Apa Kabar Lampung

Gagal Ginjal dan Neoplasma Ganas Payudara Dua Penyakit Yang Harus Diwaspadai

"Metro, Lampung Tengah dan Lampung Timur Mendominasi"

METRO : Penyakit Gagal Ginjal menempati urutan tetinggi pada rawat jalan di RSU A.Yani Metro. Gagal Ginjal di rumah sakit tersebut mencapai 6463 pasien.

Sementara penyakit Neoplasma Ganas Payudara merupakanm penyakit tertinggi pada rawat inap di RSU A.Yani Metro dengan jumlah pasien mencapai 827 orang.

Kedua penyakit tersebut merupakan penyakit terbanyak yang mengidap warga Metro, juga termasuk Lamtim dam Lamteng.

Untuk penyakit tertinggi pada rawat jalan kedua di rumah sakit itu adalah penyakit Neoplasma Ganas Payudara dengan jumlah pasien mencapai 1764 orang.

Sedangkan penyakit tertinggi ketiga adalah Skizofrenia atau penyakit jiwa dengan jumlah pasien sebanyak 1372 orang.

Direktur RSU A.yani Metro drg Erla Andrianti mengatakan selama kurun Januari—Oktober 2018 jumlah pasien yang datang ke rumah sakit, untuk rawat jalan penyakit tertingginya adalah penyakit Gagal Ginjal. Kedua, Neoplasma Ganas Payudara, dan ketiga Skizofrenia penyakit jiwa.

Sementara untuk pasien rawat inap tertingginya adalah Neoplasma Ganas Payudara, kedua Gagal Ginjal dan urutan ketiganya adalah Stroke.

Untuk keseluruhan pasien yang datang kerumah sakit selama kurun Januari—Oktober jumlah pasiennya untuk rawat jalan sebanyak 86509 dan rawat inap sebanyak 15519 pasien.

“Perharinya rata-rata pasien yang datang berobat mencapai 300 pasien untuk rawat jalan, dan 51 pasien untuk rawat inap,”ucapnya, di ruang kerjanya, Jumat (11/1).

Menurutnya pasien yang datang berobat bukan saja warga Kota Metro, tetapi juga banyak yang datang dari kabupaten tetangga, seperti Lamtim dan Lamteng, bahkan juga ada yang dari Tulangbawang, Lamsel dan Pesawaran.

Dikatakannya, untuk ruang rawat inap ada 11 ruangan yang terisi sebanyak 253 tempat tidur. Kini sudah ditambah lagi VIP sebanyak 12 kamar ruangan.

Reporter : Zuli
Editor : Red

Facebook Comments

Categories
Apa Kabar LampungMetro

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: