Connect with us

Bandar Lampung

Donald Sihotang Maju ke Legislatif Dari Partai Demokrat

Avatar

Published

on

Bandar Lampung : Majunya Ketua Umum Kerukunan Masyarakat Batak (Kerabat) Lampung, Donald Harris Sihotang, SE sebagai calon legislatif (Caleg) Provinsi dalam Pileg 2019 mendapat dukungan dari jajaran pengurus Kerabat, baik dari tingkat provinsi, maupun kabupaten/kota.

Dukungan ini disampaikan Sekretaris Umum Kerabat Lampung, Pdt HM Hutagalung. Menurutnya, Pengurus Kerabat Lampung tentu bangga bila Ketua Umum maju menjadi caleg. Karena selama ini belum ada perwakilan dari masyarakat Batak di Lampung yang duduk di DPRD tingkat Provinsi.

“Pada prinsipnya kita sangat senang dan bangga bilamana Ketum maju menjadi caleg, kenapa? karena memang sudah waktunya masyarakat Batak ada yang mewakili di DPRD, selama ini kan memang belum ada,” kata dia, Kamis (19/7/2018).

“Jadi sebagai pengurus Kerabat kita juga mendorong dan sangat senang bisa beliau bisa duduk di sana menjembatani setiap aspirasi masyarakat Batak yang jumlahnya di Lampung ini cukup besar. Kita harapkan dengan kapabilitas beliau yang selama ini sudah berbuat banyak untuk masyarakat Batak,nanti bisa berbuat lebih banyak lagi,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Ketua III Kerabat Lampung Bidang Seni Budaya, HMP Hutapea. Menurutnya adalah hal yang positif bila ada pengurus maupun anggota Kerabat yang maju sebagai caleg. Begitu juga dari komunitas masyarakat Batak yang ada di Lampung.

“Itu positif sekali, kebetulan yang maju adalah Ketum Kerabat kita pasti mendukung. Ke depan, para calon ini apabila terpilih kita mengharapkan akan menjadi jembatan penghubung aspirasi masyarakat Batak. Sehingga keberadaan kita di Lampung ini bisa semakin dikenal oleh masyarakat luas. Dan ke depan kita juga bisa ikut berperan terhadap program pemerintah, terutama di bidang seni dan budaya,” kata Hutapea.

Donald Harris Sihotang, SE, Ketua Umum Kerukunan Masyarakat Batak (Kerabat) Lampung. Foto: Doc.Kupastuntas.co
Menurutnya, siapa pun yang maju dari Organisasi Kerabat tidak ada masalah, artinya banyak warga Batak yang berlomba-lomba memajukan Provinsi Lampung. Ia juga mengingatkan, bahwa Kerabat bukan sayap politik dari satu partai. Makanya tidak ada batasan ataupun pengaturan terkait hal itu.

“Jadi silakan bagi anggota Kerabat yang ingin maju melalui partai-partai yang ada. Dengan keberagaman itu akan terlihat bahwa kita bisa saling berinergi menyalurkan aspirasi masyarakat. Pada prinsipnya kita tidak mengarah kepada salah satu partai. Kebetulan Ketum kita maju dari Partai Demokrat, tapi kita tidak diarahkan ke sana,” kata dia.

Ia pun mengimbau agar seluruh masyarakat Batak yang ada di Lampung untuk mnggunakan hak pilihnya sebaik baiknya saat Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 mendatang.

“Karena suara kita yang akan menentukan siapa pemimpin dan wakil kita hingga 5 tahun berikutnya, jadi kita imbau agar hak suara digunakan sebaik-baiknya, jangan golput,” tutup Hutapea.

Diminta tanggapannya, Ketua Kerabat Kabupaten Lampung Utara, David Siburian juga mengaku siap mendukung penuh langkah Ketum Kerabat maju sebagai Caleg.

“Intinya dari kami sangat mendukung, waktu itu kan kita belum tahu dapilnya darimana, cuma kemarin kita dapat informasi dia dari Bandar Lampung, berarti kawan di sanalah yang harus lebih maksimal, Kita dari sini tetap dukung melalui doalah, kalau nanti ada kawan-kawan kita disana, tetap kita arahkan,” tuturnya.

Begitu juga dengan Ketua Kerabat Pesawaran, Junjung Purba. Menurut Purba, dengan majunya Ketum Kerabat sebagai Anggota Legislatif bisa meningkatkan program organisasi yang selama ini sudah berjalan, seperti beasiswa pendidikan S1 bagi anak warga yang kurang mampu, pengembangan seni budaya Batak hingga membantu pemerintah dalam memajukan pariwisata seni budaya.

“Kerabat ini kan bukan hanya organisasi wadah berkumpul warga Batak, tetapi lebih dari itu Kerabat harus berdampak bagi lingkungan sekitar, untuk suku lain dan juga Pemda setempat. Dengan majunya Pak Sihotang kita harapkan bisa lebih meningkatkan program yang ada terutama di bidang pendidikan dan kebudayaan,” kata Junjung Purba.

Sementara, Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Kerabat Provinsi Lampung, Jhon Sipahutar mengatakan, ormas Kerabat dengan jumlah anggotanya yang cukup besar memang sudah sepantasnya ada wakil di legislatif tingkat provinsi.

“Kita mendukung sepenuhnya. Dari awal saya memang sudah pernah sampaikan Kerabat ini sebagai ormas harus mengikut perkembangan yang ada. Harapan kita ya, mudah-mudahan dengan Pak Ketua maju, dia bisa terpilih dan bisa memajukan ormas Kerabat Lampung. Memang itu perlu, karena Kerabat ini kan organisasi yang besar,” katanya.

Namun ia juga mengingatkan, agar setiap calon legislatif yang maju, kalau nanti terpilih agar tidak lupa dengan janji-janjinya dan tetap fokus menjadi wakil rakyat yang amanah.

“Saat ini, dengan tindakan yang tegas bagi yang melanggar hukum, ke depan kita harapkan praktek yang tidak benar bisa ditekan, sehingga wakil rakyat yang ada di DPRD bisa lebih baik dalam memajukan bangsa dan Negara,” tandasnya.

Sumber : Net
Editor : Putra

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Apa Kabar Lampung

Riana Arinal Salurkan Sembako kepada Masyarakat yang Terkena PHK Akibat Terdampak Covid-19

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung : Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Lampung, Ibu Riana Sari Arinal menyalurkan 175 paket sembako kepada masyarakat Kota Bandar Lampung yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat terdampak Covid-19, pada Selasa (23/6/2020).

Adapun sejumlah titik yang diberikan bantuan di antaranya Kelurahan Labuhan Dalam dan Kelurahan Way Kandis Kecamatan Tanjung Senang dan Kelurahan Keteguhan Kecamatan Teluk Betung Timur.

“Kami menyalurkan bantuan sembako dari YJI Pusat yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 terutama yang terkena PHK. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban bapak ibu semua dalam menghadapi pandemi ini,” ujar Ibu Riana.

Selain di Kota Bandar Lampung, bantuan paket sembako juga diberikan di Kabupaten Lampung Selatan sejumlah 175 paket.

Ibu Riana mengatakan YJI Pusat memberikan bantuan kepada tiga Provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung karena dinilai berperan secara aktif menggerakan organisasi YJI.

“Provinsi Lampung mendapat bantuan karena selalu berperan aktif menggerakan organisasi ini. Ayo lebih banyak lagi mengajak masyarakat untuk mengikuti senam jantung sehat,” katanya.

Ibu Riana menyebutkan meski dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat diminta untuk tetap semangat, selalu bergotong royong membantu terhadap sesama.

“Walaupun dikasih cobaan seperti ini kita harus sabar dan tetap semangat, selalu bergotong royong serta saling bahu membahu,” ujarnya.

Ibu Riana mengajak masyarakat untuk terus mengikuti anjuran Pemerintah dengan tetap berada dirumah saja dan mematuhi protokol kesehatan.

“Tidak usah keluar rumah kalau tidak berkepentingan, kalaupun harus keluar rumah jangan berlama-lama, hindari kerumunan, jaga jarak dan terus menggunakan masker. Kalau sudah sampai di rumah, bersihkan semua pakaian dan mandi. Mari jaga keluarga kita agar tidak terkena Covid-19,” katanya.(Adpim)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pemerintah Provinsi Lampung Raih Tiga Juara Lomba Inovasi Daerah

Redaksi LT

Published

on

Jakarta – Gubernur Lampung Arinal Junaidi menghadiri dan menerima secara langsung Panganugerahan Juara Lomba Video Inovasi Daerah Tingkat Nasional 2020 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri, di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Jl. Merdeka Utara No 7 Jakarta Pusat. Senin, 22 Juni 2020.
.
Provinsi Lampung borong 3 Juara sekaligus dalam Lomba Video Inovasi Daerah Tatanan New Normal : .
Juara 1. Sektor Rumah Makan
Juara 2. Sektor Pasar Modern
Juara 3. Sektor Pasar Tradisional

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Arinal mengatakan, bahwa prestasi yang diraih Pemerintah Provinsi Lampung menunjukkan keseriusan dan kerjasama Pemprov bersama Pemkab dan Pemkot, serta seluruh stakeholder, dalam melawan dan mengendalikan Covid-19 di Lampung.
.
Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Achmad Chrisna Putra selaku Wakil Sekretaris Tim Inovasi Daerah dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 Provinsi Lampung, berharap agar seluruh masyarakat Lampung dapat menerapkan inovasi Tatanan Normal Baru yang akan diterapkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung, seperti yang digambarkan dalam Video Lomba Inovasi Daerah tersebut.
.
Pada Acara yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin tersebut, Provinsi Lampung melalui Balitbangda dan Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, mengirimkan 7 video inovasi daerah untuk 7 sektor yang dilombakan, yakni sektor Restoran, Pasar Modern, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Pasar Tradisional, Transportasi, Tempat Wisata, dan Hotel.
.
Adapun penilaian Lomba Inovasi Daerah Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dinilai langsung oleh pejabat terkait dari Kemendagri, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Badan Nasional Pengelola Perbatasan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, serta Gugus Tugas Covid-19.

Selain mendapat piagam penghargaan, setiap pemenang juga akan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dengan jumlah total 164 Milyar rupiah pada 7 sektor, yaitu pasar tradisonal, pasar modern, hotel, rumah makan, PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) tempat wisata, transportasi umum. Pemenang pertama mendapatkan 3 Milyar, pemenang kedua 2 Milyar dan pemenang ketiga mendapatkan 1 M pada setiap sektor dan masing-masing klaster. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pemprov Lampung Minta Para Pedagang Terus Gunakan Masker

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung : Pemerintah Provinsi Lampung meminta para pedagang terus menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Coronavirus Desease (Covid-19) di kawasan pasar. Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) saat membagikan masker kepada para pedagang dan pembeli di Pasir Gintung, Kamis (18/6/2020).

“Pemprov Lampung meminta kepada para pedagang yang menerima bantuan masker agar terus digunakan untuk pencegahan Covid-19, sehingga tidak menularkan kepada pembeli ataupun pedagang lainnya,” ujar Wagub Nunik.

Nunik mengatakan virus corona tidak akan menyebar tanpa disebarkan oleh orang yang terlebih dahulu positif terjangkit . Oleh sebab itu, Wagub minta masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah karena hal itu merupakan kebutuhan vital untuk mencegah penularan virus. Apalagi, pasar tradisional yang setiap hari dikunjungi pembeli dari berbagai daerah sehingga pedagang wajib menggunakan masker. “Kami yakin penggunaan masker dapat mencegah penyebaran Covid-19,” kata Nunik.

Menurut Nunik, Pemerintah Daerah juga memasang wastafel portabel di setiap sudut pasar untuk digunakan masyarakat mencuci tangan dan memakai sabun dengan air mengalir. “Pemasangan wastafel portabel oleh pemerintah di sudut-sudut pasar, untuk memudahkan pengunjung mencuci tangan setelah berbelanja,” katanya.

Kepada para pemilik toko di Pasar Gintung, Nunik minta menyediakan tempat mencuci tangan guna mencegah penyebaran virus corona. “Kami berharap semua pemilik toko dapat menaati kesepakatan hasil rapat guna mempercepat penanganan Covid-19, agar Indonesia terbebas dari penyebaran virus corona,” katanya. (Adpim)

Continue Reading

Trending