Connect with us

Apa Kabar Lampung

Menteri Pariwisata Puji Langkah Cepat Gubernur Ridho Pulihkan Pariwisata Lampung Pasca Tsunami

Avatar

Published

on

SERANG, BANTEN : Menteri Pariwisata Arif Yahya memuji reaksi cepat Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dalam memulihkan pariwisata Lampung pasca musibah tsunami Selat Sunda yang terjadi 22 Desember 2019 lalu.

Gubernur Ridho sengaja diundang oleh pihak Kementerian Pariwisata dalam Rakor Pemulihan Sektor Pariwisata Pasca Tsunami Selat Sunda di Marbella Convention Hotel Anyer, Serang, Banten, Jum’at, (11/01/2019).

“Kami menggunakan strategi BAS (Branding, Advertising, dan Selling. Di antaranya melakukan Branding #ExcitingBanten #TheTreasureOfSUmatra, Advertising di seluruh platform media serta merchandise. Tidak semua area Banten dan Lampung terdampak. Selling di event pariwisata, famtrip, dan roadshow penjualan pariwisata, dan hal itu sudah lebih dahulu dilakukan oleh Gubernur Lampung,” puji Menteri Arief Yahya disela acara Rakor.

Menurut Gubernur Ridho dalam rapat tersebut, musibah Tsunami Selat Sunda selain menelan korban jiwa, harta benda juga berdampak pada sejumlah destinasi wisata Lampung.

Informasi Erupsi Anak Gunung Krakatau, potensi Gempa tektonik atau gempa vulkanik yang memicu terjadinya gelombang tinggi, membuat para wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara khawatir. Hal inilah yang memicu menurunnya animo pengunjung datang ke Lampung.

Untuk itu Gubernur Ridho melakukan sejumlah langkah. Selain melakukan Evakuasi, Rehabilitasi bagi korban tsunami, 2 pekan pasca musibah tersebut, Gubernur melakukan langkah cepat memulihkan sektor pariwisata.

Kampanye Pariwisata Lampung dengan hashtag #LampungItuKerreen dan penyelenggaraan Lampung Great Sale dengan menerapkan Penawaran Paket Wisata Hot Deals bekerjasama dengan Hotel/Restoran, Travel Agent dan Maskapai Penerbangan untuk memberikan harga terbaik dengan tidak menurunkan kualitas pelayanan.

“Kami juga melakukan aksi bersih-bersih pantai, berkolaborasi dengan stakeholder pariwisata, media dan travel blogger guna membentuk image/citra pariwisata Lampung yang nyaman untuk berwisata,” ujar Ridho.

Selain itu, lanjut Gubernur, dilakukan Recovery Amenitas, Infrastruktur di daerah terdampak termasuk relaksasi sektor keuangan dan pembiayaan untuk Industri Pariwisata Menata sarana dan prasarana destinasi wisata yang terkena dampak tsunami.

“Penyediaan amenitas pariwisata pada Februari dan April 2019 melalui APBD Prov Lampung,” tutur Gubernur.

Sejauh ini, tercatat kebutuhan dukungan recovery amenitas destinasi wisata di Lampung Selatan sebesar Rp7,95 miliar, Kebutuhan kapal wisata/nelayan, PLTS di Legundi, Pesawaran Rp11,25 Miliar, Kebutuhan Kapal Wisata/Nelayan, bantuan recovery homestay, dan dermaga jeti di Kiluan sebesar Rp4 Miliar.

Selain itu, juga dilakukan pelatihan kepada masyarakat di sekitar destinasi untuk meningkatkan kapasitas SDM. Bimtek pengelola homestay, Bimtek pengembangan sadar wisata dan sapta pesona (bulan Maret 2019), Pelatihan Chef (dengan Stakeholder).

Asdep PSDMHAL Kemenpar memberikan dukungan Trauma Healing berupa Gerakan Sadar Wisata, Peningkatan Kapasitas Usaha Masyarakat, dan Sertifikasi Kepemanduan Wisata dan Tour Leader Umroh sebesar Rp 1,071 Miliar.

Untuk menjadikan Kawasan Pesisir Rajabasa menjadi Kawasan Pariwisata dan Zona Hijau dibutuhkan dukungan kajian/masterplan kawasan wisata dan zona hijau pesisir Rajabasa, yang dilengkapi dengan mitigasi bencana.

Gubernur Ridho juga memaparkan Provinsi Lampung terus mengoptimalkan promosi pariwisata dengan memperkuat branding pariwisata Lampung melalui media massa, media sosial.

Salah satunya menyampaikan bahwa Pariwisata Lampung bukan hanya laut, tapi juga terdapat wisata alam lainnya berupa pegunungan, Taman Hutan Raya, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Taman Nasional Way Kambas, wisata man made seperti lembah hijau serta wisata budaya dan kerajinan.

Pemprov Lampung juga menggandeng GenPi, Travel Blogger, dan stakeholder untuk lebih mempromosikan pariwisata Lampung melalui media sosial.

Juga menyelenggarakan event Tourism Sales Mission di beberapa kota sesuai dengan target pasar dan menyelenggarakan Famtrip bekerjasama dengan ASITA, serta mengundang travel agent dari Sumsel, Yogyakarta dan Jabar Keikutsertaaan Provinsi Lampung dalam Indonesia Fashion Week 2019. Ini bekerjasama dengan Dekranasda Provinsi dan Dekranasda Kabupaten/Kota.

Acara lainnya Event Lampung Night di Jakarta dalam rangka mempromosikan ekonomi kreatif dan pariwisata Lampung. Lalu Mengadakan kegiatan festival musik di destinasi wisata.

Sementara itu, dalam rakor tersebut, Menteri Pariwisata menyampaikan pihaknya bersama stakeholder pariwisata menyiapkan sejumlah rencana aksi untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata di kedua daerah tersebut.

Rencana aksi akan difokuskan untuk pemulihan sumber daya manusia (SDM) dan kelembagaan kepariwisataan, strategi promosi destinasi pariwisata yang tidak terkena dampak, serta pemulihan destinasi pariwisata yang terdampak.

Arief Yahya menjelaskan, di antara rencana aksi pemulihan akibat tsunami Selat Sunda itu, perlu ada relaksasi bagi industri pariwisata.

Kementerian Pariwisata telah mengusulkan kepada Otoritas Jasa Keuanangan (OJK) dan pihak terkait untuk memberi relaksasi di bidang keuangan termasuk cicilan ke bank. Dalam masa recovery Kemenpar menyiapkan 23 kegiatan yang berlangsung di dalam negeri dan mancanegara (20 kegiatan di Tanah Air dan 3 kegiatan di Malaysia).

“Kita menyiapkan sejumlah aksi dalam mendukung strategi promosi destinasi pariwisata yang tidak terkena dampak tsunami Selat Sunda yang terbagi dalam 23 kegiatan,” ujarnya.

Pada pemulihan destinasi yang tidak terdampak di Banten dan Lampung Selatan tersebut diupayakan dilakukan penumbuhan kepercayaan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) untuk berkunjung ke pesisir Pantai Selat Sunda. (Humas Prov Lampung)

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Bupati Istiqlal Kembali Ingatkan Tugas Pol. PP dan Pemadam Kebakaran

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Pesisir Barat DR.Drs. Agus Istiqlal.SH.,MH menyampaikan bahwa sebagaimana amanat undang – undang nomor 23 tahun 2014 bahwa polisi pamong praja dan pemadam kebakaran adalah unsur pemerintah daerah yang wajib melaksanakan pelayanan dasar di bidang ketentraman ketertiban umum dan perlindunga masyarakat. Hal ini tertuang pada pasal 12 huruf e nomor 23 tahun 2014 yang cakupannya meliputi tugas pokok dan fungsi satuan polisi pamong praja, badan nasional penanggulangan bencana daerah (BNPBD) dan pemadam kebakaran Selasa (19/03/2019)

Bupati mengingatkan kembali kepada saudara sekalian bahwa tugas saudara adalah melaksanakan tugas – tugas yang sangat penting karena mengemban tugas pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan dan pengamanan serta penyelamatan baik jiwa maupun harta benda yang berada di wilayah kabupaten pesisir barat.

Selanjutnya Bupati Menyampaikan 3 unsur pokok yang harus dilaksanakan Satuan Polisi Pamong Praja yaitu: tugas menjaga ketentraman dan ketertiban, memberikan bimbingan teknis dan operasional terhadap anggota linmas yang bukan saja untuk pelaksanaan pam pemilu namun lebih dari itu untuk menjaga keamanan dan ketertiban dari wilayah pekon sampai pada wilayah kabupaten, melaksanakan penegakan perda dan perkada yang esensinya untuk menjaga kewibawaan pemerintah, demi kepentingan umum dan keamanan aset-aset negara yang ada di pesisir barat.” tutur agus”

Bupati tekankan kepada anggota pemadam kebakaran agar dalam pelaksanaan tugas menanggulangi bencana kebakaran agar terus berupaya semaksimal mungkin untuk menekan resiko yang akan berdampak pada korban jiwa dan harta benda bagi si penderita musibah oleh sebab itu dalam melaksanakan tugas harus senantiasa memperhatikan standar operasional dan prosedur yang sudah ditetapkan,” “Pungkas Bupati.”

Turut Hadir Kasat Pol.pp dan Damkar, Inspektur, Kabag Hukum dan seluruh pegawai di Badan Pol.PP dan Damkar.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pemkab Pesibar Gelar Sosialisasi Pengisian SPT Tahunan E-Filing

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Bupati Pesisir Barat Dr.Agus Istiqlal,SH.,MH yang diwakili oleh Asisten II Syamsu hilal S.Sos bidang perekonomian, pembangunan dan kehumasan membuka acara sosialisasi pengisian spt tahunan e-filing di lingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat di OR.Cukuh tangkil pada selasa (19/03/2019).

Dalam sambutan kepala kp2kp liwa petrus suwardi menyampaikan bendahara mempunya kewajiban untuk menyampaikan bukti foto e biling spt tahunan asn , karna bukti foto e biling tersebut merupakan bahan laporan asn dalam membuat laporan spt tahunan. Sedangkan Jangka waktu pelaksanaan laporan spt tahunan seorang asn paling lambat dilakukan per tanggal 31 maret setiap tahunnya.

sebagai gambaran data yang kami peroleh dari pemerintah kabupaten pesisir barat berjumlah 1.983 ASN sebagian besar punya npwp kode kota bumi, tetapi ada juga npwp diluar npwp kode kota bumi contohnya kota bandar lampung atau yang lainnya.

Bupati pesisir barat yang dalam hal ini diwakili oleh asisten II Syamsu hilal,S.Sos menyampaikan, atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten pesisir barat mengucapkan terimakasih kepada kantor pelayanan pajak atas informasi dan bimbingan terhadap e-filling, hal ini bisa menjadi tambahan pengetahuan dalam melakukan penyampaian spt secara eletronik.

Masih kata syamsu hilal, sebagaimana surat edaran terbaru dari menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi selanjutnya birokrasi nomor 8 tahun 2015 bahwa setiap wajib pajak, sebagaimana khusunya aparatur sipil negara (asn) wajib menyampaikan spt melalui media internet dengan system e-filing. ” Pungkasnya ”

Syamsu hilal mengatakan sudah sepatutnya kita sadari bersama, bahwa salah satu pilar kehidupan bernegara adalah partisipasi warga negara dalam menunjang pembiayaan bernegara itu sendiri, dalam hal ini adalah perpajakan nasional. serta pada perkembangannya pajak telah mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan idealnya apbn atau apbd sepenuhnya dapat kita biayai dari penerimaan sektor perpajakan, dan sekarang peranan perpajakan nasional terhadap apbn kurang lebih 80%, peranan pajak yang semakin besar tersebut.

seperti dalam struktur apbd kabupaten pesisir barat bantuan dana dari pemerintah pusat masih cukup besar dan sumber utama penerimaan negara tersebut, adalah dari pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai dan pajak bumi dan bangunan yang saudara-saudara bayarkan selama ini. “kata as II”

untuk itu, pemerintah kabupaten pesisir barat mengharapkan partisipasi aktif kepada seluruh masyarakat, selaku warga negara yang baik untuk taat pada kewajibannya membayar pajak, baik secara pribadi, maupun pimpinan serta seluruh jajaran pemerintah di daerah.diharapkan juga kepada seluruh aparatur sipil negara (asn) yang ada dikabupaten pesisir barat untuk dapat menjadi motor penggerak didalam peningkatan kepatuhan pemegang wajib pajak dalam menyampaikan dan mengisi spt tersebut.

Asisten II berpesan kepada peserta sosialisasi pengisian spt tahunan untuk bisa memanfa’atkan kesempatan ini dengan baik dan ikutilah soslialisasi dengan sungguh – sungguh dan penuh tanggungjawab. ” pungkasnya ”

Turut hadir dalam acara tersebut kepala badan bapenda Drs.Gunawan M.Si, seluruh pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator dilingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat,para narasumber, camat se-kabupaten pesisir barat dan para peserta sosialisasi.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Kecamatan Bengkunat Juara Umum MTQ Ke VI Pesisir Barat

Redaksi LT

Published

on

Pesisir Barat : Penutupan MTQ ke VI tingkat Kabupaten Pesisir Barat yang dilaksanakan di lapangan merdeka Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah pada Senin, 17 Maret 2019 sekitar Pukul 21.30 wib resmi di tutup.

Acar diawali dengan sambutan ketua LPTQ Pesisir Barat Ir.N.Lingga kusuma. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mensuksekan acara MTQ ini yang telah dimulai pada tanggal 13 s.d 18 maret 2019.

Acara dilanjutkan dengan mengumumkan para juara MTQ ke VI tingkat Kabupaten Pesisir Barat dan Juara Umum diraih oleh Kecamatan Bangkunat dengan nilai 60, juara 2 Kecamatan Pesisir Tengah dengan nilai 38, juara 3 kecamatan pesisir selatan dengan nilai 37, Juara harapan 1 kecamatan pesisir utara dengan nilai 33, juara harapan 2 kecamatan lemong dengan nilai 32, juara harapan 3 kecamatan karya penggawa dengan nilai 29.

Selanjutnya sambutan Bupati DR.Drs.Agus Tiqlal,SH.MH. yang disampaikan oleh wakil Bupati Pesisir Barat ERLINA,SP.MH. Dalam sambutannya, Erlina menyampaikan permohonan ma’af bapak bupati atas ketidakhadiran beliau karna beliau masih ada keperluan yang mendesak .tentunya, beliau ingin sekali bersama – sama dengan kita untuk mengikuti penutupan MTQ pada malam hari ini.

Selanjutnya saya berharap kepada semua pihak yang hadir pada malam hari ini mari kita semua bersama – sama bersinergi untuk bersungguh-sungguh meningkatkan kualitas proses pembelajaran Al-qur’an sehingga cita-cita kita semua untuk menjadikan kabupaten pesisir barat yang religius, maju dan makmur akan bisa kita raih.

Erlina juga mengatakan bahwa, sebagaimana diketahui bersama bahwa ajang perlombaan MTQ ini merupakan salah satu wahana untuk menumbuhkan kembangkan semangat bagi kita semua dalam membaca dan mempelajari al-qur’an. Sehingga nantinya, al-qur’an benar – benar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globalisasi pada saat ini.

Maka dari itu, diharapkan kepada semua generasi muda yang merupakan generasi penerus perjuangan bangsa mampu dan bisa membaca serta mempelajari ayat -ayat suci alqur’an, untuk itu diharapakan peran dari semua pihak untuk bisa mengarahkan atau mendidik generasi muda kita supaya selalu berpedoman dan mengamalkan isi kandungan dari ayat – ayat al qur’an tersebut. tentunya peran orang tualah yang paling utama yang harus mampu memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anaknya, terutama pendidikan budi pekerti dan akhlaktulkarimah serta pendidikan agama, agar mereka tumbuh dan berkembang sebagai generasi yang tangguh dan teguh imannya.

Kemudian, Sejalan dengan untuk pencapaian hal – hal tersebut tentunya terdapat banyak tantangan karena setiap saat anak-anak dan pemuda kita, bahkan kita semua banyak dipengaruhi oleh tv dan internet yang menawarkan berbagai acara dan program yang menarik, namun justru disinilah letak kejelian dan kearifan kita untuk dapat mengatur keseimbangan waktu bagi anak-anak dan remaja sebagai generasi penerus bangsa untuk diarahkan kepada nilai-nilai moral dan budi pekerti termasuk memupuk kebiasaan mereka untuk gemar membaca dan memahami isi kandungan dalam Al-qur’an. “pungkasnya”

Wakil bupati mengharapkan setelah dilaksanaknnya mtq ke-6 ini, agar dapat dijadikan acuan bagi panita penyelenggara untuk pelaksanaan lomba – lomba mtq di masa – masa yang akan datang. Erlina juga berpesan terhadap peserta yang meraih juara/ kemenangan pada malam hari ini, agar kedepannya nanti dapat lebih meningkatkan lagi kemampuan dan prestasinya, karena inyaallah dalam waktu dekat bagi peserta yang mendapat juara pada malamnharibini akan melanjutkan perjuangannya untuk mewakili kabupaten pesisir barat pada mtq ke-47 tingkat provinsi lampung tahun 2019, kemudian bagi yang belum bisa meraih juara atau kemengan janganlah berkecil hati, tingkatkan lagi cara belajarmu untuk meraih asa dimasa yang akan datang. Akan tetapi yang terpenting dalam acara ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran kita semua bahwa betapa penting kita untuk bisa memahami dan memaknai isi al qur’an dalam menjalankan kehidupan sehari -hari .

Selanjutnya sebelum menutup acara tersebut Erlina juga mengajak semua pihak untuk menjadikan momentum mtq ke-6 ini menjadi era kebangkitan generasi qur’ani di bumi para sai batin dan para ulama kabupaten pesisir barat.” jelas erlina ”

Turut hadir PJ.Sekda Ir.Lingga Kusuma, Asisten bidang ekonomi pembangunan dan kehumasan, Asisten Bidang Administrasi Umum, seluruh Para OPD, Danramil pesisir tengah, kapolsek pesisir tengah, camat, masyarakat setempat.

Reporter : Indra
Editor : Red

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: