Connect with us

Advetorial

Agung Ilmu Mangkunegara, Pemimpin Muda Kreatif, Cepat dan Merakyat

Avatar

Published

on

Lampung Utara : Sejak dilantik menjadi Bupati Lampung Utara periode 2014-2019, Agung Ilmu Mangkunegara S.S.T.P, M.H. ditasbihkan menjadi Bupati termuda se Provinsi Lampung dengan usia 32 tahun. Dengan usia yang terbilang muda, banyak yang meragukan kemampuannya dalam mengelola sebuah Kabupaten yang sangat tua di Provinsi Lampung ini.

Seiring berjalannya waktu, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara akhirnya menjawab keraguan semua pihak yang meragukan kepemimpinannya, dengan tindakan nyata membangun Lampung Utara yang lebih baik dengan delapan program prioritas Pemerintahannya yakni tentang keamananan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, lingkungan hidup, ekonomi, agama, dan Tata Kelola Pemerintahan (ASN).

Bupati Agung Ilmu Mangkunegara merupakan putra mantan Bupati Way Kanan, Tamanhuri. Tepat pada tanggal 17 Agustus nanti, ia berusia 36 tahun.

Pria kelahiran asli Kotabumi, Lampung Utara, tahun 1982 ini, sebelum terpilih menjadi Bupati, menjabat sebagai Camat Tanjung Senang, Kota Bandarlampung. Masa awal kariernya di pemerintahan adalah sebagai sekretaris lurah Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Dan, ia sebagai salah satu almamater Institut Pemerintahan Dalam Negeri dan Universitas Bandar Lampung.

Penggemar berat Presiden Pertama Republik Indonesia ini selalu menekankan semangat Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas kepada seluruh bawahannya mulai dari tingkat jajaran Pemerintahan di Kabupaten hingga Pemerintahan di Desa. Dengan semangat itu, ia terbukti mampu membawa Lampung Utara ke arah perubahan yang lebih baik dan nyata.

Pembenahan dan penataan pembangunan baik di dalam kota maupun di Desa terus dilakukan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara dan jajarannya, sesuai dengan komitmennya meningkatkan kualitas serta pertumbuhan perekonomian masyarakat Lampung Utara.

Penataan kota dan pembangunan Desa yang menggunakan dana APBD, kini telah dirasakan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari mempercantik tempat-tempat kongkow seperti taman disejumlah titik lokasi yang berada di Tugu Bundaran Payanmas, Tugu Alamsyah Ratu Prawira Negara, sampai di Taman Sahabat (TS) dan taman di prempatan Jalan Pahlawan Kotabumi. Untuk Akses jalan baik di Kota dan di Desa, yang tadinya begitu sulit dilalui, kini dengan mudah dapat dilewati, dengan berbagai peningkatan jalan dari onderlagh ke hotmix dan lain sebagainya.

Dengan semangat jiwa muda nan energik, Bupati Agung tidak suka hanya duduk dibelakang meja sembari menerima laporan ABS (Asal Bapak Senang). Dia tak sungkan-sungkan, terjun langsung ke masyarakat, untuk melihat secara langsung program-program Pemerintahannya, dan mendengarkan langsung keluhan masyarakat, apa yang dirasa kurang dalam Pemerintahannya. Dan, Bupati Agung tidak suka dengan yang bertele-tele, sesuai dengan semangatnya Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lampung Utara, Sanny Lumi, mengatakan, bahwa berdasarkan data yang dimiliki Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah menyebutkan kalau delapan program prioritas Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah berjalan lebih dari 99 persen. Kedelapan program tersebut, masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2016-2021.

” Berjalannya delapan program prioritas itu melalui leading sektornya masing-masing seperti dibidang keamananan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, lingkungan hidup, ekonomi, agama, tatakelola pemerintahan (ASN),” ujarnya.

Di bidang infrastruktur, lanjutnya, masyarakat secara langsung berbicara kepada awak media bahwa dimasa kepemimpinan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, sudah jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Lalu dibidang keamanan bersama masyarakat Pemkab Lampung Utara dengan jajaran Polri dan TNI terus bergandengan tangan dalam menciptakan kenyamanan. Hal itu dapat dilihat dengan berjalannya siskamling dan angka tindak kriminalitas kian tahun semakin menurun berdasarkan data dari BPS, Polres, dan Kejaksaan Negeri Lampung Utara.

Dibidang kesehatan sesuai dengan perkembangan serta perubahan cuaca (pancaroba) kondisi masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari berjalan normal. Dibidang lingkungan hidup Pemkab Lampung Utara selain menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada, juga terus berusaha melakukan terobosan untuk menjaga keasrian daerah setempat.

Lebih jauh, dipaparkan Sanny Lumi, delapan program prioritas Pemkab Lampung Utara itu saat ini telah bisa dikatakan berjalan normal dan 99 persen. Hal itu dapat juga dilihat dari salah satu bidang keagamaan, Pemkab juga meluncurkan program wisata rohani dan umroh untuk umat islam.

Lalu di bidang ekonomi, selain mempermudah petani untuk terjangkaunya harga pupuk, bibit juga telah tersalurkannya berbagai bantuan untuk para petani. Hal tersebut diharapakan bisa mendorong peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Selain itu di bidang tatakelola pemerintahan (ASN) dibawah komando tim GDN juga berjalannya sistem sidak yang dilakukan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara, guna mengecek kinerja masing-masing satker dalam menjalankan pungsulinya.

” Untuk ini bupati selalu mengajak seluruh ASN bisa menjalankan tugas dan pungsi masing-masing dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan kata lain delapan program prioritas telah sukses,” tukasnya. ( ADV ) / Alex BW

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advetorial

Pembagian BLT DD Tahap ll Kampung Bumi Sari Mulai Di Salurkan Ke Warga

Redaksi LT

Published

on

TULANG BAWANG : Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Di Kampung Bumi Sari Di laksanakan di Balai Kampung Bumi Sari Kecamatan Rawa Pitu Minggu 28/06/2020

Pembagian tersebut di hadiri oleh Bapak Sekcam, Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPK dan para tokoh lain nya. Pembagian tersebut berjalan lancar Aman dan Kondusif.

Jumlah penerima bantuan tersebut sebanyak 73 KK, yang sudah di data melalui RT dan RK Dan di ketahui oleh BPK. Pendataan tersebut melalui seleksi siapa siapa saja yang wajib menerima bantuan tersebut. Guna mengurangi beban masyarakat yang terdampak Covid 19.

Dan kedepan nya masih ada lagi satu kali jumlah 600rb, Setelah ada keputusan resmi dari pemerintah Daerah dan Pusat akan ada 3 bulan sampai September dengan jumlah yang tidak sama. Dengan 3bulan awal yaitu 300 perbulan. Ujar Bapak Andi Hajar Pranoto selaku Kepala Desa Bumi Sari

Harapan dari Bapak Andi selaku Kepala Kampung Bumi Sari, Bagi warga penerima bantuan tersebut dapat di gunakan sebagai mesti nya untuk keperluan keluwarga. Jangan sampai di pergunakan untuk hal hal yang tidak penting.

Warga yang mendapatkan Bantuan Langsung Tunai BLT DD tersebut sangat senang, Dan mengucapkan terimakasih Kepada Pemerintah. Yang menyalurkan Bantuan tersebut melalui Dana Desa (DD) Karna dari bantuan tersebut dapat meringankan beban kami yang saat ini terdampak Covid 19. Ujar salah satu warga. (ADV/Agus)

Continue Reading

Advetorial

Arinal Djunaidi : Kinerja Pansus DPRD Lampung OKE

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung : Paripurna Pembicaraan Tingkat II Laporan Panitia Khusus LKPJ Kepala Daerah Provinsi Lampung Tahun 2019, di Ruang Sidang DPRD Provinsi Lampung, Bandarlampung berlangsung lancar, Rabu (5/6/2020).

Dalalm paripurna tesebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi kinerja Panitia Khusus (Pansus) DPRD Lampung yang telah mencermati dan menelaah, serta memberikan rekomendasi LKPJ Kepala Daerah Akhir TA 2019.

Orang nomor satu di Lampung itu mengaku akan menindaklanjuti rekomendasi tersebut sebagai pertimbangan penyusunan program Eksekutif dan Legislatif.

Gubernur juga menuturkan bahwa rekomendasi DPRD merupakan catatan-catatan strategis yang berisikan saran, masukan dan/atau koreksi terhadap penyelenggaraan urusan desentralisasi/konkuren, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan. (ADV).

Continue Reading

Advetorial

DPRD Lampung : OTDA Harus Dampingi TIM Pemekaran 3 Kabupaten

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung : DPRD Lampung mengimbau Pemerintahan dan Otonomi Daerah (OTDA) Provinsi Lampung mendampingi panitia pemekaran Kabupaten Sungkai Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Seputih Timur dan Kabupaten persiapan Lampung Seputih Barat.

“Panitia pemekaran dan penyuluhan hukum secara terpadu pada masyarakat dengan melibatkan aparat hukum terkait yaitu kepolisian dan kejaksaan, ” ujar juru bicara Pansus DPRD Lampung, Siti Rahma, Jumat (5/6/2020).

Menurutnya, produk hukum yang sudah ada seperti pemberian bantuan hukum bagi masyarakat agar peraturan daerah yang telah disahkan sesuai, dengan segera ditindaklanjuti dengan peraturan pembangunan terkait dengan adanya tupoksi.

“Sehingga ke depannya tiga kabupaten pemekaran tersebut dapat terwujud, ” ungkapnya.

Namun, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Lampung, Nirlan belum bisa memastikan hal itu.

Pihaknya perlu ada pembicaraan dengan DPRD Lampung.

“Terkait pemekaran tiga kabupaten tersebut tidak masalah.
Hanya saja masih terhenti pembahasannya di pusat sejak 2016 lalu,” ujarnya.
Nirlan menegaskan pada intinya semua tergantung pusat. Pemprov Lampung hanya memfasilitasi saja.

“Memang benar ada tiga kabupaten yang sudah masuk pembahasan di pusat. Sementara Kabupaten Natar Agung belum, karena sampai saat ini belum ada pembahasan di DPRD dan pemerintah daerah,” tutur dia. (ADV).

Continue Reading

Trending