Connect with us

Advetorial

Berikan Bantuan Alat Pertanian, Bupati Loekman Berharap Hasil Panen Meningkat

Avatar

Published

on

Lamteng : Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemitro memberikan bantuan kelompok Tani Karya Lestari
saat panen raya cabai di kampung Sri Purnomo Kalirejo Rabu(24/10/2018).

Suasana Pemberian Bantuan Alat Pertanian Oleh Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemitro Kepada Petani


Bantuan tersebut berupa alat mesin sedot air dan alat pengusir hama tikus.

Bupati Loekman menjelaskan pada kelompok tani cabai insyaallah tahun depan kita bantu traktor dan sumur bor,agar biaya operasional tanam cabe bisa lebih murah sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih baik ujarnya.

Ini lah salah satu program Dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi dan kemandirian pangan dengan menggerakkan sektor sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana diamanatkan dalam nawacita Presiden RI termasuk kontribusi dari sektor pertanian.

Salah satu program kedaulatan pangan adalah komoditas cabai yang mana komoditas ini merupakan komoditas strategis dan memiliki’nilai ekonomis yang tinggi serta tidak dapat disubtitusi dengan komoditas lain.

Produksi cabai tidak merata sepanjang tahun dimana produksi berkurang di musim hujan yang menyebabkan harga tinggi dan produksi berlebihan di musim kering / kemarau mengakibatkan harga jatuh.

Hal ini dikarenakan keterbatasan dalam hal berbudidaya cabai, Program pengembangan cabai di kabupaten Lampung Tengah di tahun 2018 mendapat alokasi seluas 53 hektar yang tersebar di beberapa lokasi diantaranya.

Sentra cabe di Kecamatan Bisa, Kalirejo, Padang Ratu, Kotagajah, Terusan Nunyai, Seputih Rahman,Seputih Agung, Rumbia Anak Tuha.

Tujuan dari bantuan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani hortikultura yang mana kelompok tani penerima diharapkan keberhasilan panennya tetapi texjadwal di tiap bulannya. Hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas ketersediaan produksi dan harga.

Harapan pemerintah saat ini harga cabai cukup tinggi yang mana cabai lampung tengah hasilnya sangat menggembirakan, tetapi jangan terlena dengan hasil yang tinggi karena ke depannnya harus mengatur jadwal tanam melalui manajemen tanam cabai merah.

Kadis pertanian Rusmadi bahwa pemerintah daerah dalam hal ini memberikan bantuan berupa bibit cabe pada kelompok tani cabai dan pengawasan penanamannya sampai panen.hari ini kita panen cabai seluas 5 hektar di kampung Sri Purnomo Kalirejo dengan rata rata Produksi 8 -10 ton/ha dengan harga cabe hari ini di tingkat petani Rp 22.000,-/kg.pungkasnya. (ADVETORIAL / Can).

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Advetorial

Bupati Loekman Hadiri HUT Bhayangkara Ke – 73

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah : Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke – 73, di Lapangan Merdeka Punggur, Rabu (10/07/19).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Loekman menyampaikan rasa bangga atas terselenggaranya perayaan hari jadi Bhayangkara Ke – 73 Tahun 2019. Semoga di momen ini Polri semakin profesional dalam menjalankan tugas.

“Polres Lamteng saya kira sudah bekerja dengan baik. Harapan saya semoga semakin profesional dan dicintai masyarakat. Selamat HUT Bhayangkar Ke – 73, semoga selalu jaya dan sukses kedepannya, ” ujar orang nomor satu di Bumi Beguai Jejamo Wawai ini.

Ucapan selamatpun disampaikan Komandan Distrik Militer (Kodim) 0411/LT Letkol Czi Burhanudin. Ia berharap TNI dan Polri selalu solid, sehingga Indonesia akan semakin kuat.

“Bisa dilihat hubungan antara TNI dan Polri saat ini sangat luar biasa, kita sudah sama-sama satu jiwa dan satu hati, ” ungkap Dandim.

Lebih lanjut Letkol Czi Burhanudin mengatakan, momen ini adalah perwujudan bahwa hubungan TNI dan Polri sangat baik, khususnya di wilayah Kabupaten Lampung Tengah.

“Selamat untuk rekan kita anggota Bhayangkara yang Ke – 73. Pelaksanaan kegiatan ini yang sangat luar biasa, semoga kedepan bisa semakin baik, ” tuturnya. (Adv)

Continue Reading

Advetorial

Bupati Loekman dan Ketua TP-PKK Lampung Tengah Sebar 7000 Bibit Ikan Nila

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah : Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto didampingi Ketua PKK, Elly Lusiana bersama Camat Way Seputih, Akhmadi, Kadis Perikanan, beserta perangkat desa dan masyarakat Kampung Sri Budaya, Way Seputih menyebar sebanyak 7.000 bibit ikan nila dan patin di Bendungan Way Srenseng kampung setempat, Selasa (9/7).

Dalam kesempatan tersebut Loekman menyampaikan, bahwa kondisi bendungan masih perlu perhatian semua pihak. Selain masih alami, diminta dijaga ekosistemnya.

“Saya minta kepada masyarakat di jaga bendungan Way Srenseng, apa lagi sudah di seber benih ikan,”kata Loekman.

Lanjut Bupati, ia berharap masyarakat yang hendak mencari ikan jangan di jala, dijaring apalagi disetrum, atau diputas.

“Kasian ikan masih ada yang kecil pada mati karena di putas atau disetrum. Saya perbolehkan mencari ikan di bendungan Srenseng dengan cara dipancing,”pungkasnya(adv)

Continue Reading

Advetorial

Bupati Loekman Resmikan Pasar KWT di Kampung Setia Bumi

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah- Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoysoemarto meresmikan pasar Kelompok Wanita Tani (KWT) Kampung Setia Bumi, Kecamatan Seputih Banyak, Selasa (09/07/2019).

“Dengan adanya pasar KWT ini saya harap mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Lampung Tengah, khususnya di Kecamatan Seputih Banyak. Saya ucapkan selamat atas prestasi ini, “ujar Bupati.


Orang nomor satu di Bumi Beguai Jejamo Wawai ini juga berharap pasar KWT di Kampung Setia Bumi dapat lebih berkembang kedepannya.

“Untuk itu kita support agar pasar ini terus berkembang, sehingga menjadi pasar permanen di Kampung Setia Bumi. Semakin banyak pasar tentunya perekonomian akan semakin maju, yang dampaknya pada kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” terang Loekman.

Menurut Loekman, dengan adanya pasar KWT ini menunjukkan bahwa masyarakat di Kampung Setia Bumi sudah bergerak membangun daerahnya. Dengan begitu perekonomian daerah akan semakin maju. Sehingga pihaknya meminta peran dari para pedagang untuk lebih membantu pengembangan pasar KWT ini.

“Saya acungi jempol kepada Kepala Kampung dan jajaran KWT beserta anggotanya, dan masyarakat Kampung Setia Bumi atas peresmian pasar KWT ini. Tapi saya minta pedagang harus peduli dan disadari kalau ini perlu biaya. Jangan marah kalau di minta uang salar, karena uang yang masuk itu nantinya akan digunakan untuk mengelola pasar ini yang lebih baik lagi kedepannya, ” ungkap Bupati.

Sementara Ketua Forum Komunikasi KWT Lamteng, Hj. Ellya Luciana Loekman mengatakan, dengan adanya pasar KWT ini diharapkan perputaran uang di Kampung Setia Bumi ini kembali ke masyarakat.

“Saya harap uang masyarakat beredar disini saja bukan di bawa keluar. Bahkan orang di luar kampung juga datang sehingga ekonomi masyarakat di Setia Bumi menjadi meningkat,” ujar Ketua Forum Komunikasi KWT Lamteng ini.

Arum, salah satu pedagang yang juga Anggota KWT Kampung Setia Bumi sangat senang sekali dengan di buka nya Pasar KWT tersebut. Karena dapat mengenalkan produk yang di hasilkan oleh KWT di Lamteng.

“Saya sangat senang sekali karena dengan adanya pasar KWT ini, kami dapat mengenalkan produk KWT ke masyarakat luas, dan harapannya perekonomian kita akan semakin meningkat,” ungkapnya. (Adv)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: