Connect with us

Advetorial

Berikan Bantuan Alat Pertanian, Bupati Loekman Berharap Hasil Panen Meningkat

Avatar

Published

on

Lamteng : Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemitro memberikan bantuan kelompok Tani Karya Lestari
saat panen raya cabai di kampung Sri Purnomo Kalirejo Rabu(24/10/2018).

Suasana Pemberian Bantuan Alat Pertanian Oleh Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemitro Kepada Petani


Bantuan tersebut berupa alat mesin sedot air dan alat pengusir hama tikus.

Bupati Loekman menjelaskan pada kelompok tani cabai insyaallah tahun depan kita bantu traktor dan sumur bor,agar biaya operasional tanam cabe bisa lebih murah sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih baik ujarnya.

Ini lah salah satu program Dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi dan kemandirian pangan dengan menggerakkan sektor sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana diamanatkan dalam nawacita Presiden RI termasuk kontribusi dari sektor pertanian.

Salah satu program kedaulatan pangan adalah komoditas cabai yang mana komoditas ini merupakan komoditas strategis dan memiliki’nilai ekonomis yang tinggi serta tidak dapat disubtitusi dengan komoditas lain.

Produksi cabai tidak merata sepanjang tahun dimana produksi berkurang di musim hujan yang menyebabkan harga tinggi dan produksi berlebihan di musim kering / kemarau mengakibatkan harga jatuh.

Hal ini dikarenakan keterbatasan dalam hal berbudidaya cabai, Program pengembangan cabai di kabupaten Lampung Tengah di tahun 2018 mendapat alokasi seluas 53 hektar yang tersebar di beberapa lokasi diantaranya.

Sentra cabe di Kecamatan Bisa, Kalirejo, Padang Ratu, Kotagajah, Terusan Nunyai, Seputih Rahman,Seputih Agung, Rumbia Anak Tuha.

Tujuan dari bantuan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani hortikultura yang mana kelompok tani penerima diharapkan keberhasilan panennya tetapi texjadwal di tiap bulannya. Hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas ketersediaan produksi dan harga.

Harapan pemerintah saat ini harga cabai cukup tinggi yang mana cabai lampung tengah hasilnya sangat menggembirakan, tetapi jangan terlena dengan hasil yang tinggi karena ke depannnya harus mengatur jadwal tanam melalui manajemen tanam cabai merah.

Kadis pertanian Rusmadi bahwa pemerintah daerah dalam hal ini memberikan bantuan berupa bibit cabe pada kelompok tani cabai dan pengawasan penanamannya sampai panen.hari ini kita panen cabai seluas 5 hektar di kampung Sri Purnomo Kalirejo dengan rata rata Produksi 8 -10 ton/ha dengan harga cabe hari ini di tingkat petani Rp 22.000,-/kg.pungkasnya. (ADVETORIAL / Can).

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Advetorial

Musrenbang Tulangbawang Barat Bahas RKPD dan RPJMD 2017-2022

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang Barat : Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah(RKPD) 2020 dan Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD)2017-2022.

Kegiatan tersebut yang mengusung Tema”Meningkatkan Pembangunan Ekonomi dan Kualitas Sumber Daya Manusia Untuk Kesejahteraan Hidup Masyarakat” tersebut berlangsung Diruang Aula setempat.

Hadir acara tersebut. Staf Ahli Provinsi Lampung bidang ekonomi keuangan Theresia Sormin, Bupati Tubaba H.Umar Ahmad,Sp, Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan,SE.,MM, Forkominda,Kepala SKPD, Kepala OPD,Camat,Kepala Tiyuh(Desa)) Se-Tubaba,Tokoh Agama,Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat,Selasa(19/3/2019).

Dalam sambutan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(Bappeda) kabupaten Tulang bawang Barat Nopriwan,SP mengatakan.digelarnya Musrenbang tersebut bertujuan sebagai forum musyawarah perencanaan pembangunan daerah yang mengakomodasi peran serta segenap komponen masyarakat sebagai media koordinasi komunikasi dan konsultasi program pembangunan dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata.

“Kegiatan Musrenbang ini membahas ,menilai dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan Renja SKPD/Rencana Kerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah yang telah dikomplikasi dengan hasil musrenbang di tingkat tiyuh dan kecamatan yang dibagimenghasilkan konsesus, komitmen,kesepakatan dan kemitraan antara pemerintah dengan pelaku pembangunan mewujudkan kualitas perencanaan- perencanaan pembangunan dengan lebih meningkatkan kemampuan mengakomodir aspirasi masyarakat,memberdayakan masyarakat dan memberdayakan sumber daya lokal,” kata Nopriwan.

Ditempat yang sama H.Umar Ahmad,SP Bupati kabupaten Tulangbawang Barat mengatakan bahwa kegiatan Musrenbang Penyusunan RKPD 2020 dan Perubahan RPJMD 2017-2022 ini merupakan diharapkan menjadi forum Musyawarah perencanaan Pembangunan tahun 2020 di kabupaten Tulangbawang Barat menjadi forum yang mendesain Tubaba untuk menjadi daerah tujuan

“Forum musrenbang 2019 ini,diharapkan dapat menjadi forum untuk mendesain Tubaba menjadi daerah tujuan ,sebagai arah pembangunan Tubaba kedepan,” ucap Umar.

Masih kata Umar,Pembangun juga merupakan suatu proses Tansformasi dari aktual yang dirasakan kurang Pada kondisi idieal yang di harapakan Dapat di penuhi. “Keberhasialn suatu program pembangunan Haruslah di wakili dengan perencanaan Terarah cermat dan terukur.” tegasnya.

Pelaksana musrenbang ini merupakan Lanjutan musrendang di masing-masing tiyuh Yang telah di laksanakan pada bulan januari 2019. Di lanjutkan musrenbang di tingkat kecamatan pada tanggal 6 sampai 14 Februari 2019 serta forum OPD pada tanggal 28 maret 2019.”Melalui forum ini juga akan dibahas perubahan RPJMD 2017-2022, yang di lakukan berbagai
Hasil pengendalian dan evaluasi terhadap, indilator, sasaran arah kabjilan dan RPJMD. (ADV) Jonsi

Continue Reading

Advetorial

Bupati Loekman Pimpin Ucapara HUT Provinsi Lampung Ke 55

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah : Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menjadi Inspektur Upacara pada hari jadi Provinsi Lampung Ke-55 tahun 2019,dilapangan Merdeka Gunung sugih Selasa (19/3/2019).

Dalam Sambutannya Loekman Membacakan Amanat Gubernur Lampung, mengatakan hadi jadi Propinsi Lampung ke 55 Tahun ini, mari kita bangun terus komitmen untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan kekompakan, menciptakan suasana damai, membangun sinegritas antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten / Kota, dengan harapan seluruh lapisan masyarakat memberikan dukungan atas kebijakan dan program pemerintah. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat, yaitu Lampung Maju untuk Indonesia”.

Untuk itu, saya mengharapkan agar koordinasi dan sinergitas yang selama ini berjalan dengan baik dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga geliat pembangunan dapat betjalan dengan baik bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya Provinsi Lampung.

Di sisi lain, Peringatan Hari Jadi Provinsi Lampung ini juga merupakan wahana untuk melakukan refleksi atas kinelja pembangunan dan pemerintahan secara obyektif selama peljalanan kurun waktu tahun 2018. Oleh karena itu, segenap keberhasilan yang telah dicapai akan terus dipenahankan dan ditingkatkan, sedangkan program

program daerah yang belum dicapai, haruslah menjadi Sumber inspirasi bagi kita semua untuk terus bekelja keras dimasa yang akan datang. Peserta Upacara Yang Saya Hormati,

Sebagaimana kita ketahui, tantangan, peluang serta hambatan selama pexjalanan kurun waktu 55 (lima puluh lima) tahun Provinsi Lampung, sangatlah kompleks dan beragam. Di tahun 2019 ini sejumlah tugas berat menanti kita, antara lain : Pada tanggal 17 April 2019, Bangsa Indonesia, khususnya Provinsi Lampung akan melaksanakan Pemilihan Umum Presiden/ Wakil Presiden RI, DPR-RI, DPRD dan DPRD Kabupaten/ Kota seProvinsi Lampung.

Menyikapi hal tersebut, saya minta kepada Institusi terkait dan masyarakat untuk tetap menjaga kondusifltas dilingkungannya, sehingga pelaksanaan Pilpres dan pemilihan anggota Legislatif tersebut dapat berj alan dengan aman, lancar dan sukses. (ADV) Can

Continue Reading

Advetorial

HUT Lampung ke-55 DPRD Lampung Gelar Paripurna

Redaksi LT

Published

on

BANDARLAMPUNG : Rombongan arak-arakan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo beserta jajaran Pemprov Lampung berjalan perlahan dari kantor Gubernur Lampung menuju Gedung DPRD Provinsi Lampung. Arak-arakan Gubernur dengan pakaian adat Lampung tersebut kemudian di sambut dengan upacara adat Kanjauan Agung oleh Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal di halaman Gedung DPRD Lampung, Senin (18/03) pagi.

Adapun kehadiran Gubernur Ridho beserta rombongan ke Gedung DPRD Lampung adalah untuk mengikuti Rapat Paripurna Istimewa DPRD Lampung, dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Lampung ke-55 tahun 2019 yang jatuh pada hari ini, 18 Maret 2019.

Dalam sambutannya Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo memaparkan berbagai hasil pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung, serta pembangunan strategis nasional di Provinsi Lampung.

Diantaranya adalah pembangunan infrastruktur jalan, perpustakaan modern, Observatorium terbesar se-Asia tenggara, dermaga eksekutif, Jalan Tol Trans Sumatera, Bandara Internasional Radin Inten II, Bandara Gatot Subroto, Bandara Taufiq Kiemas, dan sebagainya.

Begitu pula dengan pembangunan dibidang pertanian, yang menurut Gubernur Ridho menjadi salah satu pembangunan stategis di Provinsi Lampung. Dengan pembangunan saluran irigasi yang baik, Provinsi Lampung berhasil menduduki peringkat 4 surpus beras nasional. Begitu juga dengan jagung dan peternakan.

Bahkan Nilai Tukar Petani (NTP) Lampung terus meningkat setiap tahun dan merupakan tertinggi se-sumatera. Gubernur Ridho menilai, kenaikan NTP tersebut merupakan prestasi seluruh jajaran pertanian, terutama petani Lampung.

Namun, dari berbagai deretan kemajuan yang berhasil diraih oleh Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur Ridho menekankan untuk lebih memfokuskan pembangunan pada sektor pendidikan.

Menurut Gubernur Ridho, hakikat dari pembangunan adalah dengan membangun manusia Indonesia seutuhnya. Oleh karenanya berbagai pembangunan disektor pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan Pemprov Lampung.

Diantaranya adalah dengan memperbesar kapasitas berbagai perguruan tinggi untuk menampung lebh banyak anak-anak lampung berprestasi. Yakni dengan memberikan hibah tanah kepada perguruan-perguruan tinggi di Lampung, baik Negeri maupun Swasta.

“Hakikat dari pembangunan Indonesia adalah membangun manusia indonesia seutuhnya. Jadi fokusnya adalah di pendidikan. Saya tidak ingin ketika pembangunan di Lampung sudah semakin pesat, konektifitas dengan dunia Internasional semakin semakin lebar, tapi justru memakan anak-anak kita sendiri. Saya mau anak-anak kita, yang meneruskan tongkat pembangunan di Lampung, bukan orang lain,” Tegas Gubernur.

Mengakhiri sambutanya Gubernur Ridho mengucapkan terimakasih kepada para sesepuh, senior, tokoh adat dan tokoh pejuang pendiri Provinsi Lampung yang telah melakukan yang terbaik pada masanya untuk pembangunan di Provinsi Lampung

Sementara itu Dedi Afrizal Ketua DPRD Provinsi Lampung, menyatakan bahwa telah banyak pembangunan yang berhasil diraih oleh pemerintah Provinsi Lampung. Untuk itu Dedi mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang berpartisipasi dalam pembangunan Provinsi Lampung.

“Pada kesempatan yang baik ini, Hut ke-55 Provinsi Lampung, kami ingin mengucapkan terimakasih kepada pemerintah provinsi Lampung, serta seluruh jajaran masyarakat atas partisipasinya dalam pembangunan. Tapi kami sadar bahwa masih belum sempurna, untuk itu kami mohon bantuan, dukungan, partisipasi, dan doa dari seluruh masyarakat Lampung untuk dapat terus membangun Provinsi Lampung yang kita cintai,” papar Dedi

Kegiatan Rapat Paripurna kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Istri Gubernur Lampung Aprilani Yustin Ficardo, dan diberikan kepada Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal. Kemudian sebaliknya Istri Ketua DPRD Lampung yang melakukan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada Gubernur Ridho. Usai acara, seluruh undangan melakukan ramah tamah bersama Gubernur dan seluruh anggota DPRD Provinsi Lampung yang hadir.

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: