Connect with us

Tulang Bawang Barat

Keren, Sindikat Pemalsu SKCK Akhirnya Dibekuk Polisi

Avatar

Published

on

Tulangbawang Barat : Kepolisian Sektor (Polsek) Tulang Bawang Tengah berhasil menangkap IM (31), yang merupakan sindikat pelaku pemalsuan SKCK (surat keterangan catatan kepolisian).

Kapolsek Tulang Bawang Tengah Kompol Zulfikar M, SH mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP Raswanto Hadiwibowo, SIK, M.Si mengatakan, pelaku ditangkap hari Minggu (16/9) sekira pukul 15.00 WIB di rental komputer milik pelaku yang berada di Tiyuh/Kampung Mulya Asri, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

“IM yang berprofesi wiraswasta, merupakan warga Tiyuh Murni Jaya, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat,” ujar Kompol Zulfikar.

Lanjutnya, penangkapan terhadap pelaku dilakukan berdasarkan informasi dari warga masyarakat, yang mengatakan bahwa ada tempat untuk melakukan pembuatan SKCK di sebuah rental komputer.

“Berbekal informasi tersebut, Panit I Intelkam Polsek Tulang Bawang Tengah beserta anggotanya melakukan penyelidikan. Setelah dipastikan memang benar tempat tersebut merupakan tempat untuk membuat SKCK palsu, anggota langsung melakukan penggerbekan dan penggeledahan. Selanjutnya pelaku beserta BB (barang bukti) dibawa ke Mapolsek Tulang Bawang Tengah untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Kompol Zulfikar.

Kapolsek menambahkan, dari tangan pelaku berhasil disita BB berupa monitor komputer merk acer warna hitam, CPU merk SDC warna hitam, printer merk HP warna putih, scanner merk cannon warna hitam, HP (handpohoe) merk xiomi redmi 5 warna silver, 2 buah flash disk merk toshiba warna putih, 4 lembar SKCK asli yang dikeluarkan oleh Polsek Tulang Bawang Tengah, 1 lembar SKCK asli yang dikeluarkan oleh Polres Lampung Tengah, 1 lembar SKCK asli yang dikeluarkan oleh Polresta Bandar Lampung, 8 lembar SKCK legalisir diduga palsu yang dikeluarkan oleh Polres Tulang Bawang, 2 lembar foto copy SKCK diduga palsu yang dikeluarkan oleh Polsek Terusan Nunyai, 9 lembar foto copy SKCK diduga palsu yang dikeluarkan oleh Polsek Tulang Bawang Tengah dan 4 lembar foto copy SKCK diduga palsu yang dikeluarkan oleh Polres Lampung Tengah.

“Menurut keterangan dari pelaku kepada petugas saat ditangkap, pelaku telah membuat dan menerbitkan SKCK yang diduga palsu dari Polresta Bandar Lampung, Polres Tulang Bawang, Polres Lampung Tengah, Polsek Tulang Bawang Tengah, Polsek Tumijajar dan Polsek Terusan Nunyai,” terang Kompol Zulfikar.

Kapolsek menghimbau, agar masyarakat yang akan membuat SKCK jangan pernah melakukan pembuatan SKCK di tempat manapun selain di kantor polisi, karena blanko SKCK yang asli ada tanda khusus yang tidak bisa dipalsukan.

“Saat ini pelaku sedang dilakukan pemeriksaan di Mapolsek Tulang Bawang Tengah dan akan dijerat dengan Pasal 263 ayat 1 KUHPidana tentang Pemalsuan Surat. Diancam dengan pidana penjara paling lama 6 tahun.” Tutup Kompol Zulfikar.

Reporter : Jonsi
Editor : Putra

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Apa Kabar Lampung

Oknum Anggota DPRD Kabupaten Tubaba Diamankan Polisi

Redaksi LT

Published

on

Tulang Bawang Barat:Satuan Reserse kriminal Polres Tulang Bawang Barat Telah mengamankan seorang oknum DPRD Kabupaten Tubaba yang berinisial (SDM) umur 55 Tahun alamat Tiyuh Wonorejo Rt 09 Rw 03 Kecamatan Gunung Agung Kabupaten Tuba Barat yang diduga melakukan pembuatan laporan palsu tentang tuduhan atas perbuatan asusila kepada seorang mahasiswi yang berinisial (EL) umur 29 tahun yang bertempat tinggal di Desa Padang Rejo Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah . (19-02-2021)

Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Hadi Saepul Rahman S.IK melalui Kasat Reskrim Polres Tulang Bawang Barat IPTU Andre Try Putra S.IK mengatakan , Pada hari Rabu tanggal 15 April 2020 sekira jam 17.30 Wib, Tersangka datang ke SPKT Polres Tubaba dengan didampingi 2 (dua) orang pensehat hukum yaitu YOSEP ARNOLI, SH dan SANUDI SH untuk membuat laporan tentang telah terjadi tindak pidana fitnah atau pencemaran nama baik terhadap dirinya menyangkut berita yang beredar dimedia online dengan judul “FOTO SYUR MIRIP OKNUM ANGGOTA DPRD TUBABA BERINISIAL SDM DENGAN SEORANG WANITA BERINISIAL EL DIKAMAR HOTEL”

Kemudian Laporan saudara (SDM) tersebut diterima dalam bentuk laporan polisi model B dengan sistem laporan sislaphar, selanjutnya perkara tersebut ditindak lanjuti oleh Sat Reskrim Polres Tubaba dan dilakukan penyelidikan terhadap perkara tersebut penyidik menemukan seorang perempuan yang berinisial EL tersebut yang menerangkan bahwa Foto tersebut adalah benar dirinya dengan seorang anggota Dewan bernama (SDM) dan foto tersebut benar di ambil menggunakan handphone milik EL serta EL mengakui dengan saudara (SDM) tersebut telah menginap di hotel sebanyak 2 (kali) di tempat yang berbeda di Hotel Citra 3 Metro dan Hotel Indah Permai Kab. Lampung Timur setelah itu penyidik mendatangi Hotel tempat mereka menginap tersebut dan menemukan terdapat nama (SDM) di buku tamu hotel dan memang benar pernah menginap dihotel tersebut bersama EL dan juga menemukan selimut dan sprai sesuai dengan yang ada di foto tersebut setelah itu penyidik melakukan gelar perkara atas laporan saudara (SDM) tersebut dilakukan Henti Lidik dan kemudian penyidik menindak lanjuti pelaporan palsu tersebut dengan membuat Laporan Polisi Model A .

Kasat Reskrim Polres Tulang Bawang Barat IPTU Andre Try Putra S.IK juga mengatakan, Kemudian Pada hari kamis tanggal 18 Februari 2021 setelah dilakukan panggilan yang ke 2 terhadap Tersangka datang ke Polres Tulang Bawang Barat dan dilakukan pemeriksaan oleh Penyidik Polres Tulang Bawang Barat selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap tersangka yang kemudian dilakukan penahanan terhadap Tersangka di Mako Polres Tulang Bawang Barat guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Masih dari Kasat Reskrim Polres Tulang Bawang Barat, dengan ini terduga pelaku dengan inisial (SDM) tindak pidana asusila terjerat pasal 242 KUHP ayat 3 tentang membuat Laporan Palsu dengan ancaman pidana 7 (Tujuh) tahun penjara .pungkas nya.**(jns putra)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

SAH, Pemda Tuba Barat Tanda Tangi MoU Pengembangan Transportasi Berbasis Listrik

Redaksi LT

Published

on

Tulangbawang Barat : Bupati Umar Ahmad menghadiri Penandatanganan MoU dengan PT. Industri Kereta Api (INKA) dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) terkait kerjasama pengembangan Transportasi Berbasis Listrik di kabupaten setempat secara yang di gelar secara virtual di Cafe Uluan Nughik, Kamis (11/02/2021).

Kegiatan sendiri dihadiri oleh beberapa kepala OPD dan Camat se- Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Dalam sambutan nya, Bupati Umar Ahmad bersyukur ITERA dan INKA dapat mendampingi Tubaba menuju Masa Depan.

“Kita semua mencurahkan apa yang kita miliki ini benar-benar untuk membangun ruang yang kita cita-citakan ini”kata Umar.

Alhamdulilah ITERA dan INKA akan mendukung penuh mewujudkan mimpi menggabungkan teknologi, budaya dan seni di Kabupaten setempat.pungkas nya. (Jonsi Putra/Red).

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Umar Ahmad Remikan Balai Wartawan Prof. Bagir Manan PWI Tubaba

Redaksi LT

Published

on

Tulang Bawang Barat: Bupati Umar Ahmad.SP menghadiri kegiatan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di PWI Tubaba serta Pemberian Anugrah Tijindarbumi berlangsung di Balai Wartawan PWI Uluan Nughik Kelurahan Panaragan Jaya. Kamis (09/02).

Turut hadir mendampingi Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad Anggota DPRD Kabupaten Tubaba Ponco Nugroho, Kapolres Tubaba, Dandim Lampung Utara 0412, Sekretaris Daerah Tubaba, Kadis Kominfo, Kadis PUPR, Kadis Pendidikan dan kebudayaan serta beberapa kepala OPD terkait.

Dalam sambutannya Bupati Tulang Bawang Barat yang di wakili oleh Kepala Dinas Kominfo Eri Budi Santoso atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) dan Hut PWI ke-75.

“mudah-mudahan sinergis antara media massa dan Pemerintah Daerah yang telah terjalin selama ini bisa terus dapat dipertahankan.karena media massa memiliki pengaruh besar bagi Pemerintah Daerah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat”.kata nya

Lanjut Eri Budi Santoso.Dalam rangkaian kegiatan memperingati Hut HPN di lanjutkan dengan peresmian Balai Wartawan PWI Prof. Bagir Manan Kantor PWI Tulang Bawang Barat

“nanti secara simbolis penandatangan prasasti oleh Bupati Tulang Bawang Barat dan pemotongan pita tanda di resmikan nya balai wartawan oleh AKBP Hadi Saeful Rahman,dan di lanjutkan dengan melakukan Vidio Metting Virtual.
Dengan Tema bangkit dari pandemi, pers sebagai gerbang prmulihan ekonomi, dan akselerator perubahan HPN 2021″ujar nya

Masih Eri Budi santoso.Kemudian dalam peringatan Hari Pers Nasional Bupati Tubaba Umar Ahmad telah menerima penghargaan Tijindarbumi dalam katagori sebagai Kepala Daerah perduli kepada media massa (pers) dan Ketua DPRD Ponco Nugroho menerima Tijindarbumi katagori sebagai Ketua DPRD dalam pendorong Anggaran Pro Rakyat pemberian anugerah Tijindarbumi 2021.

“ini merupakan penghargaan dan apresiasi atas dedikasi kepala daerah yang berjasa serta berperan penting dalam pembangunan daerah”tutup nya.*(jns putra)

Continue Reading

Trending