Connect with us

Bandar Lampung

Penipuan Loker Ratusan Juta Masih Hantui Masyarakat

Published

on

Bandar Lampung : Kasus penipuan berkedok lamaran kerja beromset ratusan juta rupiah, dengan menggunakan nama perusahaan besar nasional, masih menghantui kehidupan masyarakat Indonesia.

Seperti yang baru ini, yang melibatkan para oknum dengan membawa nama perusahaan besar Badan Umum Milik Negara (BUMN), yakni Perusahaan Terbuka (PT). Hutama Karya (Persero) bersama mitra gandengannya PT Delta Tour & Travel, Jakarta.

Penipuan ini melibatkan para oknum yang mengaku sebagai Manajer Human Resources Development (HRD) PT Hutama Karya (Persero) Bambang Pramujo,MT dengan nomor kontak (021)-29946133 dan 0823-52666637 bersama Penanggung Jawab PT Delta Tour & Travel Arif Gunawan dengan nomor kontak 0853-62664666.

Salah satu korban penipuan loker tersebut, RD Insan Ares P (34) asal Kota Bandar Lampung mengaku terlibat dalam jaringan penipuan ini, setelah mendapatkan email panggilan kerja dari PT Hutama Karya (Persero), Sabtu (4/8) lalu, karena pernah mengajukan lamaran pekerjaan keperusahaan tersebut via email belum lama ini.

Dalam email balasan panggilan kerja tersebut, Insan biasa disapa harus mengikuti panggilan interview di kantor PT Hutama Karya (persero) di Jalan Iskandarsyah No.6 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, bersama dengan 19 peserta terpilih lainnya, dalam tiga kloter panggilan interview. Para peserta interview pun harus memenuhi berbagai ketentuan prasyarat.

“Jujur,pada mulanya saya kurang tahu (panggilan kerja ) ini termasuk penipuan atau tidak. Karena saya akhirnya ikut (terjebak) karena ingin punya pekerjaan layak, demi nafkahi keluarga,”akunya,Selasa (7/8).

Ketentuan prasyarat yang harus dipenuhi para peserta seperti diwajibkan melakukan SMS konfirmasi kehadiran ke manajer HRD PT Hutama Karya (persero), dengan format : Nomor Tes/HK/JKT+Nama (Hadir/Tidak). Lalu ketentuan yang mengganjal para peserta diwajibkan melakukan reservasi pemesanan tiket hanya kepada PT Delta Travel & Tour seperti pihak kuasa yang ditunjuk PT Hutama Karya Persero.

“Kami harus mengirimkan uang sebesar Rp. 4.250.000 (pertama) untuk pemesanan tiket pesawat pulang pergi (PP), penginapan hotel, transportasi dan akomodasi lain selama interview. Anehnya, pengiriman uang harus hari itu juga, kami tidak boleh berangkat sendiri dan diwajibkan melakukan reservasi ticketing di perusahaan tour itu. Kalau tidak status peserta kami langsung gugur,”bebernya.

Anehnya, lanjut Insan. Setelah menstransfer sejumlah uang tersebut ke nomor rekening BRI 738501005846535,atas nama Fajar Putra para peserta interview diwajibkan lagi harus memenuhi saldo rekening bank masing-masing sebesar Rp. 4.250.000 sebagai prasyarat mengaktifkan reservasi dan status peserta interview, paling lambat Minggu pagi (5/8), sebelum waktu interview Senin (6/8).

“Nanti dari saldo bank kita itu, diminta mereka (PT Delta Tour & Travel), dana (kiriman kedua) ini ditarik ke rekening mereka. Lalu, saya keburu sadar ini penipuan, karena saya tidak punya dana sebanyak itu lagi. Kalau mau diturutin maunya mereka, dalam dua hari saya bisa rugi Rp. 8500.000. Hari itu juga saya mengundurkan diri. Anehnya, dana Rp 4.250.000 (pertama) saya tidak bisa dikembalikan. Saya baru sadar di email itu tertulis seleksi masuk tidak dipungut biaya,”tegasnya.

Karena kerugian tersebut, kedua pihak perusahaan sebagai penyelenggara lamaran kerja itu ketika dihubungi mengaku tidak mengembalikan dana peserta. Padahal, menurut Arif Gunawan dalam panduannya melalui telepon, tiap dana peserta dana yang masuk itu akan dicairkan bila status peserta tidak lulus atau mengundurkan diri.

“Tidak bisa (dikembalikan) karena dana itu sudah ditangan bendahara (PT Hutama Karya Persero)dan bapak ini (Insan) tidak mengikuti interview (mengundurkan diri). Seandainya mengikuti interview, mungkin dana itu dikembalikan. Memang perihal ini tidak kami cantumkan diemail karena teknis. Makanya, ada beberapa kali (korban) menghubungi kami (sms,telepon dan whatsapp), kami abaikan karena itu kesalahannya (mereka) sendiri,” Arif berkilah.

Sedangkan, Manajer HRD PT Hutama Karya (Persero) Bambang Pramujo melalui jajarannya ketika dihubungi, berujar tidak mau terlibat, karena prosedural teknis peserta interview ditangani Delta Tour & Travel. “Ya,pihak mereka (Delta Tour) yang mengatur semua ini kan?. Kenapa kami dilibatkan?,mohon tanyakan pihak sana. Kami hanya memproses berbagai hal lain,”tukas sekretaris yang enggan disebut namanya.

Sumber RI Ares Prameswara
Editor : Putra

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Bandar Lampung

15 DPC Demokrat Lampung Sambangi PTUN Bandar Lampung

Published

on

Bandar Lampung : Tiga Ketua DPC Demokrat Lampung menyambangi kantor Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung dengan agenda menyerahkan surat permohonan perlindungan hukum atas status demisioner 15 pengurus DPC Demokrat Lampung oleh DPD Demokrat versi Moeldoko, Senin 15 November 2021.

Tiba di Kantor PTUN Bandar Lampung, perwakikan 15 DPC Demokrat yang di wakili Ketua DPC Demokrat Lampung Utara M. Yusrizal, Lampung Timur Yandri Nazir dan Lampung Tengah Anang Hendra langsung melakukan regristasi pendaftaran.

Dihadapan Musadik Panitra PTUN Bandar Lampung, Ketua DPC Demokrat Lampung Utara M. Yusrizal mengatakan bahwa saat ini kepengurusan DPD Demokrat Lampung berstatus demosioner alias tidak lagi memiliki hak dan kekuasaan.

Dan sesuai dengan instruksi DPP Demokrat Pusat, maka jika ada suatu daerah terdapat status demisioner maka di utus tiga DPC untuk mewakili DPD.

Ditempat yang sama, Ketua DPC Demokrat Lampung Timur Yandri Nazier menegaskan, KLB Demokrat yang di gelar kubu Moeldoko di Sibolangit Sumatera Utara tidak sah.

Perwakilan 15 DPC Demokrat Lampung menegaskan, partai Demokrat di bawah kempimpinan Agus Harimurti Yudoyono resmi terdaptar pada kemenkumham. Dan mereka berharap dengan di serahkannya surat permohonan perlindungan ke PTUN Bandar Lampung, tidak ada lagi ancaman yang akan mengganggu partai demokrat. (Alfian).

Continue Reading

Bandar Lampung

Lampung Kembali Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Published

on

Pemerintah Provinsi Lampung kembali meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) tahun 2021. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menerima penghargaan tersebut di Ruang Sakai Sambayan, Jum’at (24/09/2021).

Dengan diraihnya penghargaan ini berarti Lampung berhasil meraihnya empat kali berturut-turut.Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya adalah bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pemerintah daerah, dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender.

Ini adalah bentuk apresiasi Presiden kepada Pemerintah Provinsi Lampung atas upaya kita berkomitmen menjaga prinsip-prinsip kesetaraan antara hak laki-laki maupun perempuan dengan pelaksanaan pembentukan kelembagaan pengarusutamaan gender (PUG) dan menganggarkannya.

Continue Reading

Bandar Lampung

Gubernur Arinal Ajak Pengurus PGI Wilayah Lampung Bersinergi dalam Penanganan Covid-19.

Published

on

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak pengurus Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Wilayah Lampung bersinergi dalam penanganan Covid-19 dengan mengingatkan umat Kristiani untuk menerapkan Protokol Kesehatan.Hal tersebut disampaikan Gubernur Arinal saat menerima audiensi dari PGI Wilayah Lampung, di Mahan Agung, Bandar Lampung, Jum’at (24/9/2021).

Gubernur Arinal berharap para pengurus PGI Lampung, yang juga sebagai tokoh yang dipercaya dalam menjalankan agama di Gereja, betul-betul bisa melaksanakan protokol kesehatan. Hal itu karena mempertimbangkan kita sedang darurat kesehatan dan hukum tertinggi adalah menyelamatkan anak bangsa.

Gubernur Arinal menuturkan agar disiplin protokol kesehatan harus dikedepankan. Dia meminta PGI menyampaikan hal itu kepada umat Kristiani untuk menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, rajin mencuci tangan, hindari kerumunan.

“Jaga protokol kesehatan. Ini saya pesan betul, supaya Bapak-bapak menjadi pioner dan teladan dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Gubernur Arinal mengimbau masyarakat tidak terbuai dengan menurunnya Covid-19 di Provinsi Lampung. “Sepanjang darurat kesehatan belum dicabut, maka disiplin protokol kesehatan harus tetap dilakukan,” terangnya.

Gubernur Arinal berharap tokoh agama dari PGI Lampung tanpa henti mengingatkan kepada umat Kristiani untuk hati-hati menjaga kesehatan, dan terus menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Ketua Umum PGI Lampung Pdt. Samuel C. Sitompul menyampaikan susunan kepengurusan PGI Lampung 2021-2026. Diantaranya Ketua Umum Pdt. Samuel C. Sitompul, Sekretaris Umum Pdt. Riswan Pangaribuan, dan Bendahara Umum Pnt Ir. Samuel Tanjung

Ia juga melaporkan terkait program yang telah dilaksanakan dalam mendukung Pemerintah dan membantu masyarakat pada masa pandemi, seperti bersinergi dengan elemen lain dalam mengadakan bansos sampai tiga gelombang bagi masyarakat.

Kemudian, Komisi Pemuda bersama Polda Lampung memberikan makanan selama seminggu kepada masyarakat.Selain itu, pada tanggal 20 September 2021 yang lalu, atas bantuan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung telah melakukan vaksinasi masal sebanyak 250 vaksin bagi warga. Dan bersama Polda tanggal 23 yang lalu, melakukan vaksinasi massal sebanyak 3.000 vaksin di Gereja HKBP Kedaton.

Continue Reading

Trending