Connect with us

Metro

Pemko Metro Gelar Rakor Bulanan

Published

on

Metro : Pemerintah Kota Metro melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) bulan Agustus yang berlangsung di Aula Kantor Pemerintah setempat, Senin (06/08)

Rakor bulanan tersebut dihadiri oleh Walikota, Wakil Walikota, Sekda, Asisten Sekda, Staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian, Camat dan Lurah se- Kota Metro.

Walikota Metro A. Pairin yang memimpin Rakor tersebut langsung meminta kepada para Lurah untuk menyampaikan sisi permasalahan apa saja yang tengah ramai di kalangan Masyarakat. Salah satu pembahasan dalam Rakor yakni terjadinya musibah kebakaran rumah yang menimpa salah satu Warga Metro Pusat atas nama Bapak Suyono, dengan taksiran kerugian material hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Secara tegas Walikota mengimbau kepada seluruh Peserta Rakor untuk turut berpartisipasi memberikan bantuan seikhlasnya kepada Korban kebakaran, dan bantuan yang diberikan tersebut bisa diserahkan melalui Kepala Bagian Tapem (Pemerintahan dan Pembangunan) Sekretariat Daerah Kota Metro.

“Bantuan ikhlas dari Saudara sekalian, sangatlah membantu meringankan beban Korban agar bisa kembali bersemangat dalam melanjutkan kehidupannya. Meskipun bantuan Saudara hanya sebatas Kayu atau Paku yang sudah pasti sangat dibutuhkan untuk membangun kembali tempat tinggalnya, dan pembangunan Rumah tetap diatas Tempat Kejadian Perkara (TKP) atau dilokasi yang sama,” tegas.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Maryati menjelaskan mengenai Vaksin Campak Rubella yang banyak dipertanyakan oleh Masyarakat terkait kehalalan serta dampak yang ditimbulkannya. Adanya pro kontra tersebut maka masih ditunggu hasil uji coba Lab, yang nantinya Kementerian Kesehatan dan MUI akan bersepakat untuk mempercepat ketetapan sertifikasi halal atau tidaknya Vaksin tersebut.

“Kami telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan Kementerian Kesehatan mengenai Vaksin tersebut, karena notabene nya Vaksin yang diberikan adalah untuk mencegah Penyakit atau Penyebaran Virus,” papar Maryati.

Wakil Walikota Metro Djohan turut menambahkan, bahwa para Lurah diminta untuk mengimbau Masyarakatnya agar memasang umbul-umbul serta turut membersihkan Lingkungan Kelurahan, sehingga semarak 17-an bisa terlihat meriah dan mengesankan.

“Perjuangan Kita dalam mempertahankan Kemerdekaan harus terus berlanjut, dengan cara memberikan sumbangsih terbaik melalui bidang yang Kita tekuni, demi kemajuan Bangsa dan pemerataan kesejahteraan Masyarakat,” ungkapnya.

Sementara dari lintas Vertikal BPJS Kesehatan Kota Metro menegaskan, terkait berita Hoax mengenai pelayanan Operasi Katarak dan Kelahiran Bayi yang dihapuskan. Pihak BPJS tetap memberikan pergantian Operasi Katarak dengan standar Operasi, dan Bayi juga tetap mendapatkan pelayanan jaminan kesehatan melalui Ibunya, dengan catatan Bayi tersebut sehat dan tidak mengalami kelainan.

Reporter : Zuli Ardiansyah
Editor : Putra

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Metro

Pemkot Metro Terima Penghargaan APE dan Kota Layak Anak Oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Published

on

METRO        :  Pemerintahan Kota Metro menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Madya serta Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Pratama oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, di Mahan Agung, Sabtu Malam (27/11/2021).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam hal ini menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 Kategori Utama dan Penghargaan UPTD PPA untuk Provinsi Lampung atas terbentuknya UPTD di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Gubernur Arinal dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya terus mengupayakan pemberdayaan perempuan agar dapat berkontribusi positif dalam pembangunan serta mengupayakan dalam hal perlindungan dan pemenuhan hak anak untuk menjadikan generasi penerus yang berkualitas.

“Hal tersebut menjadi komitmen Saya dalam agenda kerja sampai dengan tahun 2024 yaitu mewujudkan Perempuan Berjaya dan Lampung Ramah Perempuan dan Anak,” kata Gubernur Arinal.

Baca juga:  Jelang Ramadhan, Walikota Metro Ajak Masyarakat Menurunkan Status Menuju Zona Kuning

Gubernur Arinal juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Bintang Puspayoga atas dukungannya, sehingga pada tahun 2022 seluruh Kabupaten/Kota mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik untuk pencegahan maupun penanganan korban kekerasan perempuan dan anak.

Selain dua Kabupaten yang telah ditetapkan oleh Kementerian PPPA sebagai percontohan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, yaitu Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Tulang Bawang, Gubernur Arinal bersama dengan Bupati dan Walikota berkomitmen untuk mewujudkan minimal satu desa/kelurahan di setiap Kabupaten/Kota sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak pada tahun 2022.

Gubernur Arinal juga menekankan sinergi dan kolaborasi yang baik antar unsur Pentahelix agar pembangunan di bidang Perempuan dan Anak di Provinsi Lampung dapat berhasil.

Lebih lanjut, Menteri Bintang Puspayoga berharap bahwa melalui penganugerahan ini, Gubernur, Bupati, Walikota dan Pemangku Kepentingan lainnya dapat termotivasi untuk menghasilkan kebijakan yang responsif gender dan ramah anak yang diwujudkan dalam bentuk Perda, Pergub, Perbup, ataupun Perwali.

“Karena pencegahan dan penanganan terhadap kasus-kasus kekerasan dan pemberdayaan perempuan tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi,” terang Menteri Bintang.

Menteri Bintang Puspayoga mengapresiasi Gubernur Arinal terkait dengan telah terbentuknya UPTD PPA yang tidak hanya di tingkat Provinsi, tapi juga di seluruh 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

“Kami dari Kementerian PPPA mengapresiasi Gubernur yang telah mendorong para Bupati dan Walikota dalam pembentukan UPTD,” ujar Menteri Bintang.

Menteri PPPA tersebut juga menitip perempuan-perempuan pra sejahtera kepada Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota serta meminta kepada para Bupati dan Walikota untuk mendampingi Perempuan Kepala Keluarga agar berdaya secara ekonomi.

Di akhir acara, Gubernur Arinal bersama Menteri Bintang Puspayoga dan Ketua DPRD Provinsi beserta seluruh Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung melakukan penandatanganan Komitmen Bersama untuk melaksanakan dan mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender (PUG), Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG), Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Provinsi Lampung serta mewujudkan Provinsi Lampung menjadi Provinsi Layak Anak (Provila) tahun 2024 melalui terwujudnya Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) se-Provinsi Lampung.

Reporter :  Zuli

Continue Reading

Metro

Walikota Wahdi Hadiri Perayaan Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 57 Kota Metro Tahun 2021

Published

on

METRO   :  Walikota Wahdi Menghadiri Perayaan Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 Kota Metro Tahun 2021. Acara yang berlangsung di Wisma Haji Al-Khairiyah Metro ini bertemakan ‘Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku Semakin Sehat Kota Metroku’, Jumat (26/11/2021).

Walikota Metro Wahdi Siraddujin, pada sambutannya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Semoga Kota Metro kedepan semakin maju dalam semua sektor pembangunan.

“Dari kegiatan ini, semoga Kota Metro semakin maju terutama di bidang kesehatan. peringatan HKN ke-57 merupakan momentum untuk kita bersyukur, karena Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menurunkan lonjakan kasus Covid 19, yang disebabkan adanya mutasi virus,” kata Wahdi.

Wahdi mengatakan sesuai tema hari HKN ke 57 ini, diharapkan menjadi penyemangat bagi masyarakat umum dan khususnya profesi kesehatan untuk terus bangkit dari kondisi pandemi Covid-19.

“Semoga peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat, sehingga Indonesia bisa kembali sehat dan kembali tumbuh,” ucapnya.

Lanjutnya, Wahdi juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang luar biasa, khususnya kepada seluruh jajaran kesehatan dan petugas kesehatan, atas semangat dan terobosan serta inovasi yang dilakukan demi meningkatkan kesehatan di Kota Metro.

“Demikian pula terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan, yang telah bekerja sukarela sebagai garda terdepan untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Kota Metro. Mari kita jadikan momentum ini untuk melakukan refleksi dan terus bekerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, untuk mencapai sasaran pembangunan kesehatan dengan mengutamakan promotif dan preventif. Semangat perilaku hidup bersih dan sehat harus kita masyarakatkan kembali, agar menjadi kebiasaan dan budaya,” papar Wahi.

Diakhiri sambutan Wahdi, juga mengajak semua elemen untuk menyatukan visi dan misi, saling bekerja sama dan bahu membahu, untuk mengantarkan bangsa Indonesia dan mengantarkan Kota Metro menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera. (ADV)

Continue Reading

Metro

Walikota Metro Wahdi Resmikan Semarak Milad ke 109 Muhammadiyah dan Launching Hizbul Wattan

Published

on

METRO (LC)-Walikota Metro Wahdi membuka sekaligus meresmikan Semarak Milad ke 109 Muhammadiyah dan Launching Hizbul Wattan, di Lapangan Bola Hadimulyo Timur, Sabtu (20/11/21).

Milad ke 109 Muhammadiyah turut dimeriahkan dengan Festival Sepak Bola U-12 Muhammadiyah Kota Metro. Pada kesempatan ini juga Walikota Metro melakukan tendangan bola, yang menandakan dimulainya pertandingan sepak bola U-12 Muhammadiyah di Kota Metro.

Walikota Metro Wahdi menyampaikan apresiasi, serta menyambut baik semua kegiatan dalam memperingati Semarak Milad ke-109 Muhammadiyah.

Dimana menurutnya kegiatan semua ini dinilai bermanfaat untuk masyarakat dan turut berpartisipasi dalam membangun Kota Metro.

“Mari kita bersama-sama dari semua elemen untuk berpartisipasi dalam membangun Kota Metro dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan kita dapat membina anak-anak kita untuk mempersiapkan generasi keumatan di Indonesia,” ujar Wahdi.

Tambahnya, Wahdi juga menyampaikan bahwa Kota Metro kedepan, akan menyiapkan kader-kader untuk membangkitkan sepak bola di Kota Metro.

“Saya rasa sepak bola di Kota Metro selama 10 tahun ini mengendap. Alhamdulillah, tapi kemarin Persip Komet di Liga 3, meraih Juara 2 (dua) dan Kota Metro juga masuk ke tahap Nasional,” ungkapnya.

Wahdi juga mengatakan bahwa Muhammadiyah berperan penting dalam membentuk generasi emas Indonesia dan generasi emas Kota Metro.

Sementara itu, Ketua Milad Suwarno melaporkan, acara ini diikuti sebanyak 22 tim. Dimana 4 tim dari Kota Metro dan 18 tim lain nya dari Pesawaran, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Lampung Timur dan Lampung tengah.

“Pertandingan sepak bola pada kesempatan ini diikuti anak usia 12 tahun. Dimana pada hari ini akan ada 14 tim yang melakukan pertandingan. Untuk sisahnya akan dilanjutkan besok,” jelas Suwarno.

Suwarno juga menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah, untuk menyemarakan Milad Muhammadiyah dan mencari bibit-bibit pemain terbaik. Serta dalam rangka untuk pengembangan WSAW dan Metro United yang dibentuk oleh Muhammadiyah.

“Dengan perlombaan ini juga diharapan sepak bola di Kota Metro bisa maju dan bisa berkembang dengan Persib Kota Metro yang ada saat ini bisa menjadi juara di liga-liga yang ada,” katanya.

Pimpinan Daerah Muhamadiah (PDM) Kota Metro Daud, menjelaskan kegiatan Milad Muhammadiyah yang ke 109, sebelumnya sudah di langsungkan, baik dari bedah rumah warga masyarakat Yosomulyo, dan juga memberikan bantuan sepedah elektik yang diberikan kepada salah seorang istri yang mengalami tunanetra.

“Untuk memeriahkan Milad ke 109 ini pada tanggal 26-27 November 2021 mendatang akan diadakan pertandingan Badminton di Gedung Olahraga Kota Metro. Pada tanggal 28 November, kita akan menyelenggarakan Milad di Gedung SMK Muhammadiyah 2 secara sederhana,” papar Daud. (ADV)

Continue Reading

Trending