Connect with us

Advetorial

Agung Ilmu Mangkunegara, Pemimpin Muda Kreatif, Cepat dan Merakyat

Published

on

Lampung Utara : Sejak dilantik menjadi Bupati Lampung Utara periode 2014-2019, Agung Ilmu Mangkunegara S.S.T.P, M.H. ditasbihkan menjadi Bupati termuda se Provinsi Lampung dengan usia 32 tahun. Dengan usia yang terbilang muda, banyak yang meragukan kemampuannya dalam mengelola sebuah Kabupaten yang sangat tua di Provinsi Lampung ini.

Seiring berjalannya waktu, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara akhirnya menjawab keraguan semua pihak yang meragukan kepemimpinannya, dengan tindakan nyata membangun Lampung Utara yang lebih baik dengan delapan program prioritas Pemerintahannya yakni tentang keamananan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, lingkungan hidup, ekonomi, agama, dan Tata Kelola Pemerintahan (ASN).

Bupati Agung Ilmu Mangkunegara merupakan putra mantan Bupati Way Kanan, Tamanhuri. Tepat pada tanggal 17 Agustus nanti, ia berusia 36 tahun.

Pria kelahiran asli Kotabumi, Lampung Utara, tahun 1982 ini, sebelum terpilih menjadi Bupati, menjabat sebagai Camat Tanjung Senang, Kota Bandarlampung. Masa awal kariernya di pemerintahan adalah sebagai sekretaris lurah Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Dan, ia sebagai salah satu almamater Institut Pemerintahan Dalam Negeri dan Universitas Bandar Lampung.

Penggemar berat Presiden Pertama Republik Indonesia ini selalu menekankan semangat Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas kepada seluruh bawahannya mulai dari tingkat jajaran Pemerintahan di Kabupaten hingga Pemerintahan di Desa. Dengan semangat itu, ia terbukti mampu membawa Lampung Utara ke arah perubahan yang lebih baik dan nyata.

Pembenahan dan penataan pembangunan baik di dalam kota maupun di Desa terus dilakukan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara dan jajarannya, sesuai dengan komitmennya meningkatkan kualitas serta pertumbuhan perekonomian masyarakat Lampung Utara.

Penataan kota dan pembangunan Desa yang menggunakan dana APBD, kini telah dirasakan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari mempercantik tempat-tempat kongkow seperti taman disejumlah titik lokasi yang berada di Tugu Bundaran Payanmas, Tugu Alamsyah Ratu Prawira Negara, sampai di Taman Sahabat (TS) dan taman di prempatan Jalan Pahlawan Kotabumi. Untuk Akses jalan baik di Kota dan di Desa, yang tadinya begitu sulit dilalui, kini dengan mudah dapat dilewati, dengan berbagai peningkatan jalan dari onderlagh ke hotmix dan lain sebagainya.

Dengan semangat jiwa muda nan energik, Bupati Agung tidak suka hanya duduk dibelakang meja sembari menerima laporan ABS (Asal Bapak Senang). Dia tak sungkan-sungkan, terjun langsung ke masyarakat, untuk melihat secara langsung program-program Pemerintahannya, dan mendengarkan langsung keluhan masyarakat, apa yang dirasa kurang dalam Pemerintahannya. Dan, Bupati Agung tidak suka dengan yang bertele-tele, sesuai dengan semangatnya Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lampung Utara, Sanny Lumi, mengatakan, bahwa berdasarkan data yang dimiliki Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah menyebutkan kalau delapan program prioritas Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah berjalan lebih dari 99 persen. Kedelapan program tersebut, masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2016-2021.

” Berjalannya delapan program prioritas itu melalui leading sektornya masing-masing seperti dibidang keamananan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, lingkungan hidup, ekonomi, agama, tatakelola pemerintahan (ASN),” ujarnya.

Di bidang infrastruktur, lanjutnya, masyarakat secara langsung berbicara kepada awak media bahwa dimasa kepemimpinan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, sudah jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Lalu dibidang keamanan bersama masyarakat Pemkab Lampung Utara dengan jajaran Polri dan TNI terus bergandengan tangan dalam menciptakan kenyamanan. Hal itu dapat dilihat dengan berjalannya siskamling dan angka tindak kriminalitas kian tahun semakin menurun berdasarkan data dari BPS, Polres, dan Kejaksaan Negeri Lampung Utara.

Dibidang kesehatan sesuai dengan perkembangan serta perubahan cuaca (pancaroba) kondisi masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari berjalan normal. Dibidang lingkungan hidup Pemkab Lampung Utara selain menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada, juga terus berusaha melakukan terobosan untuk menjaga keasrian daerah setempat.

Lebih jauh, dipaparkan Sanny Lumi, delapan program prioritas Pemkab Lampung Utara itu saat ini telah bisa dikatakan berjalan normal dan 99 persen. Hal itu dapat juga dilihat dari salah satu bidang keagamaan, Pemkab juga meluncurkan program wisata rohani dan umroh untuk umat islam.

Lalu di bidang ekonomi, selain mempermudah petani untuk terjangkaunya harga pupuk, bibit juga telah tersalurkannya berbagai bantuan untuk para petani. Hal tersebut diharapakan bisa mendorong peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Selain itu di bidang tatakelola pemerintahan (ASN) dibawah komando tim GDN juga berjalannya sistem sidak yang dilakukan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara, guna mengecek kinerja masing-masing satker dalam menjalankan pungsulinya.

” Untuk ini bupati selalu mengajak seluruh ASN bisa menjalankan tugas dan pungsi masing-masing dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan kata lain delapan program prioritas telah sukses,” tukasnya. ( ADV ) / Alex BW

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Advetorial

Reses DPRD Mesuji, Serap Seluruh Aspirasi Masyarakat

Redaksi LT

Published

on

MESUJI : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mesuji menggelar kegiatan Reses pimpinan dan anggota dewan masa sidang ke 1 daerah pemilihan Dapil V tahun anggaran 2019. Bertempat di balai desa Wirabangun, Kecamatan Simpang Pematang, Selasa(19/2/2019).

Pada kesempatan reses tersebut dihadiri enam anggota dewan dari dapil V yakni meliputi wilayah Kecamatan Simpang Pematang dan Panca Jaya. Adapun anggota dewan yang hadir yakni Mego dari partai PDIP, Supriyanto dari partai PAN, Suyadi partai Gerindra, Mustawi partai Nasdem, Rulyana partai Gerindra, Haryati Canderalela partai Golkar, sementara Cik Husin dari partai Demokrat berhalangan hadir.

Kades Wirabangun, Ari Sarjono dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya sangat senang serta menyambut baik kegiatan tersebut. Pasalnya, pada moment itulah masyarakat bisa menyampaikan aspirasi secara langsung, dan bertatap muka dengan para wakilnya di DPRD Kabupaten Mesuji.

“Saya menyambut baik kegiatan ini, dan saya berharap kepada masyarakat khususnya warga saya, agar bisa memanfaatkan moment ini untuk menyampaikan keluh-kesahnya, kesulitannya kepada para wakil kita yang ada di Kabupaten,”ujarnya.

                                                       Suasana Reses Dapil V Anggota DPRD Kabupaten Mesuji ( ADV)

Hal senada disampaikan Sekretaris Camat Simpang Pematang Ade Erlina Indah.ST., mewakili Camat yang berhalangan hadir, bahwa kegiatan reses ini merupakan ajang untuk menyerap aspirasi masyarakat, dalam segala bidang.

“Jadi, pada moment ini sampaikanlah apa saja yang menjadi kebutuhan dan permasalahan masyarakat khususnya di Desa Wira Bangun ini. Sebab, moment ini sangat langka dan hanya dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun anggaran,”ucapnya.

Pada kesempatan reses tersebut, ada beberapa hal yang menjadi keluhan masyarakat Desa Wira Bangun yakni terkait masalah pemekaran desa, honor bpd, masalah infrastruktur jalan yang rusak akibat pembangunan tol, dan dibidang pertanian masalah bantuan bibit padi dari pemerintah yang kurang cocok ditanam di wilayah Desa setempat.

                                                     Suasana Reses Dapil V Anggota DPRD Kabupaten Mesuji ( ADV)

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, anggota dewan yang hadir berjanji akan segera membahas ditingkat kabupaten bersama dengan dinas instansi terkait guna mencarikan solusi dan mewujudkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat disana.

Seperti disampaikan Mego selaku koordinator reses pimpinan dan anggota dewan di dapil V mengatakan, pihaknya telah menampung berbagai aspirasi masyarakat tersebut dan memastikan akan segera membahas ditingkat lembaga DPRD bersama dinas terkait agar segera dapat dicarikan solusinya.

                                                   Suasana Reses Dapil V Anggota DPRD Kabupaten Mesuji ( ADV)

“Segala permasalahan sudah kami tampung, karena ini sudah menjadi salah satu tugas dan kewajiban kami sebagai wakil rakyat, untuk memperjuangkan apa yabg dibutuhkan dan menjadi kesulitan masyarakat. Untuk itu, hasil reses ini akan kita bahas bersama dinas terkait, agar bisa segera dicarikan solusi penyelesaiannya,”kata mego.

                                                       Suasana Reses Dapil V Anggota DPRD Kabupaten Mesuji ( ADV)

Masih dengan agenda yang sama, usai mengadakan reses di Desa Wira Bangun, rombongan anggota DPRD Mesuji melanjutkan kegiatan reses di Desa Jaya Sakti, Kecamatan Simpang Pematang. Rencananya, besok rombongan ini akan menggelar reses di Desa Adi Luhur, Kecamatan Panca Jaya.

Reporter : Erwan EP
Editor : Red

Continue Reading

Advetorial

Bupati Loekman Resmikan Penggilingan Padi

Redaksi LT

Published

on

Lampung Tengah : Bupati Loekman resmikan penggilingan padi dan produksi Padi Sehat Gasera binaan PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) bersama Lembaga Amil Zakat (Laznas) BSM Umat

Bupati Lampung Tengah menjelaskan adanya program ini tentunya sangat menguntungkan Pemerintah daerah dan para Petani di Kampung Rejo Asri Seputih Raman sehingga dengan adanya padi Sehat ini akan meningkat kan kesejahteraan masyarakat Kampung Rejo Asri ujarnya. (18/2/2019).

Adanya produk padi sehat tanpa bahan Kimia,bisa menjadi contoh para petani lainya agar bisa melakukan nya,dengan adanya padi tanpa Bahan kimia,ini lebih baik untuk kesehatan.

“Loekman juga pinta dedak hasil penggilingan Beras Sehat jangan di jual tempat Lain,kita akan ambil untuk pembuatan pakan ikan,nanti kordinasi dengan dinas Perikanan dan Peternakan kita punya program pembuatan pakan ikan ,dengan memakai dedak dari Padi Sehat pasti akan baik untuk budidaya ikan. Bebernya.

Direktur Mandiri Syariah Putu Rahwidhiyasah menjelaskan dengan peluncuran Desa Berdaya Sejahtera Mandiri di Desa Rejo Asri, desa BSM merupakan program yang dilakukan dalam upaya penguatan ekonomi, sosial dan lingkungan melalui pengembangan sumberdaya lokal.

“Desa Berdaya Sejahtera Mandiri juga merupakan salah satu kontribusi Mandiri Syariah sebagai upaya mendukung pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional,” jelas Putu.

Mandiri Syariah senantiasa berusaha menyelaraskan antara kepentingan ekonomi (profit), sosial, dan lingkungan hidup (planet) sehingga mampu mendorong terciptanya pertumbuhan yang berkelanjutan.

“Semoga keberadaan Desa Berdaya Sejahtera Mandiri ini memberi manfaat bagi petani, dan apa yang kami lakukan menjadi berkah bagi negeri,” tambah Putu.

Program Desa Berdaya Sejahtera Mandiri pada tahun ini menyasar sektor pertanian dengan memberdayakan kelompok-kelompok tani melalui pengembangan klaster usaha agribisnis (hulu-hilir).

Ada 100 orang petani sebagai pemetik manfaat (mustahik) di Desa Rejo Asri ini dengan luas lahan 25 Ha dari total luas lahan pertanian di lokasi program seluas 670 Ha.

Adapun total biaya yang dikeluarkan untuk program ini sekitar Rp3,7 miliar dengan jangka waktu selama dua tahun.

Penguatan usaha pertanian yang akan dilakukan, yaitu mengembangkan pola pertanian ramah lingkungan (pertanian sehat) sebagai upaya menjaga sistem pertanian yang berkelanjutan.

Secara umum konsep pertanian sehat saat ini terus didorong pengembangannya di seluruh dunia yang dilakukan melalui pendekatan “Good Agricultural Practices” (GAP).

Secara mendasar konsep pertanian sehat merupakan sebuah proses dalam budidaya tanaman yang memprioritaskan pada penggunaan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan, efisien (mudah-murah) namun tetap dapat menjaga produktivitas serta kualitas hasil pertanian.

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Lampung Tengah, Edi Daryanto menyambut baik program Desa BSM yang diluncurkan Mandiri Syariah, karena bisa mendorong peningkatan kesejahteraan petani untuk menghasilkan pangan sehat.

Ia menjelaskan, Kabupaten Lampung Tengah merupakan daerah yang mempunyai areal tanam padi cukup luas mencapai 82.000 ha, dan yang terbesar berada di Kecamatan Seputih Raman seluas 7.025 ha.

Pihaknya terus mendorong petani untuk melaksanakan budidaya padi sehat, yang telah dilakukan di beberapa titik di Lampung Tengah, salah satunya di Desa Rejo Asri.

“Kami harapkan apa yang telak dilakukan oleh Gapoktan Subur Asri bersama Syariah Mandiri bisa dicontoh oleh petani atau kelompok petani lainnya untuk mengembangkan pertanian sehat.ujarnya (ADV).

Continue Reading

Advetorial

Bupati Lampung Tengah Tinjau Korban Banjir

Redaksi LT

Published

on

Bupati Lampung Tengah : Bupati Loekman Djoyosoemarto meninjau korban banjir di Kampung Negara Aji Tua dan Selagai Lingga, Minggu (17/2/2019).

Bupati Lampung Tengah Tinjau Korban Banjir .

Loekman berjanji akan terus memonitor banjir di Kecamatan Anak Tuha, Padang Ratu, dan Selagai Lingga.

“Meski dari peninjauan hari ini sudah sedikit surut dan tidak mengkhawatirkan. Besok saya tetap akan rapat dengan seluruh OPD membahas musibah ini. Saya juga khawatir di daerah hulu ada air kiriman. Meski disini tidak hujan tetapi di atas hujan jelas banjir,” jelasnya.

Menurutnya, di Lampung Tengah Kecamatan Pubian menjadi daerah rawan banjir. Musibah kali ini telah merusak tiga jembatan dan rumah warga terendam banjir sampai pada ketinggian 2 meter.

“Selain itu, pemerintah daerah masih menunggu hasil data dari pihak kecamatan, serta upaya untuk tanggul yang jebol dan jembatan yang putus segera mungkin diperbaiki. Setelah dari Anak Aji Tua, saya juga akan meninjau ke pubian, Padang Ratu.

Untuk korban banjir dari Dinas Sosial melalui bupati memberikan bantuan secara simbolis dan bantuan tahap pertama karna bantuan untuk tahap kedua akan dikirim segera mungkin mengingat kejadian ini merupakan musibah,”Bebernya.

Kita sudah perintahkan camat dan opd untuk stanbay 24 Jam, khusus daerah daerah yang Rawan Banjir,agar saling Kordinasi , sehingga bila ada daerah Kecamatan yang terkena banjir susulan kita bisa Langsung Tangani, minimal bantuan sementara dan persiapan Pengungsi akan kita Siapkan ujarnya. (ADV).

Continue Reading

Trending

%d blogger menyukai ini: