Connect with us

Advetorial

Dewan Lamteng Gelar Paripurna Dua Raperda

Published

on

Lampung Tengah : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Tengah menggelar Sidang Paripurna Pengesahan Dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lampung Tengah Nomor 06 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Kampung dan Raperda tentang Penataan Kampung, di gedung DPRD setempat, Rabu 06 Juni 2018.

Dipimpin Ketua DPRD Lamteng, Achmad Junaedi Sunardi, Sidang Paripurna tersebut juga dihadiri oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto, serta jajaran Forkompinda, dan 39 dari 50 anggota DPRD Lamteng.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Lamteng menyampaikan ucapkan terima kasih, kepada seluruh jajaran DPRD Kabupaten Lamteng, terkhusus kepada Badan Pembentukan Perda (Bapemperda), yang telah membahas Raperda usulan Pemkab Lamteng, dan juga kepada masing-masing fraksi yang telah menyampaikan pandangan umum terhadap Raperda tersebut.

“Sehubungan dengan ke dua Raperda tersebut, secara garis besar kami sampaikan hal -hal sebagai berikut, terhadap Raperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 06 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Kampung sebagai tindaklanjut Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 128/PUU-XlIl/2015 tanggal 2 Agustus 2016 tentang Pembatalan Pasal 33 huruf g dan Pasal 50 ayat (1) huruf 0 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 20l4 tentang Desa, yaitu penghapusan persyaratan calon kepala kampung dan perangkat kampung tentang domisili calon di kampung setempat paling kurang satu (1) tahun sebelum pendaftaran”, papar Loekman Djoyosoemarto.

 

 

Raperda tersebut, lanjut Loekman Djoyosoemarto, nantinya akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pemilihan kepala kampung ke depan. Dan semua warga negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia, dapat mencalonkan diri sebagai kepala kampung di manapun, termasuk di Kabupaten Lampung Tengah.

“Dengan adanya penambahan pasal- pasal terkait kepala kampung terpilih yang terkena masalah hukum sebelum pelantikan, ini akan menambah jelas bagaimana langkah-langkah yang diambil Pemerintah Daerah seandainya terjadi kepala kampung terpilih terkena masalah hukum sebelum pelantikan”, terangnya.

Lanjutnya, terkait Raperda tentang Penataan Kampung, Raperda tersebut sebagai pengganti Perda Nomor 16 Tahun 2006 tentang Pembentukan, Penghapusan, Penggabungan Kampung dan Perubahan Status Kampung menjadi Kelurahan. “Perda tersebut disesuaikan dengan peraturan baru yaitu Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa beserta petunjuk umumnya”, jelas Loekman Djoyosoemarto.

“Raperda Penataan Kampung ini diharapkan ke depan merupakan pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam melakukan Parama Kampung, yaitu berupa Pembentukan, Penghapusan, Perubahan Status dan Penetapan Kampung berdasarkan hasil evaluasi perkembangan kampung dengan tetap memperhatikan kearifan lokal kampung”. ( ADV ).

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Advetorial

Bupati Tuba Barat Hadiri Paripurna Pembicaraan Tingkat II LPKJ 2020

Published

on

Tulangbawang Barat : DPRD Kabupaten Tulang Bawang Barat mengelar Rapat Paripurna dalam Rangka Pembicaraan Tingkat II atas Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Anggaran 2020.

Rapat tersebut berlangsung di Ruang Paripurna DPRD setempat. Selasa (22/06).

hadir paripurna tersebut. Fokopimda, Wakil Bupati Fauzi Hasan, Sekdakab Novriwan Jaya, jajaran Eselon II, Kepala OPD dan Camat se- Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Dalam sambutan Bupati Umar Ahmad.SP mengatakan.Beberapa waktu yang lalu jajaran eksekutif dan legislatif telah melakukan pembahasan yang intensif atas Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020, dan hari ini telah dicapai kata sepakat untuk mengesah kan Raperda tersebut.

“Dengan disahkan nya Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020, maka hal ini semakin memperkuat legitimasi atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Anggaran 2020, dimana sebelum nya BPK telah memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)”kata nya

Bupati Umar Ahmad Menjelaskan.Pengesahan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 sekaligus untuk memberi pijakan hukum yang kokoh bagi keberlanjutan pelaksanaan APBD Kabupaten Tulang Bawang Barat pada tahun anggaran berikut nya.

“Kita menyadari pelaksanaan APBD Tahun 2020 masih jauh dari sempurna, dan karenanya berbagai saran dan masukan yang telah diberikan oleh DPRD merupakan bekal yang sangat berharga bagi jajaran Pemerintah Daerah untuk lebih maksimal dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan”.ujar nya

Umar menbahkan.Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih kepada semua Anggota DPRD, yang telah menyetujui Raperda ini untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah.

“Kepada seluruh jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat, mari terus lanjutkan tugas dan tanggung jawab kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan kinerja yang yang lebih baik dari waktu ke waktu”tutup nya.(Advetrial/jonsi putra)

Continue Reading

Advetorial

Pesan Umar Ahmad Untuk KONI Tulangbawang Barat

Published

on

Tulang Bawang Barat : Bupati Umar Ahmad, SP menahadiri upacara pengukuhan dan pelantikan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI ) Kabupaten Tubaba.

Pengukuhan dan pelantikan tersebut dilaksanakan langsung oleh Ketua Umum KONI Provinsi Lampung Prof.Dr.Ir.M. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA.

Pelantikan Komite Olah Raga Nasional Indonesia berlangsung di sesat agung komplek islamic center.di hadiri Wabup Fauzi Hasan, sekdakab Novriwan Jaya,Kepala OPD dan Pengurus KONI Kabupaten/ kota se-Provinsi Lampung.(16/06)

Dalam sambutan Bupati Umar Ahmad,S.P mengatakan.Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tulang bawang barat bisa menjadi wadah bagi para pengurus olahraga khusus nya di kabupaten setempat.

“Tubaba bukan hanya sekedar singkatan tapi menjadi identitas warganya tentang nilai-nilai Nemen Nedes Nerimo, sederhana setara dan lestari dan momen-momen untuk mendidik dan membentuk karakter inilah yang disebut pulang ke masa depan”kata umar

Bupati Umar Ahmad,Berharap Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dapat membantu sepenuh nya dan ikut bersama pemerintah Tubaba untuk membentuk karakter para atlit dibidang olahraga.

“Kita akui Kabupaten Bumi Ragem Sai Mangi Wawai masih sangat minim di dalam bidang ke olahragaan dan Kami ingin Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Tubaba bisa membina atlet dengan baik sesuai dengan bidang atau cabang olahraga yang mereka tekuni agar mereka bisa mempertahankan prestasi di bidang olahraga”tutup bupati.*(Advetorial/jonsi putra)

Continue Reading

Advetorial

Bupati Umar Ahmad Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mapolres Tulangbawang Barat

Published

on

Tulangbawang Barat : Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad, SP memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2021.

Acara tersebut berlangsung di Lahan Calon Mapolres Tulang Bawang Barat sekaligus melaksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mapolres setempat di lanjutkan dengan menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia (11/06/2021)

Hadir kegiatan tersebut.Kapolda Lampung Irjen Pol. Drs. Hendro Sugiatno, M.M., Bupati Umar Ahmad,S,P Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Kajari Tulang Bawang, Kepala OPD, Kepala Bagian, dan tamu undangan

Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad,S.P mengatakan.untuk penyediaan lahan pembangunan Polres Tulang Bawang Barat dengan luas lahan 4,8 Hektare yang menggunakan APBD

“Hari ini kita dengan pak Kapolda dan jajaran melakukan peletakan batu pertama untuk di mulai nya pembangunan gedung mapolres dibangun nya Tulang Bawang Barat,di harapkan kedepannya menjadi ruang yang bisa mengayomi dan melindungi masyarakat dengan pelayanan-pelayanan yang semakin baik, kita do’akan pembangunan ini bisa berjalan sesuai dengan harapan, dan bisa bermanfaat untuk kemajuan Tulang Bawang Barat,” kata nya

Bupati menjelaskan.Soal kearifan lokal dalam bangunan Mapolres Tulang Bawang Barat, di lokasi bangunan tersebut memang akan di sesuaikan dengan semua desain Kota Uluan Nughik

“Desain Tubaba mungkin akan kita masukkan dalam polesan-polesan diluar bangunan nya, karena soal ruang di dalam bangunan mungkin sudah di desain dan di sesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan yang ada di polri,”ujar nya

Di tempat yang sama Dalam sambutan Kapolda Lampung mengatakan.sangat mengapresiasi atas dukungan bupati Tubaba melakukan pembangunan gedung mapolres di Kabupaten setempat,mulai dari penyiapan lahan untuk Mako Polres sehingga tahun ini sudah mulai di lakukan pembangun.

“hari ini kita melakukan peletakan batu pertama Mako Polres Tulang Bawang Barat, dan dalam pembangunan ini saya mengingin kan ada nilai-nilai kebudayaan yang ada di Tulang Bawang Barat dapat di gambarkan pada bangunan Mako Polres ini nanti nya, sehingga tidak terlalu kaku kesan nya dan saya rasa itu lebih jauh menarik.”kata nya

Sementara itu, pada sambutan nya Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP.Hadi Saeful Rahman, SIK. Mengatakan.mengucapkan terimaksih yang sangat besar kepada bupati tubaba.

“Pembangunan gedung Mapolres ini sebagai langkah untuk semakin meningkat kan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai”tutup nya**(Advetorial/jonsi putra)

Continue Reading

Trending