Connect with us

Bandar Lampung

Donald Sihotang Maju ke Legislatif Dari Partai Demokrat

Avatar

Published

on

Bandar Lampung : Majunya Ketua Umum Kerukunan Masyarakat Batak (Kerabat) Lampung, Donald Harris Sihotang, SE sebagai calon legislatif (Caleg) Provinsi dalam Pileg 2019 mendapat dukungan dari jajaran pengurus Kerabat, baik dari tingkat provinsi, maupun kabupaten/kota.

Dukungan ini disampaikan Sekretaris Umum Kerabat Lampung, Pdt HM Hutagalung. Menurutnya, Pengurus Kerabat Lampung tentu bangga bila Ketua Umum maju menjadi caleg. Karena selama ini belum ada perwakilan dari masyarakat Batak di Lampung yang duduk di DPRD tingkat Provinsi.

“Pada prinsipnya kita sangat senang dan bangga bilamana Ketum maju menjadi caleg, kenapa? karena memang sudah waktunya masyarakat Batak ada yang mewakili di DPRD, selama ini kan memang belum ada,” kata dia, Kamis (19/7/2018).

“Jadi sebagai pengurus Kerabat kita juga mendorong dan sangat senang bisa beliau bisa duduk di sana menjembatani setiap aspirasi masyarakat Batak yang jumlahnya di Lampung ini cukup besar. Kita harapkan dengan kapabilitas beliau yang selama ini sudah berbuat banyak untuk masyarakat Batak,nanti bisa berbuat lebih banyak lagi,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Ketua III Kerabat Lampung Bidang Seni Budaya, HMP Hutapea. Menurutnya adalah hal yang positif bila ada pengurus maupun anggota Kerabat yang maju sebagai caleg. Begitu juga dari komunitas masyarakat Batak yang ada di Lampung.

“Itu positif sekali, kebetulan yang maju adalah Ketum Kerabat kita pasti mendukung. Ke depan, para calon ini apabila terpilih kita mengharapkan akan menjadi jembatan penghubung aspirasi masyarakat Batak. Sehingga keberadaan kita di Lampung ini bisa semakin dikenal oleh masyarakat luas. Dan ke depan kita juga bisa ikut berperan terhadap program pemerintah, terutama di bidang seni dan budaya,” kata Hutapea.

Donald Harris Sihotang, SE, Ketua Umum Kerukunan Masyarakat Batak (Kerabat) Lampung. Foto: Doc.Kupastuntas.co
Menurutnya, siapa pun yang maju dari Organisasi Kerabat tidak ada masalah, artinya banyak warga Batak yang berlomba-lomba memajukan Provinsi Lampung. Ia juga mengingatkan, bahwa Kerabat bukan sayap politik dari satu partai. Makanya tidak ada batasan ataupun pengaturan terkait hal itu.

“Jadi silakan bagi anggota Kerabat yang ingin maju melalui partai-partai yang ada. Dengan keberagaman itu akan terlihat bahwa kita bisa saling berinergi menyalurkan aspirasi masyarakat. Pada prinsipnya kita tidak mengarah kepada salah satu partai. Kebetulan Ketum kita maju dari Partai Demokrat, tapi kita tidak diarahkan ke sana,” kata dia.

Ia pun mengimbau agar seluruh masyarakat Batak yang ada di Lampung untuk mnggunakan hak pilihnya sebaik baiknya saat Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 mendatang.

“Karena suara kita yang akan menentukan siapa pemimpin dan wakil kita hingga 5 tahun berikutnya, jadi kita imbau agar hak suara digunakan sebaik-baiknya, jangan golput,” tutup Hutapea.

Diminta tanggapannya, Ketua Kerabat Kabupaten Lampung Utara, David Siburian juga mengaku siap mendukung penuh langkah Ketum Kerabat maju sebagai Caleg.

“Intinya dari kami sangat mendukung, waktu itu kan kita belum tahu dapilnya darimana, cuma kemarin kita dapat informasi dia dari Bandar Lampung, berarti kawan di sanalah yang harus lebih maksimal, Kita dari sini tetap dukung melalui doalah, kalau nanti ada kawan-kawan kita disana, tetap kita arahkan,” tuturnya.

Begitu juga dengan Ketua Kerabat Pesawaran, Junjung Purba. Menurut Purba, dengan majunya Ketum Kerabat sebagai Anggota Legislatif bisa meningkatkan program organisasi yang selama ini sudah berjalan, seperti beasiswa pendidikan S1 bagi anak warga yang kurang mampu, pengembangan seni budaya Batak hingga membantu pemerintah dalam memajukan pariwisata seni budaya.

“Kerabat ini kan bukan hanya organisasi wadah berkumpul warga Batak, tetapi lebih dari itu Kerabat harus berdampak bagi lingkungan sekitar, untuk suku lain dan juga Pemda setempat. Dengan majunya Pak Sihotang kita harapkan bisa lebih meningkatkan program yang ada terutama di bidang pendidikan dan kebudayaan,” kata Junjung Purba.

Sementara, Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Kerabat Provinsi Lampung, Jhon Sipahutar mengatakan, ormas Kerabat dengan jumlah anggotanya yang cukup besar memang sudah sepantasnya ada wakil di legislatif tingkat provinsi.

“Kita mendukung sepenuhnya. Dari awal saya memang sudah pernah sampaikan Kerabat ini sebagai ormas harus mengikut perkembangan yang ada. Harapan kita ya, mudah-mudahan dengan Pak Ketua maju, dia bisa terpilih dan bisa memajukan ormas Kerabat Lampung. Memang itu perlu, karena Kerabat ini kan organisasi yang besar,” katanya.

Namun ia juga mengingatkan, agar setiap calon legislatif yang maju, kalau nanti terpilih agar tidak lupa dengan janji-janjinya dan tetap fokus menjadi wakil rakyat yang amanah.

“Saat ini, dengan tindakan yang tegas bagi yang melanggar hukum, ke depan kita harapkan praktek yang tidak benar bisa ditekan, sehingga wakil rakyat yang ada di DPRD bisa lebih baik dalam memajukan bangsa dan Negara,” tandasnya.

Sumber : Net
Editor : Putra

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Apa Kabar Lampung

Wakil Gubernur Jajaki Potensi Teluk Lampung

Redaksi LT

Published

on

Bandarlampung : Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim jajaki potensi Teluk Lampung. Bukan hanya sebagai Destinasi wisata namun juga dapat menunjang penghasilan nelayan. Hal itu terungkap pada kunjungannya ke Teluk Lampung, Sukaraja, Panjang, Bandarlampung, Selasa (18/6/2019) sore.

Diketahui, kunjungan Nunik (sapaan akrabnya) untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat akan sampah di Teluk Lampung yang viral akhir-akhir ini.

Setibanya dilokasi, Wagub Chusnunia sudah dinantikan oleh warga sekitar yang sudah tidak sabar untuk melihat dan berjumpa dengan Wagub Lampung. Warga tampak senang dan gembira berjumpa dengan Wakil Gubernur Lampung.

Wagub Chusnunia mengungkapkan, pihaknya akan mengkaji kewenangan Pemprov Lampung dan kewenangan Pemkot Bandar Lampung. Selain itu rencananya juga daerah ini akan menjadi perluasan pelabuhan panjang.

“Kita akan mengkaji apa saja yang menjadi kewajiban dan tanggungjawab kita. Jangan sampai keputusan yang diambil nanti membuat nelayan dan masyarakat keberatan,” ungkap Wagub Chusnunia Chalim.

Dalam obrolannya bersama masyarakat, terungkap bahwa sampah tersebut bukan berasal dari daerah setempat, melainkan sampah-sampah dari aliran sungai, dan menumpuk ke daerah teluk pantai.

Dalam kesempatan itu, Buwang (46) yang berprofesi sebagai nelayan mengungkapkan kondisi tepian laut kini dipenuhi sampah, terutama sampah plastik. Ia berharap kondisi tepian laut dapat kembali seperti semula, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

“Dulu pasir pantainya sangat jelas terlihat. Itu sudah bertahun-tahun yang lalu, sekarang sangat berbeda dipenuhi sampah. Kebanyakan sampah datang dari aliran sungai sama dibawa arus laut akhirnya sampah-sampah itu menepi dipinggir laut,” ujarnya.

Ia berharap Pemerintah Provinsi Lampung dapat memberikan perhatian terhadap kondisi tepian pantai saat ini. “Saya berharap Gubernur Lampung Arinal dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia membantu warga disini karena kondisi sampah yang sangat memperihatinkan,” harapnya.

Edi (45) yang juga berprofesi sebagai nelayan menambahkan apabila hal ini tetap dibiarkan maka daerah ini akan dipenuhi oleh sampah yang menyebabkan turunnya penghasilan nelayan. “Karena sampah menumpuk, maka ikan menjauh dari laut. Sehingga penghasilan nelayan menjadi menurun,” ujarnya. (Humas Pemprov Lampung)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Resmi di Lantik, Riana Sari Arinal Jabat Ketua TP. PKK Provinsi Lampung

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Erni Guntarti Tjahyo Kumolo secara resmi melantik Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ny. Riana Sari Arinal untuk masa bhakti 2019 – 2024, di Balai Keratun Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Selasa (18/06/19).

Sebelumnya, Ny. Riana Sari Arinal juga telah dilantik sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Lampung oleh Ibu Iriana Joko Widodo di Istana Negara sesaat setelah pelantikan Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung masa bhakti 2019 – 2024 pada 12 juni 2019 lalu.

Usai pelantikan, Ny. Erni Guntarti dalam sambutannya menyampaikan Gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai mitra Pemerintah yang mempunyai peran dan fungsi yang sangat penting dan strategis dalam melakukan sinkronisasi program PKK secara berjenjang dengan program pembangunan.

Dengan demikian diharapkan peran PKK sebagai mitra pemerintah dapat mendorong terwujudnya pembangunan di masyarakat.

Erni Guntarti menyampaikan harapannya Kepada Gubernur Arinal selaku pembina PKK untuk memberikan dukungan, perhatian dan fasilitas untuk mendukung program – program PKK.

“Keberhasilan pelaksanaan program – program kesejahteraan keluarga sangat ditentukan oleh adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan dan fasilitasi teknis dari berbagai OPD selaku pembina TP PKK,” kata Erni Guntarti.

Sementara itu, Gubernur Arinal Djunaidi yang hadir sebagai Pembina PKK Provinsi Lampung, menyampaikan bahwa pelantikan tersebut merupakan momentum yang sangat penting dan strategis bagi keberlangsungan organisasi dalam melaksanakan Program kerja lima tahun ke depan.

Sebab, dengan keanggotaan terbesar dan tersebar di berbagai pelosok daerah, PKK berpotensi besar dalam menggerakan partisipasi masyarakat dalam pembangunan Lampung.

“Saya yakin dan percaya, dengan kebersamaan dan kegotong-royongan seluruh kader PKK hingga Kabupaten/ Kota se-Provinsi Lampung kita mampu mewujudkan ‘Rakyat Lampung Berjaya’ dengan baik. Untuk itu, kepada semua pihak, khususnya seluruh kader PKK agar memberikan perhatian serius pada potensi ancaman penurunan kualitas kehidupan yang terjadi di masyarakat, dengan lebih mengaktifkan dan memberdayakan peran Posyandu dan Dasawisma,” kata Gubernur Arinal.

Pada pelantikan tersebut juga dilaksanakan serangkaian kegiatan di antaranya penandatanganan Pengukuhan Naskah Pelantikan oleh Gubernur Arinal Djunaidi selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung. Juga penyerahan memori dari Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung masa bhakti 2014-2019 yang disampaikan oleh Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Ny. Frontina Meilyati EP. (Humas Prov Lampung)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Genjot PAD dan Tingkatkan Kedisiplinan ASN, Gubernur Arinal Sidak ke Bapenda Provinsi Lampung

Redaksi LT

Published

on

BANDAR LAMPUNG : Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), pada Selasa pagi (18/6/2019), untuk mengawasi kedisiplinan ASN dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Lampung.

Menurut Arinal, dalam menjalankan tugas ASN Bapenda harus memahami dan mengusasi bidangnya masing-masing.

“Ketika masuk menjadi pegawai, ASN harus mengetahui tugas dan fungsi terhadap Badan Pendapatan Daerah serta menguasai bidang dan poksi masing masing, baik pegawai atau pemegang jabatan sehingga tidak bisa dibohongi dan tidak mau membohongi,” tegas Arinal.

Arinal meminta Bapenda meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan bersama sama membangun Provinsi Lampung namun tetap dalam pengawasannya sebagai Gubernur.

“Ke depan saya ingin kita tingatkan PAD kita, maka dari itu berikan masukan kepada Pemerintah Provinsi agar bisa membantu meningkatkanPAD. Ini bukan hanya tugas pegawai Bapenda saja, namun ini adalah tanggung jawab saya sebagai Gubernur. Insyallah APBD kita yang semula Rp400 miliar per tahun bisa kita tingkatkan menjadi Rp12 Triliun pertahunnya,” ujar Arinal.

Bapenda, lanjut Arinal, harus profesional, dan menjaga keseimbangan antara program dan kesiapan program. Sebab hal itu enentukan tingkat inflasi suatu daerah.

“Saya berpesan kepada seluruh ASN untuk berhati-hati mengemban dan menjalankan tugas dan jabatan. Jabatan adalah wilayah kekuasaan, apabila keliru melakukan tata kelolanya itu merupakan awal dari keserakahan. Orang pandai pasti pintar tapi orang pintar belum tentu pandai. Oleh karena itu jadilah pandai,” ujar Gubernur.

Pemprov Lampung, kata Arinal, berharap banyak dengan Dispenda sebagai organisasi profesional yang berurusan dengan PAD.

“Pegawai Bapenda harus menunjukkan kinerja yang baik untuk mendapatkan PAD yang tinggi. Mulai hari ini bersama sama kuasai dan kenali medan tugas sehingga tugas bisa berjalan dengan baik. Kalian sudah mendapatkan insentif yg tinggi. Untuk itu kinerja juga harus lebih bagus dibanding yang lain,” kata Arinal.

Gubernur juga mengajak ASN Bapenda ikhlas dalam pengabdian dan jujur dalam tindakan sehari hari dalam menjalankan tugas.

Dalam sidak ini, Gubernur Arinal, juga memuji kebersihan yang di miliki Kantor Bapenda dengan melihat kondisi toilet umum yang bersih dan kedisiplinan pegawai cleaning servis. Arinal minta agar kebersihan Kantor terus dijaga. (Humas Prov Lampung)

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: