Connect with us

Tulang Bawang

Bupati Winarti Lepas 291 Calhaj Tulangbawang

Avatar

Published

on

Tulangbawang : Bupati Tulangbawang, Hj. Winarti SE MH, secara resmi melepas jamaah calon haji asal Kabupaten Tulangbawang, 1439 Hijriah, Tahun 2018, Selasa (31/7/18).

Hadir pada pelepasan, para Anggota Forkopimda Kabupaten Tulangbawang, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional dilingkup Pemkab Tulangbawang, Kepala Kantor Kementerian Agama Tulangbawang, para Tokoh Masyarakat dan para Jamaah Calon Haji.

“Alhamdulillahirrabilalamin, wassalatu wassalamu ala asrafil ambiyai wamursalim, syaidina wa maulana Muhammadin, waala alahi, wasabbihi ajmain, ama badu. Labbaika Allahumma Labbaika. Labbaika La Syarika Laka Labbaika. Innal Hamda Wannimata Laka Wal Mulka.

Laa Syarika Laka,” ucap Bupati Tulangbawang Hj. Winarti SE MH saat memberikan sambutan.

“Dalam balutan nuansa iman dan Islam, segala puji dan rasa syukur yang mendalam, marilah kita persembahkan kehadirat Allah SWT Karena atas rahmat, ridho dan karunia-Nya, alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan, sehingga kita dapat hadir dan bersilaturahmi sekaligus melepas para jamaah calon haji,” ungkap Bunda Winarti.

“Pada hari ini, Insya Allah para calon jamaah haji Kabupaten Tulangbawang Tahun 2018 adalaj sebanyak 291 orang, dengan rincian laki-laki sebanyak 145 orang dan perempuan sebanyak 146 orang, akan segera berangkat menuju ke Tanah Suci,” imbuh Bupati Gotong Royong.

Dijelaskannya, ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima, dan bilamana sebagai hamba-Nya Allah yang mampu, mampu dalam artian bukan hanya mampu secara material, tetapi mampu secara mental spiritual, sekaligus sehat jasmani dan rohani untuk berhaji. Maka kemampuan itu merupakan modal dasar dalam menunaikan ibadah haji agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

“Selamat dan dapat kembali pulang dengan menyandang predikat haji mabrur. Saya mengharapkan agar berbagai persiapan yang telah dilakukan oleh para calon jamaah haji, seperti pengetahuan tata cara menunaikan ibadah haji dari pelatihan manasik haji dan buku-buku petunjuk, serta kesehatan jasmani dan rohani yang dimiliki, hendaknya dapat dijadikan sebagai bekal yang baik, dalam pelaksanaan ibadah haji, selaras dengan niat dan tekad yang tulus, serta iman dan taqwa terhadap Allah SWT,” pesannya.

“Mudah-mudahan selama dalam perjalanan maupun saat berada di Tanah Suci Mekkah nanti, saudara-saudara tidak dihadapkan dengan berbagai kendala yang berarti, termasuk mampu menyesuaikan diri dengan alam dan lingkungan Tanah Arafah, sehingga seluruh rangkaian dan rukun haji, baik wajib maupun sunnah dapat dilaksanakan dengan benar, khusyu’ dan tawadhu,” harap Bupati perempuan pertama di Kabupaten Tulangbawang tersebut.

Selain itu, tidak lupa Bunda Winarti juga menghimbau kepada Ketua Rombongan dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), Tim Kesehatan
Haji serta Ketua Regu yang telah dipercaya, agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga dapat membantu para jamaah calon jaji untuk melaksanakan ibadah haji dengan baik dan khusuk.

“Saya berpesan ketika di tanah Suci Makkah nanti, saudara-saudara dapat menjadi duta-duta Bangsa Indonesia yang baik. Karena sebagai tamu di negeri orang, saudara-saudara juga membawa nama dan citra bangsa kita, termasuk citra Kabupaten Tulangbawang, maka tunjukanlah rasa budaya gotong royong kita, jaga kesehatan, dan jangan lupa yang muda bantu yang tua,” tutupnya.

Adapun pada pelepasan jamaah guna penyempurnaan rukun islam ke lima ini, Ketua rombongan yang menerima Pataka adalah Irpan Toni, sementara jamaah calon haji asal Kabupaten Tulangbawang tertua adalah Parno Potaslim Mustopo umur 86 Tahun dan Rosminah Rusni Karjo umur 89 Tahun.

Selanjutnya jamaah calon haji asal Kabupaten Tulangbawang termuda adalah M. Ilham Rianda Irawadi umur 19 Tahun asal Menggala dan Tria Monika Safri umur 21 Tahun asal Menggala.

Jamaah calon haji asal Kabupaten Tulangbawang terbagi dalam 2 Kloter, pertama Kloter 33 bersama dengan jamaah calon haji asal Kabupaten Lampung Utara dan kedua Kloter 57 berjumlah 4 orang, bersama dengan jamaah calon haji asal Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat, Lampung Tengah, Lampung Timur, Metro, Pringsewu, Pesisir Barat, Way Kanan dan Lampung Utara.

Reporter : Arek
Editor : PutraTulamhbawang :

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Tulang Bawang

Kadis Pendidikan Tuba Warning Seluruh Kepsek SD dan SMP

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang : Kepala Dinas Pendidikan Tulangbawang Ami Iswandi Balaw meminta seluruh sekolah untuk selalu menjaga kebersihan khususnya kebersihan toilet sekolah baik toilet guru dan siswa. Kamis, 13 Juni 2024.

Hal tersebut disampaikan Ami Iswandi Balaw usai blusukan ke beberapa sekolah SD dan SMP di Tulangbawang.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Tulangbawang menemukan adanya beberapa sekolah yang kedapatan tidak menjaga kebersihan khususnya kebersihan toilet baik itu toilet guru dan siswa.

Tegas Ami Iswandi mengatakan untuk menjaga kebersihan toilet pihak sekolah bisa menggunakan dana BOS.

“Hati2 Kepala Sekolahnya kalau ada yang seperti ini lagi akan langsung diberi sanksi”. Tegas Kepala Dinas Pendidikan Tulangbawang

Sekali lagi ia meminta kepada seluruh kepala sekolah untuk menjaga kebersihan khususnya toilet. (Arek/Red)

Continue Reading

Tulang Bawang

KEREN Kadis Pendidikan Tuba Ajak MKKS Kompak Wujudkan SDM Berkualitas

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang : Hari pertama kerja, Kepala Dinas Pendidikan Tulangbawang Ami Iswandi Balaw langsung menyapa seluruh Kepala SMP Se Kabupaten Tulang Bawang.

Hal ini dilakukan pada saat Musda Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2024 yang digelar di SMPN 1 Penawartama, Selasa (11/06/2024)

Diawali dengan pantun pembuka, Ami sapaan akrabnya memeperkenalkan diri kepada seluruh kepala sekolah.

Dalam sambutannya Ami mengapresiasi musda yang dilaksanakan dengan demokratis, menurutnya ini mencerminkan kepemimpinan Yuni Untarmi periode 2020-2024 yang sangat demokratis dan ia berharap hal ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan oleh kepengurusan yang baru dibawah kepemimpinan Misnanto.

Lebih lanjut Ami mengutarakan bahwa MKKS merupakan mitra penting Dinas Pendidikan. MKKS adalah wadah Kepala Sekolah yang menjembatani dan memformulasikan pelaksanaan kebijakan pemerintah kabupaten dalam hal ini Dinas Pendidikan dan sebaliknya juga menjadi penyambung lidah saran dan masukan dari Guru.

Ia menambahkan selanjutnya Dinas Pendidikan akan menerapkan Standar Pelayanan Minimal bidang Pendidikan yang akan di kolaborasikan dengan 8 Standar Nasional Pendidikan menjadi landasan bersama demi mewujudkan misi Pemkab Tulang Bawang yakni mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Diakhir sambutannya kembali Kepala Dinas Pendidikan Tulangbawang Ami Iswandi Balaw meminta seluruh sekolah untuk mendukung program Pendidikan yang sudah di canangkan pemerintah pusat dan Pemkab Tulangbawang dalam bidang pendidikan. Arek/Red

Continue Reading

Today Criminal

Wartawan PWRI di Tusuk Orang Tak Di Kenal saat Bertugas di Tulang Bawang

Redaksi LT

Published

on

TULANG BAWANG—-Satu jurnalis media online dari organisasi Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) yang sedang bertugas ditusuk senjata tajam sebanyak 6 kali oleh Orang Tak Dikenal (OTK) saat bertugas.Jumat (23/2/2024).

Holidi wartawan media massa yang tergabung di DPC PWRI Tulangbawang mengalami penusukan saat sedang dalam perjalanan tepatnya terletak di Tiyuh (Desa) Penawar Jaya, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang.

Wartawan Holidi dan rekannya menjelaskan saat ditemui di rumah sakit tempat dirinya dirawat bahwa dirinya bersama rekannya AF saat di perjalanan sudah merasakan kecurigaan karena mobil mereka dibuntuti orang yang tidak mereka kenali dan mobilnya pun hampir diserempet.

“Saat di perjalanan kami berdua melewati jalan sepi, kami sudah curiga kepada orang yang membuntuti kami, itupun saya sampaikan kepada rekan saya jangan berhenti. tetapi mobil selalu dipepet oleh mereka,” kata Holidi.

Hingga, lanjut Holidi, mobil mereka ditabrak pada bagian belakang, bahkan kaca ikut dipecahkan. Sehingga mereka berhasil membuka pintu mobil yang dikendarai holidi dan rekannya.

“Ketika itu kawanan OTK mengarahkan senjata ke arah saya. Mereka menggunakan senjata payan (tombak) dan pedang panjang. Saya mencoba menghindari senjata mereka karena mereka mengincar perut, sehingga paha dan kaki saya terkena tusukan serta sabetan senjata tajam,” jelasnya.

Usai mengalami pertikaian, para pelaku dengan cepat meninggalkan lokasi kejadian.“Setelah melakukan penusukan mereka pun cepat pergi. Para pelaku ada lima orang,” tambahnya.

Anggota DPC PWRI Tulang Bawang Holidi mengalami luka tusukan sebanyak enam tusukan pada bagian paha kiri, kanan, dan ada juga di bagian kaki.

Kini Holidi telah tengah dirawat di rumah sakit Penawar Medical dan terbaring lemah, atas kejadian tersebut pihak keluarga korban telah melaporkan kejadian tersebut ke Polres Tulang Bawang dan berharap kasus cepat ditangani dan pelaku segara di tangkap.

“Pihak keluarga sudah lapor ke Kantor Kepolisan, keluarga berharap besar pada pihak Aparatur Penegak Hukum dapat segera menangkap orang-orang itu (Pelaku). (Red)

Continue Reading

Trending