Connect with us

Advetorial

Dewan Lamteng Gelar Paripurna Dua Raperda

Published

on

Lampung Tengah : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Tengah menggelar Sidang Paripurna Pengesahan Dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lampung Tengah Nomor 06 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Kampung dan Raperda tentang Penataan Kampung, di gedung DPRD setempat, Rabu 06 Juni 2018.

Dipimpin Ketua DPRD Lamteng, Achmad Junaedi Sunardi, Sidang Paripurna tersebut juga dihadiri oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto, serta jajaran Forkompinda, dan 39 dari 50 anggota DPRD Lamteng.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Lamteng menyampaikan ucapkan terima kasih, kepada seluruh jajaran DPRD Kabupaten Lamteng, terkhusus kepada Badan Pembentukan Perda (Bapemperda), yang telah membahas Raperda usulan Pemkab Lamteng, dan juga kepada masing-masing fraksi yang telah menyampaikan pandangan umum terhadap Raperda tersebut.

“Sehubungan dengan ke dua Raperda tersebut, secara garis besar kami sampaikan hal -hal sebagai berikut, terhadap Raperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 06 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Kampung sebagai tindaklanjut Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 128/PUU-XlIl/2015 tanggal 2 Agustus 2016 tentang Pembatalan Pasal 33 huruf g dan Pasal 50 ayat (1) huruf 0 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 20l4 tentang Desa, yaitu penghapusan persyaratan calon kepala kampung dan perangkat kampung tentang domisili calon di kampung setempat paling kurang satu (1) tahun sebelum pendaftaran”, papar Loekman Djoyosoemarto.

 

 

Raperda tersebut, lanjut Loekman Djoyosoemarto, nantinya akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pemilihan kepala kampung ke depan. Dan semua warga negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia, dapat mencalonkan diri sebagai kepala kampung di manapun, termasuk di Kabupaten Lampung Tengah.

“Dengan adanya penambahan pasal- pasal terkait kepala kampung terpilih yang terkena masalah hukum sebelum pelantikan, ini akan menambah jelas bagaimana langkah-langkah yang diambil Pemerintah Daerah seandainya terjadi kepala kampung terpilih terkena masalah hukum sebelum pelantikan”, terangnya.

Lanjutnya, terkait Raperda tentang Penataan Kampung, Raperda tersebut sebagai pengganti Perda Nomor 16 Tahun 2006 tentang Pembentukan, Penghapusan, Penggabungan Kampung dan Perubahan Status Kampung menjadi Kelurahan. “Perda tersebut disesuaikan dengan peraturan baru yaitu Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa beserta petunjuk umumnya”, jelas Loekman Djoyosoemarto.

“Raperda Penataan Kampung ini diharapkan ke depan merupakan pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam melakukan Parama Kampung, yaitu berupa Pembentukan, Penghapusan, Perubahan Status dan Penetapan Kampung berdasarkan hasil evaluasi perkembangan kampung dengan tetap memperhatikan kearifan lokal kampung”. ( ADV ).

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advetorial

Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama R.I Kunjungi Tulangbawang Barat

Published

on

Tulang Bawang Barat :Bupati Ir.Hi.Umar Ahmad.,SP menyambut Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu Kementerian Agama R.I.Dr. Tri Handoko Seto, S.Si., M.Sc.di Aula Rapat Penginapan Griya Asri. Tiyuh/Desa Tirta Makmur. Selasa malam (30/11/2021)

Kedatangan Dirjen Bimas hindu ke Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam rangka kunjungan kerja yang bertujuan untuk lebih dekat dengan umat juga dapat berkoordinasi dengan Kepala Daerah.

Kemudian, Rabu pagi (01/12/2021) Kegiatan Kunjungan Kerja di lanjutkan dengan pertemuan umat Hindu yang berada di Pura Dharma Putera Tiyuh Murni Jaya Kecamatan Tumijajar. Dirjen Bimas Hindu dalam kunjungan di dampingi oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tulang Bawang Barat Dra. Bayana., M.Si

Hadir pada kegiatan tersebut, Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama R.I. Tri Handoko Seto, Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Tubaba Bayana, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Tubaba Efrizon, Camat Tumijajar Syahroni, Para Umat Hindu Tiyuh Murni Jaya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tulang Bawang Barat Dra. Bayana., M.Si menyampaikan rasa hormat dapat bersillaturahmi langsung dengan Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama R.I. dalam rangka kunjungan kerja dan pembinaan umat Hindu.

“Mengingat sudah 12 Tahun Kabupaten Tulang Bawang Barat (tubaba) berdiri, kita syukuri bahwa hubungan umat di tubaba dapat berjalan baik, saling menghormati dan saling menghargai antara umar satu dan yang lain nya,”kata nya

Bayana.,M.Si menjelaskan, salah satu program pembangunan Kabupaten Tubaba. di fokuskan pada sektor budaya yang berkaitan langsung dengan pariwisata yang mengedepankan adat dan budaya yang ada di Kabupaten Bumi Ragem Sai Mangi Wawai.

“Pemerintah Daerah kabupaten Tubaba Meminta. pada semua umat beragama di Tubaba dapat berpatisipasi penuh dalam upaya pencapaian pembangunan yang lebih baik lagi. Dengan keberhasilan pembangunan yang baik, maka akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di Tubaba,”ujar nya

Di tempat yang sama., Dirjen Bimas Hindu dalam kunjungan kerjanya mengajak., seluruh umat di Kabupaten Tubaba menjaga, memperkuat dan merawat budaya leluhur.sebagai umat yang beragama harus menjunjung tinggi budaya.

“kita semua harus memperkuat pemahaman agama nya, dengan begitu di harapkan akan semakin saling menghormati dan menghargai semua umat. Bukan hanya umat Hindu saja, tetapi terhadap semua umat yang ada di Tubaba,”tutup nya(Advetorial/jonsi putra)

Continue Reading

Advetorial

Wabup Tuba Barat Ikuti Vicon 50 Tahun Hut Korpri

Published

on

Tubaba – Wakil Bupati Tulang Bawang Barat (tubaba) Fauzi Hasan,.SE.MM mengikuti Virtual Conferen dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri yang ke 50 bersama Dewan Pengurus Nasional Korpri.Virtual Conferen tersebut Berlangsung di Sesat Agung, Kompleks Islamic Center Tubaba, Senin (29/11/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan.,SE.MM Sekretaris Daerah Tubaba Novriwan Jaya Asisten serta, Purna Bakti ASN Kabupaten Tulang Bawang Barat dan beberapa OPD setempat.

Kemudian acara dilanjutkan, dengan pemberian penghargaan kepada Purna Bakti ASN yang ada dilingkup Pemkab Tubaba. Dan juga dibarengi dengan donor darah yang dilakukan oleh beberapa perwakilan ASN dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Dharma Wanita setempat.

Ketua DPD Korpri Tubaba, Novriwan Jaya mengatakan, peringatan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelum nya, dikarenakan saat ini dalam masa Pandemi.

” Untuk itu, peringatan hari ini kita isi dengan kegiatan yang sifatnya berbuat untuk masyarakat, seperti pemberian cendramata kepada Purna bakti ASN.ini kita lakukan sebagai bentuk apresiasi kepada ASN yang telah purna bakti atas dedikasi dan pengabdiannya kepada Kabupaten Tubaba,”Kata nya

Novriwan berharap.kepada seluruh ASN di lingkup pemerintah kabupaten tubaba agar dapat bekerja sekuat tenaga, dan sepenuh hati serta sepenuh jiwa guna kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Tubaba.

“Sesuai dengan prinsip yang ditanamkan pak Bupati Ir., Hi.Umar Ahmad.,SP. yaitu Nemen, Nedes, Nerimo (Nenemo), guna mewujudkan Kabupaten Tubaba yang Terdepan, Optimis dan Pasti Maju (TOP),”ujar nya.

Di tempat yang sama dalam Sambutan Wakil Bupati Tubaba. mengucapkan Terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak/ibu yang telah mendedikasikan kerja dengan usianya untuk Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat.

“Semoga semua kerja keras bapak ibu yang di laksanakan menjadi bagian dari amal dan ibadah bapak ibu sekalian”kata nya

Tampak terlihat.acara tersebut dil anjutkan, dengan pemberian penghargaan kepada Purna Bakti ASN yang ada dilingkup Pemkab Tubaba. Dan juga dibarengi dengan donor darah yang dilakukan oleh beberapa perwakilan ASN dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Dharma Wanita setempat.

Diketahui, dalam pemberian cendramata itu terdapat 45 Purna ASN, yang terdiri dari 7 purna ASN eselon II, 16 eselon III dan 22 ASN golongan 1 dan 2.(Advetorial/jonsi putra)

Continue Reading

Advetorial

Kepala BNN Lampung Apresiasi Pembangunan Tulangbawang Barat

Published

on

Tulang Bawang Barat:Bupati tubaba Ir.Hi. Umar Ahmad.,SP menyambut kunjungan kerja Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung,Brigjen pol Drs.Edi Swasono,MM dan rombongan.

Kunjungan kerja Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Lampung ke kabupaten tulang bawang barat.berdasarkan surat keputusan menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/404/KT.01.2020,tanggal 9 April 2020,prihal tindak lanjut usulan pembentukan Badan Narkotika Nasional (BNNK)kabupaten/kota dan surat badan narkotika nasional kabupaten lampung timur selaku ketua rayon kabupaten tulang bawang barat Nomor B/233/VIII/ka/su.05/2021/BNNK/LTM tanggal 04 November 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung di Taman kebaikan kelurahan Panaragan Jaya,yang di hadiri Bupati tubaba Ir.Hi. Umar Ahmad.,SP Kapolres Tubaba,Forkompinda,seluruh Kepala OPD dan tamu undangan. Kamis (25-11-2021)

Dalam sambutan nya Bupati Ir.Hi.Umar Ahmad.,SP mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi lampung Brigjen pol Drs.Edi Swasono,MM beserta rombongan yang telah hadir di Kabupaten yang berjuluk Bumi Ragem Sai Mangi Wawai.

“Kita sangat menyambut baik Kehadiran kepala BNN provinsi lampung Brigjen pol Drs.Edi Swasono,MM di kabupaten tubaba. disaat ini kita untuk berbagi ilmu bagaimana cara untuk memberantas Jaringan Nakotika , karna bagi kami tubaba itu, bukan sekedar singkatan tetapi tubaba itu masa depan dari tulang bawang barat,maka dari itu kabupaten kita harus bersih dari narkotika”kata nya

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ir.Hi.Umar Ahmad.,SP menyerah kan tanah hibah seluas 3000 meter untuk kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) di Tubaba

“Hari ini kita serahkan tanah hibah seluas 3000 meter dengan harapan dapat meretas peredaran narkotika di Tubaba secara cepat”.ujar nya

Dalam kesempatan tersebut.Kepala Badan Narkotoka Nasional provinsi Lampung., Brigjen pol Drs.Edi Swasono,MM
sangat mengapresiasi pembangunan di tubaba Yang begitu Sangat pesat saat ini.

“Saya pernah berkunjung beberpa tahun yang lalu di tubaba sewaktu pak Bupati masih menjabat sebagai wakil Bupati. seperti tidak ada tanda kemajuan.tetapi sekarang alhamdulih sudah sangat luar biasa kemajuan dan pembangunan nya,”kata nya

Brigjen pol Drs.Edi Swasono,MM menjelaskan.Indonesia saat ini di katakan darurat narkoba. sehingga pemakai Narkoba adalah penyumbang terbesar kedua angka kematian di Indonesia,setelah kecelakaan lalu lintas.

“Dengan demikian marilah kita bersama sama memberantas jaringan narkotika yang telah merusak Generasi melenial khusus nya di kabupaten tubaba,”tutup nya .(Advetorial/jonsi putra)

Continue Reading

Trending