Connect with us

Mesuji

Panwascam Way Serdang Ingatkan ASN dan Kepala Desa Untuk Netral

Published

on

Mesuji : Panwascam kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji, melayangkan surat pencegahan agar terbinanya iklim penyelenggaraan Pemilihan Umum secara Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia (LUBER), serta Jujur dan Adil (JURDlL).

Panwascam kecamatan Way Serdang ingatkan kepada ASN dan Kepala Desa untuk menjaga netralitasnya jelang pemilu 2019.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota panwascam Way Serdang Lia Amelia juga selaku koordinator divisi penindakan dan pencegahan 4/08/2018.

“Kita ingatkan ASN dan kepala Desa untuk menjaga netralitas jelang pemilihan umum tahun 2019, karena semua ada aturan nya dan bagi yang melanggarnya tentu saja ada sanksinya ,

Lia pun mengungkapkan Surat himbauan ini sudah disebar dimulai Tanggal 21 Agustus 2018 panwaslu way serdang melayangkan surat himbauan untuk kepala sekolah se-Kecamatan Way Serdang dan surat himbauan untuk Bacaleg agar tidak berkampanye sebelum ditetapkan jadwal oleh KPU.

Surat yang bernomor 36/K.LA-06.07/PM.05/VIII/2018 dan 37/K.LA-06.07/PM.05/VIII/2018 , disampaikan melalui PPL.

Himbauan terkait netralisasi Kepala sekolah bertujuan untuk mencegah kampanye yang mungkin dilakukan di lingkungan sekolah, di sosial media ASN, atau dilingkungan sekitar rumah ASN.

Sedangkan surat himbauan untuk Bacaleg betujuan untuk mencegah Bacaleg melakukan kampanye (baik secara lisan, tulisan, siaran di media dll) karena pada dasarnya KPU belum menentukan jadwal kampanye untuk masing2 Bacaleg.

Pada tanggal 30 Agustus 2018 Panwaslu Way Serdang kembali melayangkan surat netralitas untuk Kepala Desa, Perangkat Deaa dan Camat Way Serdang. Surat yang bernomor 38/K.LA-06.07/PM.05.VIII/2018 tujuannya sama dengan surat sebelumnya, yaitu agar Kades, perangkat Desa serta Camat Way Serdang tidak melakukan kampanye (Netral).

Hingga hari ini, pada tanggal 4 September 2018, hampir semua surat himbauan netralisasi Kades sudah disampaikan ke masing masing desa”,tegas lia

Liamenambahkan bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 283 dan 306, Undang Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 bahwa Pejabat Negara, Pejabat Daerah, Pejabat Aparatur Sipil Negara, anggota TNI/POLRI, dan Kepala Desa/Lurah atau sebutan lain, Kecamatan, Kelurahan/Desa, dilarang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon dan bagi yang melanggar tentu saja ada sanksinya.

“Ketentuan sangsi tertuang dalam Pasal 494 Undang – undang 7 tahun 2017 bahwa Setiap aparatur sipil negara(ASN), kepala desa, perangkat desa, dan/ atau anggota badan permusyawaratan desa yang melanggar, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp12.000.000,00 (dua belas juta rupiah).”pungkasnya

Reporter : Dedi
Editor : Putra

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Apa Kabar Lampung

Tak Lama Lagi Warga Mesuji Punya Masjid Agung Iconik

Published

on

Mesuji : Bupati Mesuji Sally TH lakukun pemasangan tiang pancang pertama secara simbolis tanda dimulainya pembangunan Masjid Agung Wisata religi di Desa Wira Bangun kecamatan Simpng Pematang Mesuji.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Mesuji didampingi Wakil Bupati, Sekertaris Daerah, Ketua DPRD Mesuji,Dandim 0426 Tulang Bawang dan undangan penting lainnya.

Dalam sambutanya Bupati Mesuji Saply TH menyampaikan pembangunan masjid agung bernuansa relygi ini menggunakan dana APBD perubahan th 2020 dan apbd 2021 sebesar 73,449,918,000 M2 .dalam pengerjaan menggunakan metode multi years.

Alhamdulilah hari ini saya bersama pejabat daerah yg ada di mesuji telah melakukan pancang secara simbolis bertanda dimulainya pembangunan ini telah resmi di mulai.kita pemerintah daerah memiliki tiga harapan dalam pembangunan masjid agung bernuansa religi ini yaitu satu simbol ke Islamian di bumi yang berjuluk “Ragap Begawe Caram” dimana kedua dapat memiliki arti keislamian yg majemuk,dan ketiga dapat menjadi pendongkrak penghasilan daerah kab Mesuji. (Pardi/Red)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Apel Serentak Tracer Dan Vaksinator Covid-19 Polres Mesuji

Published

on

Mesuji : Polres Mesuji laksanakan kegiatan Apel Serentak Kesiapan Bhabinkamtibmas Dan Tenaga Kesehatan Polri Sebagai Tracer Dan Vaksinator Covid-19, Pukul 08.00 Wib di Lapangan Apel Polres Mesuji. Kamis (11/02/21).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Mesuji AKBP Alim,S.H.,S.IK dan di hadiri oleh Seluruh Personel Polres Mesuji beserta Personel Polsek Jajaran.

“Sebagaimana kita ketahui bersama saat ini kita sedang mengalami situasi pandemi Covid-19. Kurang
lebih hampir 1 tahun sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan oleh Bapak Presiden RI, hingga saat ini kondisi penambahan kasus aktif masih terus meningkat secara fluktuatif. Berbagai sektor kehidupan masyarakat juga tidak luput dari dampak pandemi ini.

Berbagai upaya pemerintah secara ekstra ordinary terus dilakukan secara terpadu dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan mewujudkan Pemulihan Ekonomi Nasional, Optimisme masyarakat harus terus dijaga dengan keseriusan dan upaya pemerintah melakukan percepatan penanganan pandemi Covid-19”, ujar Kapolres menyampaikan amanat Kapolri.

“saat ini Indonesia telah memiliki sebanyak 19,5 juta vaksin yang sudah didistribusikan ke dinas-dinas
kesehatan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, Program Prioritas Kapolri melalui transformasi
operasional yaitu kegiatan pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19, Polri telah menyiagakan 13.500 personel tenaga kesehatan. 900 orang diantaranya telah dilatih untuk menjadi vaksinator oleh Bapelkes/BBBK Kementerian Kesehatan”, Sambungnya.

Selanjutnya Polri berkomitmen siap melaksanakan dan mengawal program vaksinasi nasional serta
seluruh kebijakan pemerintah dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan Pemulihan
Ekonomi Nasional. (*)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Satlantas Polres Mesuji Ingatkan Masyarakat Tentang Prokes

Published

on

MESUJI : Satlantas Polres Mesuji kembali sambangi warga dan menghimbau untuk mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, Rabu (03/02/2021).

Hal tersebut dimaksud untuk penerapan disiplin protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Kegiatan Satlantas Polres Mesuji gencar menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Mesuji untuk patuhi Protokol Kesehatan, salah satu kelengkapanya ialah masker, oleh karena itu Personil menghimbau kepada warga yang beraktifitas maupun yang berkendaraa untuk peduli dan menerapkan Prokes Covid-19.

Kapolres Mesuji AKBP Alim melalui Kasat Lantas Polres Mesuji Iptu Farid , mengharapkan masyarakat Kabupaten Mesuji agar perduli dengan situasi Pandemi Covid-19 saat ini karena jumlah pasien Positif bukannya berkurang akan tetapi semakin bertambah.

“Dengan demikian, akan ada kemampuan pada setiap warga masyarakat untuk mengimplementasikan secara baik dan benar protokol kesehatan. Selalu cuci tangan menggunakan sabun, pakai masker, tidak berkerumun, selalu jaga jarak, tidak bersalaman, dan selalu jaga imun tubuh. Selin itu juga , Satlantas Polres Mesuji memberikan masker dan handsenitizer kepada warga di tempat fasilitas umum dan pengendara di jalan raya,” kata Kasat Lantas.

Karena dengan itulah Indonesia mampu menekan dan menurunkan penularan virus ini secara signifikan. Sehingga negeri ini kita harapkan akan bisa keluar dengan cepat dari masalah Covid-19 ini.(Supardi/Red).

Continue Reading

Trending