Connect with us

Lampung Selatan

Bursa Inovasi Desa 2018 Lampung Selatan Resmi di Buka

Published

on

Lampung Selatan : Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto secara resmi membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) Program Inovasi Desa 2018, di Lapangan Tenis Indoor, Kalianda, Kamis (13/9/2018).

Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto dalam sambutannnya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan tersebut. Dia berharap, kegiatan itu bisa menjadi motivasi dan pemicu munculnya keberagaman inovasi progam-program yang ada di desa.

Nanang mengemukankan, Bursa Inovasi Desa merupakan langkah strategis untuk penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa. Dan juga merupakan bagian dari model pengelolaan inovasi di tingkat kabupaten.

“Tujuan kegiatan (BID, red) ini adalah untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif,” kata Nanang.

Selain itu, Nanang berharap, melalui BID dapat menertibkan penggunaan dana desa. Sebab menurutnya, dengan tertibnya pengelolaan dana desa, maka akan dapat melahirkan program yang kreatif dan inovatif untuk mencapai desa yang mandiri.

“Saya berharap Kepala Desa untuk mengkonsentrasikan diri pada hal-hal yang spesial, esensial, dan yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Yang lebih penting harus lebih mementingkan kepentingan masyarakat daripada kepentingan pribadi,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Nanang mengingatkan seluruh Kepala Desa dan perangkatnya untuk selalu memanfaatkan sumber daya manusia yang ada di desanya.

Begitupun dengan kegiatan atau program-program di desa, Nanang mengimbau, hendaknya dilakukan dengan padat karya atau swakelola kepada masyarakat desa.

“Program di desa jangan selalu dikerjakan oleh pihak ketiga, manfaatkan masyarakat desanya. Pemerintah juga tidak akan melalakukan ntervensi untuk kegiatan-kegiatan, saya serahkan swakelola ini kepada desa masing-masing,” tegas Nanang.

Mengakhiri sambutannya, Nanang juga berharap, utusan dari desa agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini sampai selesai.

“Dengan pelatihan ini, semoga kita mendapatan masukan dan ide yang luar biasa untuk kemajuan masyarakat yang ada di desa kita,” pungkasnya.

Disisi lain, Ibnu Sunanda, selaku Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan, program inovasi desa merupakan salah satu sgrategi atau cara untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas penggunaan dana desa.

Selain itu katanya, strategi program yang dilakukan melalui pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan, khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM, dan infrastruktur desa.

“Program inovasi desa merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkuaitas,” terang Ibnu dalam laporannya.

Reporter : Eko
Editor : Putra

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Lampung Selatan

Ratusan Pelajar SMK YPI Lamsel di Buat Ngakak

Published

on

Lampung Selatan : Master Hipnoterapi Lampung Eko Jaya Saputra, SE, C.Ht berhasil membuat ratusan pelajar SMK YPI Lampung Selatan terbahak-bahak melihat master hipnoterapi yang satu ini beraksi.

Ratuan pelajar tersebut merasa terhibur dan termotivasi dengan materi yang di sampaikan Eko Jaya Saputra selaku Master Hipnoterapi Lampung.

Dalam materinya Master Hipnoterapi Lampung Eko JS memberikan pemahaman, sugesti dan semangat untuk tidak sama sekali ataupun coba-coba menggunakan narkoba.

Usai memberikan materi, Eko JS memberikan hiburan berupa Stage Hypnosis kepada pelajar SMK YPI Tanjung Bintang Lampung Selatan.

Selain memberikan hiburan Hypnosis di sesi terakhir sang master Hypnoterapi memberikan terapi kepada ratusan pelajar SMK YPI Lampung Selatan dengan harapan para pelajar terhindar dari pengunaan dan peredaran narkoba.

Hadir dalam acara tersebut, Sekertaris Komisi II DPRD Lampung, BNN Lampung dan tamu undangan lainnya. (Arek/Red).

Continue Reading

Lampung Selatan

Lesty Putri Utami : Jangan Pernah Gunakan Narkoba

Published

on

Lampung Selatan : Sekertaris Komisi II DPRP Lampung Lesty Putri Utami secara tegas meminta kepada para pelajar di Lampung Selatan khususnya Siswa SMK YPI Lampung Selatan untuk tidak sama sekali menggunakan narkoba jenis appaun.

Dihadapan para pelajar SMK YPI Lampung Selatan, Putri dari Anggota DPR RI Muchlis Basri ini menyebut bahwa narkoba merupakan barang terlarang dan dilarang oleh agama dan negara.

Dalam sosialisasi perda nomor I Tahun 2019 yang di gelar di SMK YPI Tanjung Bintang Lampung Selatan tersebut Lesti sapaan akrabnya menyebut saat ini pengguna narkoba di Provinsi Lampung mencapai sekitar 31 ribu dan 30 persennya adalah dari kalangan pelajar.

Untuk itulah ia meminta kepada para pelajar di Lampung Selatan khususnya siswa SMK YPI Lampung Selatan untuk tidak menggunakan narkoba.

Hadir dapam sosialisasi perda tersebut perwakilan BNN Lampung, Master Hipnoterapi Lampung Eko Jaya Saputra dan undangan lainnya. (Arek/Red).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Pulang Kampung, M. Yamin Jabat Panitera PN Kalianda

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Ketua Hakim Pengadilan Negeri Kalianda Kelas I B Nataline Setyowati mengambil sumpah jabatan dan melantik M. Yamin, SH sebagai Panitera PN Kalianda Kelas I B.
Pelantikan berlangsung di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Kalianda Kelas I B, Jum’at (18/11/2022), dihadiri para Hakim, Sekretaris, para pejabat struktural fungsional, Staf, PPNPN dan TKS Pengadilan Negeri Kalianda.

Ketua PN Kalianda Kelas I B Nataline Setyowati, yang juga memimpin acara pelantikan tersebut menyampaikan sambutan, kepada Panitera yang baru saja dilantik dapat membawa perubahan kearah positif khususnya bagi PN Kalianda Kelas I B.
“Pertama-tama saya ucapkan selamat datang sekaligus pulang kampung Bapak M. Yamin. Saya berharap, bapak mampu menghadapi tantangan-tantangan,” katanya.
Ia menambahkan, pergantian atau penyegaran jabatan dilingkungan institusi naungan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia yang biasa terjadi. Diharapkan kepada Panitera yang baru, dapat membawa perubahan yang positif, serta peningkatan integritas dan profesionalitas.
“Saya yakin, bisa membawa perubahan yang positif PN Kalianda. Begitu juga dengan ibu, bisa meningkatkan silaturahmi anggota PN Kalianda,” bebernya.
Dilain sisi, Panitera PN Kalianda Kelas I B M. Yamin, SH pada sambutannya mengatakan, kerjasama baik dengan para hakim beserta jajaran sangat diperlukan. Dengan harapan, kata pria kelahiran Kota Kalianda ini, terciptanya kolaborasi kinerja yang positif.
“Saya berharap mendapatkan arahan-arahan dan bimbingan para hakim serta jajaran PN Kalianda Kelas I B. Dengan harapan, tercapainya visi dan misi MA RI,” ujarnya.
Sebagai informasi, Panitera PN Kalianda Kelas I B yang baru M. Yamin, SH menggantikan Sugandi Syarif, S.H., M.H. (Eko)

Continue Reading

Trending