Connect with us

Lampung Selatan

Gas Langka, Pemkab Lamsel Sebar 22.400 Gas Elpiji 3 Kg

Avatar

Published

on

Lampung Selatan : Langkah cepat upaya penyelesaian kelangkaan gas elpiji 3 kilogram (Kg) di Lampung Selatan (Lamsel) yang terjadi beberapa hari terakhir, sebanyak 22.400 gas elpiji 3 Kg akan disebar di 11 kecamatan di Lampung Selatan.

Dengan menggaet pihak Pertamina dan Hiswana Migas, pemerintah setempat melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindag dan Pasar), akan menggelar penjualan gas elpiji 3 Kg pada Minggu 2 September 2018 dengan harga murah.

Langkah ini juga menindaklanjuti intruksi Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, usai melakukan sidak, Sabtu (1/09/2018) disejumlah pangkalan dan distributor gas di Kecamatan Kalianda.

“Segera lakukan koordinasi dengan instansi terkait, cari terobosan, bagaimana kelangkaan gas ini sesegera mungkin dapat teratasi,”kata Nanang.

“Cek semua distributor, pangkalan dan pantau harga dipengecer, berapa sebenarnya pasokan gas yang disalurkan untuk masyarakat Lampung Selatan serta berapa kebutuhan masyarakat Lampung Selatan. Jika data ini sudah ada, kita lebih mudah mencarikan solusi mengatasi kelangkaan gas ini,” tambah Nanang.

Lebih jauh dirinya mengatakan, kepada instansi terkait agar terus memantau bukan hanya hingga kondisi normal, tapi juga melakukan terobosan agar kelangkaan gas tidak terjadi lagi dimasa yang akan datang.

“Cek dan pantau terus agen dan distributor, pantau juga harga dipengecer, kalau mereka macam-macam, kita tutup saja,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Disperindag dan Pasar Kabupaten Lampung Selatan, Qorinilwan membeberkan, sudah melakukan koordinasi dengan pihak Pertamina dan Hiswana Migas.

“Hasil koordinasi pagi tadi (Sabtu, red) dengan Pertamina dan Hiswana Migas, Minggu 2 September 2018, mereka akan memberikan supply tambahan sebanyak 22.400 tabung yang akan diangkut dengan 40 truk yang akan disebar di 11 kecamatan,” jelas Qorinilwan.

“Masing-masing truk akan mengangkut 560 tabung dan kita akan pantau terus sampai keadaan normal kembali,” jelas Qorinilwan.

Sekedar diketahui, beberapa hari sebelumnya pihak Disperindag dan Pasar bersama Pertamina dan Hiswana Migas menggelar penjualan gas elpiji 3kg, dibeberapa wilayah kecamatan di Lampung Selatan. Upaya tersebut, disebabkan adanya kelangkaan dan harga mahal ditingkat pengecer gas elpiji 3 Kg.

Reporter : Eko
Editor : Putra

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Apa Kabar Lampung

Akrab, Nanang Ermanto Halal Bihalal Marga Legun Kebandaran Way Urang

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto didampingi Sekrataris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, menghadiri acara silaturahmi dan halalbihalal Marga Legun Kebandaran Way Urang Kalianda, Rabu (10/4/2024).
Bertempat di Lamban Balak Marga Legun, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, halalbihalal dihadiri Pangikhan Sangun Khatu Ya Bandakh II dan putrinya Ruby Chairani Syiffadia yang juga anggota DPR RI terpilih Dapil Lampung 1.

Adapun halalbihalal tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan saling memaafkan baik antar jajaran pemerintah daerah maupun para tokoh adat Marga Legun.
Bupati Nanang mengatakan, bulan Syawal yang disemarakkan kegiatan halalbihalal merupakan momentum pengingat dan penebus rasa kekhawatiran apabila memiliki kesalahan terhadap orang lain.
“Setelah sebulan menjalani puasa, kita tiba dihari kemenganan Idulfitri dengan silaturahmi dan halalbihalal ini. Harapannya kita dapat kembali suci dan fitri,” ucap Nanang.

Tradisi halalbihalal, yang biasanya menjadi kegiatan tahunan, juga menjadi wadah untuk memperkuat habluminannas, dimana setiap individu diingatkan akan kewajiban saling membantu dan memaafkan.
“Melalui halalbihalal, kita tidak hanya mempererat tali silaturahmi, tetapi juga meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, serta melakukan muhasabah diri untuk meminimalisir kesalahan,” ujar Nanang. (Kmf/rls)
Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lampung Selatan Apresiasi KKN Mahasiswa STAI Yasba

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Sebanyak 30 anak di Kecamatan Rajabasa mengikuti khitan massal gratis yang berlangsung di Kantor Desa Krinjing, Kecamatan Rajabasa, Sabtu (30/3/2024).
Kegiatan yang diinisiasi oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yayasan Pembangunan (Yasba) Kalianda ini pun mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan, Puji Sukanto, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KKN Mahasiswa STAI Yasba yang telah memberikan kontribusi dan pengabdiannya kepada masyarakat.
Puji berharap, kegiatan sosial seperti ini kedepannya bisa menjangkau lebih banyak anak-anak lagi.
“Alhamdulillah, adik-adik (mahasiswa) ini sudah betul-betul mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bukan hanya ilmu tapi beramal juga,” ujar Puji Sukanto.
Sementara itu, Ketua STAI Yasba Kalianda, Nursyamsi HZ mengatakan, kegiatan khitan massal itu merupakan salah satu program KKN dari mahasiswa STAI Yasba Kecamatan Rajabasa.
Nursyamsi menjelaskan, program KKN ini akan membantu mahasiswa untuk mengembangkan ilmu yang didapat di dunia perkuliahan.
“Ini merupakan salah satu bentuk bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus diterapkan oleh para mahasiswa,” kata Nursyamsi.
Dalam kegiatan tersebut, juga turut diberikan bantuan 30 paket sembako, 4 buah bola voly dan net, untuk masyarakat Desa Cugung dan Kerinjing di Kecamatan Rajabasa. (Kmf/ko)
Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Asisten Ekobang Pemkab Lamsel Buka OPM

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Lampung Selatan, Dulkahar, membuka kegiatan Operasi Pasar Murah di Desa Tanjungan, Kecamatan Katibung, Kamis (28/3/2024).
Dalam sambutannya, Dulkahar mengatakan, pelaksanaan pasar murah tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan dan stakeholder terkait akan kestabilan harga kebutuhan bahan pokok di masyarakat.
“Kami terus bergerak aktif menjalankan operasi pasar murah di 17 kecamatan. Dimana, untuk memastikan stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat selama bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri,” ujar Dulkahar.
Dulkahar berharap, kedepan akan semakin banyak produsen atau perusahaan dan para pelaku usaha lokal dan UMKM yang turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pasar murah itu.
“Tentunya dengan semakin banyak pelaku usaha yang berpartisipasi maka akan semakin banyak barang kebutuhan pokok yang dapat ditawarkan kepada masyarakat dengan harga yang relatif terjangkau,” kata Dulkahar.
Sementara, dalam Operasi Pasar Murah ini, salah satu sembako yang banyak diminati masyarakat adalah telur, yang dijual dengan harga Rp28 ribu/kg. (Kmf/ko)
Continue Reading

Trending