Apa Kabar Lampung

Camat Akui Pj. Kakon Langgar Aturan Perbub

Tanggamus : Di laksanakannya Rapat Konsolidasi dan Mediasi demi Menindaklanjuti pemberhentian secara sepihak yang diduga tidak sesuai Mekanisme Administrasi Perangkat Pekon (Desa), oleh Yuzar Jaya Negara selaku Pj. Kepala Pekon terhadap Nina Zuliana, Kepala Urusan (KAUR) Pekon Negeri Agung, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus.

Selain pemberhentian yang tidak sesuai Mekanisme juga adanya indikasi dugaan pemaksaan untuk menandatangani surat pengunduran diri dari beberapa perangkat Pekon, yakni, Sugiasih, S.Pd sebagai Sekdes, Arif Granada, SH sebagai Kasi Kesra dan Bertiati sebagai Bendahara yang dilakukan oleh Pj. Kakon Negeri Agung.

Dalam sambutanya, Camat Talang Padang, Yuninarti, menjelaskan, Pemberhentian dan Pengunduran diri beberapa Perangkat Pekon tersebut tanpa ada koordinasi dengan Pihak Kecamatan terlebih dahulu. Menurutnya, pemberhentian tersebut telah melanggar Peraturan Bupati (Perbup) No.11 Pasal 2 s/d 29 Tahun 2016.

“Sampai saat ini belum ada koordinasi dari Pihak Pekon ke kami Pihak Kecamatan, dan saya juga belum pernah merekomendasinya, Sebelumnya kami sudah memanggil dan mengarahkan harus sesuai dengan Perbub.

Disisi lain kami sudah melayangkan teguran dan arahan bahwa Kaur tidak bisa di berhentikan”, terangnya.

Hal senada juga di akui oleh Ketua BHP Negeri Agung, Ketua BHP mengaku tidak mengetahui persoalan tersebut dan bahkan belum menerima pemberitahuan secara resmi dari Pj. Kakon Yuzar Jayanegara atas diberhentikannya Kaur Keuangan.

Dalam hal ini, Nina Selaku Kaur Keuangan merasa kecewa atas tindakan Pj. Pekon terhadapnya yang terkesan semena-mena dan menyalahgunakan wewenang.

“Bagi saya, tidak ada masalah jika saya pribadi masih diamanatkan menjabat Kaur Keuangan atau tidak. Akan tetapi, sistem dan cara yang di berlakukan Pj. Kakon harusnya lebih profesional, Karna menurut saya yang dilakukan Yuzar ini tidak adil dan terkesan menyalahgunakan wewenang”, ungkapnya.

Menyikapi hal ini, Pj. Kakon Negeri Agung, Yuzar Jayanegara, mengakui soal teguran dari Camat. “Ada hanya sekali panggilan, dan itu membahas tentang banyaknya kaur yang mengundurkan diri”.

Soal pemberhentian terhadap Kaur Keuangan atas nama Nina Zaliana, diakuai belum ada koordinasi dengan Camat. Menurut Pj. Kakon, Kaur yang mengundurkan diri ada 3 orang, ketiganya ini di nilai tidak ada kerjasamanya. Soal proses pengunduran diri mereka, itu tidak ada tekanan.

Dalam wawancaranya, Kabag Tapem Suyanto menjelaskan bahwa, hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan akan disandarkan dengan aturan yang ada. Terkait malanggar aturan atau tidak, dia belum bisa berkomentar terhadap itu, karena Dia akan mempelajarinya tebih dahulu.

“Tadikan sudah mendengar semua, bahwa pemberhentian itu tidak ada koordinasi dengan Camat dan jika itu tidak sesuai ya kita akan Anulir, karena jika tidak ada Koordinasi berarti itu tidak pas. Terkait sanksi, kita lebih dulu ke pembinaan, karena di Perbub kan tidak mengatur sanksi”,terangnya.

Reporter : Iyan
Editor : Red

Facebook Comments

Categories
Apa Kabar Lampung

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: