Connect with us

Advetorial

Berikan Bantuan Alat Pertanian, Bupati Loekman Berharap Hasil Panen Meningkat

Avatar

Published

on

Lamteng : Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemitro memberikan bantuan kelompok Tani Karya Lestari
saat panen raya cabai di kampung Sri Purnomo Kalirejo Rabu(24/10/2018).

Suasana Pemberian Bantuan Alat Pertanian Oleh Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemitro Kepada Petani


Bantuan tersebut berupa alat mesin sedot air dan alat pengusir hama tikus.

Bupati Loekman menjelaskan pada kelompok tani cabai insyaallah tahun depan kita bantu traktor dan sumur bor,agar biaya operasional tanam cabe bisa lebih murah sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih baik ujarnya.

Ini lah salah satu program Dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi dan kemandirian pangan dengan menggerakkan sektor sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana diamanatkan dalam nawacita Presiden RI termasuk kontribusi dari sektor pertanian.

Salah satu program kedaulatan pangan adalah komoditas cabai yang mana komoditas ini merupakan komoditas strategis dan memiliki’nilai ekonomis yang tinggi serta tidak dapat disubtitusi dengan komoditas lain.

Produksi cabai tidak merata sepanjang tahun dimana produksi berkurang di musim hujan yang menyebabkan harga tinggi dan produksi berlebihan di musim kering / kemarau mengakibatkan harga jatuh.

Hal ini dikarenakan keterbatasan dalam hal berbudidaya cabai, Program pengembangan cabai di kabupaten Lampung Tengah di tahun 2018 mendapat alokasi seluas 53 hektar yang tersebar di beberapa lokasi diantaranya.

Sentra cabe di Kecamatan Bisa, Kalirejo, Padang Ratu, Kotagajah, Terusan Nunyai, Seputih Rahman,Seputih Agung, Rumbia Anak Tuha.

Tujuan dari bantuan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani hortikultura yang mana kelompok tani penerima diharapkan keberhasilan panennya tetapi texjadwal di tiap bulannya. Hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas ketersediaan produksi dan harga.

Harapan pemerintah saat ini harga cabai cukup tinggi yang mana cabai lampung tengah hasilnya sangat menggembirakan, tetapi jangan terlena dengan hasil yang tinggi karena ke depannnya harus mengatur jadwal tanam melalui manajemen tanam cabai merah.

Kadis pertanian Rusmadi bahwa pemerintah daerah dalam hal ini memberikan bantuan berupa bibit cabe pada kelompok tani cabai dan pengawasan penanamannya sampai panen.hari ini kita panen cabai seluas 5 hektar di kampung Sri Purnomo Kalirejo dengan rata rata Produksi 8 -10 ton/ha dengan harga cabe hari ini di tingkat petani Rp 22.000,-/kg.pungkasnya. (ADVETORIAL / Can).

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advetorial

Kerap Picu Kriminalitas, Polsek Kedaton Lakukan Razia Minuman Keras Di Sejumlah Warung Klontongan

Redaksi LT

Published

on

Bandar Lampung – Kepolisian Sektor Kedaton Polresta Bandar Lampung melakukan razia penjualan minuman keras di sejumlah toko atau warung yang ada di wilayah hukum Polsek Kedaton, Kamis (23/03) malam.

Kapolsek Kedaton Kompol Try Maradona, S.I.K., M. H.,mewakili Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Ino Harianto, S.I.K., M.M., menjelaskan bahwa kegiatan razia minuman keras ini merupakan salah satu upaya pencegahan terhadap aksi aksi kriminalitas yang kerap dipicu oleh minuman keras.

“Kita tahu minuman keras kerap menjadi pemicu aksi aksi kriminalitas seperti keributan, tawuran dan tindakan lainnya” ucap Kompol Try Maradona.

Jajaran Polsek Kedaton melakukan razia minuman keras ke sejumlah warung yang ada diwilayah labuhan ratu kedaton Bandar Lampung.

“Razia malam ini kami berhasil menyita 18 botol minuman keras merk sampoerna dari warung milik JP” Ujar Kompol Try.

Selain menyita minumam keras tersebut, Petugas juga mendata pemilik warung dan melakukan pembinaan.

“Kegiatan ini akan terus kami lakukan, untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif terlebih saat bulan suci Ramadhan ini” Lanjut Kompol Try. (*)

Continue Reading

Advetorial

Upacara HUT Kabupaten Tanggamus Ke 26 Berjalan Sukses

Redaksi LT

Published

on

Tanggamus : Pemkab Tanggamus Bersama Forkopimda Laksanakan Upacara Peringatan HUT Ke 26 Kabupaten Tanggamus dan Ziarah ke Taman Makan Pahlawan dan Dia Bersama Dalam Rangka Peringatan HUT Ke 26, Selasa, 21 Maret 2023, Bertempat di Lapangan Merdeka, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani dalam amanatnya menyampaikan Kabupaten Tanggamus berdasarkan Undang-Undang Nomor 02 Tahun 1997 tentang Pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Tulang Bawang dan Kabupaten Daerah Tingkat II Tanggamus, yang pada tanggal 21 Maret ini
ditetapkan sebagai tanggal lahirnya Kabupaten Tanggamus dan kita peringati setiap tahunnya.

Semoga peringatan hari bersejarah ini menjadi momentum Evaluasi dan Instropeksi terhadap apa yang telah kita sumbangkan untuk Kabupaten Tanggamus, khususnya dalam mendorong terciptanya Kabupaten Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera.

Di hari paling bahagia bagi Kabupaten tercinta, Saya mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN Ke-26

Kepada pendahulu dan para pendiri Kabupaten Tanggamus, dengan hormat kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas jasa dan pengabdian terbaik kepada Kabupaten Tanggamus yang sama-sama kita cintai dan kita banggakan. Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus menjadikan tema Peringatan HUT ini, yaitu “Tanggamus Keren”.

Beberapa indikator pembangunan menunjukkan perbaikan yang lebih baik, diantaranya Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Tanggamus, Tahun 2022 di angka 67,22 meningkat dari tahun 2021 yang sebesar 66,65. Dengan sinergisitas berbagai program di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian yang dilaksanakan dengan kolaboratif seperti Program Semua Bisa Sekolah atau SBS, Program Sekolah Ceria, Program Anak Sekolah Ingin Kuliah (ASIK), dan lain-lain diharapkan mampu mendorong pencapaian target IPM sebesar 68,37.

Angka Kemiskinan Tanggamus tahun 2022 berhasil turun di angka 10,98%, dibanding Tahun 2021
sebesar 11,81%. Diharapkan di tahun 2023 ini angka kemiskinan dapat turun menjadi 1 digit sekitar
9,54%. Ini akan kita kolaborasikan dengan upaya pengentasan 3 pekon tertinggal, 220 pekon berkembang, sehingga pekon maju akan bertambah dari 76 pekon maju saat ini.

Angka Pertumbuhan Ekonomi di angka 4,16% dari tahun sebelumnya 2,3%. Diharapkan tahun ini akan meningkat menjadi 5 %, yaitu dengan penguatan ekonomi terutama sektor UMKM dan sektor informal lainnya, sehingga mendorong daya beli masyarakat termasuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok. Indeks Kepuasan Masyarakat di angka 86,43 dari 70,93.

Untuk Program Semua Bisa Sekolah (SBS), yaitu program unggulan untuk meningkatkan IPM, telah
kita laksanakan sejak 2019 dan sampai kini telah meluluskan 8.634 siswa:

– 2019 : 816 siswa.
– 2020 : 1.880 siswa.
– 2021 : 2.121 siswa.
– 2022 : 3.817 siswa.

Ketersediaan Alat Kesehatan pada Puskesmas seKabupaten Tanggamus:
– USG : ada di 18 Puskesmas.
– Hematology Analyzer : 17 Puskesmas.
– Inkubator Bayi : 13 Puskesmas.
– Alat Tes Cepat Molekuler : 5 Puskesmas.
– Alat Fogging : 21 Puskesmas.

Pembangunan & Rehabilitasi RSUDBM Tahun 2022 Pembangunan Poli Mata dan THT, serta IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah).Rehab Gedung Rawat Inap klas I, Penyakit Dalam 1 dan 2, Rehab dan Perluasan Instalasi Laboratorium, Instalasi Radiologi, Rehabilitasi Narkoba dan Gedung O.K. Central.

Banyak lagi indikator di sertai penghargaan serta prestasi lainnya, baik prestasi individu atau prestasi daerah. Keberhasilan dan prestasi ini merupakan buah keberhasilan kerja keras dan kerja nyata dari seluruh komponen warga masyarakat Kabupaten Tanggamus, termasuk rekan-rekan Anggota FORKOPIMDA, para Anggota DPRD, ASN, TNI/Polri, Partai Politik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, PemudaPemudi dan lain-lain.

Usai Upacara Peringatan HUT Ke 26 Kabupaten Tanggamus dilanjutkan dengan Ziarah ke Taman Makan Pahlawan Pekon Simpang Kecamatan Kota Agung Timur.

Kegiatan Upacara Ziarah Dipimpin oleh Letkol INF Vicky Heru Harsanto S.I.P.,M.Si (Dandim 0424/Tanggamus).

Usai Upacara ziarah acara dilanjutkan dengan kegiatan Doa bersama di rumah dinas Bupati Tanggamus, kegiatan berjalan dalam keadaan tertib dan aman.

Hadir dalam kegiatan tersebut: Bupati Tanggamus (Hj. Dewi Handajani ,S.E.,M.M), Wakil Bupati Tanggamus (H. A.M Safi’i, S.Ag), Forkopimda kabupaten tanggamus, Sekdakab Tanggamus (Drs. Hamid Heryansyah Lubis), Para Asisten II,III, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0424/Tanggamus, Ketua Bhayangkari Polres Tanggamus, Ketua TPPKK Kabupaten Tanggamus. Ketua Adhiyaksa Dharma Pertiwi Tanggamus, para Kepala OPD, Camat se-kabupaten Tanggamus, para Kepala Pekon Se Kabupaten Tanggamus, Personil Kodim 0424/ Tanggamus.

Personil Polres Tanggamus. Personil Satpol PP Tanggamus. Personil Damkar Kabupaten Tanggamus. Personil Tagana Kabupaten Tanggamus. Personil Dishub Tanggamus. PNS Kabupaten Tanggamus. FKPPI Kabupaten Tanggamus. Korsik SUPMN Kota Agung. Siswa Siswi SMA dan SMP kota agung. ( ADV )

Continue Reading

Advetorial

Paripurna HUT Kabupaten Tanggamus ke 26 Tahun Berjalan Sukses

Redaksi LT

Published

on

Tanggamus : Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Tanggamus Ke 26 Tahun 2023. Di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Tanggamus. Senin 20/3/2023.

Hadir Dalam Kegiatan Wakil Bupati Tanggamus Hi, AM. Syafii, Sekda Kab.Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, Forkopimda, Para Asisten, Para OPD, Pimpinan Ormas, Para Camat Sekabupaten Tanggamus, Vertikal/BUMN/BUMD/Badan usana Perorangan/Kelompok Se-Kabupaten Tanggamus, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus; Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Tanggamus, Ketua dan Pengurus APDESI Kabupaten Tanggamus; Ketua Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Sosial, Organisasi Profesi dan Organisasi Kepemudaan, Para Veteran, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Insan Pers SeKabupaten Tanggamus;

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutan nya, Pada tanggal 26 Tahun yang lalu, atau tanggal 21 Maret 1997, Kabupaten Tanggamus secara resmi berdiri. Usia yang cukup dewasa untuk tinggal landas menuju Kabupaten yang lebih maju dengan masyarakat yang lebih sejahtera. Dengan kerja bersama dan sinergitas yang didukung oleh seluruh komponen dan elemen masyarakat, Saya yakin citacita Kabupaten Tanggamus mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur akan dapat kita wujudkan bersama-sama.

Seperti kita tahu, selama 3 (tiga) tahun terakhir, pandemi Covid-19 melanda kita dan seluruh dunia. Merusak sendi-sendi kehidupan kita, dan Syukur Alhamdulillah Pandemi saat ini sudah dapat kita kendalikan. Dengan segala keterbatasan akibat dampak Pandemi, kita masih bisa terus bekerja keras memberikan yang terbaik bagi kabupaten dan warga masyarakat kita tercinta, sebagai contoh dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, kita telah berusaha melakukan perubahan sungguh-sunggguh untuk membangun pemerintahan yang baik, serta memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya, dengan membudayakan pelayanan RATU (Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul), memenuhi rasa keadilan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan, dan mendahulukan kepentingan rakyat. Beberapa indikator pembangunan menunjukkan perbaikan yang lebih baik.

Prestasi dan penghargaan yang Kami terima dan Kabupaten Tanggamus terima, diantaranya, Meraih opini WTP dari BPK. Merupakan raihan 4 Tahun berturut-turut selama 4 tahun menjabat Bupati Tanggamus. Secara total Tanggamus telah meraih 7 kali Raihan WTP dari BPK (Tahun 2015, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021 dan 2022).

Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung. Ini merupakan raihan Juara Umum untuk 6 kali berturut-turut sejak Tahun 2016 sampai dengan Tahun 2022.

Meraih Penghargaan Anugerah Paritrana Award (Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) Tingkat Provinsi Lampung, dari BPJS Ketenagakerjaan.

Meraih Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan, dari Ombudsman RI.

Penghargaan sebagai Perpustakaan Kabupaten dan Desa terbaik tingkat nasional dalam program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial 2021 dan 2022 dari Kantor Perpustakaan Nasional RI.

Meraih Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2022 sebagai 10 besar Kabupaten Terbaik Tingkat Nasional, dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI.

Meraih Penghargaan SAKIP dan Reformasi Birokrasi Award 2022 atas Pencapaian Evaluasi SAKIP dan Reformasi Brokrasi, dari Kemenpan-RB RI.

Penghargaan atas Dukungan Program Vaksinasi dari Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Lampung.

Meraih Penghargaan Perempuan Inspiratif-Inisiator Saber Pekan pada IKWI Award.

Meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Nindya, dari Menteri PPPA-RI.

Meraih Penghargaan Kategori Penggerak Koperasi Madya dari Dewan Koperasi Indonesia.

Meraih Penghargaan Award Leader for Sustainable

Inspiratif Peduli Sosial dari Radar Lampung. Perempuan Kemasyarakatan,

Meraih Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 dengan Kategori Kabupaten Terinovatif, dari Kemendagri.

Lanjut Bupati, Banyak lagi penghargaan serta prestasi lainnya, baik prestasi individu atau prestasi daerah. Keberhasilan dan prestasi ini merupakan buah keberhasilan kerja keras dan kerja nyata dari seluruh komponen warga masyarakat Kabupaten Tanggamus, termasuk rekan-rekan Anggota FORKOPIMDA, para Anggota DPRD, ASN, TNI/Polri, Partai Politik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Pemuda Pemudi dan lain-lain.

Beberapa hari lalu, Tanggal 18 Maret 2023, Provinsi Lampung Berulang Tahun ke-59, kami atas Pemerintah Kabupaten Tanggamus, mengucapkan Dirgahayu Provinsi Lampung ke-59, Semoga Provinsi Lampung semakin maju dan berjaya.

Sinergi antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus selalu kita laksanakan dan dukup banyak program-program Pemerintah Provinsi Lampung yang bersentuhan langsung dengan Kabupaten Tanggamus. Telah banyak capaian kemajuan pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Provinsi Lampung di Kabupaten Tanggamus. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung.

Harapan Bupati, Dalam proses pembangunan di Kabupaten kita tercinta ini, satu hal yang tak kalah penting adalah tetap terjaganya situasi kondusif, aman tenteram dan damai. Karena dengan situasi yang kondusif itu, maka kita dapat menggerakkan dan mengarahkan pembangunan untuk mengolah potensi nyata daerah ini, memenuhi harapan masyarakat secara langsung tercinta ini, satu hal yang tak kalah penting adalah tetap terjaganya situasi kondusif, aman tenteram dan damai.

Karena dengan situasi yang kondusif itu, maka kita dapat menggerakkan dan mengarahkan pembangunan untuk mengolah potensi nyata daerah ini, memenuhi harapan masyarakat secara langsung baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Mari kita jadikan peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanggamus sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri serta memantapkan kebersamaan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Tanggamus.

Kepada semua pihak, sekali lagi kami menyampaikan penghargaan dan terimakasih yang tulus atas dorongan semangat, koreksi dan kritik yang ditujukan kepada kami pihak Eksekutif dalam mengemban amanah, tugas pemerintahan dan pembangunan selama ini.

Semoga Allah SWT., selalu memberikan Keberkahan dan Ridho-Nya bagi kita semua. Aamiin.

Tanggamus, Sentra Beras, Ikan, Lada dan Kopi, Tanggamus juga kaya Destinasi Pariwisata. Tanggamus genap berusia 26 Tahun hari ini, Semoga Kabupaten-nya Maju, Warganya Sejahtera. .Tutup Bupati” ( ADV)

Continue Reading

Trending