Connect with us

Advetorial

Sekwan DPRD Lamteng : Sekertariat Punya Peran Penting Terkait Kinerja Dewan

Avatar

Published

on

Lampung Tengah : Fungsi Sekretariat DPRD mempunyai posisi penting dalam menunjang kinerja wakil rakyat, mulai dari perencanaan, proses administrasi, pengaturan, persiapan, sampai dengan pelaksanaan seluruh agenda kegiatan anggota DPRD.

Termasuk, terbitnya Peraturan Daerah (Perda) tidak terlepas dari fungsi Sekretariat DPRD. Dalam proses pembuatan draft Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), Sekretariat DPRD sebagai fasilitator hingga pada penganggaran dan penyusunan naskah.

Hal itu dikemukakan Sekretaris DPRD Lampung Tengah Drs.Syamsi Roli,M.M, Sekretariat DPRD mendukung tugas Legislatif dalam mencapai keberhasilan serta capaian kinerja DPRD, untuk kepentingan masyarakat dan memajukan Daerah.

Sekretariat DPRD sebagai bagian dari sistem pendukung kinerja DPRD UKabupaten/Kota sesuai dengan Pasal 420 Undang-Undang Pemerintahan Daerah.

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan wewenang dan tugas DPRD Lampung Tengah, dibentuk Sekretariat DPRD, susunan organisasi dan tata kerjanya ditetapkan dengan Peraturan Daerah sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan.

“Sekretariat DPRD Lampung Tengah dipimpin Sekretaris DPRD yang diangkat dan diberhentikan dengan keputusan Bupati atas persetujuan Pimpinan DPRD. Sekretaris DPRD dan pegawai Sekretariat DPRD Lampung Tengah berasal dari pegawai negeri sipil.” Terang Syamsi.

Sesuai peraturan perundang-undangan, Sekretariat Dewan sebagai pendukung, fasilitator berbagai kebutuhan DPRD, baik dalam teknis penyusunan Perda, maupun dalam berbagai hal yang harus dikomunikasikan diantara dua institusi penyelenggara Pemerintahan di Daerah (DPRD dan Pemda) yang berpartner dalam membangun Daerah.

Mantan Kabag Humas Pemkab Lampung Tengah ini menambahkan, Sekwan memiliki tugas melakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi seluruh penyelenggaraan tugas, menyusun rencana, mengolah, menelaah dan menyiapkan koordinasi perumusan kebijakan pimpinan DPRD.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah sebagai payung hukum Sekretariat DPRD kabupaten/kota menyebutkan, Sekretariat DPRD adalah sebagai Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), yaitu unsur pembantu Kepala Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Selain itu, lanjut Syamsi Roli, sesuai dengan Pasal 11 menyebutkan, Sekretariat DPRD merupakan unsur pelayanan terhadap DPRD.

Sekretariat DPRD mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi kesekretariatan, administrasi keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, dan menyediakan serta mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Kemudian, UU Nomor 17 tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, memasukkan Sekretariat DPRD menjadi bagian dari sistem pendukung atau subsistem dalam keutuhan sistem kinerja organisasi DPRD.

“Artinya, kinerja sekretariat dewan terintegrasi dengan wakil rakyat,” imbuhnya.

Sekretariat DPRD harus dapat melaksanakan tugas-tugas sebagaimana yang telah diamanahkan UU Nomor 32 tahun 2004, UU Nomor 27 tahun 2009 yang dijabarkan lebih konkrit ke dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2012.

“Mampu mengelola seluruh sumber daya yang dimiliki dalam rangka menunjang fungsi DPRD di bidang legislasi, anggaran dan pengawasan secara efektif, effisien dan ekonomis dan transparan dalam proses penyelenggaraan administrasi serta pengelolaan keuangan DPRD dengan mempertanggung jawabkan semua pelaksanaan kegiatan dan pengelolaan keuangan serta pengelolaan barang” Tegas Syamsi.

Menurut Syamsi, sejauh ini beberapa kalangan dinilai tidak terlalu memahami keberadaan dan fungsi Sekretariat DPRD. Padahal Sekretariat DPRD memiliki tugas berat dalam memberikan pelayanan untuk menunjang tugas dan fungsi DPRD.

“Memberikan fasilitasi kepada pimpinan dan anggota DPRD, meliputi, kegiatan tata usaha (umum), rapat dan risalah, hukum dan perundang-undangan serta kegiatan humas dan publikasi,” Pungkas Syamsi Roli. ( ADV ).

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advetorial

HUT Ke-78 Lampura, Semoga Membawa Kearah Yang Lebih Baik

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Hari jadi Kabupaten Lampung Utara ke-78 Tahun jatuh tepat pada tanggal 15 Juni 2024 lalu. Lantaran, saat itu dalam masa cuti bersama Idul Adha, maka pelaksanaan Sidang Paripurna Istimewa HUT ke-78 Lampung Utara akhirnya dilakukan pada hari ini, Kamis (20/6/2024).

Dalam pelaksanaan Sidang Istimewa HUT Ke-78 ini, para pejabat pemerintahan hingga kalangan legislatif tentu diwajibkan memakai pakaian khas Lampung.

Dan tak ketinggalan, tamu khusus dalam perayaan kali ini, Pj. Gubernur Lampung, Samsudin yang diwakili Staf ahli Gubernur Lampung bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Ganjar Jationo turut hadir memeriahkan HUT Lampung Utara.

Ketua DPRD Lampung Utara, Wansori mengatakan dengan bertambahnya usia Lampung Utara hendaknya dapat menggelorakan semangat untuk membawa Lampung Utara ke arah yang lebih baik di masa mendatang.

“ Tentu, Lampung Utara harus lebih berkembang dan maju dari daerah lain,” Katanya.

Menurut Wansori, Lampung Utara jauh tertinggal di beberapa sektor dengan daerah lain.

” Untuk menuju ke arah yang lebih baik memang tidaklah mudah. Perlu kerja keras dan kesolidan dari semua pihak,” Ucapnya.

Pelaksana Harian (Plh) Penjabat (Pj) Bupati Lampung Utara, Lekok mengungkapkan, perayaan HUT ke-78 ini akan menjadi motivasi tambahan bagi mereka untuk lebih keras dalam bekerja dan melayani rakyat. Dengan demikian, kesejahteraan rakyat dan kemajuan Lampung Utara tak hanya akan menjadi cita-cita saja tanpa terlaksana.

“ Melalui semangat persatuan dan kesatuan ini, diharapkan dapat membawa Lampung Utara menuju kemajuan dan kesejahteraan yang lebih gemilang. Mari kita dukung dan doakan bersama agar Kabupaten Lampung Utara dapat terus berkembang dan menjadi daerah yang semakin maju, sejahtera, dan membanggakan,” Ucapnya penuh semangat.

Sementara, Staf ahli Gubernur Lampung bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Ganjar Jationo mengajak masyarakat Lampung Utara agar kegiatan bersejarah ini diperingati setiap tahunnya sebagai penghargaan atas jasa pahlawan dan pemimpin terdahulu yang telah memajukan Lampung Utara.

Usai paripurna, acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng dan dilanjutkan makan bersama.

Continue Reading

Advetorial

LKPj Bupati Lampura 2023 Molor, Wakil Rakyat Soroti Pelantikan Kontroversial

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Ketua DPRD Lampung Utara, Wansori, memimpin jalannya Sidang Paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Lampung Utara Tahun 2023, Rabu (24/4/2024).

Sidang sempat molor sekitar dua jam dari jadwal yang telah ditentukan pukul 09.00 WIB. Penyebab molornya sidang lantaran jumlah anggota Dewan tidak mencapai kuorum. Sidang akhirnya dimulai sekitar pukul 11.00 WIB dengan dihadiri 18 Anggota Dewan.

Tampak hadir mewakili Pj. Bupati Lampung Utara, Aswarodi, Asisten II yang membidangi Ekonomi dan Pembangunan, Ahmad Alamsyah beserta para pejabat Pemerintahan Lampung Utara. Ikut hadir para Wakil Ketua DPRD Lampung Utara yang mendampingi Wansori memimpin sidang.

Dalam sidang, persoalan pelantikan atau rolling kontroversi yang dilakukan Bupati Lampung Utara, Budi Utomo dan Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra saat akhir masa jabatannya pada 22 Maret 2024 menjadi sorotan para Wakil Rakyat.

Salah satunya dari Partai Amanat Nasional, Netty Hastuti yang menegaskan bahwasannya pelantikan yang dilakukan saat akhir masa jabatan Bupati Lampung Utara, Budi Utomo dan Wakil Bupati, Ardian Saputra tidaklah sesuai aturan.

Setali tiga uang, Ketua DPRD Lampung Utara juga mendukung koleganya dan berjanji akan terus mengawasi persoalan pelantikan kontroversial ini.

” Semoga kebijakan kontroversial ini dapat diperbaiki dan kedepannya hal-hal yang melanggar aturan tidak terulang kembali di Pemerintahan selanjutnya,” Harapnya.

Gayungpun bersambut, Asisten II Lampung Utara, Ahmad Alamsya mengatakan akan menyampaiakan kepada Pj. Bupati Lampung Utara atas apa yang telah disampaikan para Wakil Rakyat dalam Sidang LKPj.

Continue Reading

Advetorial

Purna Tugas Bupati Dan Wabup Lampura, Ardian Dapat Do’a Khusus

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Suasana haru tak tersembunyikan saat rangkaian purna tugas Bupati Lampung Utara, Budi Utomo dan Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra periode 2019-2024 dihelat di Rumah Jabatan Bupati Lampung Utara, Minggu (24/3/2024).

Kegiatan ini juga di barengi dengan buka puasa bersama dengan insan pers, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan ormas. Turut juga hadir, Ketua DPRD Lampung Utara, Kapolres Lampung Utara, AKBP Teddy Rachesna, S.H., S.I.K.,MH yang berwakil. Dandim 0412. Letkol Inf Hery Eko Prabowo.Kajari Lampura Mohammad Farid Rumdana SH.,MH., Serta Ketua Pengadilan Negeri Kotabumi, Edwin Adrian,SH.,MH.

Begitu khidmatnya acara kali ini, saat lantunan ayat suci Al-Quran terdengar mengawali kegiatan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan tausiyah agama dan sambutan Bupati Lampung Utara, Budi Utomo.

Saat menyampaikan kata-katanya, Bupati Lampung Utara didampingi Wakil Bupatinya, Ardian Saputra, Budi Utomo menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Lampung Utara atas dukungan dan kerjasamanya selama empat tahun kepemimpinannya.

” Banyak capaian yang telah diraih selama kepemipinannya, diantaranya pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan pelayanan kesehatan,” Katanya.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekhilafan dalam memimpin. Manusia tak luput dari kesalahan dan kekurangan, dan manusia tak ada yang sempurna.

” Saya mohon maaf atas segala kekurangan dan khilaf selama saya memimpin Lampung Utara. Terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya selama ini. Saya berharap Lampung Utara akan terus maju dan berkembang di masa depan,” tambah Budi Utomo.

Sementara, mantan Wakil Bupati Lampung Utara periode 2009-2014, yang didapuk sebagai tokoh masyarakat, Rohimat Aslam menyampaiakan rasa terimakasih kepada Budi Utomo, SE.MM dan Hi.Ardian Syaputra.SH yang telah mengemban amanat sebagai Bupati dan Wakil Bupati periode 2019 – 2024 hingga akhir masa jabatan.

” Menyelesaikan tugas sampai akhir masa jabatan adalah suatu hal yang luar biasa,” Katanya.

Rohimat juga mendoakan Ardian Syaputra agar kedepan menjadi Bupati Lampung Utata.

” Semoga apa yang di cita-citakan Ardian untuk mencalonkan diri menjadi Bupati Lampung Utara akan dapat terkabul,” Do’a Rohimat.

Acara lalu dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara. Dimana, salah satunya yang paling menarik perhatian tamu undangan yang hadir, ketika perwakilan dari PWI Lampung Utara menyerahkan cinderamata berupa fhoto Budi Utomo beserta istri dan juga fhoto Ardian Saputra beserta istri yang telah dibingkai dengan nilai seni yang tinggi. Kemudian, kegiatan lainnya dilanjutkan dengan buka bersama dan salat Maghrib berjamaah.

Continue Reading

Trending