Apa Kabar Lampung

Peringatan Hari Santri Ke IV di Mesuji Berjalan Lancar

Mesuji:Upacara hari Santri Nasional dihadiri Seluruh santri Se Kecamatan Way Serdang, Kiyai seluruh Kecamatan Way Serdang,Pengasuh Pondok Pesanteren Se Kecamatan Way Serdang, dan aparat lainnya berjalan lancar.Senin (22/10/2018).

Hari Santri Nasional ke-4 Tahun 2018 yang mengambil tema “Bersama Santri, Damailah Negeri”, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Hal ini merupakan babak baru dalam sejarah umat Islam di Indonesia.

Peringatan hari santri juga merupakan wujud relasi harmoni antara pemerintah dan umat Islam, khususnya bagi kalangan kaum santri.

Camat Way Serdang I Komang hadir menjadi Inspektur Upacara, mengenakan baju koko berbalut jas hitam serta sarung berwarna pink pastel sebagaimana laiknya para kiai berbusana.

Dalam sambutannya, Komang juga membacakan amanat Menteri Agama RI pada upacara Hari Santri Nasional 22 Oktober 2018.

Dikatakannya, berkaca pada sejarah, Hari santri merujuk pada keluarnya resolusi jihad pada 22 Oktober 1945 yang memantik terjadinya peristiwa heroik 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

“Dengan karakter kalangan pesantren yang moderat, toleran dan komitmen cinta tanah air, diharapkan para santri semakin vokal untuk menyuarakan dan meneladankan hidup damai,” ujar komang.

Kondisi bangsa Indonesia yang saat ini sedang menghadapi berbagai persoalan, seperti maraknya hoaks, ujaran kebencian, polarisasi simpatisan politik, propaganda kekerasan, hingga terorisme, dapat diantisipasi oleh para santri untuk mewujudkan kedamaian negeri.

Reporter : Dedi
Editor : Red

Facebook Comments

Categories
Apa Kabar LampungMesuji

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: