Connect with us

Advetorial

Dewan Lamteng Gelar Paripurna Dua Raperda

Avatar

Published

on

Lampung Tengah : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Tengah menggelar Sidang Paripurna Pengesahan Dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lampung Tengah Nomor 06 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Kampung dan Raperda tentang Penataan Kampung, di gedung DPRD setempat, Rabu 06 Juni 2018.

Dipimpin Ketua DPRD Lamteng, Achmad Junaedi Sunardi, Sidang Paripurna tersebut juga dihadiri oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto, serta jajaran Forkompinda, dan 39 dari 50 anggota DPRD Lamteng.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Lamteng menyampaikan ucapkan terima kasih, kepada seluruh jajaran DPRD Kabupaten Lamteng, terkhusus kepada Badan Pembentukan Perda (Bapemperda), yang telah membahas Raperda usulan Pemkab Lamteng, dan juga kepada masing-masing fraksi yang telah menyampaikan pandangan umum terhadap Raperda tersebut.

“Sehubungan dengan ke dua Raperda tersebut, secara garis besar kami sampaikan hal -hal sebagai berikut, terhadap Raperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 06 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Kampung sebagai tindaklanjut Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 128/PUU-XlIl/2015 tanggal 2 Agustus 2016 tentang Pembatalan Pasal 33 huruf g dan Pasal 50 ayat (1) huruf 0 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 20l4 tentang Desa, yaitu penghapusan persyaratan calon kepala kampung dan perangkat kampung tentang domisili calon di kampung setempat paling kurang satu (1) tahun sebelum pendaftaran”, papar Loekman Djoyosoemarto.

 

 

Raperda tersebut, lanjut Loekman Djoyosoemarto, nantinya akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pemilihan kepala kampung ke depan. Dan semua warga negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia, dapat mencalonkan diri sebagai kepala kampung di manapun, termasuk di Kabupaten Lampung Tengah.

“Dengan adanya penambahan pasal- pasal terkait kepala kampung terpilih yang terkena masalah hukum sebelum pelantikan, ini akan menambah jelas bagaimana langkah-langkah yang diambil Pemerintah Daerah seandainya terjadi kepala kampung terpilih terkena masalah hukum sebelum pelantikan”, terangnya.

Lanjutnya, terkait Raperda tentang Penataan Kampung, Raperda tersebut sebagai pengganti Perda Nomor 16 Tahun 2006 tentang Pembentukan, Penghapusan, Penggabungan Kampung dan Perubahan Status Kampung menjadi Kelurahan. “Perda tersebut disesuaikan dengan peraturan baru yaitu Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa beserta petunjuk umumnya”, jelas Loekman Djoyosoemarto.

“Raperda Penataan Kampung ini diharapkan ke depan merupakan pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam melakukan Parama Kampung, yaitu berupa Pembentukan, Penghapusan, Perubahan Status dan Penetapan Kampung berdasarkan hasil evaluasi perkembangan kampung dengan tetap memperhatikan kearifan lokal kampung”. ( ADV ).

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advetorial

Ny. Novianti Novriwan Kukuhkan Pengurs Dharma Wanita Persatuan Tubaba 2021-2024

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang Barat : Pengukuhan Pengurus Dharma Wanita Persatuan, Unsur Pelaksana Badan/ Dinas/ Kantor dan Kecamatan Kabupaten Tulang Bawang Barat masa bhakti 2021 – 2024. oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tulang Bawang Barat Ny. Novianti Novriwan. Di Aula Sekretariat Pemkab setempat, Kamis (08/04).

Hadir acara tersebut.Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tulang Bawang Barat Ny Devi Fauzi Hasan, Pengurus DWP Kabupaten Tulang Bawang Barat, Pengurus DWP OPD dan Kecamatan se- Kabupaten Tulang Bawang Barat dan anggota.

Dalam sambutan nya Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tulang Bawang Barat Ny. Novianti Novriwan mengatakan.Kepada semua pengurus yang hari ini telah di kukuhkan agar dapat melahirkan ide-ide terbaik untuk berkreasi, berinovasi dan bekerja dengan sunguh-sunguh melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan AD/ART dan amanat organisasi.

“Serta bersinergi dengan berbagai pihak dan pemerintah daerah untuk mendukung pembangunan di Tubaba tercinta dengan semangat kebersamaan, nilai nilai dasar Nenemo (nemen, nedes, nerimo) dan prinsip sederhana, setara dan Lestari”kata nya

Ny. Novianti Novriwan menjelaskan Organisasi Dharma Wanita Persatuan mempunyai tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggotanya untuk mendukung tujuan nasional berdasarkan pancasila dan Undang-undang dasar 1945.

“Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan penguatan organisasi baik internal maupun external sesuai dengan AD/ART organisasi, selanjutnya merancang rencana-rencana strategis dan program kerja proritas secara komprehensif, berkesinambungan, terukur, operasional dan tepat sasaran”.tutup nya(ADVETORIAL/Jonsi Putra).

Continue Reading

Advetorial

TP. PKK Gelar Lima Lomba Mengisi Pembangunan Di Tubaba

Redaksi LT

Published

on

Tulang bawang barat-Dalam rangka memperingati HUT Ke-12 Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Peringatan Hari Kartini, TP PKK Kabupaten Telah mengadakan perlombaan yang terdiri dari.

Yang pertama Lomba Tiyuh Bersih dan Sehat, dengan peserta berjumlah 103 Tiyuh dari 9 Kecamatan.

Yang kedua Lomba Pelaksanaan UP2K, dengan peserta 18 Tiyuh dari 9 Kecamatan Tubaba

Yang ke tiga.Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), dengan peserta 18 Tiyuh dari 9 Kecamatan Tubaba.

Yang ke empat. Lomba Hatinya PKK, dengan peserta 18 Tiyuh dari 9 Kecamatan dan yang ke lima Lomba Wanita Inspiratif, dengan peserta 9 orang dari 9 kecamatan di lingkup Tubaba.

hadiri acara tersebut Ketua TP PKK, Wakil Ketua I TP PKK, Wakil Ketua II TP PKK, Camat se- Kabupaten Tulang Bawang Barat, TP PKK Kecamatan dan Tiyuh se- Kabupaten setempat.senin 06/04/21

Dalam sambutan Ketua TP.PKK Kabupaten Tubaba Hj. Cornelia Umar mengatakan.Tujuan di adakannya lomba lomba PKK tersebut, untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan para kader PKK dalam menjalankan 10 Program Pokok PKK serta tanggung jawab kader PKK dalam turut mengisi Pembangunan di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

“Pengumumam hari ini .Tiyuh Indraloka I Kecamatan Way Kenanga sebagai pemenang juara I Lomba Tiyuh Bersih dan Sehat, Tiyuh Lesung Bakti Jaya Kecamatan Lambu Kibang sebagai juara II, Tiyuh Mercu Buana Kecamatan Way Kenanga sebagai juara III”kata nya

Lanjut Hj.Cornelia Umar.selanjut nya pengumuman untuk pemenang lomba Pelaksanaan UP2K.

“Tiyuh Marga Jaya Kecamatan Gunung Agung sebagai pemenang juara I Lomba Pelaksanaan UP2K, Tiyuh Marga Kencana Kecamatan Tulang Bawang Udik sebagai juara II, Tiyuh Indraloka II Kecamatan Way Kenanga sebagai juara III.

dan selanjut nya .Tiyuh Murni Jaya Kecamatan Tumijajar sebagai juara I Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Tiyuh Indraloka I Kecamatan Way Kenanga sebagai juara II, Tiyuh Terang Mulya Kecamatan Gunung Terang sebagai juara III.

Tiyuh Kibang Yekti Jaya Kecamatan Lambu Kibang sebagai juara I Lomba HATINYA PKK, Tiyuh Marga Kencana Kecamatan Tulang Nawang Udik sebagai juara II, Tiyuh Mercu Buana Kecamatan Way Kenanga sebagai juara III”tutup nya.Advetorial.(ADVETORIAL/Jonsi Putra)

Continue Reading

Advetorial

Umar Ahmad Hadiri Paripurna HUT Tulangbawang Barat ke 12 Tahun

Redaksi LT

Published

on

TULANG BAWANG BARAT:Bupati Umar Ahmad,SP hadiri Sidang Paripurna DPRD Tubaba dalam rangka Hari Jadi (HUT) kabupaten tulang bawang barat yang ke 12.

Hadir paripurna Hut Tubaba ke 12. Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota DPRD Tulang Bawang Barat,Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Provinsi Lampung.Para Anggota Forkopimda Kabupaten Tulang Bawang Barat,Wakil Bupati Tulang Bawang Barat,Sekretaris Daerah Kabupaten Tubaba,Inspektur, Pejabat Tinggi Pratama, dan Pejabat Administrator di lingkup Pemerintah Kabupaten tubaba dan Camat se-Kabupaten Tulang Bawang Barat.(05/04/2021)

Dalam sambutan Bupati Tubaba Umar Ahmad,SP mengatakan.Hari ini kita mengucap syukur Kepada Allah SWT, atas segala izin-Nya, Kabupaten kita telah mencapai usia ke- 12 tahun. dengan demikian. Dari media sosial, Saya mengetahui bahwa ternyata masih banyak dari kita yang belum paham apa
perbedaan Tulang Bawang Barat dan Tubaba.

Seperti yang sering Saya sampaikan di berbagai kesempatan, Tubaba itu bukan lagi hanya sekedar singkatan dari Tulang Bawang Barat, tetapi Tubaba adalah sebuah masa depan yang ingin dicapai oleh Tulang Bawang Barat.

“Tubaba adalah sebuah tujuan pencapaian dari Kabupaten Tulang Bawang Barat yang maju.Kapan saatnya kita sudah sampai di Tubaba, Ketika kita semua warga Tubaba sudah memegang prinsip Nemen, Nedes, Neremo. Ketika kita semua sudah punya kepedulian terhadap kemajuan Tulang Bawang Barat di bidangnya masing-masing.

Seperti contoh nya. Ketika kita sudah tidak membuang sampah sembarangan. Ketika kita sudah menyambut para tamu dan wisatawan yang datang ke tempat ini dengan ramah dan senyum tulus. Ketika seluruh elemen masyarakat dan aparatur pemerintah telah sadar untuk bersama-sama bersinergi, demi mencapai cita-cita yang kita inginkan, di situlah Tubaba berada”.kata nya

Umar ahmad menjelaskan.Dua belas tahun Kabupaten tubaba berdiri, dari yang dulu sebuah daerah tanpa cerita, kini kita patut bangga bahwasan nya Tulang Bawang Barat telah menjadi sesuatu yang viral di jagat maya. Pembangunan fisik dan sumber daya manusia, terus kita lakukan demi kemajuan Tulang Bawang Barat.

“Saat ini Saya bisa pastikan kita belum sampai di Tubaba. Perjalanan kita masih panjang, Masih banyak kekurangan di sana-sini, Masih banyak bidang yang belum tersentuh secara utuh, Masih banyak pembangunan fisik
yang belum selesai, Masih banyak peningkatan sumber
daya manusia yang harus dilakukan Saat ini, kita masih dalam perjalanan Menuju Tubaba”ujar nya

Umar menambahkan.Dalam menuju Tubaba, kita butuh teman,Kita butuh
untuk dapat bekerjasama di dalam seluruh kesempatan. Saya menginginkan masing-masing dari kita, untuk ikut
menanam kebaikan di Tubaba.

“Saya yakin, kita punya porsi dan kemampuannya sendiri-sendiri dalam rangka memajukan Tulang Bawang Barat.Pada hari ini, kita patut mengucap syukur dengan segala pencapaian yang telah diraih oleh kita bersama,Tentunya kita tidak akan berhenti sampai di sini saja Kita bersama-sama berkomitmen untuk terus bersama meneruskan perjalanan Menuju Tubaba. ini demi kesejahteraan masyarakat di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai yang kita cintai ini ,Semoga Rahmat dan Hidayah-Nya selalu bersama kita semua. Demi Tubaba yang terdepan, optimis dan pasti maju”tutup nya. (ADVETORIAL/Jonsi).

Continue Reading

Trending