Connect with us

Lampung Selatan

Pemkab Lamsel Optimis Raih Juara Lomba UKS-TK Tingkat Nasional Tahun 2018

Avatar

Published

on

Lampung Selatan : Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan optimis raih juara Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Taman Kanak-kanak (TK) tingkat nasional tingkat tahun 2018.

Tahun ini Kabupaten Lamsel yang diwakili TK Ekadyasa Desa Branti Raya, Kecamatan Natar terpilih mewakili Provinsi Lampung dalam Lomba Sekolah Sehat UKS tingkat nasional setelah melalui berbagai tahapan seleksi yang panjang.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahtertaan Rakyat (Kesra) Pemkab Lamsel, Supriyanto, S.Sos, MM menyatakan, pihaknya optimis TK Ekadyasa terpilih menjadi juara 1 pada Lomba Sekolah Sehat UKS tingkat Nasional.

Sebab menurutnya, kegiatan pendidikan kesehatan dan pelayanan kesehatan di TK Ekadyasa maupun Prilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) sudah menjadi kebiasaan anak-anak termasuk para orang tuanya.

Insya Allah, kita optimis bisa menjadi yang terbaik ditingkat nasional. Karena memang kegiatan disini (TK Ekadyasa, red) sudah berjalan dengan baik,” kata Supriyanto,  Jumat (27/7/2018) kemarin.

Selain itu, Supriyanto menilai, lingkungan sekolah TK Ekadyasa cukup baik, dilihat dari segi kesehatan, kebersihan lingkungan, sarana prasarana, maupun aspek lainnya.

“Jadi, kita sifatnya hanya membina dan mensuport saja. Ini semuanya alami, silahkan nanti tim pusat yang akan menilai secara objektif,” katanya menambahkan.

Sementara, Ketua Tim penilai Ahyar, S.Sos dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan RI menyampaikan, Lomba Sekolah Sehat UKS telah dilaksanakan sejak tahun 1990.

Dia menjelaskan, dilaksanakannya lomba tersebut adalah sebagai apresiasi dari kegiatan UKS, yang sangat mendasar bagi kepentingan para peserta didik. Khususnya untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan Prilaku Hidup Bersih Sehat para peserta didik itu sendiri. Mulai dari lingkungan sekolah, maupun lingkungan rumahnya masing-masing,” ujar Ahyar pada acara penilaian di TK Ekadyasa.

Dia berharap, PHBS sudah terbiasa dan terkondisikan sedini mungkin, hingga peserta didik lulus sampai jenjang SMA kelak. “Mudah-mudahan TK disini akan terbiasa dengan sikap dan prilkau hidup sehat dikemudian hari,” katanya.

Disinggung hasil penilaian, dirinya belum bisa memberikan banyak gambaran. Namun katanya, ia beserta tim penilai lainnya akan melakukan penilaian yang seobjektif mungkin.

“Provinsi Lampung ini tidak pernah absen menjadi juara nasional. Mudah-mudahan tahun ini kembali bisa menjadi juara, kita lihat nanti hasilnya,” pungkasnya.

Reporter : Eko

Editor : Putra

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Apa Kabar Lampung

Pleno KPU Lamsel, Paslon Nanang-Pandu Ditetapkan Pemenang Pilkada

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), menggelar rapat pleno terbuka tentang penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada Lamsel 2020, Kamis (18/02/2021).
Rapat penetapan yang berlangsung di Aula Negeri Baru Resort (NBR) Kalianda itu, dalam rangka menindaklanjuti surat KPU RI nomor 152/PY.02.1-SD/03/KPU/II/2021 tanggal 11 Februari 2021 prihal penetapan pasangan calon terpilih pasca putusan Dissmisal/Ketetapan.
Kemudian, surat Mahkamah Konstitusi RI nomor 18.47/PAN.MK/PSPK/02/2021 tanggal 15 Februari 2021 prihal penyampaian salinan penetapan, lalu surat Mahkamah Konstitusi RI nomor 19.61/PAN.MK/PSPK/02/2021 tanggal 15 Februari 2021 prihal penyampaian salinan penetapan.

Adapun hasil rapat pleno tersebut menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati H. Nanang Ermanto dan Pandu Kesuma Dewangsa sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan terpilih dalam Pilkada Lampung Selatan tahun 2020, dengan perolehan suara sebanyak 158.987 suara.
Menurut Calon Bupati Lampung Selatan terpilih periode 2021-2026, H. Nanang Ermanto, kemenangan ini merupakan kemenangan masyarakat Lampung Selatan. Maka dari itu, ia mengajak kepada seluruh elemen untuk ikut bersinergi dalam membangun Kabupaten Lampung Selatan.
“Ini kemenangan masyarakat Lampung Selatan, tidak ada lagi permusuhan, tidak ada lagi yang namanya perpecahan, kita semua bersaudara. Kita semua harus bersatu membangun Kabupaten yang kita cintai ini,” kata Nanang, usai mengikuti rapat pleno tersebut.
Sementara itu, Ketua KPU Lampung Selatan, Ansurasta Razak mengatakan, usai dilakukannya penetapan, KPU akan memberikan hasil penetapan tersebut ke DPRD setempat, guna menindaklanjuti ke proses tahapan selanjutnya.
“KPU setelah penetapan akan menyampaikan kepada DPRD,” kata Aan. (Eko/rls)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Menang Telak, Tim Bupati Nanang Ermanto Tundukan Tim Kesebelasan Wartawan

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengikuti pertandingan sepakbola antara kesebelasan gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) melawan Kesebelasan wartawan dan Gabungan Pegawai Dinas Kominfo setempat, Jumat (29/01/2021).
Pertandingan berlangsung di Lapangan Desa Way Galih, Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan, tak jauh dari kediaman pribadi Bupati Lamsel, Nanang Ermanto.
Bupati yang masuk lapangan pada babak kedua bermain agak santai dan tidak ngotot guna mengimbangi tim lawan agar irama permainan seimbang.
Cuacapun bersahabat, tak seperti minggu-minggu lalu yang sempat diguyur hujan lebat, sehingga pertandingan full 2 babak. Diketahui, pertandingan sepakbola yang sangat digemari Bupati Lamsel Nanang Ermanto rutin dilakukan tiap hari Jumat tiap minggunya.
Hadir menyaksikan pertandingan persahabatan ini Sekretaris Daerah Lamsel Thamrin, Asisten Pemerintahan Dan Kesra Supriyanto, Staf Ahli Ekobang Burhanudin, Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Akar Wibowo, Plt Asisten Adum Darmawan dan sejumlah Camat.
Sampai berita ini ditulis, skor pertandingan adalah 6 – 2 untuk kemenangan Tim Bupati Nanang Ermanto, tampak Tim Wartawan gabungan Diskominfo Lamsel terseok-seok mengimbangi Tim Kesebelasan lawan. (Kmf/Tedi)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Teken MoU, Pemkot Bengkulu Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Lamsel

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menerima kunjungan Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan beserta jajaran di Aula Sebuku, rumah dinas bupati Lampung Selatan, Kamis (28/1/2021).
Tiba di rumah dinas bupati Lampung Selatan, Helmi Hasan disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin beserta pejabat utama dan Kepala OPD terkait, serta Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lampung Selatan, Agus Sartono.
Kedatangan adik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan itu dalam rangka menjalin kerjasama terkait pendayagunaan potensi daerah untuk meningkatkan kehidupan masyarakat yang religius.
Adapun, ruang lingkup Kesepakatan Bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Bengkulu dan Pemkab Lampung Selatan meliputi empat poin.
Pertama, koordinasi dan komunikasi antara kedua belah pihak. Kedua, harmoniasi dan sinkronisasi program dan kegiatan. Ketiga, penyediaan data dan informasi program unggulan daerah yang mendukung peningkatan kehidupan masyarakat yang relius.
Kemudian keempat, kerjasama meliputi bidang keagamaan, pendidikan, sosial, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, lingkungan hidup, administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, investasi dan penanaman modal.
Selanjutnya, bidang komunikasi dan informatika, koperasi usaha kecil dan menengah, kepemudaan dan olahraga, pariwisata, perdagangan dan perindustrian, serta bidang lainnya yang disepakati antara kedua belah pihak.
Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin menyambut baik adanya kerjasama antara Pemerintah Kota Bengkulu dan Pemkab Lampung Selatan dalam rangka pendayagunaan potensi daerah guna meningkatkan kehidupan masyarakat yang religius.
Untuk itu, dirinya menyatakan, Kesepakatan Bersama (MoU) tersebut harus ditindaklanjuti oleh masing-masing OPD terkait dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS).
“OPD harus segera menyiapkan dokumen Perjanjian Kerja Sama mengenai teknis pelaksanaan yang mengatur tentang hak dan kewajiban masing-masing pihak,” ujar Thamrin yang menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto.
Dalam kesempatan itu, Thamrin juga sempat memaparkan selayang pandang Kabupaten Lampung Selatan serta capaian program unggulan daerah yang telah dan atau akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan.
Diantaranya, pembangunan Agro Wisata Way Handak dengan luas 5 Hektar, yang bertujuan sebagai salah satu sarana edukasi bagi masyarakat, khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa dibidang pertanian dan perikanan.
Kemudian, ada juga pembangunan Taman dan Kebun Edukasi bagi masyarakat yang terletak di areal Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan. Lalu, pengembangan Kawasan Industri yang berada di Kecamatan Ketapang dan Kecamatan Katibung.
“Kabupaten Lampung Selatan juga menjadi daerah pengembangan kawasan pariwisata terintegrasi Bakauheni yang didukung oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Lampung, sekaligus sebagai salah satu program strategis nasional,” ungkap Thamrin.
Terkait Pelayanan Administrasi Kependudukan, Thamrin mengatakan, pihaknya telah menerapkan sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Online (PAKE OLI).
“Sistem PAKE OLI merupakan aplikasi perangkat lunak yang berbasis website. Aplikasi ini bertujuan memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen administrasi kependudukan tanpa harus datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Capil,” katanya.
Diakhir, Thamrin berharap, dengan adanya Kesepakatan Bersama itu, dapat saling menguntungkan, dan memberikan manfaat bagi masyarakat di kedua belah pihak.
Sementara, dalam sambutannya, Helmi Hasan menyampaikan, tujuan dari kerja sama itu adalah untuk saling berbagi kebaikan terkait program unggulan di masing-masing daerah.
Sebab menurutnya, disetiap daerah pasti memilki program unggulan yang dapat diterapkan guna meningkatkan kehidupan masyarakat yang religius.
“Inilah kenapa harus ada kerja sama antar daerah. Karena kebaikan disuatu daerah bisa kita ambil, sehingga kebaikan yang ada di satu daerah juga akan dirasakan oleh masyarakat di daerah lainnya,” ujar walikota yang terkenal religius ini.
Helmi Hasan menambakan, saat ini antara pemerintah daerah tidak lagi berbicara mengenai kompetisi. Akan tetapi kata dia, antara daerah satu dan daerah lainnya harus saling berkolaborasi dan bersinergi dalam setiap program unggulan.
“Sehingga harapannya daerah diseluruh NKRI akan lahir program-program yang membawa kebaikan bagi masyarakat. Maka hari ini kami mengajak para kepala OPD untuk banyak melihat Kabupaten Lampung Selatan. Kita ingin berkolaborasi dan bersinergi yang diharapkan berdampak positif bagi masyarakat Bengkulu,” kata Helmi Hasan. (Tedi/Kmf)

Continue Reading

Trending