Connect with us

Lampung Selatan

Penyelundupan 70.950 Ekor Baby Lobster Berhasil di Gagalkan

Published

on

Lampung Selatan : Jajaran Satuan Reskrim Polres Lampung Selatan berhasil menggagalkan 70.950 ekor Baby Lobster yang dikemas dalam 486 plastik yang dibawa pada 18 Polipom senilai Rp10 Milyar lebih.
Puluhan ribu ekor Lobster diamankan petugas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan sekitar pukul 18.00 WIB, Senin (12/11/2018).
Selain Lobster petugas juga berhasil mengamankan satu orang pelaku. Untuk harga diperkirakan satu ekor Baby Lobster mencapai Rp100 – 150 ribu.
Penggagalan ini ketika petugas Satreskrim sedang melaksanakan patroli rutin guna mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan diwilayah hukum Polres Lampung Selatan.
“Tadi malam Baby Lobster diamankan Satuan Reskrim, sekitar pukul 18.00 WIB dijalinsum Penengahan. Barang ini dibawa dari Pulau Jawa hendak dibawa ke Pulau Sumatera,” ungkap Kapolres Lamsel AKBP M. Syarhan, SIK saat gelar ungkap kasus bersama Balai Karantina Perwakilan Bandar Lampung di Mapolres, Selasa (13/11/2018).
Kapolres menjelaskan, Satu kendaraan yang patut diduga dan dicurigai sehingga petugas menghentikan dan memeriksa mobil Avanza nopol T 1454 AF terdapat 18 Box polipom yang berisikan 27 kantong plastik didalamnya ada baby Lobster.
“Baby Lobster ini dari pulau Jawa hendak dibawa kepulau Sumatera yang disimpan dalam 486 plastik,” jelasnya.
Selanjutnya kata Mantan Kapolres Pesawaran ini, dalam kasus ini pihaknya mengamankan satu orang tersangka dan saat ini pihaknya tengah melakukan pengembangan.
“Saat ini kami sedang melakukan pengembangan guna mengungkap peredaran babylobster ini. Kami terus melakukan upaya pencegahan dan bekerjasama dengan balai karantina untuk mengungkap peredaran Babylobster ini. Alhamdulillah ini yang kedua kalinya,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Karantina Balai Bandarlampung Rusnanto mengatakan, dalam hal ini pihak karantina terus melakukan pengawasan terhadap sumberdaya ikan sesuai peraturan menteri Kelauatan.
Kemudian kata dia, pihak Balai Karantin sudah bekerjasama dengan tim Polres Lampung Selatan melakukan pemeriksaan dan pengawasan terpadu dijalan Lintas Sumatera (Jalinsum).
“Sumberdaya ikan, baby lobster ini kekayaan alam Indonesia, jika ini terus menerus dijual, dengan tujuan vietnam, suatu saat ini akan habis. Sebab yang bisa dilakukan seberat 200 gram dengan panjang 8 cm perkilonya mencapai Rp500-700 ribu perkilo,” katanya.
Kemudian kata dia, baby lobster hasil tangkapan ini rencanya akan dilepaskan dilaut Pesawaran.
“Lobster ini sesuai Permen ini akan dilepaskan liarkan ditempat yang sesuai, rencananya dipantai Mutun, yang insya Allah segera dilepaskan,” pungkasnya.
Reporter : Eko
Editor : Red

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lamsel Gelar Sosialisasi Pilpres dan Pileg

Redaksi LT

Published

on

Lampung Selatan, newskabarindonesia.com : Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) presiden dan legislatif yang serentak dilaksanakan pada 17 April mendatang kepada pemilih pemula.

Acara yang diselengarakan di Aula Sebesi, Gedung PKK Lampung Selatan, Senin (18/2/2019), diikuti 213 peserta yang terdiri dari SMA/sederajat dan mahasiswa diseputaran Kecamatan Kalianda.

Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Priyanto Putro yang membuka kegiatan itu sangat menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya sosialisasi tersebut.

Dia berharap, melalui acara itu akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pemilih pemula tentang pelaksanaan dan proses Pemilu.

“Kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk memberikan informasi, pemahaman, dan wawasan tentang bagaimana tata cara menggunakan hak pilih pada Pemilu mendatang,” ujar Priyanto saat memberikan sambutan dalam acara itu.

Selain itu, kata Priyanto, kegiatan itu juga bertujuan untuk memberikan pendidikan politik kepada pemilih pemula. Dengan harapan, mereka bisa ikut mensosialisasikan tentang pentingnya menyalurkan hak pilih pada pelaksanaan Pemilu mendatang.

“Kepada peserta, ikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Mudah-mudahan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Lampung Selatan dapat berjalan baik dan lancar,” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemkab Lampung Selatan, M. Darmawan sebagai pelaksana kegiatan itu mengatakan, selain untuk mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, acara itu juga bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi pemilih pemula dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Harapannya mereka (pemilih pemula) bisa menyalurkan hak pilihnya, sehingga angka partispasi Pemilu meningkat di tahun 2019,” pungkasnya. (Imron/Red)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Lantunan Doa Menggema untuk Korban Tsunami Selat Sunda di GWH Kalianda

Published

on

Lampung Selatan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bersama ribuan masyarakat Kota Kalianda dan sekitarnya, menggelar doa bersama untuk para korban tsunami Selat Sunda.
Kegiatan doa bersama yang digelar di Taman Gedung Olahraga Way Handak (GWH), Sabtu (16/2/2019) malam, merupakan rangkaian kegiatan malam amal peduli tsunami Lampung Selatan.
Nampak Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto yang hadir bersama Ketua DPRD Lampung Selatan Hendry Rosyadi, Sekretaris Daerah berserta pejabat utama dilingkup Pemkab Lampung Selatan berdoa dengan khusuk yang dipandu Ustad Muhajir.
Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan, kegiatan itu adalah momentum yang penting bagi masyarakat Lampung Selatan untuk bermuhasabah diri.
“Sebagai saudara sebangsa setanah yang terikat tali persaudaraan, mari disini kita saling mendoakan para korban tsunami beberapa waktu lalu. Semoga apa yang kita laksanakan ini, di Ridhoi Allah SWT,” ujar Nanang saat menyampaikan sambutannya.
Musibah tsunami yang melanda sebagian wilayah Pesisir Pantai Lampung Selatan pada 22 Desember tahun lalu, menyebabkan kerusakan yang cukup luas, bahkan tecatat memakan korban 122 jiwa.
“Mudah-mudahan Lampung Selatan terhindar dari musibah, dan semoga kabupaten yang kita cintai ini bisa lebih baik lagi kedepan,” pungkasnya. (Eko/Kmf)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Lukisan Plt. Bupati Lampung Selatan Terjual Seharga Rp2 Juta

Published

on

Lampung Selatan – Lukisan yang dilukis Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto terjual seharga Rp2 juta dalam malam amal peduli tsunami Selat Sunda yang digelar di Gedung Olahraga Way Handak (GWH) Kalianda, Sabtu (16/2/2019) malam.
Lukisan Plt. Bupati Lampung Selatan dengan judul “Bergejolak, Beriak”, dibeli oleh Inspekturkab Lampung Selatan Joko Sapta.
Malam amal peduli tsunami Selat Sunda yang rangkai doa bersama itu, digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan dalam rangka penggalangan dana untuk membantu warga Lampung Selatan yang terkena bencana tsunami pada 22 Desember tahun lalu.
“Saya ucapkan terima kasih kepada komunitas pelukis Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro, dan Pringsewu yang turut berpartisipasi meramaikan acara ini,” ujar Nanang dalam acara itu.
Selain lukisan Plt. Bupati Lampung Selatan, ada 14 lukisan lainnya yang juga berhasil terjual dengan total nominal sekitar Rp30 juta. (Eko/Kmf)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: