Connect with us

Apa Kabar Lampung

Inspektorat Lampung Temukan Pelanggaran Lelang di Dinas PUPR

Avatar

Published

on

Lampung Utara : Inspektorat Lampung Utara menemukan adanya indikasi pelanggaran administrasi lelang dalam pekerjaan tahun 2018 di Dinas PUPR setempat.

Temuan ini sendiri, terungkap dalam hasil audit yang diminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Syahbudin,ST.MT kepada Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara. Diketahui, permintaan audit ini, menyebabkan uang muka pekerjaan tahun 2018 di Dinas PUPR tak bisa disalurkan.

” Hasil audit itu ( yang diminta Kepala Dinas PUPR) , ditemukan adanya indikasi pelanggaran administrasi lelang yang diajukan yang bertentangan dengan perpres 54 tentang pengadaan barang dan jasa. Hasilnya telah kita serahkan ke Bupati (Agung Ilmu Mangkunegara) baru-baru ini,” kata Inspektur Pembantu Wilayah (Irbanwil) III, Jauhari, diruangannya, Kamis (6/12/2018).

Dijelaskan Jauhari, dalam proses audit tersebut, Inspektorat telah memintai keterangan dari pihak terkait di Dinas PUPR dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Lampung Utara.

” Sudah kita mintai keterangan dari pihak Dinas PUPR dan BPKAD. Dan hasilnya ditemukan ada pelanggaran administrasi, dan sudah kita serahkan ke Bupati,” ungkapnya.

” Sekarang ini, kita menunggu rekomendasi hasil audit itu dari Bupati, apakah akan dilanjutkan ke penegak hukum? ya kita tunggu saja rekomendasinya,” imbuhnya.

Terungkap, polemik uang muka pekerjaan tahun 2018 di Dinas PUPR Lampung Utara bermula dari kengototan Kepala Dinas PUPR Lampung Utara, Syahbudin, yang keukeuh tidak mau menandatangani pencairan uang muka tersebut.

Bahkan, Syahbudin meminta kepada Bupati Agung Ilmu Mangkunegara mengaudit pekerjaan tahun 2018 di Dinas PUPR. Gayungpun bersambut, Bupati Agung lantas memerintahkan Inspektorat untuk mengauditnya.

” Kalau saya tandatangan (pencairan uang muka 2018), saya masuk penjara gimana, siapa yang menjamin itu, karena rangkaian (rolling) itu bermasalah. Maka, saya meminta audit ke Bupati atas persoalan itu, dan kini sedang diaudit oleh Inspektorat,” terangnya.

” Saya sudah dipanggil berulang-ulang oleh Inspektorat Lampung Utara (terkait audit). Data-data realitas yang ada sudah diberikan. Termasuk, dipanggil Dewan (DPRD Lampung Utara), dan Kemendagri,” imbuhnya.

Syahbudin menilai, alasan tidak dibayarkannya uang muka bukanlah akal-akalan atau mengada-ngada. Ia menyilahkan rekanan untuk menguji kronologis ini ke lembaga hukum. ” Karena pejabatnya nggak sah mengadakan lelang. Saya ya sudah pernah dipanggil jaksa, kalau saya tanda tangan bisa jadi tersangka,” kelitnya.

Reporter : Alex
Editor : Red

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Safari Ramadhan Anggota Dewan Lampung Titip Pesan Untuk Rido Ficardo

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo berpesan kepada seluruh anggota DPRD Provinsi Lampung untuk terus berkarya membangun dan menyokong perkembangan serta kemajuan Provinsi Lampung.

Hal tersebut diutarakan Gubernur pada acara Kunjungan Silaturahmi Safari Ramadhan yang diselenggarakan di Gedung DPRD Provinsi Lampung, Selasa (21/05/19).

“Saya sebagai Gubernur dan didukung oleh anggota DPRD merupakan bagian dari Pemerintahan Daerah. Oleh karena itu saya minta dan berharap kepada kita semua untuk terus berkarya. Jangan tanya sudah berapa lama kita menjabat, melainkan untuk bertanya sudah berapa banyak kita bekerja untuk pembangunan dan kemajuan Provinsi Lampung sampai saat ini dan yang akan datang,” ujar Ridho.

Ridho menyampaikan usulan dan konsep untuk mengembangkan Kawasan Industri Register 1 Lampung Selatan telah disetujui dan masuk dalam Program Strategis Nasional.

“Jadi sekitar 4500 hektare di wilayah Lampung Selatan nanti akan menjadi Kawasan Industri. Bisa dibayangkan seperti wilayah Jababeka, Cikarang dan sebagainya akan ada dan dibangun di Provinsi Lampung,” ujar Ridho.

Menurut Gubernur Ridho, hal itu akan menjadi pilar pembangunan di Provinsi Lampung yang mendatangkan investasi puluhan triliun. “Juga akan membuka puluhan ribu lapangan kerja, itu sangat luar biasa,” kata Ridho.

Gubernur Ridho juga mengutarakan kebanggaannya atas segala prestasi yang telah didapat Provinsi Lampung di Tahun 2019 sebagai hasil kerjasama yang baik dengan Anggota DPRD Provinsi Lampung.

“Saya sangat bersyukur dan sangat meyakini bahwa tidak ada satupun janji politik pada tahun 2014 lalu yang sampai hari ini tidak tuntas. Justru hal yang tidak pernah saya janjikan bisa berjalan bahkan terwujud,” katanya.

Hasil kerjasama dan diskusi Gubernur Ridho bersama teman-teman anggota dewan juga membuat Lampung makin maju.

“Saya berpikir sebagian besar kita di tahun 2014 lalu tidak pernah berpikir bahwa Lampung akan semakin maju seperti ini. Sehingga jangan pernah lupa bahwa kita merupakan bagian dari keberhasilan ini.

Tanpa dukungan, bantuan, diskusi serta persetujuan dari teman-teman dewan semuanya mungkin Lampung tidak akan seperti ini,” kata Ridho, yang meyakini kerjasama dengan anggota Dewan menyumbang kemajuan bagi Provinsi Lampung.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal berterimakasih atas terjalinnya kerjasama yang baik antara Gubernur Lampung beserta seluruh Forkopimda Provinsi Lampung dalam menyokong perkembangan dan pertumbuhan Provinsi Lampung.

“Saya ucapkan terimakasih atas dukungan Forkopimda dan seluruh masyarakat Lampung. Mudah-mudahan ke depan hubungan bisa berjalan lebih baik dan lebih kompak dalam menyelesaikan persoalan dan permasalahan demi terciptanya kemajuan dan perkembangan di Provinsi Lampung,” harap Dedi. (Humas Prov Lampung)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Walikota Metro Lantik 5 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Zuli Ardiansyah Zuli

Published

on

METRO   :   Walikota Metro Achmad Pairin melantik 5 pejabat pimpinan tinggi pratama, di Aula Pemkot setempat, Kamis (16/5). Pelantikan dilakukan setelah proses lelang terbuka jabatan yang diikuti 41 peserta berasal dari Kota Metro dan kabupaten lainnya di Lampung. Seleksi dilakukan untuk memperebutkan 6 jabatan eselon II. Satu diantaranya Staf Ahli

Kelima pejabat yang dilantik tersebut: Kepala Dinas Sosial yang dijabat oleh mantan Kabag Umum Setda Kota Metro Suwandi. Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian dijabat oleh Siti Aisyah mantan sekretarisnya. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata dijabat Tri Hendriyanto, mantan sekretaris dan Kepala Dinas Perhubungan dijabat oleh Zulkifli mantan sekretaris Badan Keuangan Daerah. Kemudian Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan dijabat Heri Wiratno, mantan Kabid Pangan. Sedangkan untuk jabatan Staf Ahli Bidang III belun dilakukan pelantikan mengingat pejabat lama yakni Agustine masih menunggu masa pensiun pada Agustus mendatang.

Selain melantik 5 pejabat tinggi pratama yang mengikuti lelang terbuka, Walikota juga melantik Direktur UPTD RSUAY dr. Trestyawaty, S.Pog, dan Wakil Direktur UPTD RSUAY dr. Fitria Agustina.

Dalam sambutannya Walikota mengatakan, pelantikan 5 pejabat tersebut sudah melalui tahapan oleh panitia seleksi (Pansel). Ini dilakukan untuk mengisi jabatan yang lowong.

“Kepada pejabat yang baru dilantik saya ucapkan selamat. Saya minta segera menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat bekerja yang baru, dan melaksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Pairin meminta kepada para pejabat yang baru dilantik untuk senantiasa menjaga kekompakan dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin serta komitmen terhadap berbagaintugas dan tanggungjawab.

“Kepada pejabat yang baru dilantik memang ketentuannya 2,5 tahun baru bisa digantikan. Namun jika pejabat tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik maka akan dievaluasi,” tukasnya. Wali juga meminta pejabat yang baru untuk mensukurinya dan senantiasa berfikir positif..

Dikatakanya, dalam melaksanakan tugas kedepan akan semakin berat, disamping pengawasan juga makin ketat. Sementara masyarakat menuntut menginginkan pelayanan yang cepat, tepat dan transparan. Untuk itu maka diperlukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. Lalu beruasaha memahami dan menguasai berbagai permasalahan tugas, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela.

“Saya yakin dan percaya jika hal ini dapat dilakukan, maka saudara mampu menjawab persoalan dan tantangan yang ada, secara lebih terencana, tepat dan terarah,” tandas Walikota A.Pairin.

Reporter : Zuli

Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Gubernur Ridho Ajak Semua Pihak Rajut Persaudaraan dan Persatuan

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengajak semua pihak kembali merajut persatuan dan kesatuan bangsa dengan meningkatkan persaudaraan dan gotong royong dalam momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2019.

Hal itu diungkapkam Gubernur usai menjadi Inspektur Upacara Harkitnas, di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Senin (20/5/19).

Menurut Gubernur, semua pihak diharapkan menyamakan gerak langkah dan memperkuat persaudaraan dan gotong royong untuk bersama-sama membangun negeri dan mensejahterakan rakyat Indonesia dalam situasi persaingan global.

“Setiap Harkitnas kita maknai bahwa bangsa kita berada di tengah-tengah kancah pertarungan antar bangsa, maka kita tidak boleh lengah dan harus tetap menjadi bagian dari pemenang,” ujar Ridho.

Sedangkan saat menjadi Inspektur Upacara dalam upacara peringatan Harkitnas ke-111 yang mengusung tema “Bangkit Untuk Bersatu” tersebut, Gubernur Ridho membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara.

“Saya haturkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global,” ujar Gubernur Ridho membacakan sambutan Menteri Rudiantara.

Gubernur Ridho menjelaskan dan menuturkan rasa syukurnya atas telah berjalannya Pilpres dan Pileg yang berlangsung dengan lancar.

Kelancaran tersebut, ujar Gubernur, juga berkat pengorbanan banyak anak bangsa yang menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), bahkan berupa pengorbanan nyawa.

“Sambil mengirim doa bagi ketenangan jiwa para pahlawan demokrasi tersebut, alangkah eloknya jika kita wujudkan ucapan terima kasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang, dalam waktu yang tidak lama Iagi,” ujar Gubernur Ridho.

Terlebih lagi, lanjut Ridho, Harkitnas pada tahun ini berlangsung dalam suasana Bulan Ramadhan yang dapat menuntun umat muslim khususnya untuk menjaga kedamaian dan menghindari perpecahan dan penyebaran fitnah.

Diharapkan hingga sampai pada perayaan Hari Raya Idul Fitri dapat menciptakan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri bersama.

“Semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu”. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” papar Ridho.

Upacara Harkitnas berlangsung khidmat dengan diikuti oleh ratusan peserta upacara yang terdiri dari PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, TNI/Polri, dan seluruh Forkopimda se-Provinsi Lampung.
(Humas Prov Lampung)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: