Connect with us

Apa Kabar Lampung

Pasca Banjir Bandang, Pemkab Tanggamus Bentuk Tim Investigasi

Avatar

Published

on

Tanggamus : Bencana banjir bandang yang melanda Pekon Umbar beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Pj. Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis, M.Si., memerintahkan Tim Investigasi Bencana Banjir Bandang untuk melakukan investigasi ke Pekon Umbar, Kecamatan Kelumbayan.

Hal itu diketahui dari Rapat Tim Investigasi Bencana Banjir Bandang Pekon Umbar Kecamatan Kelumbayan, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sekda, Jum’at sore (23/11/18).

“Dengan adanya Tim Investigasi ini, diharapkan adanya gerak cepat tangggap darurat atas dampak bencana yang terjadi di Pekon Umbar, Kecamatan Kelumbayan,” ujarnya.

“Jadwal investigasi dimulai dari hari Minggu (25/11/18) dan selesai hari Selasa sore. Dengan tujuan mensinkronkan data-data dan apa penyebab datangnya banjir. Jadi harus punya dasar yang kuat dan bisa meyakinkan pimpinan. Kalau tim investigasi berhasil, kedepannya.bila terjadi lagi, kita pangkas birokrasinya,” terangnya.

Dalam rapat tersebut Sekda juga memberikan arahan baik secara kebijakan maupun teknis yang harus dilakukan oleh Tim Investigasi.

“Dalam peninjauan tersebut, Tim Investigasi titiknya tidak masuk ranah pertambangan dan saat pemanenan kayu tahunan harus dilakukan secara bertahap, tebang pilih, agar terjadi longsor saat musim penghujan.

Selain itu saya minta Dinas PU Tanggamus, terkait pembangunan infrastruktur yang menjadi kewenangan Provinsi agar segera diajukan, sehingga bantuan bencana dalam bentuk logistik cepat tersampaikan.

Untuk pelaporan Tim Investigasi dibuat per sektor dan dijadikan satu, intinya di buat kesimpulan,” jelasnya.

Sekda juga menambahkan agar dibuat Standar Operasional Prosedur dalam pemberian bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana yang terjadi.

“Dibuat SOP bantuan kemanusiaan, agar bisa cepat sampai pada tujuan, juga membangun kembali bila ada kerusakan dan penanggulangan agar tidak terjadi kembali,” tambahnya.

Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Ir. Fb. Karjiono, meminta agar Tim Investigasi melibatkan pihak KPHL untuk mendamping. “Biar jelas registernya, agar jelas titik mana yang marga dan mana yang kawasan,” tambahnya.

Untuk Tim Investigasi Bencana Banjir Bandang Kabupaten Tanggamus, terdiri 10 orang Pejabat Eselon III dan IV, yang berasal dari 6 OPD, yaitu ; Dinas Lingkungan Hidup, Bappeda, BPBD, Dinas PUPR, Dinas Tenaga Kerja serta Dinas Peternakan dan Perkebunan.

Reporter : Iyan
Editor : Red

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

DPRD Tuba Dukung Penuh E- Planing E Budgeting

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang : Mulai diterapkannya sistim keuangan dan akutansi menggunakan sistim E-Planing dan E-Budgeting oleh Pemkab Tulangbawang disambut baik oleh anggota DPRD Kabupaten Tulangbawang.

Para wakil rakyat ini menilai dengan di berlakukannya sistim tersebut, otomatis sistim keuangan dan akuntansi yang ada di Pemkab Tulangbawang dapat tertata dengan baik. Lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, dengan di terapkannya sistim E-Planing dan E-Budgeting sistim keuangan dan pencairan dana seluruh SKPD termasuk Sekertariat DPRD dapat terjadwal dengan baik dan yang pasti transparan.

Reporter : Fitriyanto
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

DPRD Minta Pemkab Tuba Kembangkan Sektor Wisata

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang : Belum seriusnya Pemkab Tulangbawang mengembangkan sektor wisata membuat anggota DPRD Tulangbawang Novi Marzani angkat bicara.

Ditemui di ruang kerjanya politisi partai Gerindra mengatakan, sejak Kabupaten Tulangbawang terbentuk, pemkab setempat terkesan kurang memperhatikan sektor wisata.

Sebab ia menilai kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara memiliki kekayaan alam berupa rawa dan sungai yang bias di jadikan objek wisata.

Dengan objek wisata diharapkan kedepan pendapatan Kabupaten Tulangbawang dari sektor wisata akan meningkat. Selain itu dengan di kembangkannya wisata otomatis akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar.

Untuk itu ia meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang dapat mengembangkan pariwisata yang saat ini belum tergali secara maksimal.

Reporter : Fitriyanto
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Rumuskan Kebijakan, TP.PKK Pesibar Gelar Rapat Kerja Daerah

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Pesisir Barat HJ. Septi Istiqlal menggelar rapat kerja daerah (RAKERDA) di gedung sekretariat TP. PKK pekon kampung jawa kecamatan pesisir tengah, pada (Senin 25/03/19)

Dalam laporannya ketua panitia penyelenggara penti lolita menyampaikan acara ini bermaksud untuk merumuskan kebijakan dan program kerja gerakan pkk dalam mendukung “kabinet kerja” untuk mencapai keluarga sejahtera dan bertujuan untuk terwujudnya gerakan pkk yang berkualitas dan profesional.

Selanjutnya dalam sambutan Ketua TP. PKK Kabupaten Pesisir Barat Hj. Septi istiqlal menyampaikan pada bulan Februari yang lalu saya mengikuti rakor tingkat nasional di jakarta yang di ikuti oleh seluruh kabupaten/kota se-indonesia. dalam rakornas tersebut program nasional menitik beratkan pada pencegahan stunting dan pengolahan sampah, oleh karnanya kita yang di daerah pun harus mengikuti program tersebut. Ujar ketua TP.PKK

Pada acara tersebut jg turut hadir langsung seluruh pengurus TP. PKK kabupaten dan kecamatan Se Pesisir Barat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: