Connect with us

Mesuji

Dugaan Pelecehan Profesi Wartawan Harus Ditindak Tegas

Avatar

Published

on

Mesuji : Dugaan Pelecehan terhadap profesi jurnalis kembali terjadi. Kali ini pelaku pelecehan profesi wartawan dilakukan oleh pemilik akun Facebook (FB) yang bernama “Maryyo Chlebuzt”.

Dalam cuitannya di media sosial pelaku mengatakan, kalau wartawan kerjaannya hanya mengancam dan meminta uang dan mengatakan kalau wartawan itu kriminalitas suka makan uang haram garis besarnya wartawan adalah Pecundang Penjilat “Sebutnya”.

Menanggapi tentang tulisan akun FB Maryyo Chlebuzt dalam kolom komentar unggahan status milik Bupati Khamami pada jumat malam kemarin (7/9), Nizwar Plt.Ketua PWI Provinsi lampung menegaskan kalau apa yang di sampaikan akun FB tersebut melecehkan profesi wartawan dan harus di tindak tegas.

“Siapa Marryo itu. Jelas sekali apa yg dilakukannya melecehkan profesi wartawan. Pencemaran nama baik diatur dalam Pasal 310 ayat (1) KUHP. Ancaman pidananya maksimal sembilan bulan dan pada ayat (2) ancaman pidananya maksimal satu tahun empat bulan. Untuk fitnah, diatur pada Pasal 311 KUHP dengan ancaman penjara maksimal empat tahun,”ungkapnya.

Nizwar juga menambahkan, wartawan dalam menjalankan kegiatan kewartawanannya dilindungi oleh UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Dalam Pasal 8 berbunyi; Dalam melaksanakan profesinya wartawan mendapat perlindungan hukum.

“Yang dimaksud dengan ‘’perlindungan hukum’’ oleh undang-undang ini adalah jaminan perlindungan pemerintah dan atau masyarakat kepada wartawan dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban, dan peranannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Adapun pijakan atau panduan wartawan dalam melaksanakan tugas-tugasnya adalah Kode Etik Jurnalistik (KEJ),”jelasnya.

Hal senada dikatakan Sekertaris Ikatan Wartawan Online (IWO) kabupaten Mesuji Fiter Agustian, S.H, juga manggatakan, bahwa apa yang di ucapkan akun FB Marryo Chelebuzt tersebut adalah pelecehan profesi wartawan dan harus di laporkan kepihak berwajib untuk di proses hukum.

“Ini bentuk pelecehan dan penghinaan tidak semua wartawan yang di ucapkannya seperti itu, kita harus laporkan akun FB yang bernama Maryyo Chelebuzt ke pihak yang berwajib agar dapat di proses sesuai hukum yang berlaku,”tegasnya.

Reporter : Dedi
Editor : Putra

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Apa Kabar Lampung

Tak Lama Lagi Warga Mesuji Punya Masjid Agung Iconik

Redaksi LT

Published

on

Mesuji : Bupati Mesuji Sally TH lakukun pemasangan tiang pancang pertama secara simbolis tanda dimulainya pembangunan Masjid Agung Wisata religi di Desa Wira Bangun kecamatan Simpng Pematang Mesuji.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Mesuji didampingi Wakil Bupati, Sekertaris Daerah, Ketua DPRD Mesuji,Dandim 0426 Tulang Bawang dan undangan penting lainnya.

Dalam sambutanya Bupati Mesuji Saply TH menyampaikan pembangunan masjid agung bernuansa relygi ini menggunakan dana APBD perubahan th 2020 dan apbd 2021 sebesar 73,449,918,000 M2 .dalam pengerjaan menggunakan metode multi years.

Alhamdulilah hari ini saya bersama pejabat daerah yg ada di mesuji telah melakukan pancang secara simbolis bertanda dimulainya pembangunan ini telah resmi di mulai.kita pemerintah daerah memiliki tiga harapan dalam pembangunan masjid agung bernuansa religi ini yaitu satu simbol ke Islamian di bumi yang berjuluk “Ragap Begawe Caram” dimana kedua dapat memiliki arti keislamian yg majemuk,dan ketiga dapat menjadi pendongkrak penghasilan daerah kab Mesuji. (Pardi/Red)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Apel Serentak Tracer Dan Vaksinator Covid-19 Polres Mesuji

Redaksi LT

Published

on

Mesuji : Polres Mesuji laksanakan kegiatan Apel Serentak Kesiapan Bhabinkamtibmas Dan Tenaga Kesehatan Polri Sebagai Tracer Dan Vaksinator Covid-19, Pukul 08.00 Wib di Lapangan Apel Polres Mesuji. Kamis (11/02/21).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Mesuji AKBP Alim,S.H.,S.IK dan di hadiri oleh Seluruh Personel Polres Mesuji beserta Personel Polsek Jajaran.

“Sebagaimana kita ketahui bersama saat ini kita sedang mengalami situasi pandemi Covid-19. Kurang
lebih hampir 1 tahun sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan oleh Bapak Presiden RI, hingga saat ini kondisi penambahan kasus aktif masih terus meningkat secara fluktuatif. Berbagai sektor kehidupan masyarakat juga tidak luput dari dampak pandemi ini.

Berbagai upaya pemerintah secara ekstra ordinary terus dilakukan secara terpadu dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan mewujudkan Pemulihan Ekonomi Nasional, Optimisme masyarakat harus terus dijaga dengan keseriusan dan upaya pemerintah melakukan percepatan penanganan pandemi Covid-19”, ujar Kapolres menyampaikan amanat Kapolri.

“saat ini Indonesia telah memiliki sebanyak 19,5 juta vaksin yang sudah didistribusikan ke dinas-dinas
kesehatan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, Program Prioritas Kapolri melalui transformasi
operasional yaitu kegiatan pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19, Polri telah menyiagakan 13.500 personel tenaga kesehatan. 900 orang diantaranya telah dilatih untuk menjadi vaksinator oleh Bapelkes/BBBK Kementerian Kesehatan”, Sambungnya.

Selanjutnya Polri berkomitmen siap melaksanakan dan mengawal program vaksinasi nasional serta
seluruh kebijakan pemerintah dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan Pemulihan
Ekonomi Nasional. (*)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Satlantas Polres Mesuji Ingatkan Masyarakat Tentang Prokes

Redaksi LT

Published

on

MESUJI : Satlantas Polres Mesuji kembali sambangi warga dan menghimbau untuk mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, Rabu (03/02/2021).

Hal tersebut dimaksud untuk penerapan disiplin protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Kegiatan Satlantas Polres Mesuji gencar menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Mesuji untuk patuhi Protokol Kesehatan, salah satu kelengkapanya ialah masker, oleh karena itu Personil menghimbau kepada warga yang beraktifitas maupun yang berkendaraa untuk peduli dan menerapkan Prokes Covid-19.

Kapolres Mesuji AKBP Alim melalui Kasat Lantas Polres Mesuji Iptu Farid , mengharapkan masyarakat Kabupaten Mesuji agar perduli dengan situasi Pandemi Covid-19 saat ini karena jumlah pasien Positif bukannya berkurang akan tetapi semakin bertambah.

“Dengan demikian, akan ada kemampuan pada setiap warga masyarakat untuk mengimplementasikan secara baik dan benar protokol kesehatan. Selalu cuci tangan menggunakan sabun, pakai masker, tidak berkerumun, selalu jaga jarak, tidak bersalaman, dan selalu jaga imun tubuh. Selin itu juga , Satlantas Polres Mesuji memberikan masker dan handsenitizer kepada warga di tempat fasilitas umum dan pengendara di jalan raya,” kata Kasat Lantas.

Karena dengan itulah Indonesia mampu menekan dan menurunkan penularan virus ini secara signifikan. Sehingga negeri ini kita harapkan akan bisa keluar dengan cepat dari masalah Covid-19 ini.(Supardi/Red).

Continue Reading

Trending