Connect with us

Mesuji

LSM GIPAK : Dewan Lampung Timur Aneh, Anggaran Sudah Jalan Baru Dibahas

Avatar

Published

on

Lampung Timur : Elemen Masyarakat mengkritisi pembahasan fungsi jurnalis desa oleh pihak Legislatif pada komisi III DPRD Lampung Timur saat hearing dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten setempat yang berlangsung di ruang komisi III belum lama ini. Seperti yang di sampaikan Ketua Gerakan Independen Pemberantasan Korupsi (GIPAK) Lamtim Rini Mulyati yang menilai pembahasan soal jurnalis desa sudah bukan waktunya.

Rini menuturkan, sebelum di bentuknya jurnalis desa oleh Diskominfo tentu telah melewati proses yang cukup panjang dan sebelumnya juga di ketahui telah di bahas bersama pihak Legislator. Jadi lanjutnya, komisi III aneh jika hal ini di bahas kembali.

“Membahas jurnalis desa sebenarnya aneh kalau ini di jadikan bahan hearing oleh Komisi III DPRD Lampung Timur, bukankah sebelumnya anggaran itu di sahkan ini jelas melalui proses yang panjang. Mulai dari penyampaian KUA PPAS oleh SKPD kemudian pembahasan perkomisi yang membidangi baru menuju sidang paripurna pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah, artinya seharusnya anggaran untuk jurnalis desa ini sudah melalui koreksi dan pembahasan oleh DPRD bersama lembaga eksekutif,”ucap Rini melalui ponsel pribadinya, Rabu (22/08/2018).

Lanjutnya, kalau ini baru muncul menjadi bahan hearing antara Komisi III DPRD dengan Dinas Kominfo Lampung Timur, justru hal ini harus di pertanyakan bagaimana pertimbangan dari pihak DPRD dalam mencermati usulan dari pihak pengguna anggaran.

“Siapa yang menyetujui anggaran ini untuk kemudian lolos ke dalam program Dinas Kominfo? Bukankah sebelum program atau kegiatan itu di laksanakan, DPRD harusnya sudah lebih dulu mempertimbangkan apakah anggaran ini cukup efisien untuk dilaksanakan atau hanya bersifat mubazir,”tegasnya.

Dalam kegiatan jurnalis desa ini pun merujuk pada keterangan anggota legislatif Lamtim bahwa terdapat 2 jurnalis desa di tiap desa sehingga total jumlah sampai 564 orang. Sementara untuk penggunaan anggarannya, Ia memandang hal tersebut tidak sesuai dengan peruntukannya.

“Saya sebagai masyarakat Lampung Timur mempertanyakan darimana data ini didapatkan? Sbb setahu saya jurnalis desa yang ada di Lampung Timur tidak Sampai pada angka itu, sehingga sangat lucu jika tim anggaran tidak tahu kegunaan program tersebut apalagi ketika di sesuaikan dengan keterangan Kominfo bahwa anggaran tersebut di gunakan untuk menyewa ahli IT, Jadi bukankah ini sama saja dengan penggunaan anggaran yang tidak sesuai dengan peruntukannya,”Ucap Rini lagi.

Sebelumnya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lampung Timur mendapat kritikan keras dari Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Timur terkait dugaan besarnya anggaran yang telah terpakai namun tidak ada manfaat.

Seperti di tegaskan Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Teguh Suyatman, dengan tegas politisi PKS itu mengatakan’ APBD itu bukan uang warisan yang bisa di belanjakan seenaknya’. Setidaknya begitu yang di sampaikan Teguh Suyatman saat hering komisi III dengan DisKominfo, Selasa (21/08/2018).

Reporter : Mandra Aditama
Editor Putra

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Apa Kabar Lampung

Tak Lama Lagi Warga Mesuji Punya Masjid Agung Iconik

Redaksi LT

Published

on

Mesuji : Bupati Mesuji Sally TH lakukun pemasangan tiang pancang pertama secara simbolis tanda dimulainya pembangunan Masjid Agung Wisata religi di Desa Wira Bangun kecamatan Simpng Pematang Mesuji.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Mesuji didampingi Wakil Bupati, Sekertaris Daerah, Ketua DPRD Mesuji,Dandim 0426 Tulang Bawang dan undangan penting lainnya.

Dalam sambutanya Bupati Mesuji Saply TH menyampaikan pembangunan masjid agung bernuansa relygi ini menggunakan dana APBD perubahan th 2020 dan apbd 2021 sebesar 73,449,918,000 M2 .dalam pengerjaan menggunakan metode multi years.

Alhamdulilah hari ini saya bersama pejabat daerah yg ada di mesuji telah melakukan pancang secara simbolis bertanda dimulainya pembangunan ini telah resmi di mulai.kita pemerintah daerah memiliki tiga harapan dalam pembangunan masjid agung bernuansa religi ini yaitu satu simbol ke Islamian di bumi yang berjuluk “Ragap Begawe Caram” dimana kedua dapat memiliki arti keislamian yg majemuk,dan ketiga dapat menjadi pendongkrak penghasilan daerah kab Mesuji. (Pardi/Red)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Apel Serentak Tracer Dan Vaksinator Covid-19 Polres Mesuji

Redaksi LT

Published

on

Mesuji : Polres Mesuji laksanakan kegiatan Apel Serentak Kesiapan Bhabinkamtibmas Dan Tenaga Kesehatan Polri Sebagai Tracer Dan Vaksinator Covid-19, Pukul 08.00 Wib di Lapangan Apel Polres Mesuji. Kamis (11/02/21).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Mesuji AKBP Alim,S.H.,S.IK dan di hadiri oleh Seluruh Personel Polres Mesuji beserta Personel Polsek Jajaran.

“Sebagaimana kita ketahui bersama saat ini kita sedang mengalami situasi pandemi Covid-19. Kurang
lebih hampir 1 tahun sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan oleh Bapak Presiden RI, hingga saat ini kondisi penambahan kasus aktif masih terus meningkat secara fluktuatif. Berbagai sektor kehidupan masyarakat juga tidak luput dari dampak pandemi ini.

Berbagai upaya pemerintah secara ekstra ordinary terus dilakukan secara terpadu dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan mewujudkan Pemulihan Ekonomi Nasional, Optimisme masyarakat harus terus dijaga dengan keseriusan dan upaya pemerintah melakukan percepatan penanganan pandemi Covid-19”, ujar Kapolres menyampaikan amanat Kapolri.

“saat ini Indonesia telah memiliki sebanyak 19,5 juta vaksin yang sudah didistribusikan ke dinas-dinas
kesehatan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, Program Prioritas Kapolri melalui transformasi
operasional yaitu kegiatan pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19, Polri telah menyiagakan 13.500 personel tenaga kesehatan. 900 orang diantaranya telah dilatih untuk menjadi vaksinator oleh Bapelkes/BBBK Kementerian Kesehatan”, Sambungnya.

Selanjutnya Polri berkomitmen siap melaksanakan dan mengawal program vaksinasi nasional serta
seluruh kebijakan pemerintah dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan Pemulihan
Ekonomi Nasional. (*)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Satlantas Polres Mesuji Ingatkan Masyarakat Tentang Prokes

Redaksi LT

Published

on

MESUJI : Satlantas Polres Mesuji kembali sambangi warga dan menghimbau untuk mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, Rabu (03/02/2021).

Hal tersebut dimaksud untuk penerapan disiplin protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Kegiatan Satlantas Polres Mesuji gencar menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Mesuji untuk patuhi Protokol Kesehatan, salah satu kelengkapanya ialah masker, oleh karena itu Personil menghimbau kepada warga yang beraktifitas maupun yang berkendaraa untuk peduli dan menerapkan Prokes Covid-19.

Kapolres Mesuji AKBP Alim melalui Kasat Lantas Polres Mesuji Iptu Farid , mengharapkan masyarakat Kabupaten Mesuji agar perduli dengan situasi Pandemi Covid-19 saat ini karena jumlah pasien Positif bukannya berkurang akan tetapi semakin bertambah.

“Dengan demikian, akan ada kemampuan pada setiap warga masyarakat untuk mengimplementasikan secara baik dan benar protokol kesehatan. Selalu cuci tangan menggunakan sabun, pakai masker, tidak berkerumun, selalu jaga jarak, tidak bersalaman, dan selalu jaga imun tubuh. Selin itu juga , Satlantas Polres Mesuji memberikan masker dan handsenitizer kepada warga di tempat fasilitas umum dan pengendara di jalan raya,” kata Kasat Lantas.

Karena dengan itulah Indonesia mampu menekan dan menurunkan penularan virus ini secara signifikan. Sehingga negeri ini kita harapkan akan bisa keluar dengan cepat dari masalah Covid-19 ini.(Supardi/Red).

Continue Reading

Trending