Connect with us

Apa Kabar Lampung

Gubernur Lampung Minta Program CSR Berkelanjutan dan Terintegrasi

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo meminta program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dapat bermanfaat maksimal bagi masyarakat.

Menurut Gubernur, program CSR merupakan komitmen berkelanjutan dunia usaha untuk memberikan kontribusi guna memberdayakan masyarakat.

“Sehingga, dapat tercapai sinergisitas dengan program pembangunan daerah dan memberikan fasilitasi kepada dunia usaha untuk menyalurkan program CSR,” kata Gubernur melalui Pj. Sekretaris Daerah, Hamartoni Ahadis, pada Lampung Sustainability Award (LSA) 2018, di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Jumat (7/12/2018) malam.

Wujud pemanfaatan program CSR itu, adalah sinkronisasi dan peningkatan kerja sama pembangunan daerah dan dunia usaha. “Kalangan dunia usaha di Provinsi Lampung baik BUMN/BUMD maupun sektor swasta berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui program CSR.

Kemanfaatan program CSR pada gilirannya akan menjamin kelancaran seluruh proses atau aktivitas produksi dan pemasaran hasil produksi perusahaan,” kata Hamartoni.

Selain itu, jika program CSR benar-benar dijalankan secara efektif, dapat memperkuat atau meningkatkan akumulasi modal sosial dan mengurangi potensi konflik.

“Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada perusahaan baik swasta maupun BUMN/BUMD di Provinsi Lampung yang mengalokasikan program CSR dan bersinergi dengan program pembangunan,” ujar Hamartoni.

Dia menjelaskan CSR yang dilakukan perusahaan bermanfaat untuk pembangunan.

“Sebagai bentuk apresiasi, Pemprov Lampung mulai 2016 hingga menginjak tahun ketiga selalu memberikan penghargaan ke perusahaan yang melaksanakan CSR secara kontinu dan berlanjutkan,” kata dia.

Pada 2018, penganugerahan LSA 2018 mengambil tema terkait bidang lingkungan hidup dengan tim penilai dari akademisi, praktisi CSR, dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung.

“Masuknya CSR sebagai penerapan konsep pembangunan berkelanjutan ke dalam praktek perusahaan akan membawa berkah perubahan. Tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi pemangku kepentingan dan lingkungan,” ujar Hamartoni.

Pada bagian lain, Ketua Umum Forum CSR Lampung, Saptarini mengatakan LSA 2018 merupakan transformasi Lampung CSR Award (LCA). “LCA berlangsung dua tahun berturut-turut dan di tahun ketiga ini menjadi LSA. Transformasi ini bukan hanya sekedar memperluas kelibatan dan kepedulian daripada pelaksana sustainability,” ujar Saptarini.

Di dua penyelenggaraan sebelumnya, hanya perusahaan besar yang masuk penghargaan tersebut. Tahun ini ada keterlibatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Pembangunan keberlanjutan itu juga perlu keterlibatan UMKM. Saat bertemu rekan-rekan UKM, mereka menceritakan proses bisnisnya. Ternyata tanpa disadari itu adalah praktek keberlanjutan. Bagaimana mereka menerapkan prinsip ramah lingkungan dalam proses produksinya,” kata Saptarini yang juga Kepala Pusat Studi CSR Universitas Bandar Lampung (UBL) itu.

Selain itu, di tahun ketiga ini ada pemenambahan terhadap badan publik sebagai pendorong utama praktek keberlanjutan. “Tahun ini Bank Indonesia, Kantor Pelayanan Pajak, BPJS Kesehatan dapat penghargaan khusus,” ujar Saptarini.

Saptarini menjelaskan dari tahun ke tahun jumlah peserta Lampung CSR Award menjadi LSA bertambah. “Begitu juga dari sisi program ada peningkatan. Tahun ini total mencapai 654 program. Sebagian besar program sosial, lingkungan, dan infrastruktur. Pada tahun awal dari 479 program kemudian di tahun kedua menjadi 512 program. Dari angka itu kami mengapresiasi pertumbuhan perusahaan di Lampung,” kata Saptarini.

Pada LSA 2018 kategori Lingkungan, pemenang penghargaan diberikan kepada PT Tirta Investama Plant Tanggamus, Grand Elty, dan KPH Batu Tegi. Lalu, kategori sosial pemenang penghargaan diberikan kepada PLN Distribusi Lampung, PT United Tractors dan Bank Indonesia Perwakilan Lampung. Selanjutnya, kategori ekonomi, pemenang penghargaan diberikan kepada Telkom Witel Lampung, PT Bukit Asam, dan PT Santosa Agrindo.

Ada juga pemenang pada kategori sustainability development, yakni PT Nestle Indonesia Panjang, PT Great Giant Food, dan Coca Cola Amatil Indonesia. Kemudian, peraih penghargaan kategori media yang diraih Lampungpro.com, Lampung Post, Radar Lampung, dan Tegar TV. (Humas Prov Lampung)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lamsel Gelar Sosialisasi Pilpres dan Pileg

Redaksi LT

Published

on

Lampung Selatan, newskabarindonesia.com : Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) presiden dan legislatif yang serentak dilaksanakan pada 17 April mendatang kepada pemilih pemula.

Acara yang diselengarakan di Aula Sebesi, Gedung PKK Lampung Selatan, Senin (18/2/2019), diikuti 213 peserta yang terdiri dari SMA/sederajat dan mahasiswa diseputaran Kecamatan Kalianda.

Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Priyanto Putro yang membuka kegiatan itu sangat menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya sosialisasi tersebut.

Dia berharap, melalui acara itu akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pemilih pemula tentang pelaksanaan dan proses Pemilu.

“Kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk memberikan informasi, pemahaman, dan wawasan tentang bagaimana tata cara menggunakan hak pilih pada Pemilu mendatang,” ujar Priyanto saat memberikan sambutan dalam acara itu.

Selain itu, kata Priyanto, kegiatan itu juga bertujuan untuk memberikan pendidikan politik kepada pemilih pemula. Dengan harapan, mereka bisa ikut mensosialisasikan tentang pentingnya menyalurkan hak pilih pada pelaksanaan Pemilu mendatang.

“Kepada peserta, ikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Mudah-mudahan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Lampung Selatan dapat berjalan baik dan lancar,” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemkab Lampung Selatan, M. Darmawan sebagai pelaksana kegiatan itu mengatakan, selain untuk mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, acara itu juga bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi pemilih pemula dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Harapannya mereka (pemilih pemula) bisa menyalurkan hak pilihnya, sehingga angka partispasi Pemilu meningkat di tahun 2019,” pungkasnya. (Imron/Red)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Musrenbang 2019, Peningkatan Pelayanan Publik Wajib Dilaksanakan

Redaksi LT

Published

on

LAMPUNG BARAT : Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus mengatakan, peningkatan pelayanan publik wajib dilaksanakan. Hal tersebut disampaikan orang nomor satu di kabupaten berjuluk Beguai Jejama pada musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Lumbok Seminung di Pekon Lumbok Selatan dan Kecamatan Sukau di Pekon Teba Pering digelar, Senin (18/2/2019).

Bupati mengatakan bahwa pemerintah kecamatan dan pekon wajib mengedepankan peningkatan pelayanan publik (Public Service) yang berorientasi pada kualitas, hasil dan dampak dari kegiatan yang direncanakan serta lebih responsif terhadap aspirasi yang berkembang di masyarakat terutama yang menyangkut kepentingan masyarakat secara umum,” harapnya.

Terakhir, ia mengatakan agar ego-sektoral dalam pelaksanaan pembangunan semakin mengecil dan masing-masing memainkan peran, fungsi dan tanggungjawabnya, Sehingga dengan forum ini akan benar-benar tersaring program-program, aspirasi dan harapan yang menyentuh langsung dan dapat dirasakan oleh masyarakat yang ada di kecamatan ini, tutupnya.

Reporter : WO
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Parosil Hadiri Musrenbang di Sukai Dan Lumbok Seminung

Redaksi LT

Published

on

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus Menghadiri dan membuka secara langsung Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Lumbok Seminung di Pekon Lombok Selatan dan Kecamatan Sukau di Pekon Buay Nyerupa Senin, (18/02/2018)

Selain Bupati, Hadir dalam Musrenbang tersebut diantaranya Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Anggota DPRD, Kepala OPD, Camat, Peratin se-Kecamatan Lumbok Seminung dan Sukai, serta Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Masyarakat setempat.

Dalam Musrenbang ini juga dilakukan penyerahan ADD dan ADP, Penyerahan Kartu KIS, dan Penyerahan Sertifikat Tanah Melalui Program Pensertifikatan Tanah Sistem Lengkap (PTSL) yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Lambar.

Selanjutnya, Bahwa sesuai dengan arahan Bupati, tempat Musrenbang di prioritaskan di pekon-pekon dan tidak hanya difokuskan di Kantor Kecamatan saja, hal tersebut diutarakan bupati dengan tujuan agar dapat memberi keakraban kepada seluruh peserta Musrenbang sehinga muncul ide dan gagasan baru yang inovatif, serta kedepan program yang dilakukan tepat sasaran dan selaras sesuai dengan RPJMD Kabupaten Lampung Barat.

Kemudian, terkait dengan infrastruktur dan pariwisata yang ada di Kecamatan Lumbok Seminung Bupati meminta kepada Peratin agar dapat berkolaborasi dan diskusi mengenai pemberdayaan produktivitas yang ada di masing-masing pekon. “infrastruktur, pariwisata, dari ikan dan tanaman terutama buah alvokad nya harus ada perhatian dari peratinnya, dengan cara kolaborasi dan diskusi agar dapat membuka usaha mandiri dalam pemberdayaan produktifitas milik pekon,” Terang Bupati,

Bupati juga menekankan bahwa dalam forum Musrenbang tersebut bertujuan untuk merencanakan kebijakan dalam proses percepatan pembangunan dan mensinergikan serta mengintegrasikan sesuai dengan program Bupati menjadikan Kabupaten Lampung Barat Hebat dan Sejahtera. “acara ini bukan hanya sekedar seremonial biasa, mengumpulkan orang untuk ramai-ramai. namun forum ini untuk merencanakan kebijakan dalam proses percepatan pembangunan,” ungkapnya.

Terakhir, Bupati menyampaikan dan berharap kepada Peratin “selaku pengguna Anggaran Dana Desa (ADD) untuk melibatkan perangkat dan kelembagaannya dari Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Serta Masyarakat untuk Partisipatif dalam rangka pembangunan,” Tutupnya.
Reporter : WO
Editor : Red

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: