Connect with us

Tak Berkategori

Provinsi Lampung Proyek Percontohan Quick Win Pelayanan Berbasis Kompetensi

Published

on

Bandar Lampung:Presiden RI Joko Widodo menunjuk Provinsi Lampung bersama Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai pilot projet pengembangan program Quick Win Bidang Pelayanan Berbasis Kompetensi untuk mendorong percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik. Tiga provinsi ini diminta mengembangkan model dan pola pembinaan serta pengembangan ASN. Selanjutnya dikembangkan ke provinsi berkarakteristik hampir sama dengan daerah percontohan.

“Inilah yang menjadi pertimbangan Bapak Gubernur Ridho dalam mencanangkan Lampung Kompeten sebagai bagian penting untuk mewujudkan visi Lampung Maju dan Sejahtera 2019 dengan basis pelayanan kepada masyarakat,” kata Plt. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Taufik Hidayat, menutup Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV di lingkungan Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota se-Provinsi Lampung di Aula BPSDM Provinsi Lampung, Hajimena, Natar, Lampung Selatan, Jumat (16/11/2018).

Taufik yang juga Kepala Bappeda Provinsi Lampung itu mengatakan peserta Diklatpim IV mengikuti dan menyelesaikan tahap pembelajaran sesuai struktur kurikulum. Diklat bertujuan meningkatkan kompetensi, sehingga peserta siap dan mampu menjadi pemimpin perubahan yang profesional di organisasi masing-masing. Kemudian, mampu menjadi salah satu daya dukung penting terhadap peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Oleh karena itu, peserta Diklatpim IV mampu berperan aktif dalam pembangunan Provinsi Lampung,” Taufik Hidayat yang hadir mewakili Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo.

Pasca pemberlakuan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017, kata Taufik Hidayat, menjelaskan fungsi aparatur sipil negara (ASN) bukan hanya sebagai pelayanan masyarakat. Tetapi meluas menjadi pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan perekat permersatu bangsa. “Agar profesional, pengangkatan ASN dalam jabatannya didasarkan pada beberapa kompetensi yaitu kompetensi teknis, manajerial, sosiokultural, dan pemerintahan,” jelas Taufik.

Dia meminta Kepala OPD di Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota se-Lampung dapat memantau peserta Diklatpim dalam melaksanakan tugas pelayanan umum, peningkatan daya saing daerah, profesional’ dan kedisiplinan, dan menemukan inovasi baru untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Proyek perubahan yang dibuat peserta Diklatpim sangat menarik. Semuanya harus didukung dan dipantau guna mendukung dan menyederhanakan pemerintahan kita,” ujar Taufik.

Pada kesempatan itu, Kepala BPSDM Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, menjelaskan dasar kegiatan ini berdasarkan Peraturan Pemerlntah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Aparatur Slpil Negara, Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara RI Nomor 20 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV. Tujuannya,
meningkatkan kompetensi kepemimpinan pejabat pengawas yang berperan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing.

“Kegiatan ini diharapkan mampu membangun kompetensi kepemimpinan operasional dan membentuk pemimpin perubahan pada pejabat yang berperan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di istansi masing-masing,” jelas Fahrizal.

Peserta Diklatpim diikuti 80 peserta yang terdiri dari 40 peserta dari OPD Pemprov Lampung, dan 40 dari OPD kabupaten/kota yaitu Way Kanan, Pesisir Barat, Pesawaran, dan Lampung Timur. “Peserta Diklatpim inindinyatakan lulus semua dengan standar deviasi Diklatpim Tk. IV Provinsi sebesar 84,24 dan Kabupaten/Kota 86,44,” kata Fahrizal.

Dia berharap setiap OPD dapat mendukung dan meneruskan program kerja yang disusun peserta diklat melalui proyek perubahan. Ini merupakan upaya meningkatkan kinerja pelayanan publik dan pembangunan daerah dalam rangka mewujudkan Provinsi Lampung yang sejahtera unggul dan berdaya saing. (Humas Prov Lampung)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Apa Kabar Lampung

Ardian Ambil Sumpah 891 PPPK Lampura

Published

on

By

Lampung Utara : Wakil Bupati Lampung Utara Ardian Saputra, S.H., mengambil Sumpah Janji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I – Tahap II Guru dan Non Guru Formasi 2021 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

Tak hanya itu, Ardian juga turut membagikan Petikan Surat Keputusan Bupati Lampung Utara, Budi Utomo dengan nomor : 821.3/1256/V/39-LU/2022 kepada 891 PPPK di Stadion Sukung, Kotabumi, Rabu (22/6/2022).

Jumlah PPPK tahun 2021 yang mendapatkan nomor induk sebanyak 891 orang, yang terdiri dari PPPK tahap satu dan tahap dua berjumlah 889 orang, sedangkan PPPK non guru berjumlah 2 orang. Diantaranya, 889 orang pegawai bertugas di Dinas Pendidikan (Disdik), dan 2 orang betugas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Sebelum membacakan pengantar sumpah, Wakil Bupati Lampung Utara Ardian Saputra, menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Lampura Budi Utomo, yang berhalangan hadir.

Ia lalu memngingatkan seluruh PPPK, bahwa sumpah yang telah diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Indonesia, dalam memelihara menyelamatkan pancasila dan UUD 1945.

Continue Reading

Tak Berkategori

Eva Dwiana Ziarah ke Makam Pahlawan

Published

on

Bandarlampung – Walikota Eva Dwiana ziarah ke Makam Pahlawan, di Bandarlampung, Senin (20/06/2022).

Ziarah ke makam pahlawan di Kedaton, Bandarlampung dalam rangka peringatan HUT Kota Bandar Lampung Ke-340 Tahun 2022.

Prosesi ziarah dilakukan dengan upacara penghormatan dan doa lalu dilanjutkan dengan penaburan bunga.

“Hari ini kita mengingat perjuangan para pahlawan kita dari nasional dan dari Lampung. Mudah-mudahan apa yang sudah diperjuangkan oleh mereka pada kita masyarakat sangat bermanfaat untuk daerah yang kita cintai dengan menjaga kesatuan dan persatuan terutama kota bandar lampung ini ,” ucap Walikota Eva Dwiana.

Sementara itu Dandim 0410/KBL Faisol Izuddin menambahkan, kegiatan ziarah makam pahlawan ini dilakukan dengan memperingati HUT Kota Bandar Lampung.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan berziarah makan pahlawan dengan memperingati HUT Kota Bandar Lampung yang ke 340tahun ,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan, kegiatan ini tak luput dari rasa penghormatan atas perjuangan para pahlawan yang telah gugur dan terus melanjutkan apa yang telah mereka perjuangkan.

“Seperti yang diucapkan bunda kita bisa seperti ini dengan kondisi seperti ini tidak terlepas dari jasa para pahlawan yang telah gugur
Dengan rasa penghormatan kita hari ini kita melaksanakan ziarah kita berdoa semoga dengan perjuangan yang mereka lakukan sampai dengan saat ini bisa kita lanjutkan,” tutupnya.(zld)

Continue Reading

Tak Berkategori

Peserta Krui Pro Surfing QS 5000 Mulai Berdatangan

Published

on

Pesisir Barat : Para peserta Krui Pro Surfing QS 5000 tahun 2022 dari berbagai negara sudah mulai berdatangan ke Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Diantara mereka tampak terlihat para kontestan yang telah datang tersebut berasal dari negara Jepang dan negara Australia.

Tampak terlihat diantara mereka tengah menjajal ombak di pantai Tanjung Setia, dimana Event World Surf League (WSL) Krui Pro Surfing Qualification Series (QS) 5000 yang rencananya akan digelar pada tanggal 11 – 17 Juni 2022 nanti.

Kesan kagum dan rasa gembira tampak terlihat dari raut wajah mereka saat ditemui di penginapan Lovina Krui Surf, di sekitar lokasi pantai Tanjung Setia, pada Minggu 05 Juni 2022.

Menurut para Kontestan dari Australia yang bernama Amelia Bourke (19) dan Nyxie Aliah Ryan (18) bahwa mereka tiba di Krui dua hari yang lalu.

” Kami tiba disini dua hari yang lalu dan kami telah mencoba ombak dengan bermain selancar disini, ” kata Amelia dan Nyxie. Mereka berdua juga merasa senang dan kagum dengan kealamian suasana pantai dan ramahnya penduduk sekitar, ujar mereka berdua.

Hal senada juga diungkapkan oleh para kontestan dari negara Jepang yang bernama, Sai Maniwa (18) dan Monnojo Yahagi (19).

Mereka berdua mengatakan bahwa mereka sangat senang berada di Krui, dan tidak itu saja mereka berdua juga mengatakan bahwa kealamian suasana pantai dan ramahnya penduduk sekitar membuat mereka merasa nyaman, ujar Sai Maniwa dan Monnojo Yahagi sambil tersenyum.

Setelah ditanya apakah mereka berempat ada niat akan kembali lagi ke Krui saat ingin menghabiskan waktu untuk berlibur, mereka berempat mengatakan, sangat ingin sekali, tutup mereka. (Indra/Red).

Continue Reading

Trending