Connect with us

Lampung Selatan

Sambut Idul Adha, Kesbangpol Lamsel Gelar Pengajian Akbar

Avatar

Published

on

Lampung Selatan : Menyambut Hari Raya Idhul Adha, Badan Kesbangpol Lampung Selatan gelar pengajiam Akbar yang dilaksanakan di Desa Banjar Agung Kecamatan Jati Agung Lamsel, Minggu malam (29/07/2018).
Kegiatan dihadiri langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol M. Darmawan yang diwakili oleh Sekretarisnya Indra Sunandar, SH dan dihadiri oleh KH Ahmad Abib (Pimpinan Ponpes Al Huda Desa Jati Mulyo Kecamatan Jati Agung, serta sekitar 300 orang masyarakat dan santri Ponpes Ulul Albab Desa Banjar Agung dan Ponpes Abdullah Bin Khalid Al Thani Desa Banjar Agung Lampung Selatan.
Sekretaris Badan Kesbangpol Lamsel Indra Sunandar SH mengatakan, kegiatan tersebut merupakan silaturahmi dengan masyarakat Desa Banjar Agung yang bertujuan ukhuwah Islamiyah dan menjaga persatuan dan kesatuan.
Dengan harapan, menjaga keamanan dan kenyamanan, serta mencegah paham radikalisme yang merupakan salah satu paham yang bertentang dengan Negara Indonesia.
“Salah satunya kemarin, kita baru melaksanakan Pilgub Lampung berjalan aman, meski perbedaan memilih itu, sangat yang wajar untuk itu mari kita bersatu kembali, karena pemilihan sudah selesai,” jelasnya.
“Acara ini, dilakukan bukan hanya di Desa Banjar Agung saja, namun kita lakukan di kecamatan-kecamatan lainnya,” jelasanya.
Sementara itu, disela kegiatan tersebut diselingi ceramah oleh KH Ahmad Abib (Pimpinan Ponpes Al Huda Desa Jati Mulyo Jati Agung). Dalam tausyiahnya mengatakan, seorang nabi yang diutuskan adalah Nabi Muhammad SAW yang terakhir, jadi tidak ada lagi selain Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an adalah kitab suci agama Islam. Umat Islam memercayai bahwa Al-Qur’an merupakan puncak dan penutup wahyu Allah hanya yang diperuntukkan bagi manusia, yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW.
“Manusia tempat orang yang salah, kalau ada orang yang salah cukup diobatin. Jangan sampai membela aliran sampai memutuskan persaudaraan. Kita memilik tuhan Allah, bukan tuhan manusia. Kenapa sekarang ini banyak tuhan agama atau aliran. Jadi tuhan kita Allah, bukan aliran. Allah maha tinggi dan Allah  maha tau,” jelasnya.
Kemudian lanjut dia, Kenapa membunuh sesama manusia masih terjadi, karena masih ada aliran kepercayaan. Berkelompok dan berorganisasi  tidak ada larangan, tetapi kita sama menjaga persatuan dan kesatuan. Sebagai umat muslim kegiatan keagamaan yang positif, seperti sholat berjamaah dimesjid.
“Mari kita menjaga persatuan dan perbedaan jangan sampai diributkan dan permasalahankan.  Ada orang menggunakan jenggot dan pakaiannya, tetapi kita lihat hatinya. Jangan disalahkan orang memelihara jenggot, jenggot adalah sunnah dan ajaran Nabi SAW,” terangnya.
Selian itu, kata dia, jangan dibedakan menggunakan jilbab yang besar dengan yang biasa, asalnya jangan pakai jilbab dengan pakaian yang ketat itu salah. Jadi pemakaian jilbab besar dengan panjang tidak usah dibedakan.
“Berharap Kesbangpol mengadakan seperti ini tidak hanya di Desa Banjar Agung, tetapi desa -desa lain juga diadakan seperti ini,” pungkasnya.
Reporter : Eko
Editor : Putra
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Lampung Selatan

Mahasiswa KKN Adakan Literasi Berkolaborasi dengan Busa Pustaka di SDN Cugung Lamsel

Redaksi LT

Published

on

Universitas LampungLampung Selatan : Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Lampung (Unila) Desa Cugung berhasil meningkatkan minat baca siswa/siswi di SDN Cugung melalui kegiatan literasi interaktif. Pada Rabu, 31 Januari 2024, mereka mengundang Busa Pustaka (Perpustakaan Keliling) ke sekolah tersebut.

Dengan tema “Mantra Buku: Merangsang Minat Baca untuk Masa Depan Cerah”, kegiatan ini menawarkan berbagai aktivitas literasi seperti membaca buku cerita bersama, belajar bahasa isyarat, bermain games terkait lingkungan sekitar, dan pembagian buku cerita untuk anak-anak SDN Cugung.

Heti Bairani, ketua pelaksana berharap, kegiatan literasi dan belajar bahasa isyarat di SDN Cugung dapat menjadi dorongan bagi semangat membaca dan inklusi, yang pada gilirannya meningkatkan literasi siswa.

Bairani menekankan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangkitkan minat siswa dalam menjelajahi ilmu pengetahuan dengan penuh kegembiraan. “Mari bersama-sama menciptakan suasana belajar yang inspiratif dan mendukung pertumbuhan kreativitas setiap anak,” ujarnya.

Nayla Syaqirotul Rizkiyah, mahasiswi KKN Unila, menambahkan, kegiatan ini juga dapat memberikan motivasi kepada anak-anak untuk meningkatkan semangat belajarnya dan meraih pengetahuan yang luas dari membaca buku.

Surya Insani, Koordinator Desa (Kordes) KKN Unila Desa Cugung, menyatakan, kecerdasan generasi bangsa dimulai dari kebiasaan rajin membaca buku. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal menuju kesuksesan generasi bangsa yang akan meneruskan perjuangan bangsa di masa depan.

Kegiatan ini dibuka langsung Kepala Sekolah SDN Cugung, dihadiri Mang Adi dari Busa Pustaka, serta volunteer Busa Pustaka dan mahasiswa KKN Unila 2024. Semua pihak berharap, kegiatan ini akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam meningkatkan minat baca siswa-siswi di SDN Cugung.

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lamsel MoU PKS Dengan PT. PLN

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampung today : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melakukan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT. PLN Persero Unit Induk Distribusi Lampung UP3 Tanjung Karang, Jum’at (26/01/2024).
Penandatangan MoU dan PKS yang berlangsung di ruang vicon rumah dinas bupati tersebut, membahas tentang Penyediaan Layanan Kelistrikan di Kabupaten Lampung Selatan.
Penandatanganan MoU dan PKS dilakukan antara Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Feri Bastian, Kepala Dinas Perhubungan Harizzon dengan Manager PT. PLN Persero Unit Induk Distribusi Lampung UP3 Tanjung Karang Donna Sinatra.

Penandatangan tersebut turut disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten, Thamrin beserta sejumlah pejabat utama dan Kepala Perangkat Daerah terkait dilingkup Pemkab setempat.
Pada kesempatan itu, Manager PT. PLN Persero Unit Induk Distribusi Lampung UP3 Tanjung Karang, Donna Sinatra menyampaikan, kesepakatan bersama ini merupakan sebagai landasan para pihak dalam melaksanakan kerjasama penyediaan layanan kelistrikan di Lampung Selatan.
“Dengan tujuan perjanjian kerjasama ini diantaranya untuk pengembangan Penerangan Jalan Umum (PJU) serta mekanisme update data survei titik lampu PJU di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Donna Sinatra.
Donna Sinatra mengatakan, perjanjian kerjasama ini juga sebagai pedoman dalam pelaksanaan pemungutan dan penyetoran pajak barang dan jasa tertentu atas tenaga listrik Pemerintah Daerah Lampung Selatan.
“Melalui kerjasama ini juga menjamin kelancaran penerimaan pendapatan asli daerah dan menjamin validasi keberadaan, kebenaran data dan dokumen penerimaan pajak barang dan jasa tertentu atas tenaga listrik melalui sistem web service,” ujarnya.
Sementara, pada kesempatan itu Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menekankan, kesepakatan bersama itu dijadikan pedoman kedua belah pihak untuk melakukan Perjanjian Kerja Sama agar membantu pembangunan di Lampung Selatan.
“Intinya saya minta kesungguhan kedua belah pihak. Ada kerja sama yang baik antara PT. PLN dengan pemerintah daerah dan perangkat daerah untuk mewujudkan sinergi dan optimalisasi terhadap program penyelenggaraan pelayanan kelistrikan ini,” ucap Nanang.
Lebih lanjut, Bupati Nanang menambahkan Pemerintah Daerah sangat berkomitmen untuk mengatasi permasalahan di Lampung Selatan dengan lebih cepat melalui langkah, inovasi dan program yang tengah diterapkan.
“Peran aktif dari seluruh pihak sangat dibutuhkan dalam membantu membangun Lampung Selatan. Salah satunya seperti menjamin ketersediaan sumber daya listrik di Kabupaten Lampung Selatan,” pungkasnya. (Kmf/ko)
Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pedagang Laris Manis di Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampung today : Kampanye akbar pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo – Mahfud MD menjadi keberkahan tersendiri bagi para pelaku usaha kecil.
Pendukung dari berbagai penjuru daerah di Lampung telah memadati lokasi kampanye di Lapangan Lampung Selatan Expo Gelora Bung.

Gelaran ini pun berdampak positif bagi beberapa pihak, salah satunya adalah para pedagang. Mulai dari penjual atribut untuk kampanye hingga para penjual makanan. Para pedagang tersebut tersebar di luar area Lapangan Lampung Selatan Expo (LSE) yang berada di pusat Kota Kalianda, hingga beberapa pedagang ada yang berjualan di dalam kawasan LSE.
Salah satu pedagang adalah Danang. Dia mengaku sengaja datang dari Kecamatan Palas, untuk menjual minuman dan makanan ringan. Dia mengatakan, sejak pagi sudah banyak dibeli sejumlah peserta yang hadir di kampanye akbar paslon Ganjar – Mahfud.
“Alhamdulillah mas, dagangan saya laris manis,” kata Danang seraya menyebutkan jualan minuman es dan pentol pedas, Senin (22/01/2023).
“Harga yang kita jual juga murah mas. Untuk es, segelas Rp. 3 ribu sampai Rp.5 ribu. Kalau Pentol Pedas saya jual Rp.10 ribu. Laku banget ini dari tadi alhamdulillah,” jelas Danang.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan Duaji. Pedagang asal Kecamatan Kalianda itu yang memanfaatkan momen kampanye akbar untuk berdagang buah-buahan segar.
“Buah-buahan ini saya jual 1 nya Rp10 ribu. Kalau beli dua saya jual Rp.15 ribu,’ kata Duaji.
Dilain sisi, pantauan di lokasi gelaran kampanye Akbar paslon capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar-mahfud. Sejak pagi hari, ribuan orang telah memadati kawasan Lampung Selatan Expo. Sebagian besar massa datang secara berkelompok dengan menggunakan bus, angkot, moda transportasi massal hingga membawa kendaraan motor pribadi. (Eko)
Continue Reading

Trending