Connect with us

Apa Kabar Lampung

Gubernur Lampung Minta Program CSR Berkelanjutan dan Terintegrasi

Avatar

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo meminta program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dapat bermanfaat maksimal bagi masyarakat.

Menurut Gubernur, program CSR merupakan komitmen berkelanjutan dunia usaha untuk memberikan kontribusi guna memberdayakan masyarakat.

“Sehingga, dapat tercapai sinergisitas dengan program pembangunan daerah dan memberikan fasilitasi kepada dunia usaha untuk menyalurkan program CSR,” kata Gubernur melalui Pj. Sekretaris Daerah, Hamartoni Ahadis, pada Lampung Sustainability Award (LSA) 2018, di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Jumat (7/12/2018) malam.

Wujud pemanfaatan program CSR itu, adalah sinkronisasi dan peningkatan kerja sama pembangunan daerah dan dunia usaha. “Kalangan dunia usaha di Provinsi Lampung baik BUMN/BUMD maupun sektor swasta berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui program CSR.

Kemanfaatan program CSR pada gilirannya akan menjamin kelancaran seluruh proses atau aktivitas produksi dan pemasaran hasil produksi perusahaan,” kata Hamartoni.

Selain itu, jika program CSR benar-benar dijalankan secara efektif, dapat memperkuat atau meningkatkan akumulasi modal sosial dan mengurangi potensi konflik.

“Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada perusahaan baik swasta maupun BUMN/BUMD di Provinsi Lampung yang mengalokasikan program CSR dan bersinergi dengan program pembangunan,” ujar Hamartoni.

Dia menjelaskan CSR yang dilakukan perusahaan bermanfaat untuk pembangunan.

“Sebagai bentuk apresiasi, Pemprov Lampung mulai 2016 hingga menginjak tahun ketiga selalu memberikan penghargaan ke perusahaan yang melaksanakan CSR secara kontinu dan berlanjutkan,” kata dia.

Pada 2018, penganugerahan LSA 2018 mengambil tema terkait bidang lingkungan hidup dengan tim penilai dari akademisi, praktisi CSR, dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung.

“Masuknya CSR sebagai penerapan konsep pembangunan berkelanjutan ke dalam praktek perusahaan akan membawa berkah perubahan. Tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi pemangku kepentingan dan lingkungan,” ujar Hamartoni.

Pada bagian lain, Ketua Umum Forum CSR Lampung, Saptarini mengatakan LSA 2018 merupakan transformasi Lampung CSR Award (LCA). “LCA berlangsung dua tahun berturut-turut dan di tahun ketiga ini menjadi LSA. Transformasi ini bukan hanya sekedar memperluas kelibatan dan kepedulian daripada pelaksana sustainability,” ujar Saptarini.

Di dua penyelenggaraan sebelumnya, hanya perusahaan besar yang masuk penghargaan tersebut. Tahun ini ada keterlibatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Pembangunan keberlanjutan itu juga perlu keterlibatan UMKM. Saat bertemu rekan-rekan UKM, mereka menceritakan proses bisnisnya. Ternyata tanpa disadari itu adalah praktek keberlanjutan. Bagaimana mereka menerapkan prinsip ramah lingkungan dalam proses produksinya,” kata Saptarini yang juga Kepala Pusat Studi CSR Universitas Bandar Lampung (UBL) itu.

Selain itu, di tahun ketiga ini ada pemenambahan terhadap badan publik sebagai pendorong utama praktek keberlanjutan. “Tahun ini Bank Indonesia, Kantor Pelayanan Pajak, BPJS Kesehatan dapat penghargaan khusus,” ujar Saptarini.

Saptarini menjelaskan dari tahun ke tahun jumlah peserta Lampung CSR Award menjadi LSA bertambah. “Begitu juga dari sisi program ada peningkatan. Tahun ini total mencapai 654 program. Sebagian besar program sosial, lingkungan, dan infrastruktur. Pada tahun awal dari 479 program kemudian di tahun kedua menjadi 512 program. Dari angka itu kami mengapresiasi pertumbuhan perusahaan di Lampung,” kata Saptarini.

Pada LSA 2018 kategori Lingkungan, pemenang penghargaan diberikan kepada PT Tirta Investama Plant Tanggamus, Grand Elty, dan KPH Batu Tegi. Lalu, kategori sosial pemenang penghargaan diberikan kepada PLN Distribusi Lampung, PT United Tractors dan Bank Indonesia Perwakilan Lampung. Selanjutnya, kategori ekonomi, pemenang penghargaan diberikan kepada Telkom Witel Lampung, PT Bukit Asam, dan PT Santosa Agrindo.

Ada juga pemenang pada kategori sustainability development, yakni PT Nestle Indonesia Panjang, PT Great Giant Food, dan Coca Cola Amatil Indonesia. Kemudian, peraih penghargaan kategori media yang diraih Lampungpro.com, Lampung Post, Radar Lampung, dan Tegar TV. (Humas Prov Lampung)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Safari Ramadhan Anggota Dewan Lampung Titip Pesan Untuk Rido Ficardo

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo berpesan kepada seluruh anggota DPRD Provinsi Lampung untuk terus berkarya membangun dan menyokong perkembangan serta kemajuan Provinsi Lampung.

Hal tersebut diutarakan Gubernur pada acara Kunjungan Silaturahmi Safari Ramadhan yang diselenggarakan di Gedung DPRD Provinsi Lampung, Selasa (21/05/19).

“Saya sebagai Gubernur dan didukung oleh anggota DPRD merupakan bagian dari Pemerintahan Daerah. Oleh karena itu saya minta dan berharap kepada kita semua untuk terus berkarya. Jangan tanya sudah berapa lama kita menjabat, melainkan untuk bertanya sudah berapa banyak kita bekerja untuk pembangunan dan kemajuan Provinsi Lampung sampai saat ini dan yang akan datang,” ujar Ridho.

Ridho menyampaikan usulan dan konsep untuk mengembangkan Kawasan Industri Register 1 Lampung Selatan telah disetujui dan masuk dalam Program Strategis Nasional.

“Jadi sekitar 4500 hektare di wilayah Lampung Selatan nanti akan menjadi Kawasan Industri. Bisa dibayangkan seperti wilayah Jababeka, Cikarang dan sebagainya akan ada dan dibangun di Provinsi Lampung,” ujar Ridho.

Menurut Gubernur Ridho, hal itu akan menjadi pilar pembangunan di Provinsi Lampung yang mendatangkan investasi puluhan triliun. “Juga akan membuka puluhan ribu lapangan kerja, itu sangat luar biasa,” kata Ridho.

Gubernur Ridho juga mengutarakan kebanggaannya atas segala prestasi yang telah didapat Provinsi Lampung di Tahun 2019 sebagai hasil kerjasama yang baik dengan Anggota DPRD Provinsi Lampung.

“Saya sangat bersyukur dan sangat meyakini bahwa tidak ada satupun janji politik pada tahun 2014 lalu yang sampai hari ini tidak tuntas. Justru hal yang tidak pernah saya janjikan bisa berjalan bahkan terwujud,” katanya.

Hasil kerjasama dan diskusi Gubernur Ridho bersama teman-teman anggota dewan juga membuat Lampung makin maju.

“Saya berpikir sebagian besar kita di tahun 2014 lalu tidak pernah berpikir bahwa Lampung akan semakin maju seperti ini. Sehingga jangan pernah lupa bahwa kita merupakan bagian dari keberhasilan ini.

Tanpa dukungan, bantuan, diskusi serta persetujuan dari teman-teman dewan semuanya mungkin Lampung tidak akan seperti ini,” kata Ridho, yang meyakini kerjasama dengan anggota Dewan menyumbang kemajuan bagi Provinsi Lampung.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal berterimakasih atas terjalinnya kerjasama yang baik antara Gubernur Lampung beserta seluruh Forkopimda Provinsi Lampung dalam menyokong perkembangan dan pertumbuhan Provinsi Lampung.

“Saya ucapkan terimakasih atas dukungan Forkopimda dan seluruh masyarakat Lampung. Mudah-mudahan ke depan hubungan bisa berjalan lebih baik dan lebih kompak dalam menyelesaikan persoalan dan permasalahan demi terciptanya kemajuan dan perkembangan di Provinsi Lampung,” harap Dedi. (Humas Prov Lampung)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Walikota Metro Lantik 5 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Zuli Ardiansyah Zuli

Published

on

METRO   :   Walikota Metro Achmad Pairin melantik 5 pejabat pimpinan tinggi pratama, di Aula Pemkot setempat, Kamis (16/5). Pelantikan dilakukan setelah proses lelang terbuka jabatan yang diikuti 41 peserta berasal dari Kota Metro dan kabupaten lainnya di Lampung. Seleksi dilakukan untuk memperebutkan 6 jabatan eselon II. Satu diantaranya Staf Ahli

Kelima pejabat yang dilantik tersebut: Kepala Dinas Sosial yang dijabat oleh mantan Kabag Umum Setda Kota Metro Suwandi. Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian dijabat oleh Siti Aisyah mantan sekretarisnya. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata dijabat Tri Hendriyanto, mantan sekretaris dan Kepala Dinas Perhubungan dijabat oleh Zulkifli mantan sekretaris Badan Keuangan Daerah. Kemudian Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan dijabat Heri Wiratno, mantan Kabid Pangan. Sedangkan untuk jabatan Staf Ahli Bidang III belun dilakukan pelantikan mengingat pejabat lama yakni Agustine masih menunggu masa pensiun pada Agustus mendatang.

Selain melantik 5 pejabat tinggi pratama yang mengikuti lelang terbuka, Walikota juga melantik Direktur UPTD RSUAY dr. Trestyawaty, S.Pog, dan Wakil Direktur UPTD RSUAY dr. Fitria Agustina.

Dalam sambutannya Walikota mengatakan, pelantikan 5 pejabat tersebut sudah melalui tahapan oleh panitia seleksi (Pansel). Ini dilakukan untuk mengisi jabatan yang lowong.

“Kepada pejabat yang baru dilantik saya ucapkan selamat. Saya minta segera menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat bekerja yang baru, dan melaksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Pairin meminta kepada para pejabat yang baru dilantik untuk senantiasa menjaga kekompakan dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin serta komitmen terhadap berbagaintugas dan tanggungjawab.

“Kepada pejabat yang baru dilantik memang ketentuannya 2,5 tahun baru bisa digantikan. Namun jika pejabat tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik maka akan dievaluasi,” tukasnya. Wali juga meminta pejabat yang baru untuk mensukurinya dan senantiasa berfikir positif..

Dikatakanya, dalam melaksanakan tugas kedepan akan semakin berat, disamping pengawasan juga makin ketat. Sementara masyarakat menuntut menginginkan pelayanan yang cepat, tepat dan transparan. Untuk itu maka diperlukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. Lalu beruasaha memahami dan menguasai berbagai permasalahan tugas, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela.

“Saya yakin dan percaya jika hal ini dapat dilakukan, maka saudara mampu menjawab persoalan dan tantangan yang ada, secara lebih terencana, tepat dan terarah,” tandas Walikota A.Pairin.

Reporter : Zuli

Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Gubernur Ridho Ajak Semua Pihak Rajut Persaudaraan dan Persatuan

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengajak semua pihak kembali merajut persatuan dan kesatuan bangsa dengan meningkatkan persaudaraan dan gotong royong dalam momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2019.

Hal itu diungkapkam Gubernur usai menjadi Inspektur Upacara Harkitnas, di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Senin (20/5/19).

Menurut Gubernur, semua pihak diharapkan menyamakan gerak langkah dan memperkuat persaudaraan dan gotong royong untuk bersama-sama membangun negeri dan mensejahterakan rakyat Indonesia dalam situasi persaingan global.

“Setiap Harkitnas kita maknai bahwa bangsa kita berada di tengah-tengah kancah pertarungan antar bangsa, maka kita tidak boleh lengah dan harus tetap menjadi bagian dari pemenang,” ujar Ridho.

Sedangkan saat menjadi Inspektur Upacara dalam upacara peringatan Harkitnas ke-111 yang mengusung tema “Bangkit Untuk Bersatu” tersebut, Gubernur Ridho membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara.

“Saya haturkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global,” ujar Gubernur Ridho membacakan sambutan Menteri Rudiantara.

Gubernur Ridho menjelaskan dan menuturkan rasa syukurnya atas telah berjalannya Pilpres dan Pileg yang berlangsung dengan lancar.

Kelancaran tersebut, ujar Gubernur, juga berkat pengorbanan banyak anak bangsa yang menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), bahkan berupa pengorbanan nyawa.

“Sambil mengirim doa bagi ketenangan jiwa para pahlawan demokrasi tersebut, alangkah eloknya jika kita wujudkan ucapan terima kasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang, dalam waktu yang tidak lama Iagi,” ujar Gubernur Ridho.

Terlebih lagi, lanjut Ridho, Harkitnas pada tahun ini berlangsung dalam suasana Bulan Ramadhan yang dapat menuntun umat muslim khususnya untuk menjaga kedamaian dan menghindari perpecahan dan penyebaran fitnah.

Diharapkan hingga sampai pada perayaan Hari Raya Idul Fitri dapat menciptakan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri bersama.

“Semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu”. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” papar Ridho.

Upacara Harkitnas berlangsung khidmat dengan diikuti oleh ratusan peserta upacara yang terdiri dari PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, TNI/Polri, dan seluruh Forkopimda se-Provinsi Lampung.
(Humas Prov Lampung)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: