Connect with us

Apa Kabar Lampung

Jadi Timses Salah Satu Capres, Kades Way Areng Lampung Timur Terancam Pidana

Avatar

Published

on

Lampung Timur : Oknum Kepala Desa Way Areng Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur Mulyadi di duga terlibat dalam politik praktis. Pasalnya, kades tersebut menghadiri acara deklarasi tim kemenangan salah satu calon presiden (Capres) di Jakarta belum lama ini.

Oknum kades tersebut pun tidak segan-segan untuk merekam kegiatan deklarasi ini dalam bentuk vidio, bahkan vidio yang juga menampakkan dirinya ini di unggah dalam akun Facebook miliknya.

Vidio yang berdurasi 1:47 dan 0:45 menit ini tampak jelas memperlihatkan oknum kades tersebut sedang asik bersuka ria dan menyanyikan lagu untuk kemenangan salah satu capres bersma dengan peserta yang juga turut hadir untuk memeriahkan acara.

Di kediamannyapun terpampang satu bener yang bergambarkan salahsatu capres yang akan maju dalam pilpres 2019 yang akan datang.

Saat di konfirmasi, Mulyadi membenarkan jika vidio yang telah beredar di media sosial itu adalah dirinya. Namun ia menampik jika kehadirannya dalam acara tersebut bukan dilakukan dengan sengaja.

Lanjut Mulyadi, awalnya ia berangkat ke Jakarta bertujuan untuk memenuhi undangan Barisan Relawan Bhenika Jaya (Bara Baja) pusat untuk membahas kepemimpinan ketua Bara Baja Provinsi Lampung, namun dirinya malah di ajak untuk memeriahkan acara deklarasi tim kemenagan salahsatu capres.

“Benar yang di vidio itu saya, tapi saya berangkat ke jakarta karena di undang dari Bara Baja pusat, soalnya saya juga selaku ketua Bara Baja untuk provinsi Lampung. Dan saya kira akan membahas maslah kepemimpinan Bara Baja untuk Lampung, namun saya di bohongi, malah saya di ajak ke acara tersebut,”terangnya.

Statusnya sebagi kepala desa tentu hal ini mencerminkan ketidaknetralannya. Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri No 273/3772/JS tertanggal 11 Oktober 2016 sebagai penegasan Pasal 70 Undang-Undang (UU) No 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU No 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu No 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan, Pasal 71 ayat (1) UU No 10/2016 menyebutkan, pejabat negara, pejabat daerah, pejabat aparatur sipil negara, anggota TNI/Polri dan kepala desa harus bersikap netral.

Selain itu, Kades yang bermain politik praktis jelas akan dikenakan pidana, hal itu diatur dalam Pasal 188 UU Pilkada bahwa ketentuan sebagaimana dalam Pasal 71 dipidana penjara paling singkat satu bulan atau paling lama enam bulan dan/denda paling sedikit enam ratus ribu rupiah atau paling banyak enam juta rupiah.

Reporter : Mandra
Editor : Red

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Apa Kabar Lampung

Gerot Wisata P2WLS Sebagai Respon Aduan Warga Soal Penumpukan Sampah

Avatar

Published

on

Lampung Selatan, Lampungtoday : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menerjunkan Tim Penggerak Pesona Wisata Lampung Selatan (P2WLS) melakukan Aksi Gebrak Gotong Royong Terpadu Menuju Wisata Berkelanjutan (Gerot Wisata) di Pantai Pasir Putih, Desa Rangai Tri Tunggal, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (17/7/2024).
Aksi Gerot Wisata itu merespon laporan warga yang viral di media sosial soal tumpukan sampah di Wilayah Pantai Pasir Putih, Desa Rangai Tri Tunggal, Kecamatan Katibung.
Rombongan Gerot Wisata yang dikomandoi oleh Ketua P2WLS, Hj. Winarni Nanang Ermanto itu, turun langsung ke lapangan untuk membersihkan dan merapihkan area wisata, menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman bagi para pengunjung.
Ketua P2WLS Hj. Winarni Nanang Ermanto dalam arahannya menyampaikan, dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal dan mendukung pengembangan pariwisata yang berkelanjutan.
“Kami harap dengan Gerot Wisata ini dapat mendorong pengembangan pariwisata lokal dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Kan pasti pengunjung akan senang jika tempatnya bersih, rapih dan nyaman,” kata Winarni.
Winarni juga mengatakan, keamanan dan kenyamanan yang terjaga menjadi kunci untuk mengundang wisatawan kembali berkunjung dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pariwisata di Kabupaten Lampung Selatan.
Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan, Kurnia Oktaviani mengatakan, lokasi itu dipilih berdasarkan informasi dari warga dan netizen terkait tumpukan sampah yang ada di Pantai Pasir Putih.
“Kita sekarang lagi di Pantai Pasir Putih. Kita respon cepat video viral tumpukan sampah kemarin, kita gotong royong membersihkan sampah ini untuk membantu pengelola wisata agar dapat meningkatkan pengunjung,” ujar Kurnia Oktaviani.
Kurnia Oktaviani juga menyampaikan, bahwa berdasarkan informasi dari pengurus wisata pantai, sampah-sampah tersebut merupakan kiriman dari wilayah Pesisir Panjang dan Teluk.
“Tadi juga sudah ngobrol-ngobrol sama karyawan di sini bang Rudi, kira-kira sampah ini dari mana? Kalau kata beliau sampah-sampah ini kiriman, bisa saja dari Panjang, dari Teluk, khususnya wilayah pesisir,” ungkap Kurnia Oktaviani..
Diketahui, Gerot Wisata merupakan program Pemkab Lampung Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan dan Tim P2WLS melibatkan sejumlah Perangkat Daerah dengan cara gotong royong membersihkan sampah atau hal lainnya di tempat objek wisata.
Selain Perangkat Daerah, dalam kegiatan Gerot Wisata kali ini juga melibatkan sejumlah perusahaan dan stakeholder lainnya, diantaranya Korem 043/Gatam, PT Sinar Mas, PT Charoen Pokphand Feedmill Lampung, Perum Bulog, serta Pemerintah Kecamatan Katibung dan Desa Rangai Tri Tunggal, dan UPTD Puskesmas Tanjung Agung Kecamatan Katibung.
Adapun, Gerot Wisata ini akan terus dilakukan secara rutin dan ditingkatkan lagi supaya semua tempat wisata menjadi lebih nyaman dan aman bagi pengunjung. (Rls)
Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Ikut Ajang Hijabfluencer di Jakarta, Dara Manis Asal Natar Minta Dukungan ke Bupati

Avatar

Published

on

LAMPUNG SELATAN, LTD : Dara Fortuna Cindra Agroska (21), akan bertanding di ajang nasional Grand Final Putri Hijabfluencer yang akan dilaksanakan di Jakarta.

Dara manis asal Kecamatan Natar itu sengaja datang Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan untuk meminta dukungan pemerintah daerah setempat.

Kedatangan Dara diterima Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto dan Sekretarias Daerah Kabupaten, Thamrin, di ruang kerja bupati setempat, Selasa Selasa (16/7/2024).

“Dara meminta support dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan untuk bertanding kembali di tingkat nasional pada bulan Agustus mendatang. Dara sendiri berasal dari Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan,” kata runner-up 3 Putri Hijabfluencer Lampung ini.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menyambut baik atas prestasi yang telah diraih dan warga asal Kecamatan Natar itu. Nanang mendoakan, Dara dapat meraih juara terbaik ditingkat nasional sehingga mengharumkan nama Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Lampung Selatan.

“Semoga apa yang Dara cita-citakan dapat terwujud. Kami Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mensupport dan turut bangga atas prestasi yang diraih,” kata Nanang.

(Kmf/Ko)

Continue Reading

Apa Kabar Lampung

Desa Talang Bojong Gelar Pembinaan PKK

Alex BW

Published

on

By

Lampung Utara : Desa Talang Bojong Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, menggelar Pembinaan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Aula Balai Desa setempat, Selasa (16/07/2024/).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kotabumi Susilawati Nujum, Ketua Pokja 4 Bidang Kesehatan Aan Nurhasanah, Camat Kotabumi Nujum Masya, Kepala Desa Talang Bojong Edi Sumantri, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta para Tim Penggerak PKK Desa Talang bojong.

Kepala Desa Talang Bojong Edi Sumantri mengatakan, kegiatan Pembinaan PKK ini di adakan bertujuan untuk memperluas pengetahuan Tim Penggerak PKK di tingkat Desa, dengan harapan kedepan nya dapat menjadi penggerak Pembangunan di kalanhan masyarakat.

“Saya menyambut baik kegiatan Pembinaan PKK di tingkat desa ini, mudah-mudahan kegiatan ini menjadi kegiatan yang rutin di adakan” ungkap Edi.

Masih kata Edi, dalam kegiatan kali ini narasumber kompeten telah di hadirkan di tengah-tengah Tim Penggerak PKK Desa Talang Bojong.

“Saya berharap Para peserta yang mengikuti Pembinaan PKK, Dapat dengan teliti mencerna apa yang di sampaikan oleh Pemateri Sengingga kedepab dapat di Aplikasikan ke masyarakat” Tutup Edi. (Jul)

Continue Reading

Trending