Connect with us

Apa Kabar Lampung

Hari Pahlawan, Hamartoni Ajak Warga Lampung Bermanfaat Bagi Umat dan Lingkungan

Avatar

Published

on

Bandar Lampung: Pemerintah Provinsi Lampung memperingati Hari Pahlawan 10 November 2018 dengan mengusung tema ‘Semangat Pahlawan di Dadaku’. Tema ini mengandung makna sesuai fitrah setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan.

“Siapa pun dapat menjadi pahlawan. Setiap Warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa, dan negara,” kata Pj. Sekda Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadist, saat membacakan amanat Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita pada upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018, di Lapangan Korpri, Kantor Gubernur Lampung, Sabtu (10/11/2018) pagi.

Upacara dihadiri Forkompimda Lampung, para Veteran, dan segenap organisasi masyarakat. Usai upacara, Forkopimda Lampung melanjutkan upacara di Taman Makam Pahlawan Tanjungkarang. Di sana rombongan melakukan tabur bunga di makam para pahlawan.

Setiap 10 November bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam. Peristiwa heroik ini merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan.

“Seluruh rangkaianperingatan Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta Tanah Air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan Negara di hati sanubari bangsa Indonesia,” kata Hamartoni.

Nilai kepahlawanan bukan statis, namun dinamis. Bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk introspeksi diri. Seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur,” ujarnya.

Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya. Namun tidak ada kata akhir atau berhenti untuk berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis.

Oleh karenanya peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara Iain kemiskinan. SeIanjutnya transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat Indonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia.

Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. dan oleh karena itu, lanjut Hamartoni, Terkait dengan hal tersebut, bangsa Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri.

Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pegetahuan dan keterampilan di bidangnya.

Sadar bahwa negerinya memiliki beragam agama, suku, adat istiadat namun mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia. Bukan justru untuk memanfaatkan perbedaan demi kepentingan pribadi maupun golongan yang menjadi penghambat bagi kemajuan Bangsa.

Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.

Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang berpandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa. Kemudian, mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industri 4.0.

“Pada akhimya melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita Iakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhimya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan Negara,” kata Hamartoni. (Humas dan Prov Lampung)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesiar Hadiri Peringatan Hari Adhyaksa Ke 59

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat ; Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H di dampingi oleh wakil bupati pesisir barat Menghadiri acara hari bakti adhyaksa ke 59, di kantor Kajari liwa, kelurahan way mengaku Kecamatan Balik Bukit, Senin (22/7).

Mengawali sambutannya Bupati Pesisir Barat menyampaikan selamat hari bakti adhyaksa ke – 59 semoga kedepannya adhyaksa menjadi lebih baik dan menjadi panutan bagi seluruh instansi serta seluruh lapisan masyarakat.

Lanjut Agus Istiqlal, Beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas undangannya semoga kita yang hadir disini diberi kesehatan dan umur yang panjang sehingga kita semua dapat menjalankan tugas kita sebagai pelayan,penganyom masyarakat dan abdi negara dapat berjalan sebagaimana mestinya “harap agus istiqlal”

Kemudian agus istiqlal menceritakan pada saat beliau masih aktif di kejaksaan agung Republik Indonesia sebagi Kasubdit TUT dan HAM Berat JAMPITSUS
beliau berbagi pengalaman kerja dan kiat – kiat dalam menghadapi persoalan -persoalan yang tengah dihadapi. bukan maksud beliau untuk pamer kekuasaan akan tetapi sebagai senior agus istiqlal mempunyai kewajiban untuk berbagi pengalaman dengan harapan junior-juniornya bisa berperan aktif lagi dan selalu semangat dalam menghadapi permasalah yang ada terutama yang berurusan terhadap pelayanan masyarakat tentang hukum, agar dalam pelaksanaan tugas selalu bisa berbuat jujur dan adil yang tidak merugikan sepihak “tutup agus istiqlal”

acara tersebut dihadir oleh kajari liwa, bupati lampung barat, kapolres lampung barat,ketua pengadilan lampung barat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesibar Hadiri Paripurna KUA-PPAS RAPBD-P 2019

Redaksi LT

Published

on

Pesisir barat – Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H Menghadiri cara rapat paripurna penyampaian nota pengantar KUA-PPAS RAPBD-P kabupaten pesisir barat tahun anggaran 2019, di Gedung Dharma Wanita, kecamatan pesisir tengah, Senin (22/7).

Dalam sambutannya Bupati Pesisir Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota dewan yang terhomat atas sinergitas yang terjalin antara DPRD kabupaten pesisir barat dengan pemerintah kabupaten pesisir barat.

Selanjutnya berdasarkan pada dasar kebijakan perubahan apbd tahun anggaran 2019 tersebut di atas, untuk target dan sasaran makro daerah pada tahun 2019 tidak mengalami perubahan, yaitu :
1. pertumbuhan ekonomi tumbuh sebesar 5,3-5,4%;
2. tingkat inflasi stabil pada angka 3,5-4%;
3. tingkat kemiskinan ditargetkan sebesar 14,45%;
4. indeks pembangunan manusia diproyeksikan sebesar 63,83 poin;
5. perkembangan indeks gini sebesar 0,29 poin;
6. tingkat pengangguran terbuka berada pada 1,71%;
7. pendapatan perkapita masyarakat pada angka 20.275 (dalam miliar rupiah).

berdasarkan pada uraian rencana perubahan pendapatan daerah dan perubahan belanja daerah , pada kebijakan umum perubahan dan ppas perubahan apbd tahun anggaran 2019 yang memproyeksikan target pendapatan daerah sebesar 841 milyar 859 juta rupiah sekian dan target belanja daerah sebesar 896 milyar 799 juta rupiah sekian menyebabkan perhitungan perubahan apbd tahun anggaran 2019 mengalami defisit sebesar 54 milyar 940 juta rupiah sekian, namun demikian defisit tersebut akan ditutup melalui surplus pembiayaan netto daerah dengan angka yang sama, sehingga perubahan apbd tahun anggaran 2019 akan mengalami anggaran seimbang pada angka 896 milyar 799 juta 550 ribu 772 rupiah 95 sen.
, “Pungkas bupati”.

Turut hadir Ketua DPRD, Wakil Ketua l DPRD, Plh.sekda edy mukhtar, dan 13 Anggota DPRD, Pabung, seluruh Kepala OPD dan camat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

TMMD 2019 Pengerjaan Fisik di Batunangkop Mencapai 40 Persen Lebih

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter)

Kodim 0412/LU, Kapten Inf Harpian Sari menyampaikan bahwa pengerjaan pembangunan fisik dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 di Desa Batunangkop, Kecamatan Sungkai Tengah, sudah mencapai 40 persen.

Pembangunan fisik ini meliputi jalan baru, gorong-gorong, rehabilitasi sarana ibadah, dan saluran drainase.

“ (Pengerjaannya) Ya sudah mencapai‎ lebih dari 40 persen,” katanya, Senin (22/7/2019).

Jelas Harpian, pembangunan fisik yang pengerjaannya telah mencapai 40 persen itu, yakni pembangunan jalan baru sepanjang 2,2 KM dengan lebar 6 meter (41 %), Pemasangan keramik dan Pengecatan gereja GKSBS (40 %), Pembuatan MCK dan tempat wudhu masjid Mambaul Huda ukuran 4 x 5 M (45%), Rehab masjid Al-Istiqomah ukuran 10 x 12 M (44%)‎,

‎Selain itu, terus dia, masih ada pembangunan box culvert (gorong-gorong) berukuran 2 x 6 M (36%), ‎pembangunan gorong-gorong Buis Beton 7 unit (38%), ‎pembangunan talud sepanjang 80 M (10%), Cor plat Ukuran 1×6 (10%).

“ Para prajurit TNI dan pihak lainnya terus bahu-membahu untuk segera menyelesaikannya,” ujarnya.

Menurut Harpian, TMMD 105 melibatkan prajurit TNI dari tiga Matra (AD, AL dan AU) , Polri, Pemerintah, dan masyarakat sekitar.

” Total yang terlibat mencapai 235 orang. 124 prajurit TNI AD, AL dan AU, 10 anggota Polri, 16 orang unsur Pemerintah, dan 85 warga sekitar.

Antusiasme warga cukup tinggi dan semangat gotong royongnya luar biasa, dan ini membuat kami (TNI) bangga,” tukasnya.

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: