Connect with us

Lampung Selatan

Pemkab Lamsel dan DPRD Bahasa KUA-PPAS APBD-P 2018

Avatar

Published

on

Lampung Selatan : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bersama DPRD setempat menggelar rapat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2018.

Acara yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Ketua DPRD Lamsel itu, dibuka oleh Ketua DPRD Lamsel, Hendry Rosyadi, serta dihadiri Badan Anggaran DPRD setempat, Sekretaris Daerah Lamsel beserta Tim Anggaran Pemkab Lamsel.

Sekretarias Daerah Pemkab Lamsel, Ir. Fredy SM, MM mengungkapkan, pembahasan tersebut dilaksanakan mengingat adanya perubahan dalam struktur APBD terkait gaji pegawai dan perubahan di dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Dari kedua pokok pembahasan ini, tentunya kita melakukan perubahan APBD 2018,” ujar Fredy dihadapan para anggota Banggar DPRD Lamsel.

Terkait struktur APBD, Fredy menjelaskan, untuk PAD terdapat peningkatan sekitar Rp.21,477 miliar. Ditambah Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) APBD tahun anggaran 2017 sebesar Rp.25 miliar.

“Jadi untuk belanja daerah ini kita rancang sebesar Rp.47 miliar. Rinciannya belanja tidak langsung sebesar Rp.6,35 miliar dan belanja langsung yang cukup signifikan sebesar Rp.40 miliar. Tentunya nanti ini bisa kita bahas secara rinci,” terang Fredy.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Lamsel, Hendry Rosyadi berharap, anggaran belanja daerah tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang ada, serta peruntukkannya bisa tepat sasaran.

“Sehingga nanti, kita harapkan APBD kita ini betul-betul anggaran yang sehat. Karena dari awal saya tekankan kita kejar dulu pendapatnnya, baru nanti belanjanya disesuaikan agar tidak terjadi defisit seperti ditempat lain,” tukas Hendry.

Reporter : Eko
Editor : Putra

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Apa Kabar Lampung

Pemkab Lamsel Bagikan 39 Ekor Hewan Kurban

Avatar

Published

on

LAMPUNG SELATAN, LTD : Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan berhasil mengumpulkan 39 ekor hewan kurban berupa sapi dari bupati dan perangkat daerah.

Hal ini terungkap setelah Jajaran Pemkab Lampung Selatan menggelar rapat persiapan pelaksanaan salat Idul Adha (Id) 1445 Hijriah dan penyembelihan hewan kurban di ruang kerja Staf Ahli Bupati, Kamis, 13 Juni 2024.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik (PHP) Anton Carmana, mengatakan hewan kurban yang berhasil dikumpulkan tersebut akan di distribusikan kepada sejumlah lembaga, pondok pesantren, organisasi, Tenaga Harian Lepas Sukarela (THLS) dan masyarakat.

“Ya, makna dari berkurban inikan berbagi, untuk menumbuhkan jiwa sosial. Harapannya, disaat merayakan Hari Raya Idul Adha, masyarakat turut merasakan kebahagian,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubbag Sosial Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Lampung Selatan Dhanil, menyatakan dari target 52 ekor sapi yang terkumpul total 39 ekor. Dimana, 32 ekor akan didistribusikan untuk pondok pesantren, lembaga dan organisasi.

“Sisanya, 4 ekor akan diprioritaskan untuk THLS, yang nantinya akan di kelola Satpol-PP Lampung Selatan dan 3 ekor lagi akan diserahkan kepada pihak Masjid Agung, untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar,” katanya.

Gelar Salat Id

Anton Carmana, menjelaskan jika Pemkab Lampung Selatan juga akan menggelar salat Id di dua lokasi saat hari raya kurban yang jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.yakni di lapangan sepakbola Desa Waygalih, Kecamatan Tanjungbintang dan di Lapangan Korpri Pemkab Lampung Selatan.

“Insya Allah, pak bupati akan melaksanakan salat Id di Desa Waygalih,”jelasnya.

Sementara, Kasubbag Sosial Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Lampung Selatan Dhanil mengatakan pada pelaksanaan salat Id di Lapangan Desa Way Galih akan di Imami Ustad Pendi dan Khotib Ustad Suparman serta Bilal Ustad Fuad.

“Sedangkan, di pelaksanaan salat Id di Lapangan Korpri depan Kantor Bupati Lampung Selatan akan di imami oleh Ustad Khoriul Ulum dan bilalnya Rian. Untuk Khotib -nya belum final. Sebab, imam khotibnya masih dicari,” katanya. (Rls)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Popularitas Kepemimpinan Nanang Ermanto Masih Tinggi

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Kepemimpinan Bupati Lampung Selatan Hi. Nanang Ermanto terbilang positif dan populer dimata warganya.
Kegiatan tugas pokok fungsi (tufoksi) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, dinilai menyentuh dan disukai serta direspon baik.
Melalui publikasi – publikasi baik dari media cetak, online, elektronik, dan sosial media (sosmed) terekspose meluas dikalangan masyarakat.
Seperti halnya diungkapkan Nadjwa Artha Yaneva (17) warga Kalianda, yang juga seorang putri jurnalis senior.
Dikutip dari web media online newslampung.co, Nadjwa yang duduk dibangku SMA salah satu sekolahan di Lampung Selatan ini mengatakan, berita – berita mengenai kegiatan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto yang tersebar di sosmed banyak mendapat respon like (suka) para netizen di Lampung Selatan.
“Semalaman Nadjwa, baca berita yang dibuat sama papa di media papa. Dari yang Nadjwa baca dan perhatiin, ternyata berita papa soal Pak Nanang di banding berita lainnya paling banyak disukai pembaca. Rata – rata yang ngelike berita papa soal kegiatan Pak Nanang diatas 100 semua. Gak, ada yang dibawah 100, pa. Itu artinya, nitezen banyak yang suka dengan Pak Nanang mimpin Lamsel lagi,” beber Nadjwa dengan polosnya saat bincang santai dengan orang tuanya diruang keluarga kediamannya, Rabu sore (12/06/2024).
Secara spontan, ucapan Najdwa tersebut ditimpal oleh ibunya, yakni Eva Kontesa, SE. Dirinya membenarkan apa yang dikatakan Najdwa benar adanya tanpa di rekayasa.
“Ya, bener itu apa kata anak mu, pa. Di kantor mama juga, banyak yang suka dengan cara kepemimpinan Pak Nanang, pa,” tukas Eva Kontesa saat itu duduk bersebelahan dengan Nadjwa.
“Apalagi, Nadjwa spontanitas dan gak ada yang suruh bilang begitu. Artinya, Pak Bupati Nanang Ermanto, paling kuat duduk lagi jadi Bupati Lamsel,” tambahnya.
Mendengar ucapan ibunya itu, Nadjwa menyebutkan bahwa kawan kawannya di sekolah pun banyak yang bilang Pak Nanang itu sangat perhatian dengan masyarakat. Termasuk, perhatian sama anak sekolah.
“Buktinya, Pak Nanang kunjungan ke sekolah Nadjwa SMAN 1 Kalianda. Waktu itu, temen temen, termasuk Nadjwa senang, Pak Nanang banyak bagi bagi hadiah,” pungkasnya.
Disisi lain, perbincangan keluarga tersebut mengenai kepemimpinan Bupati Nanang Ermanto dapat dijadikan refrensi para pemilih Pemilukada Lampung Selatan pada November 2024 mendatang.
Sebagai informasi, Nanang Ermanto bakal maju kembali di Pemilukada Lampung Selatan sebagai calon incumbent. (Rls).
Continue Reading

Apa Kabar Lampung

871 UMKM dan IKM Turut Ramaikan Pembukaan Semarak Way Sulan Fair 2024

Avatar

Published

on

LAMPUNG SELATAN, LTD : Sebanyak 871 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) turut meramaikan dalam pembukaan Semarak Way Sulan Fair 2024, yang digelar di Lapangan Desa Banjarsari, Kecamatan Way Sulan, Rabu malam (12/6/2024).

Kegiatan Semarak Way Sulan Fair akan diselenggarakan selama empat hari, mulai dari tanggal 12—15 Juni 2024, dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin.

Pelaksana tugas (Plt) Camat Way Sulan, Madro’i menyampaikan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, serta menjadi sarana dalam memamerkan potensi-potensi unggulan di Kecamatan Way Sulan.

“Melalui Semarak Way Sulan Fair ini, kita kembangkan potensi-potensi UMKM, IKM, dan seni budaya di Kecamatan Way Sulan untuk kemajuan Kabupaten Lampung Selatan,” kata Madro’i.

Sementara itu, Sekda Thamrin menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Way Sulan Fair yang berhasil menarik antusiasme masyarakat dan juga pelaku usaha untuk terlibat di dalamnya.

“Sangat luar biasa. Peningkatan pelaku UMKM ini dapat menjadi indikator keberhasilan dalam meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujar Sekda Thamrin menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan.

Selanjutnya, Thamrin juga meminta kepada pemangku kepentingan untuk dapat memberikan ruang usaha bagi generasi muda. Baginya, inovasi dan kreativitas generasi muda mampu menjadi dukungan khusus dalam pembangunan daerah.

“Generasi muda kita ini generasi yang potensial, karena biasanya anak-anak muda ini memiliki terobosan-terobosan yang inovatif,” kata Thamrin. (Kmf/Ko)

Continue Reading

Trending