Connect with us

Apa Kabar Lampung

Gubernur Ridho Minta ASN di Lingkungan Pemprov Profesional

Avatar

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menjadi ASN yang profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Hal itu ditegaskan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis saat menjadi inspektur upacara mingguan di Lingkungan Pemprov Lampung, di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Senin (7/1/2019).

“ASN yang profesional diyakini dapat memberikan sumbangsih yang besar terhadap kinerja pembangunan daerah dalam rangka meningkatkan daya saing, perluasan kesempatan kerja, meningkatkan mutu pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Hamartoni.

ASN tidak hanya sebagai pelayanan publik, tetapi juga pelaksana kebijakan publik dan perekat persatuan bangsa. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Hamartoni melanjutkan terdapat beberapa prinsip ASN sebagai sebuah profesi, antara Iain memiliki kompetensi baik teknis, menejerial, dan sosial kultural, memiliki nilai dasar dan memiliki kode etik.

“Sejalan dengan kompetensi dimaksud, maka UU Nomor.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, mengisyaratkan tambahan kompetensi yang wajib dimiliki ASN, yaitu kompetensi pemerintahan. Ke empat kompetensi inilah, yang akan dijadikan sebagai dasar pengangkatan ASN dalam jabatan, baik jabatan fungsional, jabatan administrasi dan jabatan pimpinan,” katanya.

Ia kembali menegaskan agar ASN profesional dan memiliki kompetensi sesuai jabatan yang diamanahkan, maka setiap ASN memiliki hak untuk mengembangkan kompetensinya minimal 20 jam pelajaran setiap tahunnya.

Apalagi saat ini, jumlah PNS di jajaran Pemprov Lampung Iebih dari 16.000 sehingga diperlukan 320.000 jam pelajaran sebagai bentuk pemenuhan hak ASN.
“Sesuai ketentuan pasal 70 UU Nomor 5 Tahun 2014, maka pemenuhan hak ASN merupakan tanggungjawab kepala OPD sesuai dengan struktur anggaran dan tentu diselaraskan dengan prioritas kebijakan pembangunan daerah,” ujarnya.

Sejauh ini, ada beberapa arahan Gubernur Lampung dalam upaya melakukan pembinaan sumber daya aparatur di Provinsi Lampung. Arahan tersebut yakni aparatur harus mampu mempertahankan asas profesionalitas dan netralitas, sehingga betul-betul memenuhi kebutuhan pemerintah masa mendatang dan mampu mengembangkan persaingan dengan sumber daya manusia, baik swasta, nasional maupun global.

Selain itu, aparatur juga harus mampu membangun sinergitas antar pelaku pembangunan untuk meningkatkan kinerja dan mutu pelayanan publik yang ada melalui peningkatan kompetensi ASN.

“Setiap OPD wajib memenuhi hak ASN untuk mengembangkan kompetensinya yang pelaksanaannya dikoordinasikan kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Lampung terkait kebutuhan Diklat berbasis kompetensi, sasaran kompetensi pembelajaran, dan evaluasi penyelenggaraannya,” ujarnya.

Hamartoni juga menyampaikan Pemprov Lampung melalui BPSDMD, berkewajiban untuk mengkoordinasikan perumusan kebutuhan diklatnya melalui analisis kebutuhan diklat (AKD) berbasis kompetensi melalui pengujian kompetensi, menetapkan kebijakan pelaksanaan pelatihan, workshop, pembelajaran jarak jauh dan e-learning.

“Saya berharap, BPSDMD Provinsi Lampung segera menggagas penyelenggaraan pengembangan kompetensi PNS melalui e learning di Provinsi Lampung. Dalam upaya meningkatkan kompetensi PNS, dan bagian penting program Lampung Kompeten guna mendukung terwujudnya Provinsi Lampung yang maju, unggul, sejahtera dan berdaya saing,” katanya.(Humas Prov Lampung)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesiar Hadiri Peringatan Hari Adhyaksa Ke 59

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat ; Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H di dampingi oleh wakil bupati pesisir barat Menghadiri acara hari bakti adhyaksa ke 59, di kantor Kajari liwa, kelurahan way mengaku Kecamatan Balik Bukit, Senin (22/7).

Mengawali sambutannya Bupati Pesisir Barat menyampaikan selamat hari bakti adhyaksa ke – 59 semoga kedepannya adhyaksa menjadi lebih baik dan menjadi panutan bagi seluruh instansi serta seluruh lapisan masyarakat.

Lanjut Agus Istiqlal, Beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas undangannya semoga kita yang hadir disini diberi kesehatan dan umur yang panjang sehingga kita semua dapat menjalankan tugas kita sebagai pelayan,penganyom masyarakat dan abdi negara dapat berjalan sebagaimana mestinya “harap agus istiqlal”

Kemudian agus istiqlal menceritakan pada saat beliau masih aktif di kejaksaan agung Republik Indonesia sebagi Kasubdit TUT dan HAM Berat JAMPITSUS
beliau berbagi pengalaman kerja dan kiat – kiat dalam menghadapi persoalan -persoalan yang tengah dihadapi. bukan maksud beliau untuk pamer kekuasaan akan tetapi sebagai senior agus istiqlal mempunyai kewajiban untuk berbagi pengalaman dengan harapan junior-juniornya bisa berperan aktif lagi dan selalu semangat dalam menghadapi permasalah yang ada terutama yang berurusan terhadap pelayanan masyarakat tentang hukum, agar dalam pelaksanaan tugas selalu bisa berbuat jujur dan adil yang tidak merugikan sepihak “tutup agus istiqlal”

acara tersebut dihadir oleh kajari liwa, bupati lampung barat, kapolres lampung barat,ketua pengadilan lampung barat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Bupati Pesibar Hadiri Paripurna KUA-PPAS RAPBD-P 2019

Redaksi LT

Published

on

Pesisir barat – Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H Menghadiri cara rapat paripurna penyampaian nota pengantar KUA-PPAS RAPBD-P kabupaten pesisir barat tahun anggaran 2019, di Gedung Dharma Wanita, kecamatan pesisir tengah, Senin (22/7).

Dalam sambutannya Bupati Pesisir Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota dewan yang terhomat atas sinergitas yang terjalin antara DPRD kabupaten pesisir barat dengan pemerintah kabupaten pesisir barat.

Selanjutnya berdasarkan pada dasar kebijakan perubahan apbd tahun anggaran 2019 tersebut di atas, untuk target dan sasaran makro daerah pada tahun 2019 tidak mengalami perubahan, yaitu :
1. pertumbuhan ekonomi tumbuh sebesar 5,3-5,4%;
2. tingkat inflasi stabil pada angka 3,5-4%;
3. tingkat kemiskinan ditargetkan sebesar 14,45%;
4. indeks pembangunan manusia diproyeksikan sebesar 63,83 poin;
5. perkembangan indeks gini sebesar 0,29 poin;
6. tingkat pengangguran terbuka berada pada 1,71%;
7. pendapatan perkapita masyarakat pada angka 20.275 (dalam miliar rupiah).

berdasarkan pada uraian rencana perubahan pendapatan daerah dan perubahan belanja daerah , pada kebijakan umum perubahan dan ppas perubahan apbd tahun anggaran 2019 yang memproyeksikan target pendapatan daerah sebesar 841 milyar 859 juta rupiah sekian dan target belanja daerah sebesar 896 milyar 799 juta rupiah sekian menyebabkan perhitungan perubahan apbd tahun anggaran 2019 mengalami defisit sebesar 54 milyar 940 juta rupiah sekian, namun demikian defisit tersebut akan ditutup melalui surplus pembiayaan netto daerah dengan angka yang sama, sehingga perubahan apbd tahun anggaran 2019 akan mengalami anggaran seimbang pada angka 896 milyar 799 juta 550 ribu 772 rupiah 95 sen.
, “Pungkas bupati”.

Turut hadir Ketua DPRD, Wakil Ketua l DPRD, Plh.sekda edy mukhtar, dan 13 Anggota DPRD, Pabung, seluruh Kepala OPD dan camat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

TMMD 2019 Pengerjaan Fisik di Batunangkop Mencapai 40 Persen Lebih

Redaksi LT

Published

on

Lampung Utara : Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter)

Kodim 0412/LU, Kapten Inf Harpian Sari menyampaikan bahwa pengerjaan pembangunan fisik dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 di Desa Batunangkop, Kecamatan Sungkai Tengah, sudah mencapai 40 persen.

Pembangunan fisik ini meliputi jalan baru, gorong-gorong, rehabilitasi sarana ibadah, dan saluran drainase.

“ (Pengerjaannya) Ya sudah mencapai‎ lebih dari 40 persen,” katanya, Senin (22/7/2019).

Jelas Harpian, pembangunan fisik yang pengerjaannya telah mencapai 40 persen itu, yakni pembangunan jalan baru sepanjang 2,2 KM dengan lebar 6 meter (41 %), Pemasangan keramik dan Pengecatan gereja GKSBS (40 %), Pembuatan MCK dan tempat wudhu masjid Mambaul Huda ukuran 4 x 5 M (45%), Rehab masjid Al-Istiqomah ukuran 10 x 12 M (44%)‎,

‎Selain itu, terus dia, masih ada pembangunan box culvert (gorong-gorong) berukuran 2 x 6 M (36%), ‎pembangunan gorong-gorong Buis Beton 7 unit (38%), ‎pembangunan talud sepanjang 80 M (10%), Cor plat Ukuran 1×6 (10%).

“ Para prajurit TNI dan pihak lainnya terus bahu-membahu untuk segera menyelesaikannya,” ujarnya.

Menurut Harpian, TMMD 105 melibatkan prajurit TNI dari tiga Matra (AD, AL dan AU) , Polri, Pemerintah, dan masyarakat sekitar.

” Total yang terlibat mencapai 235 orang. 124 prajurit TNI AD, AL dan AU, 10 anggota Polri, 16 orang unsur Pemerintah, dan 85 warga sekitar.

Antusiasme warga cukup tinggi dan semangat gotong royongnya luar biasa, dan ini membuat kami (TNI) bangga,” tukasnya.

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: