Connect with us

Lampung Selatan

Dishub Lamsel Gelar Penghargaan Sopir Teladan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan : Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lampung Selatan menggelar pemilihan sekaligus penghargaan bagi sopir teladan angkutan umum di Lampung Selatan.

Kegiatan ini melibatkan 50 sopir dari perwakilan perusahaan angkutan umum, yang bertujuan meningkatkan kompetensi sopir dalam rangka keselamatan serta tertib berlalu lintas.

“Ada 50 peserta, kegiatan ini pelatihan dan perlombaan. Dari jumlah itu, akan kita saring menjadi 3 orang sopir terpilih yang selanjutnya akan dilombakan ditingkat provinsi,” kata Kabid Angkutan Dwiko Yoba mewakili Kepala Dishub Kabupaten Lampung Selatan, Anasrullah usai acara tersebut di kantor Diahub setempat, Kamis (25/07/2018)

Dwiko Yoba menjelaskan, kegiatan tersebut para peserta diberi pelatihan selanjutnya uji praktek.

“Peserta yang terpilih sebanyak 3 orang, akan kita kirim ke provinsi sekitar bulan Aguatus 2018,” jelasnya.

Lebih jauh dirinya mengatakan, hasil dari kegiatan tersebut pihaknya berharap bagi peserta selain tertib berlalu lintas, juga tertib administrasi angkutan.

“Seperti, membuat nyaman penumpang, tertib surat kendaraan lengkap, mengemudi dengan baik,” pungkasnya.

Reporter : Eko
Editor : Putra

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Silahkan Tinggalkna Pesan Anda

Apa Kabar Lampung

PPPA Lampung Selatan Komitmen Wujudkan KLA

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Kabupaten Layak Anak (KLA) di Lampung Selatan (Lamsel) sepertinya bakal kembali ‘digeber’ Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) setempat.
Mulai tahun ini, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu bakal meluncurkan sejumlah program dalam mendukung percepatan KLA. Diantaranya, pembuatan Puskesmas ramah anak, tempat ibadah ramah anak dan zona aman sekolah.
Selain itu, OPD ini juga bakal melakukan sosialisasi mengenai ancaman pidana kekerasan anak, melalu penempelan stiker di setiap rumah di Kabupaten Lamsel.
“Melalui tim gugus tugas, kita juga koordinasikan dengan sejumlah OPD di Pemkab Lamsel. Agar, program yang dibuat juga mendukung percepatan KLA. Minimal, ada 26 OPD yang harus terlibat. Sementara ini, baru terpenuhi setengahnya,” ujar Kepala Dinas PPPA, Anasrullah, S. Sos kepada sejumlah wartawan di aula OPD setempat, sinag tadi (24/1/2020).
Dikatakan Anas, melalui perwujudan KLA ini, diharapkan agar terus menekan angka kekerasan terhadap anak yang terjadi di Lamsel. Diketahui, pada tahun 2018 terdapat 39 kasus kekerasan. Kemudian di tahun 2019, terdapat 38 kasus. Terjadi penurunan 1 kasus.
“Untuk itu, kita buat beberapa program untuk meminimalisir kasus-kasus anak. Kita juga akan membentuk program PATBM untuk pemenuhan kebutuhan anak dan perempuan. Forum anak, juga akan dibentuk disetiap desa. Sebagai pelopor dan pelapor untuk mengaspirasi kebutuhan anak. Seperti pada momen musrembang, nantinya forum itu akan dilibatkan,” imbuhnya.
Terpisah, Toni Fisher selaku Fasilitator KLA dan PATBM Provinsi Lampung menambahkan, sejak tahun 2014 lalu, Lamsel telah menjadi KLA. Tahun 2015 kabupaten ini juga telah meraih predikat dengan great pratama.
“Sementara, ada 3 kluster predikat KLA. Yaitu Pratama, Nindiya dan Utama. Untuk Lamsel, sudah tiga kali meraih predikat Pratama,” kata Toni.
Toni menambahkan, program terbaik untuk mewujudkan percepatan KLA hingga pada kluster predikat utama yakni Pemenuhan hak anak, Pengasuhan alternatif, Hak kesehatan anak, Hak anak bidang pendidikan dan Penanganan kasus.
Sementara, sebagai indikatornya ada 9 poin. Yaitu tersedianya regulasi Perda KLA, persentase anggaran yang dialokasikan untuk mendukung percepatan KLA, SDM yang terlatih tentang konvensi hak anak, melibatkan forum anak, kemitraan antar OPD, keterlibatan lembaga masyarakat, kemitraan dalam dunia usaha, kemitraan dengan media dan inovasi dalam KLA.
“Tentunya semua itu perlu didorong dengan komitmen dari Kepala Daerah. Otomatis, jika Bupati langsung yang push program disetiap OPD untuk dapat mendukung percepatan KLA, maka pasti predikat Utama bisa kita raih,” lanjutnya seraya berharap.
Sebagai pilot projek, di Lamsel akan membentuk pesantren ramah anak. Yakni di
Pondok pesantren Nurrul Islam, yang berada di Desa Sukaraja, Kecamatan Rajabasa.
Selain itu, KLA juga akan merambah ke 830 sekolah di Lamsel untuk merealisasikan sekolah ramah anak. Baik PAUD, TK ataupun SD.
Untuk diketahui, KLA diatur dalam Pasal 21 Undang-Undang Perlindungan Anak. Kewajiban dalam melindungi diatur pasal 22 dan hukumannya diatur pasal 23. (Eko)

Continue Reading

Lampung Selatan

KPU Kabupaten Lamsel Buka Pendaftaran PPK

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) membuka seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2020.

Pendaftaran PPK untuk 17 kecamatan di Lamsel tersebut dibuka selama sepekan, mulai tanggal 18 Januari sampai dengan 24 Januari 2020.

“Kelengkapan Dokumen diantar langsung atau dikirim ke Sekretariat KPU Lamsel melalui Pos atau Email dengan alamat Jalan Raden Intan nomor 81 Kalianda atau melalui email: kab_lampungselatan@kpu.go.id. paling lambat tanggal 24 Januari 2020.” Beber Komisioner, Ansurasta Razak, Selasa petang (14/1/20).

Dibawah ini rincian lengkap persyaratan dan tahapan seleksi PPK KPU setempat.

(Eko)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Senin Lonjakan Penumpang Libur Tahun Baru di Prediksi Melonjak

Redaksi LT

Published

on

Lampung Selatan : Prediksi Lonjakan Penumpang Libur Panjang Hari natal Tahun 2019 dan Tahun Baru (Nataru) Tahun 2020,Akan Terjadi Pada Senin,(30/12/2019) dan Jum’at,(3/01/2020).

Hal tersebut disampaikan oleh Ira Puspadewi Direktur Utama (Dirut) PT.ASDP Indonesia Ferry (Persero),saat meninjau loket pembelian tiket penumpang pejalan kaki dipelabuhan bakauheni.Jum’at,(27/12/2019).

Menurut Ira Puspadewi,dibandingkan tahun lalu,tahun ini ada kenaikan lonjakan penumpang.yang menarik sejak natal dan tahun baru ada pola yang berubah,karena selama ASDP beroperasi lonjakan terjadi kebanyakan dari pulau jawa lebih tinggi dari pada pulau sumatera.akan tetapi sejak lebaran dan natal tahun ini,kita melihat bergeser. karena lonjakan yang terjadi pada puncaknya dari sumatera ke pulau jawa.

“Untuk tahun ini setelah menjelang natal,kita melihat ada peningkatan penumpang dari pulau jawa kesumatera sekitar 10 persen,kalau dari sumatera kepulau jawa mengalami kenaikan sekitar 19 persen.”Ujarnya

Jadi tentu saja lanjut Ira Puspadewi,kita ambil kesimpulan yang paling solid.adanya jalan tol itu meningkatkan minat orang sumatera untuk kepulau jawa bahkan pulau bali.

“Karena saat risset dengan pengguna jasa dari palembang ke bakauheni hanya memakan waktu kurang lebih tiga setengah sampai empat jam.padahal dulu sebelum adanya jalan tol bisa memakan waktu sepuluh sampai dua belas jam.”

Saya kira itu merupakan suatu fenomena yang positif dimana mobilitas orang jauh lebih mudah.Tambahnya

Selain itu,Ira Puspadewi juga memperkirakan lonjakan penumpang libur panjang hari natal tahun 2019 dan tahun baru (Nataru) tahun 2020 ,Akan Terjadi Pada Senin,(30/12/2019) dan Jum’at,(3/01/2020).

Antisipasi lonjakan tersebut pihak ASDP sudah mempersiapkan beberapa hal, terutama operasional ketertipan jalur.seperti jalur online dan jalur motor,baik yang menuju dermaga eksekutif ataupun yang reguler.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada pengguna jasa karena sudah tertip dalam melakukan pengantrian, karena dimana-mana saat memasuki liburan yang namanya antri pasti ada,”Tukasnya.

Untuk diketahui,usai meninjau loket pembelian tiket didermaga reguler,Ira Puspadewi Dirut PT.ASDP Indonesia Ferry (Persero),menuju dermaga eksekutif pelabuhan bakauheni.

Continue Reading

Trending