Connect with us

Metro

PWI Metro dan Bawaslu Sepakat Kawal Pemilu Damai 2019

Avatar

Published

on

Metro : Dalam rangka pengumpulan informasi kerawanan pemilu kajian atau IKP tahun 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro mendatangi Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota setempat, Senin (27/8/2018).

Koordinator divisi PHL Bawaslu Kota Metro, Hendro Edi Saputro, S.Pd.I menyampaikan, kunjungannya tersebut guna berkoordinasi dan mengajak PWI Metro untuk bersinergi dalam pengawasan pemilu di bumi sai wawai.

“Berdasarkan instrumen survei Nasional
Indeks Kerawanan Pemilu 2019, kota Metro sampai saat ini kita sudah mulai mencium aroma indikasi adanya nyolong start kampanye meski mereka belum ditetapkan sebagai daftar calon tetap oleh KPU.

Atas dasar itu, bawaslu setempat berkoordinasi demgan PWI Kota Metro untuk bersama sama dalam kotrol dan pencegahan.

Kedatangan komisioner bawaslu ini juga meminta sumbang saran dan masukan serta informasi terkait kerawanan pemilu sebelumnya guna sebagai bahan evaluasi bawaslu kedepannya agar lebih baik.

“Dan informasi yang disampaikan oleh PWI nantinya digunakan untuk kepentingan penelitian sesuai survei indeks kerawanan pemilu. Ini akan menjadi masukan bagi kami ,” kata dia.

Koordinasi Bawaslu ke kantor PWI tersebut berkaitan dengan peraturan KPU tentang pemilu dini. Dan merujuk kepada Surat Edaran KPU RI Nomor 216/PL.01.5-SD/06/KPU/II/2018 tanggal 26 Februari 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019 serta menindaklanjuti Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 0315/K.Bawaslu/PM.00.00/II/2018 tanggal 28 Februari 2018 tentang Pengawasan Pelaksanaan Kampanye Pemilu Kepada Partai Politik Peserta Pemilu Sebelum Jadwal Tahapan Kampanye.

“Setiap orang yang dengan sengaja melakukan kampanye Pemilu di luar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi dan KPU kabupaten atau Kota untuk setiap Peserta Pemilu dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp12.000.000 sebagaimana diatur dalam Pasal 492 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017. Bahwa Partai Politik Peserta Pemilu 2019 dilarang melakukan kampanye sebelum dimulainya masa kampanye sebagaimana diatur dalam Pasal 276 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” bebernya.

Sementara itu Ketua PWI Kota Metro, Abdul Wahab menyambut baik kedatangan komisioner Bawaslu beserta 4 Staf tersebut. Dirinya juga mendukung atas program Bawaslu dalam pencegahan kerawanan pemilu yang akan datang.

‌”Terkait APK bakal calon anggota legislatif yang menyampaikan visi dan misinya serta menampilkan citra diri seperti logo dan nomor urut partai dan informasinya saat ini sudah mulai ada yang pasang. Ada beberapa APK bakal calon anggota legislatif yang diduga telah melanggar dan sudah terpampang. Wahab merekomendasikan agar bawaslu harus tegas dan jangan tebang pilih untuk menindak agat tidak ada kesenjangan terhadap balon lain.

PWI metro juga mendukung pencegahan tersebut dan siap menginformasikan hasil kinerja baik dan,buruknya dari Bawaslu dalam pemberitaan,” paparnya.

Sebagai bocoran, Ketua PWI Metro mengungkapkan, Sedikitnya terdapat Sembilan point yang menjadi pembahasan intens antara kedua lembaga tersebut dalam suvey indeks kerawanan pemilu dari 2015 hingga pilkada 2018 khususnya diwilayah kota metro kemarin yakni:

1. Adanya pemberitaan di media tentang kasus perusakan/penghilangan fasilitas nonpublik.
2. Adanya pemberitaan di media terkait kasus hukum anggota penyelenggara.
3. Adanya kasus tidak netralnya ASN.
4. Adanya pemberitaan di media massa tentang kampanye di luar jadwal.
5. Adanya pemberitaan di media massa tentang iklan kampanye diluar jadwal.
6. Adanya pemberitaan di media massa tentang praktik politik uang.
7. Adanya pemberitaan di media massa tentang penggunaan fasilitas dalam kampanye oleh peserta pemilu.

8. Adanya laporan, data survei, atau pemberitaan yang menyatakan bahwa partisipasi masyarakat di bawah target KPU 77,5 %.
9. Adanya laporan, data survei, atau pemberitaan yang menyatakan jumlah suara tidak sah.
Atas survey itu, wahab berharap bawaslu kedepan lebih meningkatkan kinerja dalam pengawasan demi demokrasi yang bersih di kota bumi sai wawai.

Sumber : Release
Editor : Putra

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Apa Kabar Lampung

Walikota Metro Canangkan Vaksinasi Covid 19 di RSUD Ahmad Yani

Zuli Ardiansyah

Published

on

METRO :Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kota Metro, dilakukan hari ini, Senin (25/01/21) yang berlangsung di RSU Jend. Ahmad Yani Kota Metro.

Kepala Dinas Kesehatan Drg. Erla Andrianti mengatakan penyuntikan awal dalam pencanangan vaksinasi di Metro ini diberikan kepada tenaga kesehatan terpilih, pada hari berikutnya akan dilakukan penyuntikan serentak di lokasi yang sudah kita siapkan dan sudah terlatih untuk melayani vaksinasi.

“Tahapan yang dilakukan untuk menerima vaksin adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu kemudian di screening berupa tes tensi dll kemudian wawancara terkait penyakit apa dan sebagainya, bila sehat dan layak oleh dokter maka akan disuntik oleh petugas dan diobservasi selama 30 menit apabila tidak ada masalah kita diperkenankan untuk pulang. Program ini sudah dicanangkan oleh pemerintah, bagaimanapun kita juga tetap akan mengikuti program ini, termasuk juga kepada masyarakat saya mengimbau untuk bisa mengikuti kegiatan ini pada tahap selanjutnya,” ujarnya.

Baca juga:  Polres Metro Siap Tingkatkan Pelayanan Agar Peroleh Predikat WBK Dan WBBM

Walikota Metro Achmad Pairin menyampaikan, untuk memutuskan mata rantai penularan masalah Covid-19, salah satu upaya yang paling bagus adalah dengan dilakukan vaksin Covid-19. Jumlah vaksin yang ada di Metro datanya sudah 4600, kedepannya untuk  masyarakat nanti kita akan tunggu bagaimana perkembangannya.

Ketua IDI Metro dr. Agung Budi, S.pPD, menjadi orang pertama yang mendapat vaksin Covid -19, ia mengatakan mudah-mudahan menjadi motivasi untuk tenaga kesehatan lainnya yang masih ragu menerima vaksin Covid-19. Vaksin ini merupakan usaha kita untuk menghindari dan mengurangi penyebaran Covid-19, dan teman-teman sejawat merupakan orang-orang yang rentan terkena Covid-19, semoga apa yg diupayakan bermanfaat untuk kita, keluarga, dan negara Indonesia menjadi lebih baik.

Baca juga:  Walikota Metro Tunjuk Asisten III Misnan Jadi Plt Sekda

Diketahui untuk mendapatkan vaksin harus dilakukan screening kesehatan, melakukan tensi, dan pengecekan riwayat penyakit yang pernah dialami, bagi yang tidak lolos screening maka tidak mendapatkan vaksin Covid-19.

“Dalam kesempatan ini saya mengajak terutama teman-teman IDI maupun tenaga kesehatan yang lain, mari kita melakukan vaksin Covid-19, vaksin ini Insya Allah sudah halal dan suci dari MUI, kemudian sudah direkomendasikan BPOM Indonesia jadi tidak perlu khawatir. Dan hal ini sudah menjadi niat tenaga kesehatan untuk membantu masyarakat di bidang kesehatan di Indonesia, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” terang Ketua IDI Metro. (Zuli)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pisah Sambut Kalapas Lama Dengan Kalapas Baru di Lapas Kelas IIA Kota Metro

Zuli Ardiansyah

Published

on

Lampungtoday.com

Metro — Lapas kelas IIA Kota Metro adakan kegiatan pisah sambut kalapas, yang mana kalapas lama Ade Ismanto akan menempati jabatan sebagai kalapas Bengkulu dan di gantikan Mulyana yang menggantikan Ade Ismanto sebagai kalapas kelas IIA Metro.

Hadir dalam acara tersebut Dandim 0411 /LT , Kapolres Metro , Ketua DPRD Kota Metro , Kepala Pengadilan Kota Metro , Kepala BNN Kota Metro beserta jajaran lapas kelas IIA Metro.

Dalam sambutannya, Ade Ismanto mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Metro melalui Dinas Kesehatan Metro yang telah merawat para penghuni lapas di era pandemi.

Di tambahkan juga, “saat ini para nara pidana tidak ada yang reaktif. Ini berkat kerja sama semua pihak. Ia berharap, mudah-mudahan kedepan tidak ada nara pidana yang reaktif.” ujarnya.

Selanjutnya Ade mengatakan, “selama 11 bulan menjabat sebagai kepala lapas kelas IIA Metro. Mungkin masih banyak yang belum di perbuat, tapi bisa di lanjutkan oleh kalapas yang baru, iapun meminta maaf kepada semua jajaran kiranya selama ini selama ia menjabat ada tutur kata atau perbuatan yang kurang berkenan, tapi itu semua di lakukan untuk kebaikan dan kemajuan bersama.” pungkasnya.

Pewarta: Mery

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

TNI-POLRI Apresiasi Media Bagikan Handsanitizer ke Pos Pengamanan Taman Merdeka

Zuli Ardiansyah

Published

on

Lampungtoday.com

METRO – Dalam upaya ikut mensukseskan OPS Lilin pengamanan Tahun Baru 2021 Media abpedsi.com membagikan sejumlah masker dan handsanitizer ke pos pengamanan OPS lilin Taman Merdeka Kota Metro.

Kegiatan di gelar sekira pukul 10.00 wib selasa (29/12/2020). Hadir dalam giat pimpinan redaksi Abpedsi.com M. Anwar.

“Giat ini merupakan Penyerahan Handsanitizer yang dilakukan mengingat Tahun Baru 2021, terlebih dalam masa pandemi Covid 19, dimana lebih mengedepankan Protokol Kesehatan,” kata redaksi abpedsi.com

Giat tersebut di gelar dengan dukungan mitra kerja Abpedsi.com yakni Chandra Super Store dan PT.MSP Tol Lampung.

Lebih lanjut Tampak hadir dalam kegiatan Kompol Hadi mewakili Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini terlebih membantu Polri dalam pos pengamanan membagikan sejumlah APD protokol kesehatan covid-19,” imbuhnya

Hal tersebut dilakukan mengingat Tahun Baru 2021 lebih mengedepankan Protokol Kesehatan covid-19.

Hal senada dikatakan Plh Pasiterdim 0411/LT Kapten Inf Sabariyanto mewakili Dandim Letkol Inf Andri Hadiyanto, mengatakan Sangat mendukung kegiatan membagikan masker dan handsanitizer di pos pengamanan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan media abpedsi.com yang sudah berpartisipasi terhadap TNI-POLRI dalam siaga di pos pengamanan,” ujar kapten Inf Sabariyanto.
(rls).

Pewarta: Mery

Continue Reading

Trending