kegiatan ini untuk melahirkan cineas muda.
Semoga kedepan film-film terbaik lahir dari anak-anak masa depan bangsa kita,” ujar Wagub Nunik.

Festival Film Mahasiswa Indonesia merupakan ajang bergengsi perfilman yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi  bagi seluruh mahasiswa di Indonesia, dimana pada tahun ini llB Darmajaya dipercaya sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan ini.

Wagub Nunik mengatakan kegiatan FFMI ini menjadi inspirasi untuk menyelenggarakan kegiatan seperti ini di Provinsi Lampung.

Hal ini menurut Nunik, agar lebih memberikan motivasi serta mengembangkan lagi bakat para anak-anak muda di dunia perfilman.

“Nanti saya akan usul kepada Bapak Gubernur agar kegiatan semacam ini di selenggarakan di Provinsi Lampung,” katanya.

Dikatakan Nunik juga, peran dunia perfilman di Provinsi Lampung juga bisa sebagai mendongkrak berbagai potensi yang luar biasa di Lampung.

“Film ini juga bisa sebagai alat kampanye untuk kita memerangi jerat pemburuan liar, seperti kejadian penjeratan gajah kita beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Untuk mewujudkan hak tersebut, Nunik mengatakan bahwa butuh kolaborasi antar semua pihak termasuk peran mahasiswa.

“Ayok pemerintah jangan dibiarkan berjalan sendiri, harus dibantu oleh seluruh elemen.
Saya mengajak mahasiswa untuk bersama pemerintah membangun Lampung, karena banyak yang menunggu tangan kita untuk berkreasi,” katanya.

Nunik mengapresiasi Kemenristekdikti, pihak IIB Darmajaya dan semua pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Saya senang dan saya sampaikan terima kasih kepada Kemenristekdikti karena FFMI ditempatkan di Lampung, ini kebanggaan luar biasa.
Terimakasih Darmajaya dan juga semua pihak,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Didin Wahidin mengatakan kreativitas anak-anak bangsa menjadi kunci untuk membawa manfaat kemajuan untuk Indonesia.
Dan FFMI ini menjadi salah satu wadah untuk mendukung kreativitas tersebut.

“Karya anda semua para mahasiswa malam ini benar-benar luas biasa.
Terima kasih kepada seluruh jajaran dan dukungan Pemerintah Provinsi Lampung atas terselenggaranya kegiatan ini,” ujarnya.

Rektor IIB Darmajaya, Firmansyah mengatakan acara ini merupakan malam puncak dari FFMI Tahun 2019 dimana pada malam ini, akan memperebutkan 10 kategori.

“Selamat kepada semua yang berhasil masuk sebagai finalis, dan yang belum mendapatkan prestasi jangan patah semangat,” katanya.

Firmansyah juga menyampaikan terima kasih kepada Wagub Nunik yang menyempatkan hadir serta mensupport dunia perfilman khususnya di Provinsi Lampung.

“Beliau juga meyampaikan ingin berjumpa dengan para Cineas Muda untuk berdiskusi mengenai bagaimana menghidupkan perfilman di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Pada acara FFMI Tahun 2019, ada sebanyak 10 Kategori yang diperebutkan yakni Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Penata Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Ide Cerita Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Aktris Terbaik, Aktor Terbaik, Sutradara Terbaik dan Film Mahasiswa Terbaik.

Untuk Juara Umum FFMI Tahun 2019, akan ada piala bergilir dari Kemenristekdikti.(Humas Pemprov )

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Arinal : HUT RI Tahun Ini Harus Meriah

Redaksi LT

Published

on

BANDARLAMPUNG : Gubernur Arinal Djunaidi minta peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 lebih meriah dan berkesan bagi seluruh elemen masyarakat.

Semua satuan kerja diharapkan bertanggung jawab penuh demi kelancaran dan kesuksesan peringatan hari besar kenegaraan tahun ini.

Demikian disampaikan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto saat memimpin rapat persiapan HUT RI di Ruang Abung, Balai Keratun, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Jum’at (19/07/2019).

Dikatakannya, Pemerintah
Provinsi Lampung siap sukseskan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-74 dengan berbagai kegiatan.

“Untuk itu diminta agar pelaksanaan kegiatan berjalan dengan tertib, lancar dan terkoordinasi.

Terutama dalam berbagai kegiatan yang memeriahkan HUT RI seperti, donor darah, bakti sosial, kegiatan olahraga dan perlombaan tradisional serta ditutup dengan pesta rakyat,” kata Fahrizal.

Selain dilaksanakan kegiatan Rapat Paripurna mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI, Apel Kehormatan dan Renungan Suci, serta penyampaian remisi dari Menteri Hukum dan HAM.

Pemerintah Provinsi Lampung juga diminta dapat menyelaraskan dengan agenda kenegaraan pemerintah pusat, seperti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Korpri Kantor Gubernur pada 17 Agustus 2019.

Pemerintah Provinsi Lampung juga meminta kesiapan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyiapkan siswa-siswi paduan suara yang terpilih untuk menyanyikan lagu-lagu perjuanagan yang mampu membuat semangat serta ada penampilan pembacaan puisi.

Serta dari jajaran Korem 043 Garuda Hitam Lampung yang menjadi koordinator pelaksanaan pengibaran bendera. (Humas Pemprov)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: